Loading...

Menjadi anak kost dan anak kuliahan, tentu saja tak menyurutkan keinginan di dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan ketika masa kuliah telah memasuki tahap akhir atau skripsi, tentu kamu akan memiliki banyak waktu luang. Tak ada salahnya untuk memanfaatkannya untuk membuka bisnis online. Berikut ini beberapa rekomendasi usaha online yang bisa dilakukan di kost.

anak kost jualan online

Jualan online bisa dilakukan di kosan untuk dapat uang tambahan (source:freepik.com)

Rekomendasi Bisnis Online dari Kost yang Bisa Kamu Lakukan

1. Penerjemah atau Translator 

Apabila kamu memiliki kemampuan dan lancar berbahasa asing, maka usaha satu ini bisa menjadi salah satu peluang bisnis online yang bisa kamu coba. Sebab, di jaman sekarang yang dimana semuanya serba online, membuat mudah untuk terhubung dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia.

Sehingga, apabila kamu mempunyai kelebihan di dalam berbahasa Inggris maupun lainnya, hal ini tentu saja bisa menjadi nilai tambah. Hal ini dikarenakan kamu bisa mengerti apa yang sedang terjadi di luar dengan cara melakukan translate dari artikel yang berasal dari luar negeri.

Selain itu, hal ini akan memiliki dampak yang sangat besar bagi kamu yang fasih berbahasa asing selain bahasa Inggris. Bisnis online tanpa modal ini pun bisa kamu lakukan dengan mudah di kosan. Caranya adalah dengan menawarkan jasa yang kamu miliki kepada perusahaan maupun klien yang memang membutuhkan.

Atau kamu juga bisa untuk melamar untuk bekerja freelance di beberapa situs yang ada di internet. Di jaman yang serba melek teknologi ini akan membuat kamu bisa dengan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Ditambah lagi, jenis pekerjaan satu ini sangat dibutuhkan terutama untuk perusahaan yang belum memiliki data lengkap dalam bentuk bahasa asing.

2. Dropshipping

Dropshipping merupakan salah satu bisnis online modal kecil yang bisa kamu coba di kosan. Ide bisnis satu ini cukup menguntungkan, terutama bagi mahasiswa dan tentunya bisa kamu lakukan hanya di kost saja. Usaha ini sangat pas bagi kamu yang sedang mencari uang tambahan maupun pekerjaan freelance.

Ketika mengambil bisnis satu ini, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Dimana kamu bisa menaikkan sedikit harga beli dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Untuk dropshipping merupakan salah satu usaha yang mana kamu akan mengirimkan barang fisik kepada konsumen tanpa adanya komisi.

Keunggulan lain ketika kamu mulai menjalankan bisnis satu ini adalah kamu tak perlu bingung untuk mengepak ataupun bingung cara mengirimkannya. Sebab, hal tersebut tentu saja akan dilakukan oleh supplier. Sehingga, kamu hanya perlu berpikir untuk memasarkan barang tersebut agar banyak dibeli oleh pelanggan.

3. Jasa Menulis Artikel 

Memiliki hobi menulis ternyata mampu menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Hal ini dikarenakan kamu bisa menjajal usaha online satu ini. Cara memulai bisnis online menulis artikel ini juga cukup mudah dan sangat bisa untuk kamu lakukan. Dapat dianggap jika bisnis satu ini sebagai salah satu cara agar tidak gabut selama di kosan aja.

Kamu bisa mencari di internet tentang berbagai macam lowongan yang menyediakan jasa untuk menulis artikel. Sebab, banyak sekali dari website ataupun blog yang memang mencari jasa penulisan satu ini. untuk harganya sendiri juga memiliki variasi yang berbeda. Tergantung dengan kesulitan artikel dan juga banyaknya jumlah artikel yang kamu kerjakan. 

Sehingga, apabila kamu bisa menulis sekitar 5 artikel sehari dengan tarif 10 ribu rupiah saja, maka selama satu hari kamu pun bisa mendapatkan sekitar 50 ribu rupiah. Kamu pun hanya perlu untuk menggunakannya menjadi 30 hari saja. tentu saja jumlah yang fantastis bukan? Terlebih lagi, kamu bisa melakukannya di kosan tanpa perlu ngantor atau keluar rumah.

Hal yang perlu kamu siapkan untuk menjalani bisnis online satu ini adalah laptop dan jaringan internet. Dengan adanya kedua hal tersebut, maka kamu bisa untuk memulai menjalankan bisnis yang cukup menguntungkan ini. untuk menulisnya, kamu bisa mencari di beberapa situs freelance yang tersedia di internet ataupun melalui forum yang ada di Facebook.

4. Influencer 

Menjadi influencer kini banyak diminati anak muda saat ini

Menjadi influencer kini banyak diminati anak muda saat ini (foto: freepik.com)

Ide bisnis online selanjutnya yang bisa kamu jalankan adalah menjadi influencer. Apabila kamu kebetulan merupakan anak yang eksis dan memiliki jumlah followers yang banyak di media sosial, maka bisnis satu ini akan menjadi salah satu penghasilan yang sangat menguntungkan selama di kosan.

Ada beberapa jenis dari influencer ini, mulai dari blogger,  selebgram dan juga Youtuber. Untuk itu, apabila kamu memiliki blog dengan pembaca yang sudah banyak, atau jumlah pengikut yang banyak di Instagram dan Youtube, maka menjalankan bisnis ini merupakan langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

Namun, apabila kamu belum memiliki jumlah pengikut dalam jumlah yang banyak, tentu saja tak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan kamu juga bisa dengan mudah untuk menambahkannya. Dimana, kamu harus konsisten untuk membuat konten yang menarik sehingga banyak orang akan tertarik untuk mengunjungi Youtube ataupun Instagram yang kamu miliki.

Bisnis online anak kost ini bisa kamu coba untuk mendapatkan banyak keuntungan. Sebab, apabila jumlah pengikut kamu telah banyak di sosial media, maka tak menutup kemungkinan nantinya kamu akan di endorse untuk menjajakan barang tertentu. Dan tentu saja hal tersebut akan bisa menghasilkan pundi pundi uang yang cukup melimpah. 

5. Copywriter 

Selain menjajal bisnis jasa menulis artikel, bagi kamu yang memiliki minat dan bakat di bidang menulis, maka menjadi copywriter freelance juga bisa menjadi bisnis online yang kamu coba. Apabila kamu memiliki kemampuan menulis yang mampu untuk mempengaruhi orang lain untuk membeli barang ataupun melakukan sesuatu hal maka jenis bisnis satu ini sangat cocok.

Bagi kamu yang ingin memulai untuk menjalankan bisnis satu ini, maka kamu hanya perlu untuk memiliki kemampuan menulis dan tata bahasa yang bagus. Setelah itu, publish tulisan yang kamu buat ke media sosial ataupun melalui situs freelance. Sehingga, nantinya akan banyak orang yang akan mengetahui hasil tulisanmu dan mempekerjakanmu.

6. Affiliate Marketing 

Bisnis lainnya yang bisa kamu coba adalah affiliate marketing. Ketika ingin belajar bisnis online, maka tak ada salahnya untuk memulai dengan usaha satu ini. bisa dikatakan jika affiliate marketing ini seperti makelar atau broker. Sehingga, kamu akan memasarkan jasa maupun produk milik dari orang lain.

Sehingga, ketika produk maupun jasa yang kamu pasarkan telah laku maupun telah dibeli oleh pelanggan, maka nantinya kamu akan bisa untuk mendapatkan komisi. Bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis satu ini, maka cara yang perlu kamu gunakan pun cukup mudah.

Kamu hanya perlu untuk menyediakan website atau landing page, akun Facebook Ads, akun dari Google Ads, hingga beberapa uang untuk melakukan iklan. Setelah itu, barulah kamu bisa memilih produk yang nantinya akan di affiliate network. Kemudian, kamu bisa membuat landing pagenya dan iklankan produk atau jasa tersebut di Google Ads maupun Facebook Ads.

7. Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer bisa kasih uang jajan tambahan anak kosan

Menjadi freelancer bisa kasih uang jajan tambahan anak kosan. (Foto: freepik.com)

Bisnis online selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi freelancer. Bisnis ini termasuk menjanjikan sekaligus menguntungkan. Freelancer sendiri dari diartikan berupa bisnis kerja lepas, jadi kamu tidak terikat kontrak dengan perusahaan manapun. Kamu hanya akan terikat ketika ada proyek yang sedang kamu kerjakan. 

Sehingga, ketika pekerjaan yang kamu telah selesai maka kamu hanya akan bisa menerima bayaran sesuai dengan yang kamu kerjakan. Ada banyak sekali peluang bisnis online satu ini. mulai dari menjadi translator, input data, hingga desain grafis maupun jasa penulisan artikel. Kamu pun bisa memilih yang sesuai dengan bakat yang kamu miliki.

Dengan memulai bisni satu ini, maka kamu juga tak perlu untuk pergi ke kantor dan mengeluarkan uang untuk bensin ataupun makan. Hal ini dikarenakan semuanya dapat dengan mudah dan bisa kamu lakukan di kos saja. untuk modal yang dibutuhkan hanyalah laptop, jaringan internet dan skill yang memang telah kamu miliki.

Untuk itu, apabila kamu memiliki bakat untuk menerjemahkan bahasa asing maka kamu pun bisa menjadi translator. Dan apabila kamu memiliki kemampuan untuk menulis, maka kamu bisa menawarkan diri menjadi input data ataupun penulisan artikel. Dengan bisnis online satu ini, maka kamu bisa memilih pekerjaan sesuai dengan kriteria yang kamu kuasai.

8. Membuka Jasa Konsultasi Online 

Ada juga ide usaha online lainnya yang bisa menjadi penghasilan kamu selama di kosan. Salah satunya adalah membuka jasa konsultasi online. Sebab, di jaman yang serba digital ini maka untuk berkonsultasi tak harus melalui tatap muka saja. melainkan kamu juga bisa melakukannya secara online.

Untuk itu, dengan hanya bermodalkan website, aplikasi yang ada di smartphone maupun media sosial, maka kamu telah bisa untuk membuat jasa konsultasi secara online. Ditambah dengan koneksi internet, tentu saja akan membuat kamu lebih mudah untuk memasarkan bisnis yang sedang jalankan. Sehingga jasa tersebut akan menjadi bisnis online terpercaya.

9. Jual Beli Domain 

Terakhir, kamu bisa menjalankan bisnis yakni jual beli domain. Bisnis satu ini terbilang cukup menguntungkan. Dikenal dengan istilah flipping, maka kamu bisa membeli domain maupun website dan mengelolanya. Setelah dirasa cukup berhasil, maka website tersebut akan bisa untuk kamu jual dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Untuk itu, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis satu ini. pertama, kamu bisa untuk membuat website mulai dari awal dengan menggunakan domain yang baru. Kemudian, kamu bisa meningkatkan performa maupun konten yang dimiliki oleh website tersebut.

Apabila telah dirasa berhasil, maka kamu pun bisa menjualnya dengan nilai yang cukup fantastis. Selain itu, kamu juga bisa untuk membeli website yang memiliki performa kurang bagus. Nah, disini tugas kamu adalah memperbaikinya. Setelah selesai, barulah kamu bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi.

Beberapa bisnis tersebut dapat menjadi ladang penghasilan bagi kamu selama berada di kosan. Dengan bekerja dengan menggunakan bisnis tersebut, maka kamu juga tak perlu untuk keluar rumah atau ke kantor. Hal ini dikarenakan segala sesuatunya dapat dengan mudah dan bisa untuk kamu jalankan saat berada di kosan. Kamu pun nantinya bisa mendapatkan tambahan uang saku.

Jangan pernah ragu untuk mencari uang tambahan saat masih ngekos, karena banyak juga pelaku bisnis online maupun Youtuber yang sukses berawal dari kamar kosan mereka. Biar semakin lancar saat menjalankan bisnis online mungkin kamu butuh kosan yang memberikan fasilitas wifi gratis. Untuk mendapatkan kosan dengan fasilitas wifi gratis kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, karena dengan selain memberikan fasilitas kamar yang lengkap seperti kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar, meja kerja, kamar mandi dalam, dan ruang kamar ber-AC, KoolKost juga memberikan fasilitas wifi gratis.

Press Enter To Begin Your Search
×