Loading...

nasi kuning

Menjadi anak kos tentu saja tidak mudah. Harus mampu memelihara diri sendiri sebagaimana saat dirinya masih tinggal bersama orang tua. Meskipun pada saat ini sudah serba praktis semua bisa beli di luar tanpa harus ribet mengerjakan sendiri,  tetapi tidak ada salahnya belajar banyak hal. Termasuk dalam urusan dapur, jika bisa melakukan sendiri kenapa harus membeli. Selain dapat menyesuaikan dengan selera, juga relatif lebih irit dan tentu saja spesial. Jika ada teman datang, bukankah asyik jika kamu sajikan masakan diri sendiri? 

Apalagi apabila ada momen spesial seperti ulang tahun, wow pasti lebih asyik jika kamu dapat menyajikan makanan karya tangan kamu sendiri. Pesta ulang tahun identik dengan nasi kuning. Nah kali ini kamu akan belajar membuat tumpeng karya sendiri biar semakin spesial hari bahagia kamu dan teman-teman pun surprise. Syukur-syukur bisa dibisniskan malah menambah kocek.

Resep Nasi Kuning

nasi kuning

Resep nasi kuning untuk anak kostan (Source: Freepik.com)

Masakan apa pun pasti ada resepnya. Nah kali ini akan disajikan resep nasi kuning buat kamu. Hemm jangan lupa simpan ya resep ini buat kamu. Yang pasti tidak akan susah dicari bahannya. Pertama kali yang harus kamu siapkan sebelumnya adalah bahan dasarnya. Berikut adalah resep nasi kuning. 

Bahan: 

  • Beras satu kg diupayakan yang berkualitas bagus (untuk kurang lebih 8 porsi).
  • Santan dari perasan kelapa asli sebanyak lebih kurang 1 butir kelapa dijadikan 900 ml santan.
  • Kunyit sebesar 5 cm atau satu ruas ibu jari.
  • Lengkuas sebesar 2 cm atau seujung ruas kelingking.
  • Jahe sebesar 5 cm atau seukuran kunyit seruas ibu jari.
  • bawang merah lebih kurang 5 buah.
  • Serai sebanyak 4 batang.
  • Daun salam sebanyak 4 lembar.
  • Batang Pandan sebanyak 2 lembar.
  • Garam lebih kurang 4 sendok teh.

Semua bahan nasi kuning di atas bisa kamu beli di warung dengan mudah, bukan? 

Cara Membuat Nasi Kuning 

Jika sudah kamu siapkan semua bahan, saatnya kamu mulai untuk mengolahnya. Cara membuat nasi kuning tidaklah ribet. Sangat simpel, sesederhana bahan-bahannya. Untuk bumbu-bumbu di atas kamu tidak usah pusing. Tinggal minta, diracikkan bumbu dapur, kamu akan peroleh salam, serai, lengkuas, jahe, kunyit. Tinggal bawang merah yang kamu harus beli secara terpisah. Di warung maupun pasar ada. Harganya mungkin berkisar antara seribu hingga dua ribu rupiah. Murah sekali dan sangat terjangkau buat anak kos. Nah, membuat nasi kuning tidak ribet. 

Sekarang kamu akan diajak membuat dengan menggunakan cara masak yang standar terlebih dahulu, baru nanti beralih ke cara masak memakai rice cooker. 

  • Pertama kali cuci beras hingga bersih, siapkan dalam sebuah panci. Lalu parut kelapa dan peras airnya hingga menghasilkan santan 900 ml. Sisihkan. 
  • Kemudian bahan dicuci selanjutnya haluskan bawang merah,  lengkuas dan kunyit. Adapun serai dipipihkan atau digeprek bagian Batang yang menggembung. Salam dan Pandan dibiarkan utuh. 
  • Masukkan seluruh bumbu halus dalam air santan, tambahkan garam. 
  • Lalu, rendam beras dan tanak dalam air santan dengan api sedang. Masukkan pula, daun salam dan Pandan. 
  • Setelah air tinggal sedikit, aduk-aduk nasi lalu siapkan kukusan. Pindahkan nasi ke dalam pengukus dan kukus lebih kurang 30 menit hingga, nasi pulen dan mengembang. 

Pelengkap Nasi Kuning

Nasi kuning sudah bisa dimakan tanpa harus ada lauk apa pun. Kelebihan nasi kuning adalah irit jika terpaksa harus makan tanpa harus ada lauk pauk. Tetapi alangkah bagusnya jika kamu sediakan pelengkap nasi kuning. Apalagi jika kamu hendak gunakan untuk perayaan ulang tahun atau hari spesial. 

Nah apa saja sih pelengkapnya? Berikut ada beberapa macam pilihan, bisa kamu pilih atau semuanya dipilih: 

  • Daun seledri. Daun seledri sangat cocok untuk pelengkap nasi kuning. Bisa diiris tetapi yang lebih lazim adalah dibiarkan utuh daunnya dan buang tangkainya. Daun seledri ini bisa dijadikan sebagai lalap. 
  • Irisan mentimun. Sebagaimana daun seledri, irisan mentimun juga cocok digunakan sebagai lalap.
  • Abon sapi. Abon sapi sangat cocok untuk melengkapi nasi kuning buatanmu.
  • Ayam suwir. Daging ayam yang disuwir kecil bisa jadi lauk.
  • Telur dadar iris tipis. 
  • Bawang goreng. Irisan bawang goreng tabur mampu menjadi pelengkap yang sangat dibutuhkan karena akan menyempurnakan kelezatan dan menambah gurih.  
  • Telur dadar yang dibuat tipis seperti filamen, kemudian digulung dan diiris tipis jadikan sebagai lauk.
  • Kacang tanah goreng. Kacang tanah goreng cocok sebagai lauk pelengkap. Jika tidak ada kacang tanah goreng, bisa juga diganti dengan sambal goreng tempe kering atau bisa juga diganti dengan sambal kedelai yang dihaluskan. 

Nasi Kuning Ala Anak Kost

nasi kuning
Anak kost juga bisa buat nasi kuning lho (Source: Freepik.com)

Nah untuk anak kost pasti segala sesuatunya butuh yang serba murah dan sederhana. Buat kamu mungkin setebal apapun kocek pasti ingin ngirit karena jika butuh uang mendadak tidak mudah minta orang tua. Nah nasi kuning ala anak kost dapat sederhana sekali.  Kamu bisa membuatnya bareng dengan rekan kosmu. Menanak nasi kuning yang simple dengan menggunakan rice cooker. Tidak susah dan pasti asyik. Kuncinya, adalah pemilik kost mengizinkan kamu membawa rice cooker sendiri karena ada pemilik kost yang membatasi pemakaian alat elektronik di kamar kost. Nah di poin berikutnya, kamu akan diajak buat bikin nasi kuning ala anak kos yang murah meriah dan bumbunya pun tidak harus selengkap nasi kuning spesial. 

Bikin Nasi Kuning Mejikom 

Nah buat kamu yang membawa rice cooker, bisa bikin nasi kuning mejikom, tidak perlu ribet dan sederhana sekali caranya. Kalau di atas nasi kuning spesial dengan bumbu yang lengkap, kamu bisa bikin nasi kuning yang simple tetapi tetap lezat. Kamu bisa bikin bersama teman-temanmu

Berikut bahannya.

  • ½ Kg beras.
  • 450 ml santan dari setengah butir kelapa tua.
  • Garam 2 sdt.
  • Kunyit 3 cm, dihaluskan. 
  • Daun salam 2 lembar.
  • Bawang merah goreng untuk taburan.

Begini cara bikin nasi kuning mejikom ala anako kost sepertimu:

  • Sekarang disiapkan seluruh bahan. Cuci bersih beras, kemudian masukkan ke dalam mejikom. 
  • Lalu siapkan air perasan santan. Masukkan garam, kunyit yang sudah dihaluskan dan daun salam. Kenapa tidak perlu lengkuas, jahe, serai, daun Pandan dan bawang merah? Sebenarnya jika kamu ada, mudah saja untuk memasukkan semuanya, tetapi dengan bumbu minimalis ini pun sudah cukup untuk bikin nasi kuning mejikom. Pandan sudah diwakili daun salam yang Wangi. Rasa bawang merah sudah ada pada taburan bawang goreng yang kamu bisa beli jadi. Sementara laos dan jahe adalah bumbu pelengkap dan tidak mutlak ada. 
  • Nah setelah semua siap, masukkan semua bahan bersama dengan santan. Rebus beras di dalam mejikom dan biarkan hingga indikator bahwa nasi masak padam. Aduk-aduk nasi supaya matang dengan rata dan biarkan di dalam rice cooker hingga matang dengan sempurna. Jadi deh bikin nasi kuning mejikom yang asyik dan mudah

Demikian tadi cara membuat nasi kuning ala anak kos. Kalau kamu malas buat dan ada budget buat jajan, nggak ada salahnya juga sih coba beberapa nasi kuning di Jogja.

Nasi Kuning Terdekat 

nasi kuning

Jajan nasi kuning di daerah Surabaya (source: Freepik.com)

Bagi kamu yang kost di Surabaya, kalau masih malas buat memasak nasi kuning sendiri,  kamu bisa membeli nasi kuning yang sudah jadi dan tinggal makan. Berikut beberapa daftar tempat jual nasi kuning terdekat di seputar Surabaya. 

Nasi Kuning Avon

Avon terletak di Gang Lusi No. 7 Surabaya. Nasinya pulen dan sangat enak. Membuatnya sangat spesial dan rasanya sangat menggoyang lidah. Tempat jualnya, sangat sederhana, yaitu hanya menggunakan gerobak. Tetapi jangan tanya, pembeli harus rela untuk antri guna bisa mendapatkan nasi kuning lezat. Lauknya, sangat spesial. Ada ayam, mie goreng, ikan yang dimasak pedas dan juga ada sambal goreng. Harganya masih terjangkau kocek mahasiswa, yaitu Rp 20.000 per porsi. Warung Avon buka sejak pukul 06:00 pagi jadi kamu bisa beli buat bekal atau sarapan sebelum kuliah. 

Nasi Kuning Ambon Poka

Warung yang berlokasi di area Ubaya ini sangat terkenal, lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Tenggilis Mejoyo Blok G No. 10, Surabaya. Lauk pelengkapnya asyik sekali, ada pilihan daging sapi, ada juga ayam yang utuh maupun disuwir, ada ikan ataupun telur, bagi yang suka, sayur juga bisa memilih oseng buncis serta ada pula pilihan soun goreng. Nah di warung ini agak cocok buat mahasiswa berkantong sedang karena harganya agak mahal, yaitu Rp 36.000. Tetapi porsinya banyak, jadi buat kamu yang berkantong tipis pun bisa urun sama teman, beli satu porsi untuk berdua, irit deh. Warung Ambon Poka beroperasi antara pukul 6 pagi hingga pukul 3 sore. 

Nasi Kuning Dobo

Nasi kuning Dobo merupakan pilihan nasi kuning terdekat. Sebagaimana namanya, nasi kuning ini berasal dari Dobo, sebuah kota yang terletak di Maluku, tepatnya di Kepulauan Aru. Cocok buat kamu yang berasal dari Indonesia wilayah timur yang rindu masakan kampung halaman. Bumbu nasi sangat khas dengan aneka pilihan lauk yang lezat. Kamu bakal sangat menikmati lezatnya nasi bumbu Dobo ini. Tidak hanya yang berasal dari Maluku dan sekitarnya. Kamu yang berasal dari wilayah lain di Indonesia pun bakal ketagihan jika mencicipinya. Cukup membayar Rp 18.000 kamu sudah bisa menikmati kelezatan nasi kuning Dobo. Warung yang terletak di Jalan Nginden Intan Raya No. 1 - D Surabaya ini beroperasi pukul 8 pagi hingga 5 sore. 

Nasi Kuning yang Enak 

Nah bagi kamu yang memang hobi kuliner,  pasti sangat mengutamakan rasa. Tidak sekedar melihat berdasarkan harga. Kamu pasti bakal mencari nasi kuning yang enak. Baik itu untuk dirimu sendiri maupun buat disajikan. Untuk nasi kuning yang enak sebenarnya ada cirinya, loh. Nah untuk itu kamu harus, tau seperti apa itu cirinya. Yuk kita, telusuri. 

Bulir Nasi Besar dan Pulen 

Kualitas Beras sangat berpengaruh untuk kelezatan nasi. Nasi kuning yang enak memiliki bulir nasi besar, utuh dan pulen. Sehingga ketika digigit berasa sangat nikmat dan jangan cari nasi yang kelihatan keras. Karena beras yang keras dan kurang pulen tidak menyerap bumbu dengan baik. 

Warna Kuning Sedang

Warna kuning yang terlalu keras rasanya akan kurang enak dan cenderung getir. Adapun jika warna kurang, tingkat rasa gurih yang kurang menggigit. 

Lauk Lengkap, dan Proporsional 

Berbeda dengan nasi biasa, nasi kuning jangan terlalu banyak lauk sehingga justru menghilangkan kelezatannya. Pilihlah lauk secara proporsional. 

Kalau kamu lebih suka nasi kuning beli atau buat sendiri di kosan?

Cari Kostan di Surabaya Bisa Pakai Aplikasi RedDoorz

Buat kamu yang sedang cari kost di Surabaya, kamu bisa gunakan aplikasi RedDoorz supaya cari kost jadi lebih mudah. Hanya modal smartphone dan koneksi internet kamu sudah bisa cari list kost di Surabaya dan juga cari kost yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Press Enter To Begin Your Search
×