Loading...

Tak sedikit yang menginginkan bekerja atas dasar suka agar hasil yang dicapai maksimal dan memuaskan. Bagi orang orang yang kreatif untuk membuat video tentu berprofesi di dunia hiburan digital sangat memuaskan. Salah satu platform yang dapat kamu gunakan, yaitu youtube dengan konten yang beragam dan unik tentunya. Cara menjadi youtuber baru tentu tidak mudah, terutama bila membangun channel dari nol dan modal minim. Yuk cek di sini!

cara menjadi youtuber

Modal awal youtuber adalah kamera untuk shooting video (source:unsplash.com)

Tips Cara Menjadi Youtuber Sukses Bermodal Minim

1. Video adalah Konten

Bagi setiap youtuber, video adalah konten yang harus digarap dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga. Oleh sebab itu, banyak hal yang dituangkan dalam segala prosesnya seperti tenaga, pikiran untuk membuat konsep, serta saat proses editing. Akan tetapi, setiap video harus memiliki pangsa pasar atau penikmat. Tak ada gunanya bila video bagus, tetapi tidak ada yang menyukainya atau bermanfaat untuk para pengikut kamu.

Oleh sebab itu, kamu harus menentukan penikmat konten sebelum membuat videonya. Hal ini bertujuan agar para pemilik kanal youtube memiliki pangsa pasar yang tepat dan konten yang sesuai. Cara menjadi youtuber pemula ini lebih dulu menentukan tujuan channel kamu, yaitu entertainment atau edukasi. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda beda, sehingga isi dari video jauh berbeda. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus saat menggarap konsepnya.

Kanal youtube yang dibangun dengan tujuan menghibur, berarti menyediakan konten yang sifatnya memberi kesenangan kepada para penikmatnya. Tak hanya kesenangan, kamu juga bisa memberikan inspirasi agar banyak orang mendapat ide setelah menonton video tersebut. Bila channel dibangun untuk mengedukasi, berarti konten yang diusung seputar fakta, berita, atau tentang suatu ilmu pengetahuan agar para pengikut memiliki wawasan lebih. atau kamu juga bisa menyasar orang yang ingin membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

2. Bangun Subscriber dengan Natural

Sistem yang diterapkan oleh platform satu ini memang unik, yaitu sebagai mesin pencari dan sebagai sosial media. Oleh sebab itu, pemilik akun atau channel di youtube memiliki pengikut yang dapat update terus pembaruan baru. Dengan begitu, para pengikut dapat langsung mengetahui pembaruan dari channel yang diikutinya. Cara menjadi youtuber ini mengandalkan ketertarikan dan kekonsistenan pendiri youtube agar pengikut terus bertambah.

Bertambahnya subscriber tentu tidak diperoleh secara instan karena harus melalui tahap yang cukup sulit. Pertama harus membuat video berkualitas dari segi konten dan editing, sehingga mampu menarik minat penonton. Saat video kamu tidak menarik dan bertele tele, maka akun tersebut akan ditandai oleh para penonton. Dengan begitu, engagement akan langsung turun karena video yang disajikan kurang menarik dan tidak up to date.

Telah disebutkan di awal bahwa kamu harus menentukan pangsa pasar atau audience. Hal ini bertujuan agar video yang dibuat sesuai atau relevan dengan penonton. Kategori penonton membuat kamu tahu kebutuhan dari segmen pasar tersebut. Salah satu tips lain agar dapat menarik minat penonton, yaitu membuat video yang jelas di detik ke 5 hingga 15 pertama. Bila pada detik tersebut mampu menarik penonton, maka dipastikan mereka akan melihat hingga akhir.

Yang tidak kalah penting, yaitu optimasi judul dan thumbnail dengan sangat baik. Sering kali poin ini diabaikan padahal masyarakat masih menilai sesuai hal dari cover. Hal ini penting dilakukan sebagai cara menjadi youtuber pemula modal HP, terutama dengan kualitas gambar yang kurang bagus. Kualitas gambar yang kurang bagus bisa diatasi dengan judul dan gambar thumbnail yang menarik serta relevan dengan isinya, sehingga penonton tidak tertipu.

3. Mulai dari Lingkaran Sosial Terdekat

cara menjadi youtuber

Setelah membuat video minta pendapat teman terdekatmu (source:freepik.com)

Perlakukan akun atau channel youtube seperti produk yang memerlukan marketing. Kamu perlu memasarkan channel yang dimiliki agar diketahui oleh banyak orang, sehingga jumlah penonton terus meningkat. Di masa awal pendirian youtube, jumlah viewer dan subscriber masih jadi poin yang penting. Oleh sebab itu, kamu bisa memulainya dengan mengenalkan konten melalui teman atau sosial media lain, seperti Instagram, facebook, twitter, dan lain lain.

Biarkan penonton datang secara bertahap, meskipun terasa merangkak untuk jadi pemilik channel youtube dengan subscriber jutaan. Rata rata, para youtuber memerlukan waktu hingga satu tahun hingga kanal youtubenya menjadi besar. Cara menjadi youtuber hanya perlu sifat sabar dan konsisten agar channel dapat berkembang terus menerus. Hal ini lebih baik, daripada terjadi peningkatan penikmat secara drastis, tetapi juga bisa hilang dengan sangat cepat.

Tak lupa untuk mengajak rekan atau youtuber lain untuk kolaborasi membuat suatu video. Implikasi yang dirasakan memang tidak mendatangkan subscribers secara mendadak, tetapi setidaknya kamu lebih dikenal oleh masyarakat luas. Akan tetapi, kolaborasi dengan orang lain dapat menambah konten atau video untuk diunggah ke beranda kamu. Tujuan lainnya, yaitu menambah relasi atau hubungan mutualisme dari pembuatan konten baru tersebut.  

Yang tidak kalah penting, tetapi sering kali diabaikan yaitu membalas setiap komentar yang ditinggalkan pengikut kamu di setiap video. Pastikan, kamu selalu membaca satu per satu setiap komentar yang ditinggalkan oleh pengikutmu agar terjadi interaksi yang baik. Selain itu , cara menjadi youtuber sukses ini juga dapat kamu lakukan di akun youtube orang lain. Tinggalkan komentar di beberapa video, tetapi jangan spam agar terbangun interaksi positif.

4. Optimasi Tampilan dan Deskripsi Channel

cara menjadi youtuber

Upload video ke Youtube dan optimalkan (source:unsplash.com)

Tanpa sadar membangun channel youtube memiliki metode yang hampir sama dengan blog. Oleh sebab itu, kamu dapat membuat optimasi yang mirip agar pemasaran kanal ini semakin mudah. Salah satu caranya, yaitu membubuhkan deskripsi singkat di kolom about termasuk mengisi konten konten yang dibuat agar para penikmat youtube dapat mengetahuinya. Sampaikan secara singkat dengan intro terlebih dahulu agar lebih menarik perhatian.

Tak lupa, hubungkan sosial media yang kamu miliki dengan kanal youtube agar interaksi dengan pihak eksternal lebih mudah. Beberapa contohnya, yaitu email, sosial media lain, atau bahkan website. Tak lupa untuk memberikan gambar yang menarik pada bagian home atau feature, sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri. Bila perlu, youtuber Indonesia dapat menambahkan trailer agar lebih dapat menarik minat dari para penikmat platform ini.

Setelah mendesain home dan deskripsi secara menarik, kamu juga dapat mengkategorikan setiap video yang telah atau akan diunggah. Banyaknya kategori video membuat para pengikut kamu bingung saat akan menontonnya. Oleh sebab itu, gunakan fitur playlist agar video dapat dikelompokkan secara baik, sehingga tampilannya pun lebih tertata rapi. Saat user lain ingin membuka berandamu, tidak akan tampil semrawut dan membingungkan.

Poin terakhir yang sering kali diabaikan, yaitu optimasi setiap video agar dapat memperoleh engagement lebih tinggi. Kamu dapat memulainya dari judul, deskripsi, dan penanda agar videomu dapat masuk ke halaman pertama mesin pencari youtube. Dengan begitu, cara menjadi youtuber gaming pun telah terjawab. Pemilik akun gaming pun harus melakukan optimasi agar gamers dapat mencari video terkait di halaman pertama mesin pencarian video.

5. Memahami Algoritma Youtube dengan Baik

Tak hanya blog yang memakai sistem SEO, karena youtube pun menerapkan sistem serupa sehingga banyak orang yang berlomba lomba di industri ini. Kunci utama dari optimasi SEO ini tidak hanya mengandalkan konten menarik. Kamu juga harus membuat judul, thumbnail, serta keyword yang relevan. Hindari pula spam keyword atau yang terlalu panjang agar tidak dinonaktifkan secara otomatis oleh youtube, sehingga tidak bisa dicari atau dibuka.

Algoritma platform ini sering kali diabaikan, sehingga melupakan menarik atau tidaknya suatu konten. Bisnis satu ini bisa dimulai oleh siapa saja, termasuk anak kosan yang memiliki piranti terbatas. keterbatasan alat untuk merekam bukan suatu kendala, karena bisa kamu antisipasi dengan kualitas video serta konten. Video yang menarik bukan dari kualitas gambar saja, melainkan dari beberapa faktor lain yang menunjang engagement penonton.

Pertama, tentu dari segi jumlah waktu kunjungan ke akun atau channel yang kamu miliki. Jumlah ini jadi salah satu faktor yang menentukan kualitas dari video atau kanal youtube kamu. Dampak dari banyaknya pengunjung, yaitu semakin tinggi ranking atau posisi channel di halaman pencarian. Selain itu, kanal kamu juga dapat kesempatan untuk dipromosikan secara cuma cuma oleh Youtube di bagian beranda atau channel yang direkomendasikan.

Factor kedua, yaitu jumlah penonton di suatu video yang sudah kamu unggah. Semakin banyak jumlah penonton akan menunjukkan kualitas dari video tersebut, sehingga akan meningkatkan channel kamu. Cara mendaftar menjadi youtuber ini tak hanya sekadar klik, karena penghitungan views berdasarkan pengguna yang menikmati video kamu setidaknya selama 30 detik. Implikasinya, semakin banyak views maka ranking video akan semakin tinggi.

Factor yang tidak kalah penting, yaitu perbandingan antara like dan dislike suatu video. Meskipun tidak memiliki pengaruh yang besar, rasio dari kedua fitur itu cukup berpengaruh pada engagement channel. Suatu kanal youtube yang memiliki dislike lebih tinggi tentu tidak akan masuk ke halaman pencarian tertinggi di beranda. Dengan begitu, sangat kecil kemungkinan kontenmu dinikmati oleh orang lain atau pengguna lain.

Engagement tak hanya diperoleh dari konten atau jumlah penonton, tetapi juga berdasarkan subscribers. Bagaimana cara menjadi youtuber yang sukses terjawab melalui akhir setiap video, yaitu meminta subscribe. Channel dengan subscriber tinggi dapat menjadi sinyal positif, termasuk social share yang dilakukan oleh para pengikutnya. Video yang dibagikan ke media sosial lain tentu karena memiliki konten menarik serta bermanfaat untuk para pengikutnya. 

Yang tidak kalah penting, yaitu banyaknya komentar yang ditinggal oleh pengikut di setiap video. Poin satu ini jadi factor yang paling kecil pengaruhnya, tetapi juga jadi sinyal positif bahwa banyak orang yang ingin berinteraksi secara intim. Tidak hanya dengan penikmat lain tetapi juga dengan creator channel. Oleh sebab itu, hendaknya selalu berkomentar secara baik dan positif agar kanal ini terbangun baik sehingga cara melihat penghasilan youtuber pun terus meningkat. 

Berprofesi atau bekerja di dunia industri kreatif sering kali membuat kamu merasa senang dan tanpa beban. Akan tetapi, pekerjaan tentu menuntut kamu terus serius agar hasil yang dicapai maksimal. begitu pula dengan berprofesi sebagai youtuber dituntut untuk terus membuat konten menarik serta bermanfaat agar meningkatkan viewers dan subscriber. Hal ini juga berlaku untuk anak anak kos yang ingin memulai sebagai youtuber dengan modal serta alat minim. 

Tidak sedikit juga Youtuber sukses berawal dari sebuah kamar kosan, jadi untuk kamu anak kosan jangan takut karena kamu bisa berpeluang juga untuk bisa menjadi Youtuber yang sukses.

Untuk cari kosan yang bisa jadi modal awal untuk kamu menjadi seorang Youtuber kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Karena Dengan fasilitas yang cukup lengkap harga sewa di KoolKost juga terjangkau dan fleksibel, selain itu kamu juga bisa gunakan meja dan kuris yang sudah disediakan di dalam kamar kosan, dan pastinya juga fasilitas wifi gratis supaya kamu bisa upload video dengan lancar.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×