Loading...

Mencari kost dekat UIN Jogja kadang membutuhkan waktu lama bagi calon mahasiswa yang belum mengenal Jogjakarta. Dijuluki sebagai Kota Pelajar, Jogjakarta sampai sekarang masih menjadi salah satu tujuan para lulusan sekolah menengah yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Bukan hanya itu, ibu kota DIY Jogjakarta tersebut menyimpan berbagai daya tarik yang mampu mengundang decak kagum siapa pun.

Mungkin kamu menjadi salah satu anak muda yang akan tinggal di Jogja untuk beberapa tahun, karena akan masuk sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Jogja. Cari tempat kost di daerah jogja bukanlah hal yang sulit, karena adanya kampus justru membuat daerah jogja punya banyak pilihan kost yang tersebar di berbagai daerah, khususnya yang dekat dengan kampus.

Tips cari kost dekat uin sunan kalijaga jogja murah

tips cari kost dekat uin sunan kalijaga jogja. (Foto: pexels.com/ketut subiyanto)

Mengapa Banyak Mahasiswa Memilih Kuliah di Jogjakarta?

UIN Sunan Kalijaga bukan satu-satunya perguruan tinggi ternama di Jogjakarta. Ada sejumlah kampus populer yang setiap tahunnya masuk daftar favorit, antara lain Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Muhammadiyah Jogjakarta (UMY), dan tentunya Universitas Gadjah Mada (UGM). Lulusan dari kampus-kampus tersebut selalu mencetak berbagai prestasi membanggakan yang mengharumkan nama bangsa.

Adapun alasan-alasan lain yang membuat mahasiswa merantau ke Jogjakarta untuk kuliah, yaitu:

Biaya hidup terjangkau

Biaya hidup seringkali menjadi masalah para calon mahasiswa yang akan belajar di kota lain. Namun, kendala tersebut tak akan dijumpai di Jogjakarta. Pasalnya, kota ini menyediakan warung-warung dengan menu enak dan murah. Bahkan bahan baku untuk mengolahnya terjangkau. Belum lagi ada beberapa kost dekat UIN Sunan Kalijaga yang menawarkan tarif sewa bersahabat bagi para mahasiswa perantau.

Iklim nyaman dan mendukung

Walau lokasinya dekat dengan pantai, iklim Jogjakarta sebenarnya tak terlalu panas. Hal ini pun membuat para pelajar maupun mahasiswa nyaman selama mereka menuntut ilmu di sana. Selain itu, keberadaan macam-macam penerbit dan media yang beroperasi di Jogjakarta memudahkan akses mahasiswa saat hendak mencari textbook kuliah, buku bacaan untuk hiburan, atau memulai karier di dunia penerbitan.

Kuatnya atmosfer intelektual serta kreativitas 

Bukan rahasia lagi kalau Jogjakarta merupakan gudang orang-orang cerdas dan kreatif. Ribuan anak muda setiap tahunnya berkumpul di kota tersebut untuk menimba ilmu. Dari mereka, lahir pula berbagai organisasi, komunitas, workshop, dan perkumpulan lain yang semakin mendukung atmosfer intelektual dan kreativitas. Hal tersebut secara tak langsung membuat para mahasiswa produktif selama kuliah maupun setelah lulus.

Dekat dengan destinasi wisata menarik 

Menempati kost putri dekat UIN Sunan Kalijaga membawa keuntungan tersendiri saat mahasiswa ingin melepas penat. Pasalnya ada banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Misalnya saja Gunung Merapi, Kebun Buah Dlingo, hingga Pantai Parangtritis untuk pecinta wisata alam. Sementara bagi para mahasiswa yang ingin menikmati wisata edukasi dan sejarah dapat menyambangi Candi Prambanan, Candi Borobudur, hingga Benteng Vredeburg.

Sekilas Tentang UIN Sunan Kalijaga

Mengenal latar belakang hingga fasilitas ikut mempengaruhi pemilihan kost dekat UIN Jogja. Jika Anda berencana untuk kuliah di kampus tersebut, berikut informasi dasar yang diharapkan dapat membantu Anda.

Didirikan pada 26 September 1951, Universitas Islam Nusantara (UIN) Sunan Kalijaga Jogja awalnya hanya mempunyai tiga jurusan, antara lain Pendidikan, Dakwah, dan Qodlo. Kemudian, Dakwah berubah nama menjadi Fakultas Ushuludin, Qodlo menjadi Fakultas Syariah, dan Pendidikan menjadi Fakultas Tarbiyah.

UIN Sunan Kalijaga Jogja pun sempat beberapa kali berganti nama. Perguruan tinggi ini mulanya bernama Pendidikan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), lalu berubah menjadi Institut Agama Islam Negeri Al-Jami’ah Al-Islamiyah Al-Hukumiyah pada 24 Agustus 1960. Lima tahun kemudian, ada penambahan Sunan Kalijaga pada IAIN Jogjakarta dan baru pada 2004 berubah menjadi UIN Sunan Kalijaga sampai sekarang.

Fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga Jogja antara lain, Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Sains dan Teknologi, Ilmu Sosial dan Humaniora, Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sejak 2013, UIN Sunan Kalijaga Jogja menerapkan sistem pembayaran bernama Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Sistem tersebut dibayar berdasarkan pendapatan atau kondisi perekonomian keluarga mahasiswa. Oleh karena itu calon mahasiswa harus mengisi jumlah penghasilan orangtua mereka dengan tepat untuk mendapatkan besaran biaya yang nantinya harus dibayar.

UKT juga menghapus biaya gedung, uang pangkal, dan dana sejenis. Pembayaran dilakukan tiap awal semester. Pengelompokan UKT dibagi menjadi lima dengan ketentuan:

  • Calon mahasiswa yang masuk lewat SNMPTN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan SPAN-PTKIN akan dikelompokkan ke dalam salah satu dari lima kelompok UKT;
  • Calon mahasiswa yang masuk lewat jalur mandiri hanya dikelompokkan dari UKT II sampai UKT IV (apabila hanya ada lima kelompok pada jurusan yang bersangkutan).

Jumlah UKT yang harus dibayar bervariasi, dari Rp400.000 hingga Rp7.850.000. Ada pula UKT untuk mahasiswa yang masuk dari Bidikmisi dibayarkan oleh pemerintah. Dengan mengetahui jumlah biaya kuliah, calon mahasiswa bisa menimbang budget yang akan mereka sediakan untuk menyewa kamar di kost putra dekat UIN Sunan Kalijaga.

Benarkah Cari kost di Sekitar UIN Sunan Kalijaga Jogja Sulit? 

cara menemukan kost murah dekat uin sunan kalijaga jogja

ilustrasi mencari kost. (Foto oleh Ketut Subiyanto dari Pexels)

Menemukan kost di sekitar perguruan tinggi memang mudah, tetapi mencari yang sesuai budget tak segampang kedengarannya. Hal ini berlaku juga bagi calon mahasiswa yang akan kuliah di UIN Sunan Kalijaga Jogja. Jadi ada baiknya riset kost dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk memudahkan proses sewa dan pemindahan.

Ada tiga faktor yang membuat pencarian kost daerah UIN Sunan Kalijaga terasa sulit, antara lain:

  • Harga murah, kamar sempit. Beberapa kamar kost dibanderol sekitar Rp 3 jutaan per tahun, tetapi rata-rata luasnya hanya 3x3 meter. Bukan hanya itu, kamar-kamar tersebut belum dilengkapi fasilitas, sehingga harus disiapkan sendiri oleh penyewa. Belum lagi biaya sewa yang belum termasuk listrik dan air;
  • Fasilitas cukup lengkap, harga mahal. Berbanding terbalik dari poin sebelumnya, jenis kost dekat UIN Jogja ini sudah dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Hanya saja harga sewa yang ditawarkan bisa dua kali lipat;
  • Jarak kost dengan kampus. Masalah selanjutnya yang menyulitkan calon mahasiswa untuk menemukan tempat yang tepat adalah jarak antara kost dengan kampus. Kadang lokasi kost murah cukup jauh dari kampus, sementara yang mahal relatif dekat. Dalam hal ini, mahasiswa perlu mempertimbangkan pula ongkos transportasi yang akan dikeluarkan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kost Dekat UIN Sunan Kalijaga Jogja? 

Untuk memudahkan pencarian kost di sekitar UIN Sunan Kalijaga Jogja, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dipertimbangkan calon mahasiswa:

Memiliki Akses Mudah Dengan Budget Terjangkau

Ada beberapa pusat kost daerah UIN Sunan Kalijaga yang bisa dipilih calon mahasiswa, antara lain Gowok, Sapen, Timoho, Demangan, dan Papringan. Dari kawasan-kawasan tersebut, mereka hanya butuh waktu tempuh kurang lebih lima menit menuju kampus dengan jalan kaki. Dan biaya sewa kost pun masih terjangkau sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

Opsi alternatif yang bisa dipertimbangkan calon mahasiswa adalah Pesantren Wahid Hasyim yang jaraknya hanya 0,5 kilometer dari kampus dan Pesantren Krapyak yang jarak tempuhnya 25 kilometer dengan kendaraan.

Dikelilingi Lingkungan Yang Aman dan Nyaman

lain memastikan kondisi kost, perhatikan juga lingkungan di sekitarnya. Siapapun pasti ingin tinggal di lokasi yang aman sekaligus nyaman, apalagi kalau akan menetap di perantauan dalam jangka waktu lama. Masing-masing kost biasanya memberlakukan aturan tertentu yang sebaiknya diperiksa baik-baik. 

Anda yang membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan baru sebaiknya tidak menyewa kost daerah UIN Jogja yang aturannya ketat. Jika memungkinkan, minta rekomendasi dari teman yang sebelumnya sudah menetap di sana.

Menggunakan Aplikasi Untuk Mencari Kost 

cari kost dekat uin sunan kalijaga jogja murah pakai aplikasi

Cari kost dekat UIN Sunan Kalijaga Jogja lebih murah dan praktis pakai aplikasi. (Foto oleh Retha Ferguson dari Pexels)

Terlalu sibuk untuk terjun langsung ke lapangan? Sekarang sudah ada banyak aplikasi yang menyediakan info kost UIN Jogja, salah satunya RedDoorz. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan memasukkan keyword uin sunan kalijaga, setelah itu akan ada list kostan dekat kampus UIN Sunan Kalijaga

Kost yang masuk ke dalam daftar KoolKost sudah mempunyai fasilitas standar. Antara lain akses WiFi gratis yang sangat dibutuhkan mahasiswa masa kini untuk mengerjakan tugas. Kemudian lemari untuk menyimpan pakaian dan bawaan lain. Selain itu ada pula kasur dengan linen nyaman yang akan membuat mahasiswa beristirahat dengan nyaman. Belum lagi sistem keamanannya yang aktif selama 24 jam. Kamar mandi dalam, dan ada beberapa layanan kost yang sudah dilengkapi dengan air panas.

KoolKost by RedDoorz pun menghadirkan berbagai informasi seputar opsi sewa harian dan bulanan, termasuk tanggal masuk dan keluar layaknya booking hotel. Supaya tak salah pilih, calon mahasiswa juga perlu memeriksa syarat dan ketentuan yang ditetapkan kost bersangkutan.

Kesimpulan 

Jogja menjadi salah satu kota di Indonesia yang nyaman dan biaya hidupnya terjangkau. Bila kamu kuliah di Jogja kamu bisa berkesempatan untuk mencicipi kuliner khas Jogja yang resepnya sudah puluhan tahun, seperti Gudeg, Sate Klatak, Bakpia, Getuk, Geplak, Gatot, Nasi Tiwul, Tengkleng dan sebagainya. Selain sebagai kota pelajar Jogja punya banyak Universitas terbaik salah satunya adalah Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jogja.

UIN Sunan Kalijaga Jogja tak dipungkiri menyediakan program studi terbaik dengan sistem bayar biaya kuliah yang meringankan beban mahasiswa. Dengan kemudahan tersebut, calon mahasiswa bisa menyesuaikan budget yang akan dikeluarkan, termasuk sewa kost di sekitar kampus. Riset dan pencarian sejak jauh-jauh hari pun direkomendasikan untuk memperoleh tempat terbaik.

Untuk cari kost dekat UIN Sunan Kalijaga kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz, dan mulai mencari dengan memasukkan kata kunci UIN Sunan Kalijaga agar keluar semua informasi kost sekitaran kampus UIN Sunan Kalijaga. Untuk menghindari kesalahpahaman, setelah memilih beberapa kandidat kost yang sudah disaring dari aplikasi RedDoorz tersebut, kamu bisa mengunjungi kost tersebut dan bertemu langsung dengan pengelola kost dekat UIN Jogja. Diskusikan aturan apa saja yang harus mereka patuhi serta poin pelanggaran yang dapat dihindari untuk menjaga kenyamanan dan keamanan. Dari hasil survey langsung baru bisa menentukan kost mana yang akan kamu ambil untuk ditempati sebagai “rumah” kedua kamu selama menjalani masa kuliah.

Press Enter To Begin Your Search
×