Loading...

 

Berbagai pencegahan dilakukan oleh berbagai negara untuk bisa mengentaskan banyak masyarakat dari serangan Covid19. Mulai lebih baik di rumah, cuci tangan, menggunakan masker hingga jaga jarak. Dan tidak ketinggalan, kamu sebagai anak kost juga tetap harus menjaga kesehatan selama pandemi. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan yang bisa diterapkan.

cara menjaga kesehatan

Berolahraga salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh (source:freepik.com)

Langkah Mudah Menjaga Sistem Imun Dan Tetap Sehat Selama Pandemi

1. Mematuhi Protokol Kesehatan

Selama memasuki masa pandemi ini, kamu tentunya sangat tahu dan tidak asing perihal harus mematuhi protokol kesehatan yang telah diterapkan. Terutama ketika kamu sedang berada di luar rumah atau kosan. Ketika harus makan di luar maupun hanya untuk berbelanja ke supermarket kamu harus aware dengan hal satu ini.

Saat ini pemerintah Indonesia sendiri telah mencanangkan tagline baru yang bertajuk Iman, Imun dan Aman. Iman berarti harus percaya bahwa semua ini datangnya dari sang Pencipta dan juga bisa musnah atas izinNya. Sementara imun, kamu harus terus berupaya untuk menjaga sistem imunitas mu agar kamu tidak mudah jatuh sakit.

Sementara untuk aman artinya kamu harus tetap menjaga jarak ketika berada di public space. Jangan lupakan untuk selalu mencuci tangan sebagai cara menjaga kesehatan selama covid. Menggunakan masker juga harus menjadi kebiasaan yang tidak bisa kamu lupakan begitu saja. Sekalipun belum terbiasa namun barang satu ini memang tidak boleh diabaikan.

Masker yang digunakan juga seharusnya sesuai dengan protokol yang telah diterapkan. Mengingat virus satu ini bisa menyebar melalui droplet bahkan penelitian yang paling baru mengatakan bisa melalui udara. Dengan menerapkan protokol kesehatan, kamu juga sudah melakukan cara menjaga kesehatan selama pandemi ini belum berakhir.

2. Tidur yang Cukup

Salah satu kebiasaan anak kosan yang seringkali diabaikan dan tetap dilakukan adalah begadang. Saat ini kamu yang masih kuliah mungkin tengah disibukkan dengan kuliah online yang tugasnya menjadi tidak sedikit. Begitu juga untuk kamu yang sudah bekerja, karena jauh dari pengawasan orang tua dan hidup sendiri terkadang menjadikan begadang sebagai gaya hidup.

Padahal hal ini bukanlah hal yang baik jika dilakukan secara berkepanjangan. Untuk itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan selama WFH tidur cukup menjadi sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan. Karena kurang tidur akan membuat tubuh kamu menjadi rentan dan imunitas menjadi menurun. Dengan begitu kamu akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

Tidur dan gangguan kesehatan memang memiliki keterkaitan yang begitu erat. Tubuh yang kurang istirahat akan lebih mudah untuk terserang patogen. Seperti menurunnya proliferasi limfosit yang merupakan salah satu bagian dari sistem imun. Kamu juga perlu tahu jika tubuh akan melepas sitokin yang merupakan jenis protein ketika kamu tidur di malam hari.

Padahal sitokin memiliki peran yang begitu penting bagi tubuh. Apabila saat ini kamu masih memiliki kebiasaan begadang, maka ada baiknya segera mengubah pola tidur kamu. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 9 jam setiap harinya. Dan tidur di malam hari ini tidak akan sama jika digantikan saat siang hari.

Organ tubuh yang bekerja tidak akan mengikuti pola tidurmu. Cara menjaga kesehatan tubuh satu ini seringkali diabaikan padahal sangat penting bagi tubuh. Kamu bisa mencoba beberapa cara agar bisa tidur dengan baik. Tidak hanya untuk tubuh, tidur yang cukup juga akan membuat kulit kamu menjadi lebih sehat.

3. Memulai Gaya Hidup Sehat

Rasanya tidak lengkap jika kamu sudah memperbaiki pola tidur dan menerapkan protokol kesehatan tetapi tidak menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat memang memiliki artian yang begitu luas. Kamu harus mulai memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh dan tentunya berolahraga. Rajin olahraga merupakan poin penting untuk kamu meningkatkan imunitas.

Dengan olahraga kamu bisa mempercepat kerja dari jantung kamu dan juga membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Hal ini akan membuat tubuh bisa membakar lemak dan akan membuat daya tubuh kamu meningkat. Dalam satu minggu, manusia membutuhkan sekitar 150 menit saja. Dan waktu tersebut tentunya tidak banyak jika melihat waktu 24 jam yang dimiliki.

Kamu bisa mulai melakukan olahraga setidaknya dua hari sekali dengan waktu sekitar 30 menitan. Setiap hari tentunya akan lebih baik lagi jika kamu ingin vitalitas tubuh tetap terjaga. Olahraga yang kamu lakukan tidaklah harus berat, kamu bisa memulai dengan berjalan santai, lari ataupun mengikuti berbagai olahraga dari rumah melalui layanan Youtube.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

cara menjaga kesehatan

Konsumsi buah-buahan untuk menjaga kesehatan saat pandemic (Source:freepik.com)

Cara menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh selanjutnya adalah dengan memperhatikan pola makan kamu. Anak kosan seringkali mengabaikan makan, dan makan semaunya atau makan jika sempat. Jika terus kamu lakukan hal ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan kamu.

Bukan hanya di masa pandemi, di saat normal pun berbagai masalah pencernaan lambat lain bisa kamu rasakan. Apabila kamu memang sering membeli daripada memasak, maka kamu harus benar benar pandai dalam memilih makanan yang bergizi. Bukan hanya dari kandungan gizi tetapi juga kebersihan dalam pengolahan makanan ini harus dijaga.

Untuk itu, jika kamu memang memiliki banyak waktu luang ada baiknya untuk memasak sendiri. Selain lebih hemat, kamu juga bisa memilih bahan makanan yang berkualitas. Olahan sayur dan juga buah buahan menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu sistem imun kamu juga akan tetap terjaga.

Bukan hanya untuk membuat tubuh tetap sehat, kamu juga bisa menerapkan cara menjaga kesehatan mata dengan baik. Mengingat sayuran seperti wortel, tomat dan buah buahan yang mengandung vitamin A akan baik untuk kesehatan mata. Kamu bisa mengolah bahan yang mudah didapatkan dan mudah diolah.

Dengan mengandalkan mesin pencarian sebenarnya, kamu sudah bisa menemukan berbagai cara mengolah makanan sederhana bagi anak kosan. Tidak harus mahal, buah buahan atau sayur yang sedang musim umumnya akan dijual dengan harga lebih murah. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh bukanlah perkara sulit, yang sulit melawan mager.

5. Mengelola Stres Dengan Baik 

Karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, tak sedikit orang yang menjadi rentan stres di masa pandemi ini. Yang biasanya bisa bebas liburan atau nongkrong, sekarang menjadi dibatasi. Perubahan ini tentunya memberikan dampak pada berbagai lini kehidupan saat ini. Inilah mengapa sangat mudah stres saat pandemi masih juga belum berakhir.

Belum lagi pemberitaan di media sosial dan televisi yang juga bisa membuat kamu stres. Stres akan membuat hormon kortisol meningkat dan hormon ini akan menurunkan kekebalan tubuh kamu. Untuk itu cara menjaga kesehatan tubuh juga sangat berkaitan dengan menjaga kesehatan mental kamu.

WHO menyarankan untuk lebih berhati hati dalam membaca informasi, mengingat ada banyak hoax terkait pandemi ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara seperti meluangkan waktu untuk me time. Kamu bisa menonton film, mendengarkan musik atau melakukan hobi untuk meminimalisir stres.

Kamu juga bisa berlibur sebagai cara untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi. Hanya saja kamu harus memastikan bahwa protokol kesehatan tidak pernah kamu abaikan. Dan tentunya saat kondisi tubuh kamu benar benar fit dan tidak lelah. Dengan begitu kamu bisa melepaskan penat dan mental kamu akan tetap dalam kondisi yang stabil.

6. Menghentikan Kebiasaan Alkohol dan Merokok

Menghentikan kegiatan merokok tidak hanya menjadi cara menjaga kesehatan organ pernapasan, namun juga memiliki potensi untuk terinfeksi virus covid19. Hal ini dikarenakan merokok masih menjadi penyebab seseorang  terserang pneumonia ataupun bronkitis. Dan virus corona juga menjadi virus yang akan menyerang saluran pernafasan.

Kebiasaan satu ini tidak hanya ditujukan untuk perokok nikotin saja, kamu yang memiliki kebiasaan merokok elektrik sebaiknya juga dihentikan. Bagi kamu yang tidak merokok juga tetap harus menghindari asap rokok. Karena perokok pasif juga memiliki risiko pada yang tidak kalah tinggi saat menghirup asap rokok.

Selain merokok, kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebihan juga akan mempengaruhi imunitas tubuh. Orang yang dalam pengaruh alkohol akan memiliki konsentrasi serta imunitas yang rendah. Menjaga kesehatan pada masa covid19 bisa kamu lakukan dengan menghentikan kebiasaan satu ini. 

7. Mengkonsumsi Multivitamin

Cara menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh juga bisa dilakukan dengan konsumsi multivitamin. Sebenarnya berbagai macam vitamin bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin tersebut. tetapi jika tidak memungkinkan kamu tetap bisa mengkonsumsi vitamin ini dalam bentuk pil, minuman ataupun tablet.

Beberapa vitamin seperti, vitamin c untuk menjaga kesehatan ini bisa kamu dapatkan dari buah seperti jeruk atau strawberry. Jika dari sayuran kamu bisa mendapatkannya dari paprika merah, bayam ataupun brokoli. Vitamin satu ini memang begitu dibutuhkan karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga memiliki antioksidan yang tinggi.

Selain dari vitamin yang sudah jadi, kamu juga bisa mengkonsumsi empon empon yang juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Jahe merah dianggap mampu untuk menghambat bakteri yang menurunkan imunitas serta mampu menjaga tubuh agar tetap hangat. Ada juga kunyit yang mengandung kurkumin dan baik untuk antiinflamasi dan atasi masalah peradangan.

8. Menyempatkan Waktu Untuk Berjemur 

cara menjaga kesehatan

Berjemur di pagi hari agar imun tubuh tetap terjaga (source:freepik.com)

Rebahan di dalam kamar memang sangat menyenangkan, apalagi jika sambil scroll media sosial. Tapi hal ini tidak akan membuat imunitas dan kesehatan kamu meningkat. Untuk itu jika kamu ingin menjaga agar tetap sehat dalam menghadapi masa pandemi, sempatkanlah waktu untuk berjemur dan bertemu dengan matahari.

Sinar matahari memiliki vitamin D yang juga sangat dibutuhkan dalam menjaga sistem imun. Kekebalan tubuh akan meningkat, jika kamu bisa terkena paparan sinar matahari. Tak perlu lama lama, menyempatkan waktu 10 hingga 15 menit saja sudah cukup. Hanya saja cara menjaga kesehatan selama masa pandemi ini juga harus dilakukan secara rutin.

Kamu bisa menyiasati kegiatan ini dengan sekalian berolahraga. Tubuh akan terkena sinar matahari sekaligus mampu untuk membakar lemak dalam tubuh. Pastikan kamu juga tetap memenuhi kebutuhan air kamu dalam melakukan langkah langkah ini. Tubuh yang tetap terhidrasi juga akan menjaga agar imun tidak menurun.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap sehat. Sekalipun kamu tinggal sendiri, bukan berarti kamu bisa seenaknya dalam menata hidup. Menjaga tubuh bukanlah perkara yang sulit, yang sulit adalah memaksa diri untuk terus melakukannya secara rutin. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan.

Kalau kamu ingin cari kosan yang lebih aman, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz sebagai kosan pilihan kamu, karena KoolKost merupakan jaringan Kosan milik RedDoorz, dimana RedDoorz sendiri juga punya program “Hygiene Pass” yang memastikan semua property baik RedDoorz maupun KoolKost sudah menjalankan standar protokol kesehatan dari Pandemic Covid-19.  Jadi dapat dipastikan kamu bisa ngekos lebih aman dan nyaman. Yuk cari kosan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan di KoolKost Sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×