Loading...

Tidak semua anak kost sadar bahwa dekorasi kamar kost sangatlah penting untuk membuat suasana kamar menjadi lebih nyaman. Dan untuk dekor kamar kost minimalis itu tidaklah harus dengan budget yang mahal, bahkan kita bisa membuat dekorasi kamar dari barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Salah satu kerajinan tangan yang bisa kamu coba adalah membuat kerajinan dari stik es krim. Mungkin kamu masih ingat kapan terakhir kali kamu membuat kerajinan dari stik es krim? Karena pada dasarnya Kerajinan ini sebenarnya sudah diajarkan sejak masih duduk di bangku sekolah.

kerajinan dari stik es krim
Stik es krim bisa disulap jadi beberapa kerajinan yang cantik (source:Freepik.com)

Kamu bisa memanfaatkan kerajinan dari stik es krim sederhana ini untuk hiasan kamar kost kamu, dan kerajinan ini cocok untuk dekorasi kamar kost minimalis lho! Yuk mulai beri hiasan kamar kosan kamu agar kamu bisa semakin nyaman tinggal di dalam kamar kost.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk cara membuat kerajinan dari stik es krim ini tidaklah sulit, dengan bahan utama pastinya adalah stik es krim, pisau atau gunting dan lem, sisanya bisa disesuaikan dengan kreasi kamu seperti ditambahkan spidol, cat air, plitur, kertas warna warni, pernak pernik penunjang. Oia untuk stik es krimnya bukan berarti kamu harus beli es krim yang banyak terus stik es nya kamu kumpulkan untuk membuat kerajinan ini ya, kalau gitu bisa jadi mahal modalnya.

Bayangkan misal kita butuh 15 stik es krim, beli 1 es krim seharga Rp2 ribu, kalau beli 15 jadi butuh Rp30 ribu, jadi lumayan mahal bukan! Jadi untuk stik es krimnya kamu bisa beli di toko aksesori sekolah ataupun toko kerajinan tangan,  di sana kamu bisa beli satu pack stik es krim yang harganya jauh lebih murah.

Yuk buat kerajinan tangan dari stik es krim untuk dekorasi kamar kosan kamu supaya lebih bagus dan nyaman. Apa saja contoh kerajinan dari stik es krim yang bisa dibuat? Berikut ulasannya,

Beberapa Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim 

Hiasan Pot Bunga dari Stik Es Krim

Kita mulai dengan membuat hiasan pot bunga, sebagai aksesori kamu bisa gunakan tali sebagai hiasannya. Jadi apa saja yang dibutuhkan untuk membuat pot bunga dari stik es krim ini? Kamu bisa siapkan stik es krim, lem fox, tali, pisau cutter, pulpen, kardus, cat air bila kamu ingin membuat hiasan pot yang warna warni.

Cara membuatnya:

  • Warnai setiap stik es krim sesuai dengan warna yang kamu inginkan dengan menggunakan car air, kalau sudah keringkan.
  • Ambil pot bunga kamu letakkan di atas kardus, lalu gunakan Pulpen untuk mencetak ukuran alas pot bunga, setela itu lebihkan 1 cm dari pola yang sudah di buat tadi agar tidak terlalu ngepas dengan pot bunganya.
  • Kalau sudah jadi polanya, potong kardus dengan menggunakan gunting atau cutter
  • Siapkan stik es krim yang sudah di cat warna warni tadi, lalu buat dengan posisi tegak dan dibuat melingkar sesuai dengan tepi kardus yang tadi sudah dipotong. 
  • Gunakan tali sebagai hiasan, buat pola seperti menjahit, jadi seperti lotak tali di permukaan, lalu di belakang stik es krim dan selang seling. Kalau sudah talinya di lem ke stik es krim biar tidak lepas.
  • Lalu kalau sudah rekatkan stik es krim yang sudah jadi tadi pada tepi kardus, sehingga berbentuk seperti gelas atau pot bunga.
  • Setelah jadi kamu bisa memasukkan pot ke dalam hiasan pot bunga dari stik es krim tersebut, dan bisa diberikan pernak pernik sesuai dengan kreasi kamu.

Kerajinan dari Stik Es Krim Tempat Pulpen

kerajinan dari stik es krim

Tempat pulpen dan pensil untuk di atas meja kerja (source:freepik.com)

Mungkin meja kerja kamu di kamar kosan terlihat sepi dan pulpen tidak tertata atau berantakan karena tidak ada tempatnya. Alhasil kamu sering kehilangan pulpen karena meletakkannya sembarangan, kehilangan pulpen bisa jadi hal yang menyebalkan apalagi saat benar-benar dibutuhkan. Karena itu kamu mungkin bisa buat tempat pulpen dari stik es krim.

Alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti satu pack stik es krim, lem fox, cat warna (atau bisa tanpa cat bila kamu ingin tempat pulpen yang warnanya asli kayu dari stik es krim), kardus atau kertas karton, Pulpen dan gunting.

Cara membuatnya:

  • Bila kamu ingin menggunakan warna kamu bisa mewarnai stik es krimnya terlebih dahulu, lalu di keringkan.
  • Rekatkan empat stik es krim sehingga menjadi pinggiran yang berbentuk persegi, polanya stik es krim sebelah kiri dan kanan dibuat sejajar, lalu tumpuk stik es krim di atas dan di bawah, sehingga membentuk kotak, lakukan pola tersebut dengan menumpuk terus di atasanya hingga mencapai tinggi yang sesuai dengan yang kamu inginkan, kalau bisa tingginya tidak lebih tinggi dari ukuran pulpen pada umumnya.Jangan lupa setiap menumpuk rekatkan stik es krim dengan menggunakan lem. Kalau sudah jadi ambil kertas karton atau kardus lalu letakkan di bawah kerajinan tempat Pulpen tadi yang sudah kamu buat.
  • Potong kardus sesuai  dengan bentuk yang kamu inginkan, kardus ini fungsinya sebagai alas dari tempat Pulpen, jadi kamu bisa mengkreasikan bentuknya yang penting lubang bagian bawah tempat pulpen ini tertutup rapat dengan kardus.
  • Setelah jadi kamu bisa tambah hiasan sesukamu pada kerajinan dari stik es krim tempat Pulpen ini .

Membuat Pembatas Buku dari Stik Es Krim

Untuk kamu yang suka baca buku, mungkin bisa buat kerajinan dari stik es krim mudah ini sebagai pembatas buku. Alat dan bahan yang digunakan pun tidaklah sulit, yakni satu stik es krim, tali kain, lem, dan spidol atau bisa juga diganti dengan kertas kado.

Cara membuatnya:

  • Gambar stik es krim dengan spidol, atau diwarnai sesuai dengan kreatifitas kamu, kalau kamu nggak mau gambar bisa bungkus stik es krim dengan kertas kado lalu rekatkan dengan lem
  • Potong tali setengah dari ukuran panjang stik es krim, lalu ditempelkan pada ujung stik es krim.
  • Ujung dari benang yang terjuntai bisa di tempelkan pernak pernik sesuai dengan kreasi kamu. 

Kerajinan dari Stik Es Krim untuk Bingkai Foto

Beli bingkai foto kayanya uangnya sayang, mending buat sendiri yuk bingkai fotonya pakai stik es krim. Karena sekalipun kamu cowok pasti juga mudah membuatnya, bahan dan alat seperti biasa siapkan satu pack stik es krim, lem fox, pernak pernik untuk hiasan, kardus atau kertas karton, dan juga pensil serta gunting.

Cara membuatnya:

  • Buat pola seperti saat membuat tempat pensil tadi, hanya saja ukuranya harus sebesar foto yang kamu punya
  • Rekatkan setiap stik es krim yang satu dengan yang lain, dan gunakan pola selang seling agar membentuk bingkai foto yang unik.
  • Pada bagian belakang foto gunakan karton atau kardus supaya foto tidak meletot saat dipasang.
  • Buat beberapa bingkai dan gabungkan , ini opsional sih kamu bisa buat hanya satu frame, atau bisa digabungkan jadi 3 frame berjejer kesamping. Semua sesuai dengan kreasi dan keinginanmu

Membuat Tempat Tisu dari Stik Es Krim

Waduh punya tisu tapi ko diletakkan di atas meja kurang bagus ya, gimana kalo kamu buat saja kotak tisu sendiri. Dengan bahan dasar stik es krim kamu juga bisa membuat kerajinan tangan berbentuk kotak tisu lho!

Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan yakni, beberapa pack stik es krim, kardus, pensil, gunting, pisau cutter, lem fox, dan pernak pernik sesuai dengan kebutuhan kamu.

Cara membuatnya:

  • Hampir sama polanya dengan membuat tempat pulpen, hanya saja kali ini kamu butuh kotak yang tidak persegi, jadi persegi panjang menyesuaikan dengan ukuran tisu yang akan kamu masukkan
  • Lalu gunakan kardus sebagai alas, gunting menyesuaikan dengan ukuran alas, lalu rekatkan pada stik es krim yang sudah jadi
  • Letakkan kardus pada bagian permukaan kerajinan ini, lalu buat lubang di tengahnya berbentuk oval sebagai lubang keluarnya tisu saat hendak diambil nanti, kamu bisa gunakan pensil untuk membuat polanya dan potong dengan menggunakan cutter
  • Jangan Rekatkan kardus tadi yang ada pada alas tempat tisu, melainkan diberikan lubang pada beberapa bagian dan rekatkan dengan cara mengikat kardus tersebut pada stik es krim agar nantinya bisa dibuka tutup
  • Lalu di bagian atas kardus tersebut bisa diberikan pernak pernik sesuai dengan kreasi kamu, bisa dengan menempelkan bagian pinggirannya dengan mata kancing, atau apapun sesuai dengan keinginanmu.
  • Masukkan tisu dan keluarkan bagian tisu paling atas pada lubang permukaan kerajinan tersebut, agar mudah untuk mengambil tisunya

Membuat Karakter Kartun dari Stik Es Krim 

kerajinan dari stik es krim

Minion salah satu karakter kartun favorit semua orang (source:pexels.com)

Buat karakter kesukaan mu versi stik es krimnya, hiasan ini cukup mudah dibuat dengan bahan yang juga mudah untuk di dapat. Seperti, satu pack stik es krim, lem fox, gunting, kain perca, aksesori berbentuk mata, mata kancing, benang kain, dan beberapa aksesori yang dibutuhkan menyesuaikan dengan bentuk karakter yang kamu mau.

Sebelum membuat hiasan karakter dari stik es krim, kamu bisa buat tempat untuk ditempelkan si karakter ini, bisa menggunakan kertas karton atau stik es krim yang ditempel dan membentuk seperti pagar rumah. 

Misal kali ini kita buat karakter minion, berikut langkah cara membuatnya:

  • Cat atau beri warna kuning pada stik es krim
  • Gambar bentuk mulut sedang nyengir khas minion, lalu gunting 
  • Tempelkan gambar mulut tadi pada stik es krim
  • Di atas mulut tempel satu aksesori berbentuk mata dengan ukuran besar, karena minion identik dengan mata satu dan besar
  • Gunting kain perca bewarna biru, dan bentuk seperti baju untuk minionnya
  • Gunakan benang kain sebagai aksesori rambutnya
  • Dan karakter minion dari stik es krim kamu sudah jadi

Kamu bisa buat karakter lainnya, kalau sudah kamu bisa tempelkan semua karakter tadi pada stik es krim yang kamu buat seperti pagar tadi. Setelah itu letakkan di tempat yang kamu suka, kalau di kamar kos kayaknya di meja kerja lebih kece nih biar kamu pas lagi kerja atau belajar bisa nggak bosen ada hiasan tersebut.

Itu dia beberapa kerajinan dari stik es krim yang mungkin bisa kamu buat untuk keperluan hiasan dan aksesori di kamar kosan kamu. Selain bisa hemat budget, membuat kreasi kerajinan tangan dari stik es krim bisa mengisi waktu luangmu, karena nggak selalu waktu luang itu digunakan untuk main game atau nonton streaming film bukan.

Biar nggak ribet sebenarnya untuk hiasan atau dekorasi kamar kosan kalau bisa tidak perlu yang permanen, jadi yang portable saja, karena mungkin kamu ingin cari suasana baru setelah ngekos 3-6 bulan ingin pindah kosan, jadi nggak perlu copotin secara paksa hiasannya. Memang ada kosan yang sewanya 3 bulan atau 6 bulan?

Kalau kamu ingin cari kosan dengan sewa bulanan kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, dengan KoolKost kamu bahkan bukan hanya bisa sewa bulanan tapi juga harian. Urusan fasilitas kamar kost pokoknya sudah terjamin, sudah lengkap dengan kamar tidur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, meja dan kursi serta kamar mandi dalam dan ruangan ber-AC. Yuk cari kost terbaik dekat dengan kampus kamu kuliah, dengan menggunakan aplikasi RedDoorz.

Press Enter To Begin Your Search
×