Loading...

 

Demi mendapatkan pendidikan terbaik, generasi muda lebih memilih merantau dan tinggal di kost sebagai pilihan terbaik. Selain berusaha mendapatkan ilmu sebanyak banyaknya, tidak ada salahnya anak kost menggeluti profesi baru dengan memanfaatkan teknologi canggih seperti menjadi seorang Youtuber. Cara membuat channel Youtube memang terlihat mudah dilakukan, namun untuk menggelutinya sebagai profesi tidaklah mudah dilakukan. Berikut tipsnya. 

cara membuat channel youtube

Youtuber kini jadi profesi yang menjanjikan (source:freepik.com)

Langkah Mudah Cara Membuat Channel Youtube yang Menghasilkan Uang 

1. Membuat Akun Youtube Terlebih Dahulu 

Jangan hanya membayangkan akan menjadi seorang Youtuber terkenal yang ditonton banyak orang semata, karena inilah kesempatan emas untuk mewujudkan impian tersebut, Pertama tama, pastikan bahwa kamu telah memiliki akun Google terlebih dahulu. Dengan akun tersebut, kamu bisa mengakses berbagai aplikasi tidak terkecuali menonton video Youtube ataupun subscribe di Channel Youtube.

Sayangnya memiliki akun Google saja tidaklah cukup, karena kamu juga harus membuat sebuah channel Youtube agar bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya. Bahkan tanpa adanya akun Youtube, aktivitas seperti mengunggah video ataupun membuat playlist tidak akan bisa dilakukan. Beruntungnya kamu sudah bisa buat channel Youtube sendiri melalui laptop maupun smartphone kesayangan. 

Caranya membuat akun Youtube cukup mudah dan cepat, asalkan semua datanya diisi lengkap dan sesuai dengan arahan yang diberikan. Langka pertama yang harus dilakukan yaitu login Youtube melalui komputer maupun smartphone, lalu cobalah mengunduh video ataupun meninggalkan komentar di suatu unduhan. Jika kamu masih belum memiliki akun Youtube, kemungkinan aplikasi ini akan meminta pengguna membuatnya.

Setelah itu isi data diri pengguna dan lakukan pemeriksaan kembali data sebelum akhirnya menekan tombol konfirmasi setuju membuat Channel baru. Sebaiknya kamu mengisi data diri tersebut sesuai dengan nama serta foto sesuai dengan akun Youtube, untuk memudahkan proses pembuatannya. Lalu bagaimana jika ingin membuat channel khusus untuk kepentingan bisnis ataupun sejenisnya ? 

Sebenarnya cara membuat channel youtube di hp hampir serupa dengan buat channel youtube baru di tahapan sebelumnya, hanya saja akun Youtube satu ini nantinya dapat dikelola oleh beberapa orang sekaligus. Uniknya sang pengguna dapat membuat channel baru dengan menggunakan nama yang berbeda dari Akun Google. Tentunya hal ini memudahkan proses pembuatan akun Youtube, mengingat ada beberapa orang yang akan menggunakan akun tersebut. 

Untuk membuat channel Youtube bisnis, silahkan login Youtube melalui smartphone maupun laptop. Bukalah daftar channel untuk membuat channel baru ataupun memilih menggunakan akun bisnis yang ada. Apabila lebih tertarik membuat channel baru, silahkan pilih opsi buat channel baru dengan menggunakan akun bisnis yang sudah berhasil dibuat sebelumnya. Sedangkan akun bisnis yang telah memiliki channel tidak perlu membuat channel baru lagi. 

Jika memang sudah memiliki channel, aplikasi secara otomatis mengalihkan pengguna menuju akun bisnis yang sebelumnya telah terdaftar. Khusus bagi mereka yang ingin membuat channel baru, sebaiknya isi data diri secara detail sebelum melakukan verifikasi akunnya. Tunggulah beberapa saat hingga muncul notifikasi bahwa akun bisnis telah berhasil dibuat, dan kamu pun dapat melakukan serangkaian aktivitas yang diinginkan. 

Sesuai dengan namanya, akun bisnis ini umumnya digunakan bagi mereka yang ingin menjadikan Youtuber sebagai profesi yang ingin digeluti secara serius. Kabar gembiranya, cara membuat channel Youtube yang menghasilkan uang ini cukup mudah dilakukan. Pengguna pun harus memberikan password akses menuju channel bisnis tersebut, sehingga orang lain yang turut mengelola akun tersebut dapat mengaksesnya dengan mudah. 

 2. Tambahkan Akun AdSense

cara membuat channel youtube

AdSense salah satu sumber penghasilan Youtuber (source:freepik.com)

Ketika akun Youtube telah berhasil dibuat, langkah selanjutnya yaitu membuat akun AdSense terlebih dahulu. Untuk bisa membuatnya, silahkan menuju laman web www.google.com/adsense/start lalu pilih daftar sekarang. Setelahnya kamu diminta untuk memasukkan URL pada tempat yang ingin ditambahkan dengan iklan. Pastikan untuk tidak lupa memasukkan alamat email aktif sebagai pelengkap data diri.

Apabila kamu baru saja mencoba terjun di dunia Youtube, maka tidak ada salahnya meminta rekomendasi performa ataupun meminta bantuan kepada AdSense agar disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Setelah semua data sudah diisi dengan benar, pilih opsi simpan dan dilanjutkan dengan masuk ke Akun Google.4 untuk memilih tempat dimana kamu bermukim. 

Langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu tinjau setiap persyaratan dan ketentuan yang diberikan AdSense dan tekan setuju. Sebagai sentuhan terakhirnya, pilih menu buat akun maka secara otomatis kamu sudah berhasil login di akun AdSense. Namun jangan senang terlebih dahulu, karena masih ada tugas lainnya yang siap menunggu agar channel yang sudah dibuat memiliki penonton dalam jumlah besar. 

3. Menentukan Target Penonton 

Siapa yang akan menyangka bahwa buat channel youtube dapat uang ternyata bisa dilakukan oleh siapapun. Agar impian tersebut dapat terwujud, silahkan tentukan siapa target penonton yang ingin disasar. Apabila target pasar didominasi yaitu perempuan berusia 17 hingga 35 tahun atau remaja hingga dewasa muda, maka buatlah konten yang banyak diakses oleh mereka. 

Dengan kata lain, mengetahui siapa target penonton memudahkan kamu dalam memilih pembahasan yang ingin diangkat. Umumnya perempuan di usia tersebut gemar mengakses mengenai tutorial baik itu cara merawat kulit, tutorial penggunaan make up, atau tutorial membuat masakan sederhana namun terasa lezat. Mengetahui target yang hendak disasar,  juga membantu kamu mengetahui gaya bahasa yang harus digunakan. 

Hal ini penting dilakukan, karena kamu tidak mungkin menggunakan bahasa baku dan terkesan formal ketika membicarakan tentang tutorial merawat kulit untuk remaja. Gaya bahasa yang lebih ceria dan kekinian, tentunya lebih pantas diterapkan agar informasi yang diberikan cepat dipahami. Berbeda halnya jika kamu menyasar para dewasa yang lebih dari 40 an, tentu saja penggunaan katanya harus lebih baku agar terlihat sopan. 

Berbeda halnya dengan channel youtube edukasi anak, dimana kamu harus menggunakan bahasa yang ceria agar si kecil merasa tertarik untuk menonton hingga akhir video. Bahasa yang digunakan pun tidak perlu berbelit belit agar terlihat pintar, karena hal ini justru membuat mereka kebingungan dan enggan menonton video kamu. Oleh karenanya, silahkan gunakan bahasa sederhana dengan pembawaan ceria khas anak sebagai solusi terbaiknya. 

4. Membuat Video Berkualitas

Sebelum memutuskan menjadi seorang Youtuber, pada awalnya kamu adalah seorang penonton yang kemudian terinspirasi dan tertarik menggelutinya lebih dalam. Alhasil kamu pun berusaha mencari cara membuat channel Youtube sebagai langkah utama. Berangkat dari seorang penonton, ternyata bisa menjadi bekal dasar untuk bisa membedakan antara  channel youtube keren dan berkualitas dengan yang tidak. 

Pengguna memang diberikan kesempatan untuk mengunggah video tanpa adanya batasan waktu. Namun video berkualitas umumnya memiliki durasi yang tidak terlalu panjang, namun informasi yang disajikan di dalamnya cukup padat dan mudah dicerna oleh para penontonnya. Alhasil setiap penonton akan menangkap pesan yang ada di dalam video, tanpa harus mengulang beberapa kali setiap bagian yang menurutnya tidak dipahami. 

Durasi video sangat penting untuk diperhatikan, karena penonton bisa saja merasa bosan ketika isi yang ditampilkan terasa bertele tele. Oleh karenanya, durasi ideal untuk video Youtube berkisar 5 hingga 20 menit saja demi menekan resiko bosan saat menontonnya. Berkualitas yang dimaksudkan disini bukanlah sekedar kualitas gambarnya semata, namun mencangkup isi pesan yang disampaikan hingga bagaimana cara membawakan pesan tersebut. 

Bagi mereka yang sudah bergelut lama sebagai youtuber, hal ini tidaklah sulit dilakukan. Namun bagaimana dengan mereka yang baru saja ingin menyelami profesi sebagai Youtuber? Apabila tidak menemukan inspirasi, tidak ada salahnya melihat channel milik orang lain yang kerap bermunculan di bagian beranda. Sebenarnya hal ini kembali pada poin penentuan target sasaran penontonnya, demi memudahkan kamu mengetahui informasi yang hendak diangkat. 

Jika memang menargetkan perempuan remaja dan dewasa muda, rajinlah menonton video yang sering mereka cari. Beberapa rekomendasi video yang kerap ditonton wanita muda masa kini seperti video list, video mukbang, video unboxing, video tutorial, video parodi, hingga vlog keseharian. Cobalah kulik lebih dalam mengapa video tersebut begitu memikat hati para wanita, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi.

Setelah inspirasi berhasil datang, saatnya mempersiapkan bahan sebelum memulai proses syuting videonya. Jika perekaman sudah berhasil dilakukan, saatnya untuk melakukan editing agar tampilan video lebih menarik dilihat. Tambahkan pula efek suara ataupun fitur tertentu sebagai pemanis dan tidak terlihat monoton. Demi mendapatkan hasil maksimal, silahkan belajar editing video sebagai bekal dasar mempercantik tampilan videonya.  

Baca Juga: Game Youtuber yang Sering Dimainkan Buat Referensi Main di Kostan

5. Mengunggah Video di Akun Youtube

Susah payah memahami cara membuat channel Youtube, kini saatnya mengunggahnya di akun Youtube kamu. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memencet tombol unggah video di Youtube. Pertama tama, buatlah judul menggunakan prinsip Search Engine Optimization (SEO) untuk memudahkan penonton menemukan video kamu. Sebagai pelengkapnya, jangan lupa tambahkan Thumbnail serta melengkapi deskripsi videonya. 

Deskripsi tidak harus selalu panjang, namun pastikan isinya cukup padat dan jelas karena dilengkapi dengan keyword. kamu juga bisa menambahkan link tambahan jika memang dianggap relevan dengan video sebelumnya. Hal yang tidak kalah penting dilakukan yaitu mencantumkan tag relevan dengan isi videonya. Sebab tag berfungsi agar video masuk ke dalam kategori tertentu untuk meningkatkan jumlah penonton. 

6. Mempromosikan Video

cara membuat channel youtube

Promosikan video kamu ke teman terdekat (source:Freepik.com)

Ternyata tugas masih belum berakhir sampai disini, karena kamu juga harus melakukan promosi agar video yang telah diunggah banyak dicari dan ditonton warga net. Selain membagikan link menuju video kamu, silakan melakukan kolaborasi bersama dengan Youtuber lainnya. Cara satu ini sudah terbukti efektif meningkatkan traffic sekaligus menambah subscriber dalam waktu singkat. 

Namun pastikan untuk berkolaborasi dengan Youtuber yang sudah memiliki jumlah subscribe cukup tinggi. Selama melakukan kolaborasi ini, jangan lupa mempromosikan channel Youtube milik kamu agar penonton penasaran dan ingin menonton videonya. Walaupun terkesan sederhana, namun cara ini hanya berlaku ketika video kolaborasi terlihat menarik menurut para penonton. 

7. Aktif Berkomunikasi dengan Para Penonton

Tetap aktif berkomunikasi dengan para penonton, merupakan cara membuat channel Youtube lebih populer. Bentuk interaksi antara pembuat video dan penonton cukup beragam, entah itu saling membalas komentar, memberikan jempol sebagai tanda menyukai video, atau menyapa seluruh penonton dan mengajak berbicara seperti teman selama video diputar. 

Di era serba canggih ini, siapapun mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi seorang Youtuber. Sebelum mewujudkannya, ada beberapa hal penting yang wajib diperhatikan. Mulai dari mengetahui cara membuat channel youtube di laptop, target sasaran penonton, pembuatan konten berkualitas, menambahkan efek editing video, mempromosikan video, hingga terus aktif berinteraksi dengan para penonton.

Untuk membuat channel Youtube bisa dimulai dari kosan, sekarang ini juga banyak Youtuber yang memulai karirnya dari sebuah kamar Kost. Kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz sebagai awalan kamu untuk menjadi seorang youtuber.  mengapa pilih KoolKost? karena KoolKost punya kamar kost yang cukup baik untuk dijadikan sebagai studio mini kamu, sudah dilengkapi dengan meja dan kursi yang siap support kamu untuk mengedit video sampai malam. Belum lagi fasilitas ruangan ber-AC yang bikin kamu jadi nyaman untuk membuat video walau dari kamar kosan. dan yang paling penting adanya wifi gratis yang bisa bikin kamu jadi bisa lebih lancar untuk upload video ke Channel kamu.

Tunggu apalagi yuk mulai bangun Channel Youtube kamu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×