Loading...

Seblak menjadi salah satu makanan khas Bandung yang banyak diminati. Hal ini tentu saja lantaran rasanya yang  membuat kamu ketagihan. Namun, apabila kamu sedang tidak berada di Bandung, kamu juga tetap bisa membuatnya. Bagaimana cara membuat seblak yang enak? Berikut resep yang bisa kamu coba.

cara membuat seblak

Makan seblak buatan sendiri di kosan (source:freepik.com)

Resep dan Cara Membuat Seblak Kuah

Membuat seblak sendiri ternyata bukan hal yang susah. Sebab, proses pembuatan mudah dan bahan-bahannya gampang ditemukan jadi kamu bisa membuatnya sendiri saat berada di kostan. Apabila kamu menyukai makanan yang pedas, maka kamu bisa coba membuat seblak pedas kuah.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan  adalah kerupuk warna-warni atau kerupuk bawang, kamu bisa sesuikan dengan selera kamu. Kemudian, siapkan pula bakso ikan, sosis sapi, sawi hijau, 2 butir telur, kaldu bubuk, kecap manis, dan juga 2 hingga 3 gelas air untuk membuat seblak kuah.

Selanjutnya, kamu juga perlu menyiapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu halus. Diantaranya adalah 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 cm kencur, kurang lebih 25 cabai rawit, dan juga 5 cabai keriting. Semua bahan bahan halus yang telah kamu siapkan, cuci bersih dan haluskan.

Untuk cara membuat seblak kuah cukup mudah. Pertama, kamu bisa merebus kerupuk terlebih dahulu selama kurang lebih dalam waktu 10 menit. Selanjutnya, kamu bisa meniriskan kerupuk tersebut. Lalu, panaskan minyak ke dalam wajan dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya.

Tumislah bumbu halus tersebut hingga matang dan memiliki bau yang harum. Ketika sudah harum sisihkan di pinggir wajan dan masukkan telur, orak oriklah. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan bakso, sosis, dan menuangkan air ke dalam wajan tersebut. Barulah kamu masukkan kerupuk yang telah direbus tersebut.

Ketika telah tercampur, maka kamu bisa menambahkan sawi hijau yang telah dipotong. Masukkan pula gula, garam, dan kaldu bubuk serta kecap sesuai dengan selera. Koreksi rasa apakah telah pas. Apabila sudah, maka kamu bisa mengangkatnya dan menyajikan dengan ditaburi bawang goreng diatasnya untuk menambah selera.

Resep dan Cara Membuat Seblak Mie

Seblak di Indonesia memiliki banyak sekali jenis dan variannya. Setelah membuat seblak kuah pedas, kamu juga bisa mencoba varian seblak yang lain. Seblak mie juga menjadi salah satu resep seblak enak yang bisa kamu coba. Proses pembuatannya pun kurang lebih sama. Hal yang membedakannya adalah adanya tambahan mie di dalamnya.

Bahan bahan yang kamu perlukan adalah 1 bungkus mie, 2 butir telur, kurang lebih 2 sendok makan kerupuk, dan untuk sayurnya kamu bisa menyiapkan daun bawang dan juga kol. Selanjutnya, siapkan pula bumbu lain yang dibutuhkan. Diantaranya adalah 1 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, ½ butir kemiri, 7 cabai merah, dan 3 cm kencur.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan sekitar 1 sachet kecil saus tomat, kurang lebih 2 gelas air matang dan juga penyedap, garam serta gula secukupnya. Cara membuat seblak mie ini bisa dengan mudah untuk kamu lakukan di kosan. Tanpa memerlukan waktu yang lama, kamu pun bisa membuatnya dan tentu rasanya juga akan enak.

Pertama, kamu bisa memanaskan minyak ke dalam wajan. Setelah dirasa panas, masukkan 2 butir telur dan masak secara orak arik. Tiriskan telur tersebut dan pindahkan pada wadah yang lain. Namun, sebelum itu kamu bisa merebus cabai merah merah terlebih dahulu. Hal ini karena cabai merah tersebut akan dihaluskan bersama bumbu lain.

Selanjutnya, haluskan cabai merah yang telah direbus, bawang putih, bawang merah, kencur dan kemiri. Setelah bumbu halus, masukkan ke dalam wajan dan tumis hingga berubah menjadi harum. Tambahkan pula garam, gula, penyedap, saus dan air ke dalam wajan.

Aduk aduk dan biarkan air menjadi mengental. Setelah mengental, maka kamu bisa masukkan kerupuk yang sebelumnya telah direndam dengan menggunakan air panas dan bakso. Cicipilah bagaimana rasanya, apabila belum sesuai maka kamu bisa menambahkan bumbu lainnya. Setelah itu masukkan mie dalam waktu yang sebentar saja dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga: 7 Cara Masak Mie Instan Biar Nggak Bosen

Resep Seblak Kerupuk Makaroni

Seblak lain yang tak kalah populer dengan mie adalah menambahkan makaroni ke dalamnya. Cara membuat seblak ini juga cukup gampang. Pertama kamu bisa menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu, seperti 2 genggam kerupuk aci dan juga makaroni secukupnya. Kemudian, telur kocok sebanyak 2 butir.

Untuk menambah varian isinya, kamu bisa menyiapkan bakso sebanyak 5 buah dan daun bawang yang telah diiris iris. Jangan lupa untuk siapkan sekitar 200 ml air, minyak goreng, garam, dan gula secukupnya. Bahan bahan tersebut tentu saja akan mudah untuk kamu temukan di kosan.

Di dalam membuat seblak jenis ini, kamu juga perlu beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bumbu halus. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah 8 cabai rawit, 4 cm kencur, 5 siung bawang putih, dan 5 siung bawang merah. Semua bahan-bahan tersebut bisa kamu haluskan dengan menggunakan blender maupun ulekan.

Kemudian, untuk cara membuat seblak kerupuk maka kamu bisa merendam kerupuk tersebut di dalam air panas dengan kurang lebih sekitar 30 menitan. Jangan lupa untuk menambahkan minyak, agar nantinya kerupuk tersebut tidak menjadi lengket antara satu dengan yang lain.

Lalu, panaskan minyak dan tumis bumbu halus terlebih dahulu hingga wangi. Kemudian sisihkan bumbu tersebut dan tumin telur sampai setengah matang. Selanjutnya kamu bisa memasukkan bakso dan daun bawang. Aduk hingga merata sampai bumbu tercampur rata dengan semua bahan yang lain.

Selanjutnya, kamu bisa memasukkan air dan tunggu hingga mendidih. Masukkan makaroni dan tunggu hingga menjadi melunak. Tambahkan kerupuk yang  telah kamu rendam dan aduk hingga semua tercampur rata. Ketika dirasa telah tercampur semuanya tambahkan gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa, dan seblak kerupuk siap disajikan.

Resep Seblak Ceker yang Enak

cara membuat seblak

Ceker ayam jadi salah satu bagian ayam yang sering dimasak (source:freepik.com)

Cara membuat seblak ini sebenarnya memiliki banyak sekali topping yang bisa kamu tambahkan. Salah satunya dengan memasukkan ceker agar seblak menjadi kaya rasa. Bagi kamu yang ingin membuat seblak ceker, berikut bahan-bahan yang perlu untuk kamu persiapkan.

Pertama, siapkan sekitar ¼ ceker yang telah dicuci bersih dan kukunya telah dihilangkan. Kemudian, siapkan 1 hingga 2 butir telur sesuai dengan selera. Jangan lupa siapkan 2 sendok makan cabai bubuk, daun bawang yang telah diiris tipis, dan air kaldu yang didapat dari rebusan ceker.

Untuk bumbu halusnya, kamu bisa menyiapkan 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 2 cabai merah besar, 10 cabai rawit atau sesuai dengan selera, 1 butir kemiri, dan 1 ruas kencur. Haluskan semua bahan-bahan tersebut, agar lebih mudah dan hemat waktu kamu bisa memblendernya.

Cara memasaknya, pertama kamu bisa merebus ceker hingga empuk atau setengah matang. Hal ini sesuai dengan selera kamu apakah suka ceker yang sangat empuk atau yang masih agak alot. Kemudian, buang air rebusan pertama dan rebuslah ceker tersebut kembali dengan air yang baru sehingga bisa diambil kaldunya.

Kemudian, bumbu yang telah dihaluskan tersebut bisa kamu tumis hingga matang. Apabila kamu merasa kurang pedas, kamu bisa menambahkan cabai bubuk. Biasanya kamu menambahkan air biasa saat membuat seblak, tapi ketika memasak seblak ceker kamu bisa untuk menambahkan kaldu dari rebusan ceker tersebut.

Tambahkan telur dan aduk secara perlahan dan terus-menerus. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan sisa air rebusan kaldu dan tambahkan garam, kaldu, gula, dan penyedap hingga kamu merasa rasanya pas. Kemudian, masukkan ceker dan aduk hingga bumbu meresap. Tunggu sampai masakan matang dan seblak bisa disajikan ke piring.

Resep Seblak Jeletet yang Super Pedas

cara membuat seblak

Seblak super pedas dengan menggunakan cabai alami (source:freepik.com)

Saat membuat seblak jeletet yang super pedas, terdapat bahan bahan yang perlu kamu persiapkan. Diantaranya adalah 1 bungkus mie instan, 1 genggam kwetiau basah, 1 genggam makaroni, 1 genggam kerupuk mentah, 6 ceker ayam atau bisa lebih. Lalu siapkan pula bawang goreng, 3 buah sayap ayam, 2 butir telur ayam, dan 6 butir bakso sapi yang diiris menjadi empat bagian.

Untuk bahan pelengkapnya sendiri, siapkan kaldu bubuk secukupnya, irisan daun bawang secukupnya, garam, minyak untuk menumis, gula pasir dan air. Sedangkan untuk bumbu halusnya, kamu bisa menyiapkan 6 siung bawang merah, 5 butir kemiri, 5 ruas kencur, 3 siung bawang putih, 20-30 buah cabe rawit merah, dan 10 buah cabe merah besar.

Cara membuat seblak ini, pertama kamu bisa merendam kerupuk terlebih dahulu hingga melunak dan mengembang sehingga akan lebih mudah untuk dimasak. Setelah itu, bersihkan sayap ayam dan ceker hingga bersih dan tambahkan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Rebus kedua bahan ini hingga empuk.

Rebus makaroni dan mie instan dan tambahkan sedikit minyak goreng agar makaroni tersebut tidak lengket satu sama lain. Biarkan hingga mendidih dan matang. Barulah kamu bisa menghaluskan bumbu dengan menggunakan ulekan dan tumis ke dalam wajan hingga berbau harum.

Setelahi itu, kamu bisa untuk masukan semua bahan seperti mie instan, kerupuk, makaroni dan kwetiaw. Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata. Selanjutnya, masukkan air ke dalam tumisan dan bumbui dengan menggunakan kaldu ayam, garam, dan aduk hingga merata. 

Untuk membuat rasa lebih enak, kamu bisa menuangkan bumbu yang terdapat pada mie instan. Selanjutnya tambahkan telur dan aduk hingga merata. Barulah masukkan rebusan ceker ayam dan juga sayap ayam. Masak semuanya hingga matang dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Itulah beberapa resep seblak yang bisa anak kost masak. Apabila kamu anak kosan, seperti anak kost Jakarta misalnya, maka makan seblak pake nasi bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu konsumsi ketika lapar melanda. Ditambah lagi ketika musim hujan tiba, seblak pedas ditambah nasi putih hangat akan menjadi kombinasi yang pas.

Mungkin beberapa dari kamu bingung mau masak saat berada di kostan, mungkin karena memang tidak ada fasilitas dapur bersama di kostan kamu. Nah kalau kamu ingin cari kosan dengan fasilitas lengkap termasuk dapur bersama, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz.

Karena selain punya fasilitas seperti kamar kos yang lengkap dengan kasur, lemari pakaian, meja dan kursi kerja, kamar mandi di dalam, dan juga kamar ber-AC, kostan KoolKost juga memberikan fasilitas lainnya seperti dapur bersama, sehingga kamu yang mau coba resep masakan rumahan bisa dengan leluasa memasak di kostan dan mengobati rasa rasa rindu pulang ke rumah. 

Press Enter To Begin Your Search
×