Loading...

Masyarakat modern semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh sejak dini. Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar, salah satunya dengan mengkonsumsi buah-buahan segar. Selain dikonsumsi langsung, kamu juga bisa mencicipi aneka salad dari buah sebagai alternatifnya. Berikut beberapa cara membuat salad buah beserta manfaatnya. 

cara membuat salad buah

Salad buah salah satu makanan sehat untuk anak kosan (source:freepik.com)

Mengenal Kudapan Sehat Bernama Salad Buah

Belakangan ini, salad dari campuran buah buahan segar banyak diminati oleh masyarakat berkat rasanya yang nikmat dan kaya akan gizi baik bagi tubuh. Meski kudapan sehat ini cukup populer, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui pasti bagaimana asal usul terciptanya makanan lezat tersebut. 

Sebenarnya baik salad sayur maupun buah merupakan kudapan asal Inggris. Sebelum bisa dinimati oleh seluruh orang di dunia, ternyata kudapan sehat ini dulunya hanya dinikmati oleh bangsa Yunani kuno dan Romawi kuno saja. Sedangkan pemberian namanya sendiri berasal dari kata latin “sal” yang berarti garam. 

Sedangkan garam sendiri merupakan bumbu dapur yang dapat menciptakan rasa gurih dan membuat siapa saja ketagihan mengkonsumsinya. Namun seiring berjalannya waktu, kata “sal” kemudian dikombinasikan dengan bahasa Perancis Kuno hingga menjadi “sallade”. Kata ini pun kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris lalu lahirlah kata “salad”.

Manfaat Mengkonsumsi Salad Buah 

Kudapan ini tidak hanya terkenal akan kelezatannya semata, namun juga membawa segudang manfaat bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Sebab kudapan satu ini memanfaatkan aneka buah buahan segar, yang kemudian diolah dan dicampurkan dengan bahan tambahan untuk meningkatkan cita rasanya. 

Dapat melancarkan sistem pencernaan merupakan salah satu manfaat salad buah yang bisa dirasakan sejak mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan buah merupakan makanan kaya serat dan berbagai gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol, mencukupi kebutuhan mineral, sekaligus mencegah konstipasi. 

Buah juga dikenal sebagai makanan kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Mulai dari vitamin A, vitamin C, hingga vitamin E bisa didapatkan dari aneka buah buahan segar yang dicampurkan dalam satu porsi salad. Ketika kebutuhan vitamin terpenuhi, impian untuk memiliki kulit sehat dan cerah akan segera terwujud. 

Siapa yang akan menyangka jika kudapan satu ini juga mampu mencegah resiko terkena kanker. Sedangkan kanker sendiri, merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya hingga dapat menyebabkan kematian. Namun tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi buah buahan segar baik dikonsumsi langsung atau diolah terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan oleh National Cancer Institute, didapatkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi salad dari buah secara rutin dapat melindunginya dari ancaman penyakit mematikan seperti kanker. Sebab kandungan vitamin dan vitamin di dalam buah, dapat mencegah pertumbuhan kanker.

Bahkan buah seringkali dijadikan sebagai menu diet sehat berkat kandungan seratnya yang begitu tinggi. Ketika perut sudah merasa lapar sebelum jam makan tiba, kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Cukup dengan menjadikan salad dari buah sebagai kudapan, dijamin perut terasa kenyang. 

Berkat kandungan kalori salad buah yang rendah, membuatnya cocok dijadikan sebagai menu terbaik bagi mereka yang sedang menjalankan program diet sehat. Meski banyak yang merekomendasikan salad buah untuk diet, kenyataannya siapapun boleh mengkonsumsi kudapan sehat tersebut kapanpun diinginkan. 

Umumnya dalam satu porsi salad terdiri dari beberapa potongan aneka buah buahan segar dan bahan tambahan lainnya. Dengan kata lain, secara sadar kamu telah mengkonsumsi berbagai jenis buah dan mendapatkan berbagai vitamin dalam satu waktu. Ketika vitamin terpenuhi, maka otak dapat berfungsi optimal dan menurunkan resiko terkena alzheimer. 

Kaya akan manfaat bagi manusia, wajar saja jika masyarakat tertarik untuk mengkonsumsi kudapan satu ini. Selain membelinya di toko terdekat, tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk menekan pengeluaran. Cara membuat salad buah pun terbilang cukup sederhana, karena semua bahannya bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. 

Aneka Jenis Buah yang Cocok Dijadikan Salad

cara membuat salad buah

Buah yang sering digunakan untuk salad buah (source:freepik.com)

Setiap jenis buah kaya akan gizi baik bagi kesehatan tubuh manusia, namun tidak semuanya bisa dijadikan campuran dalam pembuatan salad. Setidaknya ada beberapa jenis buah yang umum digunakan dalam pembuatan salad, salah satunya yaitu apel segar. Buah kaya akan air ini berkhasiat menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Buah apel juga mengandung antioksidan flavonoid cukup tinggi, dan dapat membantu menjauhkan dari resiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Kamu juga tidak akan mengeluh ketika harus mengkonsumsinya, mengingat rasanya yang lezat dan gurih. Bahkan anak anak pun menyukainya, sehingga tidak sulit untuk memberikan salad kepada si kecil. 

Cara membuat salad buah yang enak dan praktis ternyata tidak akan menyiksa isi kantongmu. Sebab kamu sudah bisa membuatnya dengan memanfaatkan buah mangga sebagai menu utamanya. Mangga sendiri merupakan salah satu jenis buah yang ditemukan di wilayah tropis seperti Indonesia, sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukannya. 

Bukan hanya terkenal akan kelezatan rasanya semata, buah manis dan menyegarkan ini mengandung sejumlah vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain mangga, salad juga dilengkapi dengan beberapa potong buah jeruk sebagai tambahannya. Jeruk sendiri merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. 

Stroberi termasuk jenis buah yang banyak ditambahkan dalam olahan pembuatan salad. Selain warnanya yang cantik, buah satu ini juga mengandung indeks glikemik cukup rendah dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Dengan kata lain, gula darah tidak akan meningkat drastis begitu kamu mengkonsumsinya. Selain itu, buah berwarna merah menyala ini mengandung antioksidan tinggi. 

Alpukat juga tidak kalah populer dijadikan sebagai tambahan pembuatan salad. Buah yang dikenal lezat dan mengenyangkan ini mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung manusia. Cara membuat salad buah dengan alpukat pun cukup mudah diterapkan, sehingga tidak ada salahnya memasukkannya dalam campuran satu porsi salad. 

Semangka juga tidak kalah populer dijadikan sebagai bahan pembuatan salad. Buah segar kaya akan air ini mengandung vitamin A, vitamin C, serta lycopene yang bagus untuk kesehatan tubuh. Ditambah lagi dengan rasanya yang begitu lezat, siapapun akan dibuat jatuh cinta ketika pertama kali mencobanya. 

Resep Sederhana Membuat Salad dari Buah

Setelah mengetahui jenis buah yang sering digunakan dalam pembuatan salad, saatnya untuk menerapkan resep pembuatannya secara langsung. Agar tidak penasaran, mari kita coba resep salad buah enak yang pertama. Siapkan beberapa jenis buah segar sesuai selera lalu cuci bersih dan potong dengan ukuran kecil kecil.

Setelah semua buah telah siap diolah, saatnya untuk menyiapkan bahan pembuatan saus salad terlebih dahulu. Bahan yang diperlukan yaitu 100g gula pasir, 6 sendok makan mayonaise, 200 ml susu cair, 1 sdm tepung maizena, dan keju parut secukupnya. Setelah semua bahan, kini saatnya menerapkan cara membuat salad buah yang benar. 

Pertama tama, campurkan tepung maizena dan 3 sdm susu cair dalam satu wadah. Kemudian masukkan sisa susu cair yang telah disediakan bersamaan dengan gula. Aduk hingga merata lalu tunggu hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan tepung maizena dan masak kembali hingga mendidih sebelum mematikan api kompornya. 

Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu menambahkan parutan keju beserta mayonnaise dan aduk hingga merata. Simpan adonan saus salad tersebut di dalam wadah khusus, lalu masukkan ke dalam kulkas dan biarkan mendingin. Kemudian siapkan potongan buah dan tata pada wadah baru, kemudian siram menggunakan adonan saus salad yang sudah dibuat sebelumnya. 

Kamu juga bisa mencoba resep lain pembuatan salad dari buah khusus untuk diet. Sebenarnya buah buahan yang digunakan tidak jauh berbeda, namun yang membedakannya adalah pembuatan saus saladnya. Jika umumnya kamu menggunakan campuran mayonaise atau yogurt, kali ini pembuatan saus saladnya diganti dengan madu atau perasan  jeruk.

Cara membuat salad buah tanpa yogurt ini memang sedikit berbeda, namun tidak mengubah cita rasanya sama sekali. Ketika pertama kali mencicipinya, kamu bisa merasakan rasa manis asli dari madu yang berpadu dengan kesegaran aneka buah buahan. Apabila tertarik membuatnya silahkan persiapkan aneka jenis buah sesuai selera terlebih dahulu. 

Selanjutnya silahkan bersihkan buah dan kupas menjadi beberapa bagian kecil agar lebih mudah dikonsumsi. Tata potongan buah sedemikian rupa pada wadah khusus, selanjutnya campurkan madu dan perasan jeruk ke dalam wadah baru lainnya. Setelah tercampur rata, barulah siram saus salad tersebut ke atas potongan buah yang telah tertata rapi. 

Resep saus salad buah sederhana ini cukup mudah dibuat dan cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Sebab kamu mengganti mayones dan yogurt menjadi madu. Sedangkan madu sendiri, merupakan bahan pemanis alami yang bebas kolesterol dan lemak yang membuatnya aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani program diet. 

Selain dikonsumsi sendiri, rasanya akan lebih menguntungkan jika bisa menjadikannya sebagai lahan mencari pendapatan tambahan. Semua bahannya mudah didapatkan dan termasuk kudapan populer, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan menggiurkan dari hasil berjualan salad. Bagaimana  cara membuat salad buah untuk dijual ?

Karena tujuannya untuk dijual, tidak ada salahnya membuatnya sedikit lebih istimewa dibandingkan biasanya. Pertama tama siapkan bahan yang dibutuhkan seperti buah apel, anggur, melon, kiwi, mangga, stroberi, dan tidak lupa nata de coco. Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat saus salad terdiri dari 500g mayonnaise, 250g kental manis, 250g yogurt, dan keju parut. 

Silahkan potong buah buahan segar tersebut menjadi beberapa potongan kecil, lalu tata rapi di dalam wadah tertentu. Setelahnya kamu bisa mengambil wadah baru untuk membuat saus saladnya terlebih dahulu. Campurkan semua bahan pembuatan saus saladnya hingga merata sempurna, sebelum akhirnya dituangkan ke atas potongan buah yang telah tersusun rapi. 

Langkah terakhir, kamu bisa menaburkan keju parut ke bagian atas salad dan tambahkan dengan potongan stroberi cantik sebagai pelengkapnya. Tutup wadah penyimpanan salad tersebut dengan erat, sehingga tidak mudah tumpah dan sampai di lokasi pemesannya. Kamu juga bisa membuat kreasi resep pembuatan salad buah lain agar pelanggan tidak mudah bosan. 

Dewasa ini, penjual salad yang memanfaatkan buah buahan segar sudah banyak ditemukan di berbagai sudut perkotaan. Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat siapapun merasa ketagihan untuk mengkonsumsinya. Bahkan banyak anak kost Surabaya yang berupaya mencari tambahan uang jajan dari berjualan salad yang terbuat dari buah. 

Jangan lupa pastikan kosan kamu ada dapur bersamanya jadi kamu bisa masak dengan mudah. Salah satu kosan yang menyediakan dapur bersama adalah KoolKost dari RedDoorz, selain lengkap dengan dapur bersama KoolKost juga menyediakan fasilitas wifi gratis dan juga kamar kost yang sudah ber-AC dan adanya kamar mandi dalam.

Press Enter To Begin Your Search
×