Loading...

 

Mengekspresikan diri melalui tulisan terkadang sulit karena menimbulkan berbagai persepsi berbeda. Hal tersebut dapat memicu salah paham atau salah tafsir mengenai maksud tulisan atau ucapan. Oleh sebab itu, aplikasi whatsapp memberi fitur khusus untuk berbagai stiker sebagai ekspresi diri melalui pesan personal atau grup. Cara membuat stiker whatsapp ini sangat cocok untuk mengkonversi foto jadi ekspresi diri, baik diri sendiri maupun teman. yuk simak cara mudahnya berikut ini! 

cara membuat stiker whatsapp

Cara membuat stiker Whatsapp ternyata mudah (source:freepik.com)

Cara Membuat Stiker Whatsapp di PC dan Smarthpone

Langkah langkah yang dijelaskan di bawah ini untuk kamu yang ingin sticker dari foto sendiri atau teman teman. Koleksi stiker yang cukup banyak tentu sangat menyenangkan dan bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri saat berbincang di kolom percakapan. Tak hanya bisa kamu pakai di chat personal, tetapi juga bisa dipakai sebagai ekspresi saat percakapan grup. Sticker yang tersedia cukup monoton, sehingga mengedit foto teman kampu bisa jadi pilihan.

Hal pertama yang harus kamu lakukan, yaitu menyiapkan aplikasi tambahan yang diperlukan untuk mengedit foto jadi sticker. Anak kost mungkin merasa kesulitan karena ponsel pintar yang dipakai kurang compatible. Akan tetapi, tak perlu khawatir karena aplikasi tersebut bisa dihentikan pemasangan bila sudah tidak dipakai. Bahkan ukuran dari software itu cukup kecil, sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar dari ponsel pintar kamu. 

Baca juga: Rekomendasi Hape Android Murah dengan Spek yang Cocok untuk Anak Kostan

Aplikasi yang harus disiapkan, yaitu personal sticker for whatsapp, background eraser, dan PicsArt. Ketiganya sangat dibutuhkan untuk hasilkan sticker yang memuaskan dan menarik saat dipakai. Kamu bisa mengunduh ketiganya melalui play store atau app store dengan ukuran yang sangat minim, sehingga tidak perlu khawatir dengan media penyimpanan. Selain tidak memakan banyak ruang, ketiganya dapat diperoleh secara gratis.

Langkah kedua yang dapat kamu lakukan, yaitu menyiapkan foto yang akan diedit untuk jadi stiker di whatsapp. Pastikan telah memilih tiga foto terbaik, karena jumlah minimal itu yang diwajibkan agar dapat ditambahkan ke aplikasi. Cara membuat stiker whatsapp pakai foto sendiri ini tentu akan jadi lebih menyenangkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memakai foto teman, pasangan, saudara, bahkan keluarga untuk jadi stiker yang lucu.

Tahap ketiga yang harus dilakukan untuk hasilkan sticker yang apik, yaitu menghapus latar belakang foto. Biasanya, foto yang dipilih memiliki latar belakang cukup ramai sehingga harus kamu hapus terlebih dahulu. Background yang terlalu ramai membuat hasil sticker jadi kurang maksimal dan kurang menarik saat dipakai nantinya. Menghapus latar belakang dari suatu foto bisa kamu lakukan dengan mudah, yaitu memakai background eraser. 

Setelah menginstall aplikasi Background Eraser, kamu dapat membukanya. Setelah masuk ke halaman utama, klik tab Load a Photo dan pilihlah foto yang telah disiapkan sebelumnya. Edit foto jadi stiker whatsapp online ini bisa kamu mulai dengan menghapus latarnya. Caranya cukup mudah, yaitu usapkan jari di area yang diinginkan agar background foto terhapus. Setelah selesai, cukup tekan tombol Done dan simpan di media penyimpanan.

Cara keempat yang harus dilakukan, yaitu mengedit foto yang telah memiliki background transparan. Berikan sentuhan sentuhan unik agar sticker yang kamu pakai memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Tak hanya itu, pastikan emoji yang dipakai ini terlihat menonjol dan mencolok. Tak hanya dari segi ekspresi wajah, tetapi juga sentuhan tambahan seperti kata atau kalimat sebagai penegas dari mimik muka yang kamu pasang.

Saat ini ingin menambahkan kata atau kalimat singkat, kamu  bisa memakai aplikasi PicsArt. Aplikasi ini tergolong mudah dioperasikan, sehingga para pemula pun dapat melakukan proses editing ini. Cukup masuk ke halam app, lalu ketuk ikon + untuk memilih foto. Lalu tekan opsi Teks untuk membuat stiker whatsapp lucu. Tidak lupa memilih warna yang cocok dan mencolok agar mudah terbaca serta tidak tertutup oleh warna lain di fotomu.

Tahap akhir, kamu cukup mengunduh stiker yang sudah diedit ke whatsapp agar bisa dipakai. Proses pengunggahan ini memerlukan bantuan aplikasi tambahan, yaitu personal sticker for whatsapp. Aplikasi ini cukup ringan dan mudah dioperasikan dan bisa langsung terhubung dengan media penyimpanan. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan untuk mencari stiker atau foto yang sudah diedit melalui dua software sebelumnya.

Saat ingin mengunduh stiker, kamu cukup membuka Personal Sticker for Whatsapp. Setelah masuk ke halaman utama, kamu dapat langsung menemukan emoji yang telah diedit. Cara membuat stiker whatsapp ini bisa diselesaikan dengan menekan tab Add untuk menambahkan stiker ke aplikasi percakapan berwarna hijau ini. Kemudian, cek lebih dulu di aplikasi apakah emoji telah masuk dan tersedia di bagian sticker agar bisa digunakan.

Setelah sticker ditambahkan ke aplikasi percakapan dan telah masuk di tab sticker, maka kamu dapat memakainya saat mengobrol dengan orang lain. Gunakan stiker tersebut untuk mengekspresikan diri agar pesan yang dikirim tidak disalahartikan. Dengan begitu, isi pesan dapat diterima dengan baik dan tidak salah tafsir. Langkah ini mengurangi kesalahpahaman yang kerap terjadi saat komunikasi dilakukan melalui teks dan tidak bisa melihat mimik muka secara langsung.

Langkah Langkah Membuat Emoji Bergerak di Whatsapp 

cara membuat stiker whatsapp

Cara membuat emoji Whatsapp bisa bergerak (source:freepik.com)

Saat ini whatsapp telah memperbarui versi lamanya agar dapat bertukar emoji bergerak. Kamu bisa mengupdatenya melalui play store atau app store agar emoji yang dibagikan bisa bergerak. Bila belum pakai versi terbaru, cara membuat stiker whatsapp tanpa aplikasi ini bisa diterapkan. Kamu cukup menyimpan stiker yang dikirimkan oleh teman melalui pesan personal atau grup. Setelah menandai favorit, emoji secara otomatis tersimpan di tab sticker.

Saat ini, whatsapp telah merambah ke fitur yang lebih beragam dan canggih tentunya. Hal tersebut diluncurkan dalam rangka memberikan kepuasan pelanggan secara optimal, sehingga penggunanya pun puas. Stiker bergerak jadi salah satu fitur tambahan yang paling baru. Kamu bisa memperbarui versi terbaru whatsapp agar stiker dapat bergerak, bahkan bisa juga membuatnya sendiri. Tentunya dengan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga.

Bila ingin memperbarui aplikasi percakapan ini, kamu cukup menekan perbarui di play store atau app store. Tidak perlu mengunduh aplikasi chatting lain yang ilegal karena pengelola wa telah menyedia fitur lengkap. Cara membuat stiker whatsapp bergerak ini bisa dimulai dengan mengunduh emoji yang tersedia. Pilihan yang tersedia sangat terbatas, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan foto teman, pasangan, atau bahkan keluarga. 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan, yaitu mengunduh dan memasang aplikasi IStciker melalui play store. Aplikasi ini berfungsi untuk mencari animasi dengan format gif untuk bisa ditimpa dengan gambar kamu. Caranya sangat mudah, yaitu mencari animasi yang akan dipakai melalui ezgif.com. Pada pilihan ini, kamu hanya perlu mengubah pengaturan ukuran agar ukurannya sesuai dengan sticker whatsapp dan dapat dipakai di berbagai media.

Pilihlah menu Gif Resizer untuk mengubah ukuran animasi, lalu pilihlah animasi yang sudah diunduh sebelumnya. Ubahlah ukurannya menjadi panjang kali lebar dengan ukurang yang sama, yaitu 512 x 512. Cara membuat stiker whatsapp pada tahap awal ini pun dapat kamu akhiri dengan menekan Resize Images. Setelah itu, ubahlah dengan memilih menu WebP dan klik tab pada pilihan Convert to WebP untuk menyelesaikan tahap ini. 

Setelah ukuran animasi diubah, kamu cukup mengunduh dalam format gif tersebut. Caranya mudah, yaitu ditekan dan ditahan lalu pilihan Download Images akan muncul. Kemudian bukalah aplikasi iSticker untuk melanjutkan proses editing dengan cara menambahkan gambar ke animasi bergerak. Pada tahap ini, kamu hanya perlu menimpa animasi yang bisa bergerak dengan foto yang tak bergerak, sehingga prosesnya pun sangat mudah.

Gambar yang ditambahkan atau ditimpa di atas sticker seringkali kurang tepat, sehingga kamu perlu mengedit lebih dulu. Caranya mudah, yaitu crop bagian yang terlalu lebar lalu simpan agar gambar tersimpan di file manager. Cara membuat stiker whatsapp di pc terasa lebih mudah, tetapi melakukan editing di ponsel pintar jauh lebih praktis. Kamu tidak perlu aplikasi tambahan yang berat dan bisa dilakukan dimana saja saat waktu senggang. 

Proses sebelumnya menyebabkan gambar tersimpan di media penyimpanan internal ponsel pintar. Oleh sebab itu, kamu harus membuka file manager di smartphone agar menemukan gambar tersebut. Letaknya berada di dalam folder iSticker dan gantilah nama folder yang menyimpan gambar tersebut. Setelah itu, salin nama dari folder tersebut agar dapat  kamu samakan dengan nama folder yang menyimpan file animasi dengan format gif.

Setelah itu, proses ini dapat diakhiri dengan menempel nama di  folder tempat menyimpan animasi. Dengan begitu, kedua folder ini akan memiliki nama penyimpanan folder yang sama. Buat stiker whatsapp online ini dilanjutkan dengan menyalin file gif dan menyimpanya di lokasi file iSticker yang sebelumnya. Dengan begitu, file gif akan menggantikan file gambar yang telah kamu simpan sebelumnya di media penyimpanan internal. 

Tahap final yang harus kamu lakukan, yaitu menambahkan stiker di dalam whatsapp agar bisa dipakai dan dibagikan ke pengguna lain. Caranya, cukup masuk ke aplikasi iSticker dan klik pilihan Add to Whatsapp. Dengan begitu, sticker yang sudah kamu edit akan langsung tersedia di tab Sticker dan bisa dipakai. Untuk mencobanya, kamu cukup buka kolom atau halaman percakapan dengan teman dan kirimkan stiker yang sudah tersedia.

Sebelumnya, fitur satu ini belum dimiliki secara resmi oleh aplikasi percakapan berwarna hijau ini. dengan begitu, para pengguna whatsapp harus memakai aplikasi illegal agar dapat mengirimkan stiker yang bisa bergerak. Akan tetapi, buat foto jadi stiker whatsapp saat ini telah dapat dilakukan dengan mudah. Meskipun harus memakai aplikasi tambahan, kamu dapat menghentikan pemasangan setelah selesai dipakai sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan. 

Mengekspresikan diri melalui tulisan terasa tidak cukup dan sering kali menimbulkan salah persepsi. Oleh sebab itu, pengelola aplikasi percakapan berwarna hijau ini merilis fitur untuk berbagi sticker. Pada awalnya hanya sticker biasa, tetapi saat ini telah hadir pilihan sticker yang bisa bergerak. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat stiker foto sendiri dengan memakai aplikasi tambahan, baik untuk emoji bergerak maupun tidak. Sudahkah kamu mencobanya?

Whatsapp sendiri sekarang ini sudah diakuisisi oleh facebook, dimana whatsapp dan facebook sudah menjadi keharusan untuk dimiliki dan di install di dalam smartphone kamu. Banyak kegunaan memiliki akun facebook, salah satunya adalah untuk membuat akun di RedDoorz dengan mudah  dan mulai untuk mencari kosan yang sesuai dengan budget serta fasilitas yang sesuai dengan yang diinginkan. Untuk cari kosan kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz punya fasilitas lengkap tetapi harga yang terjangkau dan juga fleksibel bisa sewa harian, mingguan, bahkan bulanan. 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×