Loading...

Memiliki pekerjaan tambahan selama masih kuliah adalah hal yang sah sah saja. Asalkan pekerjaan tersebut tidak mengganggu jadwal kuliah kamu. Pasalnya, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang bisa menjadi sumber penghasilan untuk anak kuliahan atau anak kost. Salah satunya adalah ghost writer atau GW. Apa itu dan bagaimana cara menjadi ghost writer? Simak ulasannya berikut ini.

ghost writer adalah

Profesi ghost writer bisa jadi opsi sumber penghasilan tambahan. (Foto: freepik)

Apa itu Ghost Writer?

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung dengan istilah penulis bayangan. Bisa dikatakan ghost writer adalah seseorang yang memiliki kemampuan menulis mumpuni, namun memilih untuk tidak mengambil kredit atau hak cipta atas tulisan yang pernah ditulisnya. Sehingga, di dalam website yang ditulisnya tidak tercantum nama penulis tersebut.

Meskipun terdapat beberapa penulis yang ingin mendapatkan pengakuan dari hal yang telah ditulisnya, namun hal ini akan berbeda dengan GW. Umumnya, profesi ini merupakan seseorang yang memang dipekerjakan oleh perusahaan atau start up. Dengan memiliki tugas yakni menulis untuk perusahaan tersebut. Akan tetapi, nantinya nama penulis tersebut tidak akan dicantumkan. Melainkan akan ditulis dengan perusahaan maupun individu dimana tempat mereka dipekerjakan. Sehingga nantinya individu maupun perusahaan yang mempekerjakan GW tersebut lah yang akan mendapatkan kredit dan juga copyright atas tulisan tersebut.

Dengan begitu, hal ini akan menyebabkan perusahaan maupun individu yang telah mempekerjakan atau telah membeli tulisan yang ditulis oleh GW, berhak atas karya tersebut sepenuhnya. Perusahaan tersebut juga bisa untuk mengubah tulisannya apabila tidak sesuai. Atau bahkan individu tersebut dapat menjual kembali tulisan tersebut.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Ghost Writer

Ketika kamu ingin bekerja dan terjun ke profesi satu ini, tentunya harus memiliki beberapa kemampuan atau skill. Pertama, kamu harus memiliki sifat fleksibel. Hal yang dimaksud fleksibel disini adalah kamu bisa mengerjakan banyak tema dari berbagai macam tulisan yang diminta oleh klien.

Hal ini dikarenakan ketika menjalankan profesi ini, kamu akan dituntut untuk cepat dan mudah beradaptasi atas segala tema yang diminta klien. Untuk itu, dibutuhkan fleksibilitas ketika kamu ingin terjun ke dunia profesi ini. Selain itu, kamu juga perlu memiliki skill menulis yang cukup menarik sehingga bisa membuat klien terkesan.

Selain fleksibilitas dan cepat dalam menerima materi, sebagai GW kamu juga harus memiliki kemampuan untuk berkolaborasi yang baik. Seperti yang dikatakan di awal, profesi satu ini otomatis akan memiliki hubungan dengan klien. Dan tentunya, klien akan memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda beda.

Hal lain yang harus dimiliki oleh seorang GW adalah kemampuannya untuk beradaptasi. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu dilakukan ketika kamu memilih pekerjaan satu ini.  Mulai dari lingkungan, deadline, hingga berhadapan dengan klien dan juga menulis dengan gaya yang berbeda beda.

Apa Saja Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan? 

ghost writer adalah

Menjadi ghost writer bisa memberi sejumlah keuntungan. (Foto: freepik)

1. Memiliki Relasi dan Jaringan yang Lebih Luas 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mulai mengerjakan pekerjaan satu ini. Pertama, kamu akan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan orang yang lebih profesional. Dengan bekerja menjadi ghost writer, maka kamu pun akan mampu untuk membangu hubungan yang baik dengan para klien yang sebelumnya telah bekerja sama denganmu. Untuk itu, kamu bisa untuk menjalin dan membangun relasi agar keduanya bisa berjalan dengan baik. Hal ini tentu saja menjadi momen yang sangat menguntungkan. Kamu hanya perlu untuk memanfaatkannya dengan baik. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menulis dan memiliki gaya penulisan yang cocok dengan kepribadian klien.

Hal tersebut disebabkan kerja sampingan satu ini, tak sedikit perusahaan besar yang akan membutuhkan jasa kamu. Untuk itu, hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu kesempatan bagi kamu untuk membangun karir di dalam bidang kepenulisan. Pasalnya ketika banyak perusahaan yang telah puas dengan jasamu, maka akan sangat menguntungkan. Dengan begitu, mereka akan bisa untuk merekomendasikan kamu di dalam proyek selanjutnya. Sehingga, meskipun nantinya tulisan kamu tidak memiliki kredit ataupun copyright namun apabila kamu mengerjakannya dengan maksimal maka akan memiliki dampak baik. Klien yang kamu miliki pun dapat memberi tahu keahlianmu kepada rekan yang lain.

2. Gaji yang Menarik 

Ketika menjadi freelance writer, tentu saja anda akan bisa mendapatkan banyak keuntungan salah satunya adalah bayaran yang menggiurkan. Banyak orang yang memutuskan untuk bekerja sebagai GW dikarenakan memiliki fee yang lumayan. Hal ini dikarenakan umumnya, GW akan memiliki bayaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan tentang penulis yang lain. Hal ini tentu saja akan menjadi kesempatan yang menguntungkan. Pasalnya, meskipun kamu tidak memiliki kredit di dalam tulisan yang telah kamu buat, akan tetapi hal tersebut akan menjadi salah satu portofolio yang bagus untuk kamu nantinya. Sebab, di dalam CV kamu akan bisa untuk melampirkan draf atas tulisan yang pernah kamu buat.

Dengan begitu, dapat menjadi salah satu cara untuk membranding diri sendiri dan dapat mendapatkan klien baru serta meluaskan jaringan yang kamu miliki. Untuk bayarannya sendiri, biasanya tak ada ketentuan. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan antara klien dan juga kamu nantinya. Pastinya, pekerjaan ini dapat menjadi uang tambahan untuk kamu.

Baca Juga: Rekomendasi Bisnis Online Yang Bisa dilakukan Anak Kosan

Bagaimana Cara Menjadi Ghost Writer?

1. Menawarkan Jasa yang Dimiliki 

Di dalam menjadi ghost writer Indonesia, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menawarkan jasa yang kamu miliki. Saat ini ada banyak sekali yang bisa kamu lakukan, terutama dengan adanya media sosial. Dengan begitu, akan menjadi salah satu cara yang tepat untuk menawarkan jasa yang kamu miliki.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa untuk mengirimkan portofolio pada website freelance yang saat ini banyak bertebaran di internet. Hal ini tentu saja akan menjadikan kamu lebih banyak kesempatan untuk bertemu dengan klien klien yang baru. Pastinya, kamu harus tetap untuk menawarkan jasa yang kamu miliki, terutama dengan menggunakan media sosial.

2. Memiliki Ide yang Kreatif

Hal kedua yang perlu kamu miliki ketika ingin menjadi ghost writer adalah dengan memiliki ide kreatif. Pasalnya, pekerjaan ini memang membutuhkan ide kreatif di dalamnya. Dengan memiliki kreativitas, maka hal tersebut akan bisa berdampak akan tulisan menarik yang nantinya akan kamu hasilkan. 

3. Siap Untuk Bekerja Dengan Deadline

Ketika kamu menjadi kerja ghostwriter, maka hal yang akan kamu perlu persiapan adalah mental yang dapat bertanggung jawab dengan deadline. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan satu ini membutuhkan orang yang tepat waktu. Apabila kamu telah berjanji untuk menyelesaikan tulisan dalam waktu satu minggu kepada klien, maka kamu juga perlu untuk menepatinya.

4. Mampu Bekerja Sama Dengan Baik

Cara lain yang perlu kamu lakukan ketika bekerja di bidang ini adalah memiliki kemampuan kerjasama yang baik. Hal tersebut dikarenakan kamu akan selalu berhubungan dengan klien di dalam bekerja. Sehingga, diperlukan kerja sama yang baik agar nantinya dapat menjalin relasi dalam proyek berikutnya.

Apa Saja Tugas Dari Seorang Ghost Writer?

cara menjadi ghost writer

Ghost writer punya sejumlah tugas yang mengikat. (Foto: unsplash.com)

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang GW, maka tentu saja akan banyak sekali hal yang bisa untuk ditulis. Pasalnya pekerjaan ini tak hanya seputar menulis buku saja. Ada banyak sekali jenis tulisan dan artikel yang dapat dikerjakan oleh profesi ini. Selain menulis, tentu saja ada beberapa tugas lain yang biasanya dilakukan.

Pertama, ketika memutuskan menjadi GW tentu saja kamu harus memiliki tanggung jawab untuk mencari klien yang potensial. Sehingga, kamu juga akan bisa mendapatkan proyek terbaik untuk tulisan yang kamu akan tulis. Kedua, kamu juga perlu untuk membuat draf kasar. Kemudian draf kasar tersebut kamu edit sedikit demi sedikit.

Selanjutnya, kembangkan ide dari klien tersebut sesuai dengan kemauan mereka. Dengan draf kasar tersebut, maka kamu nantinya akan bisa membuat transkrip. Hal ini sering kali disebut dengan kerangka berpikir. Kemudian, semua tulisan dan draf kasar tersebut kamu bisa menyatukannya dan menjadi tulisan pendek.

Kamu juga bisa untuk membuat poin poin dari topik yang telah diberikan oleh klien. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menuliskannya berdasarkan sudut pandang dari klien atau yang diminta oleh klien. Setelah membuat poin poin yang penting, maka kamu bisa menuangkan tulisan dalam bentuk judul.

Saat menjadi seorang ghost writer, kamu nantinya juga akan memiliki tugas untuk memikirkan ide akan tulisan yang nantinya dibuat. Selanjutnya, kamu bisa untuk menyampaikan ide dari tulisan tersebut kepada klien. Apabila klien telah setuju dan sepakat, maka kamu baru menuliskan artikel sesuai dengan yang diinginkan dan yang telah mendapatkan persetujuan klien. Ketika kamu menuliskannya, maka kamu juga perlu untuk melakukan riset berdasarkan materi dan subjek yang diberikan oleh klien. Hal tersebut bertujuan agar artikel yang nantinya kamu tuliskan akan lebih baik kedepannya. Selain itu, kamu juga memiliki tugas untuk mengcover klien yang tidak mempunyai informasi lebih akan hal yang akan ditulis.

Mengapa Profesi Ini Banyak Dicari?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan akhir membutuhkan jasa seorang penulis bayangan. Untuk itu, hingga saat ini kerja sampingan ini masih banyak dibutuhkan dan sebagai anak kuliahan yang telah memasuki semester akhir, kamu pun bisa mencobanya. Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu cara untuk menghasilkan uang tambahan.

Adapun beberapa alasan yang biasanya digunakan perusahaan mengapa mencari seseorang untuk profesi ini adalah mereka merupakan perusahaan yang masih berkembang. Hal tersebut membuatnya tidak bisa menulis materi tersebut sendiri. Bahkan banyak dari mereka yang belum memiliki kemampuan mumpuni untuk menulis.

Alasan lainnya mengapa profesi ini masih banyak dicari adalah dikarenakan banyak orang hanya memiliki ide saja. Namun ketika mengembangkannya dalam bentuk tulisan mereka akan kesusahan. Oleh karena itu, mereka membutuhkan seseorang yang bisa mengerjakan tulisan sesuai dengan yang diinginkannya.

Dengan beberapa alasan tersebut, maka kamu sebaiknya bisa mencoba freelance writer profesi ini. Pasalnya, hal tersebut akan menjadi salah satu cara untuk mengasah skill menulis yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga akan bisa mendapatkan bayaran dan memiliki koneksi dengan orang orang yang berpengaruh. 

Biar lebih nyaman saat membuat tulisan di kosan kamu perlu pilih kost yang nyaman seperti KoolKost dari RedDoorz yang punya fasilitas ok tapi harga bersahabat. Fasilitasnya seperti tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, meja dan kursi, kamar dengan AC, kamar mandi dalam, televisi dan sebagainya. pastinya buat senyaman mungkin agar ide menulis kamu bisa keluar dengan lancar.

Press Enter To Begin Your Search
×