Loading...

Hingga saat ini, game Mobile Legend atau yang sering disingkat ML masih menjadi game yang begitu digandrungi. Bermain ML bahkan tidak hanya dilakukan di waktu senggang saja, push rank setiap saat pun dilakukan. Tetapi terlalu sering bermain game ini akan membuat kamu bosan dengan game ini. Salah satu kamu bosan adalah dengan seringnya kamu kalah saat bermain. Beberapa game berikut juga bisa kamu mainkan saat kamu bosan dengan ML. 

 

mobile legend

Bermain games di handphone memang bikin ketagihan walau kuota jadi boros (Surce: Unsplash)

Game MOBA Selain ML yang Tak Kalah Seru untuk Dimainkan

1. Heroes Evolved 

Game MOBA yang tak kalah menarik yakni Heroes Evolved. Game satu ini merupakan game yang diproduksi oleh R2Games. Tidak berbeda jauh dengan ML, game ini juga mengusung genre action strategy. Bisa dimainkan dengan 5 VS 5, yang mana akan menjadi satu tim yang berisikan 5 orang dan akan melawan tim lainnya. Dengan begitu anda bisa bermain dengan teman teman anda dalam mengalahkan musuh yang ada dalam permainan. 

Karakter dan juga hero yang bisa dimainkan tak jauh berbeda dengan ML. Meskipun sekilas memiliki konsep yang hampir sama, tetapi tantangan yang diberikan pada game satu ini. 

Sehingga ketika kamu bosan bermain ML, namun tetap ingin bermain secara MOBA Heroes Evolved bisa dijadikan pilihan. Game ini juga dibekali dengan fitur fog of war yang tidak akan dimiliki oleh kompetitor lainnya. Sehingga menjadi tantangan tersendiri yang harus kamu taklukkan.

2. Vainglory

Game selanjutnya yang juga tak kalah menarik untuk dijajal adalah Vainglory. Game ini merupakan game MOBA untuk Android yang memiliki tampilan grafis terbaik. Untuk kamu yang menyukai game dengan grafis ciamik, bisa menjadikan game satu ini sebagai pilihan. Karena grafis yang ditampilkan dalam game ini tak kalah menawan dari grafis pada game PC umumnya. Kemunculannya sejak tahun 2014 mengundang banyak pecinta game MOBA untuk mencobanya.

Hingga di tahun 2017, game yang awalnya dirilis Super Evil Megacorps ini berhasil menempati posisi ke 5 sebagai game MOBA terbaik. Seiring dengan perkembangan waktu konsep 3V3 sudah berubah 5V5. Dengan begitu permainan yang diberikan oleh Vainglory semakin seru dan menyenangkan. Ketika kamu bosan bermain Mobile Legend di kosan, kamu bisa mencoba untuk bermain game satu ini. Tertarik untuk mengunduhnya?

3. Arena of Valor

Game MOBA Android yang tidak kalah populer dikalangan anak kost setelah ML yaitu Arena Of Valor. Permainan yang diterbitkan di tahun 2017 ini, juga menjadi game yang cukup laris di Indonesia. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencobanya ketika kamu sedang luang di kosan. Bermain game juga sebagai salah cara untuk mendapatkan hiburan dan menghilangkan penat. Permainan android ini menyematkan mode petualangan yang sangat seru untuk dijajal.
Kamu bisa bermain mode multiplayer dengan jumlah 5V 5. Bisa dikatakan jika AOV ini mempunyai banyak kesamaan dengan game lain seperti League of Legends. Game tersebut juga garapan dari Tencent Games yang lebih dahulu kondang dan dikenal Riot Games. AOV menjadi game yang semakin keren setelah mengalami peningkatan pada grafisnya. Tema yang bisa kamu pilih jug sangat bervariasi, sehingga menjadikan AOV sebagai game salah satu Game MOBA unggulan.

4. Bug Heroes 2

Yang menjadikan game satu ini unik adalah penggunaan karakternya. Permainan android ini mengusung serangga serangga yang berada di rumah sebagai karakter utamanya. Karakter yang lucu, rupanya juga diimbangi dengan pola permainannya yang seru. Nantinya para pemain akan melawan serangga lain yang menyerang, sembari membangun benteng pertahanan dan juga melengkapi senjata. Menjadikan game ini bisa dijadikan alternatif ketika kamu bosan.

Bug Heroes 2 dibekali dengan tiga mode yang bisa kamu mainkan, yakni skirmish, mission dan endless. Dimana setiap mode akan menawarkan sensasi berbeda dan menyenangkan. Karena nantinya kamu akan melawan para pemain yang datang dari berbagai negara. Game satu ini dirilis di tahun 2014, dan masih menjadi game yang banyak digemari. Di Indonesia sendiri pengguna game ini juga masih banyak dan banyak yang merekomendasikannya.

5. Marvel Super War

Apakah kamu penggemar para superhero dari Marvel? Game bertajuk Marvel Super War ini bisa kamu jadikan sebagai pengganti. Apalagi saat kamu sudah mulai bosan dan tanda tanda kebosanan dengan game mobile legends makin kuat. Permainan digital satu ini terbilang baru, namun sudah mendapatkan banyak perhatian dari para pecinta game. Diproduksi oleh NetEase, Marvel Super War lahir di tahun 2019 silam dan menyita banyak perhatian.

Dari awal kemunculannya, game ini sudah tercatat diunduh lebih dari 1 juta pengguna android. Layaknya namanya, Marvel Super Wae merupakan hero yang ditampilkan dalam game MOBA. Konsep yang dimilikinya adalah 5V5, dengan pemain yang bisa menjajal berbagai kemampuan dari superhero yang dipilih untuk bertarung di arena. Kepopuleran film produksi Marvel sedikit banyak berhasil mendongkrak nama dari game penuh pertarungan ini.

mobile legend

Main mobile legend kalah terus lama-lama bosan (source: freepik.com)

6. Onmyoji Arena

Onmyoji Arena menjadi salah satu game MOBA yang juga memiliki kualitas grafis tak kalah cantik. Game satu ini  adalah game Onmyoji versi Moba yang mengundang banyak perhatian begitu pertama kali dirilis. Perusahaan game yang menaunginya adalah NetEase yang juga memiliki banyak game lain yang populer. Mengambil latar dari Zaman Heian, karakter yang ditampilkan menjadi lebih unik dan juga berbeda dari lainnya. 

Kebudayaan Jepang yang kental juga turut disematkan dalam game satu ini. Konsep 3D yang diusung memang memiliki kualitas karakter Shinigami yang memukau. Sehingga tidak heran jika game satu ini dianggap sebagai game MOBA untuk Android yang terbaik. Dengan hadirnya game ini, kamu yang sedang bosan bermain ML bisa memilih untuk memainkan game ini. Kamu juga bisa melatih skill game kamu saat sedang tidak memiliki banyak kegiatan di kosan.

7. Heroes of Order and Chaos

Gameloft merilis sebuah game MOBA terbaik yang juga mengikuti jejak dari game sebelumnya. Perusahaan satu ini sebelumnya sukses dengan Game League of Legends seta Dota2. Pertama kali dirilis di tahun 2012, ternyata begitu kemunculannya berhasil mencuri banyak perhatian. Heroes of Order and Chaos memiliki mode dimana pemainnya bisa bermain 6V6 dan 3V3. Game satu ini menjadi game selain Mobile legend yang tak kalah seru dimainkan.

Sebab  Heroes of Order and Chaos juga dilengkapi dengan berbagai karakter hero dengan kemampuan yang unik. Membuat segala pertarungan di dalam permainan ini semakin seru dan menyenangkan. Ada banyak smartphone yang bisa memainkan game satu ini. Karena memang untuk mengunduhnya tak membutuhkan ruang yang luas. Saat kamu sedang bosan push rank dan sering mengalami kekalahan, kamu bisa beralih kepada game satu ini.

8. Plants War

Game Evil yang merupakan perusahaan game populer mengeluarkan game yang cukup unik yakni Plants War. Konsep yang diusung dalam game ini juga sama dengan pendahulunya yakni Dota dan League of Legends. Game ini memang memiliki tampilan yang cukup sederhana, namun tetap menarik untuk kamu taklukkan ketika kamu di kosan. Kemampuan dalam bermain game kamu juga bisa terasah dan tak hanya menguasai ML saja.

Plants War mengangkat tanaman untuk karakternya seperti nama gamenya. Tampilannya yang lebih cerita membuat karakter yang dimiliki juga berbekal kemampuan unik. Apalagi game ini juga tidak memakan banyak ruang memori pada smartphone kamu. Sehingga game MOBA untuk Android ini bisa dengan mudah mendapatkan kesuksesan. Tak hanya di Indonesia berbagai negara juga banyak memainkan game tanaman yang begitu seru dan menyenangkan ini.

9. Legend of Ace

Legend of Ace juga menjadi game yang tak kalah seru untuk kamu mainkan. Game ini memiliki beberapa perbedaan dengan game dari kompetitor lainnya. Salah satu fiturnya yang unik adalah adanya timer. Yang mana akan membuat permainan semakin intens. Tak hanya itu, game satu ini menggunakan kartu dibandingkan dengan item seperti permainan MOBA lin. Dengan kartu tersebut pemain bisa mendapatkan berbagai efek dan bisa dimainkan hingga 7 orang.

10. Legendary Heroes 

Apakah kamu mencari game yang tidak menggunakan kuota internet tetapi tetap seru? Legendary Heroes bisa dijadikan sebagai pilihan ketika kamu sudah mulai jenuh bermain ML. Tanda tanda jenuh umumnya adalah kalah bermain berturut turut. Sebagai langkah agar kamu bisa kembali jago adalah berhenti sejenak. Untuk mengisi waktu kosong kamu di kosan, kamu bisa menjadikan Legendary Heroes sebagai pilihan game MOBA yang juga seru.

Game satu ini bisa dijadikan alternatif selain mobile legends yang lebih dahulu hadir. Apabila kamu bermain game ini, dengan mode offline maka kamu akan melawan bot. Meskipun demikian bot yang disediakan tetap menantang untuk ditakhukkan. Ukurannya yang kecil dan juga memiliki grafis standar menjadikan game ini banyak dimainkan. Kamu bisa menggunakan smartphone android dengan RAM yang hanya menyentuh 1GB saja.

11. Hay Day

Game populer selain dari ML yang juga menarik untuk dimainkan adalah Hay Day. Dalam game ini, kamu memang tidak akan menemukan pertempuran atau hero. Bahkan tidak ada musuh membahayakan yang ada dalam game ini. Namun Game Hay Day memiliki misi yang juga tak kalah menarik dan seru dimainkan. Simulasi peternakan secara online ini cukup seru dan menghibur. Di sela sela waktu luang di kosan, kamu bisa memainkan game satu ini.

12. Extraordinary Ones 

Bagi kamu yang sangat menyukai game, bisa menjadikan Extraordinary Ones sebagai pilihan. Game yang dirilis di tahun 2019 ini memang cukup menarik perhatian para pecinta game MOBA. Mengusung karakter tokoh anime dengan pengisi suara dari dubber asli animenya membuatnya semakin unik. Tak hanya memberikan keseruan dalam permainannya, hadirnya grafis yang dimilikinya membuat kamu semakin terhibur dan seru.

Beberapa game MOBA selain ML tersebut bisa kamu jadikan ketika kamu memiliki waktu senggang. ML memang masih menjadi game yang begitu digemari, tetapi karena terlalu sering memainkannya kamu bisa dilanda kejenuhan. Di sela sela kuliah dan sedang di kosan tentunya akan bosan sehingga membutuhkan alternatif game lainnya. Tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa game akan semakin handal sekaligus mengatasi kebosanan.

Kalau kamu bosan main game kamu juga bisa coba nonton film streaming atau buat kerajinan tangan untuk dekorasi kamar kosan. ngomong-ngomong soal streaming kalau kamu takut kehabisan kuota kamu bisa lho cari kosan yang sudah menyediakan wifi.

Seperti KoolKost yang dalam fasilitasnya sudah menyediakan wifi gratis, sehingga kamu bisa nonton film streaming dengan tanpa harus khawatir kehabisan kuota. cara mencari Koolkost di dekat kampus kamu kuliah sangatlah mudah, buka aplikasi RedDoorz, lalu pilih KoolKost, gunakan fitur pencarian untuk mendapatkan pilihan kost dekat dengan kampus yang kamu pilih. Buruan cari kosan terbaik untukmu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×