Loading...

Buat kamu yang sering melihat anime atau fans garis keras AKB48, tentu saja mempelajari Bahasa Jepang menjadi salah satu hal yang ingin dilakukan. Namun, saat ini kamu tidak perlu les atau kursus ketika ingin belajar bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan kamu bisa mempelajarinya secara mandiri dan otodidak di kost. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut.

belajar bahasa jepang

Belajar bahasa jepang harus punya niat yang kuat (source:freepik.com)

Cara Belajar Bahasa Jepang yang Bisa Dilakukan di Kost untuk Level Pemula 

1. Memiliki Niat yang Kuat Untuk Belajar

Dalam mempelajari suatu hal, tentu saja dibutuhkan niat yang sangat kuat. Hal tersebut akan membuat kamu nantinya lebih mudah untuk menguasai dan mempelajarinya. Untuk itu, bagi kamu yang memang ingin mahir berbahasa Jepang, maka mulai sekarang harus menerapkan niat yang besar untuk memahami bahasa satu ini. Bahkan kalau perlu kamu bisa menabung untuk bisa jalan-jalan ke jepang agar menjadi motivasi lebih untuk mempelajari Bahasa Jepang.

2. Tanamkan Rasa Ingin Tahu yang Besar 

Belajar bahasa Jepang dasar sebenarnya tidaklah susah. Hal yang perlu kamu lakukan selain memiliki niat yang kuat adalah dengan menanamkan kepada diri sendiri bahwa kamu ingin tahu dengan bahasa satu ini. Oleh karena itu, ketika kamu lagi seru menonton drama Jepang atau anime dan mendapati kosakata yang tidak kamu mengerti sebaiknya segera membuka kamus.

Hal ini berlaku pula ketika kamu mendengarkan lagu atau sedang membaca komik. Usahakan setiap kamu menemukan salah satu kosakata bahasa Jepang dimana pun berada, carilah artinya ketika dirasa tidak mengerti. Kamu bisa menggunakan kamus digital yang ada di smartphone untuk mencari kata yang kamu tidak mengerti dengan mudah.

3. Menambahkan Bahasa Jepang Ketika Berbicara Sehari-Hari 

Salah satu tips belajar bahasa Jepang yang sangat mudah dan bisa langsung kamu praktekkan dalam kehidupan sehari hari, yaitu dengan menjadikan bahasa Jepang sebagai salah satu bahasa yang digunakan dalam keseharian. Tidak perlu sepenuhnya berbahasa Jepang, menyelipkan 1-2 kata tiap berbicara mungkin cukup membantu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa sehingga lebih mudah untuk mempelajari dan menghafal bahasa satu ini.

Selain itu, kamu juga bisa untuk menambahkan Bahasa Jepang dengan cara menempelkan tabel yang berisi huruf Jepang ataupun kosakata berbahasa Jepang di tempat yang sering kamu lihat. Sehingga, kamu pun akhirnya akan menghapal di luar kepala kosakata bahasa Jepang tersebut. Tentu saja, cara ini dapat menjadi salah satu hal yang cukup efektif.

Ditambah lagi, ketika kamu juga telah menyenangi hal yang berbau Jepang seperti komik ataupun anime. Tentunya hal ini akan membuat kamu semakin mudah untuk menguasai Bahasa Jepang. Bahkan metode tersebut dapat menjadi alternatif harian yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa Jepang.

Dengan melihat dan juga mendengar bahasa Jepang setiap harinya, maka hal ini akan melatih kemampuan kamu untuk mengembangkan bahasa satu ini. Kamu juga bisa mulai untuk memutar playlist yang didalamnya berisi bahasa Jepang. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk belajar dimana saja dan kapan saja.

4. Mencari Buku yang Sesuai 

belajar bahasa jepang

Membaca buku juga bisa jadi salah satu cara untuk membantumu belajar bahasa Jepang (source: unsplash.com)

Belajar bahasa Jepang pemula dapat dilakukan dengan memilih buku pelajaran yang sesuai dengan keinginan dan kesukaan kamu. Pasalnya, di dalam belajar bahasa Jepang, penting untuk memilih buku yang tepat. Terdapat banyak sekali buku yang mempelajari bahasa Jepang saat ini. Bahkan bentuknya pun berbeda beda dan memiliki kelebihannya masing masing.

Ketika kamu masih bingung untuk memilihnya, maka sebaiknya kamu melihat lihat terlebih dahulu dan mencari review tentang buku tersebut sebelum membelinya. Carilah buku yang memiliki bahasa mudah dimengerti. Dengan begitu, akan mempermudah kamu di dalam belajar bahasa Jepang.

Untuk buku yang digunakan dalam belajar bahasa Jepang ini terdiri dari beberapa bagian. Bagi kamu yang baru belajar bahasa jepang dari nol, maka sebaiknya kamu memilih buku khusus yang mempelajari huruf terlebih dahulu. Apabila kamu telah menghafal huruf Hiragana, maka saatnya kamu mempelajari tata bahasa atau percakapan yang sering digunakan. Kemudian, barulah kamu bisa membeli buku latihan untuk melatih kemampuan kamu di dalam berbahasa Jepang. Sehingga, ketika kamu mempelajarinya sendiri di kosan, lebih baik kamu mempunyai ketiga jenis buku tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempelajari bahasa Jepang dengan lebih lengkap.

5. Belajar Huruf Hiragana dan Katakana 

Jepang merupakan salah satu negara yang tidak menggunakan huruf romaji dalam tulisannya. Oleh karena itu, ketika kamu ingin belajar bahasa ini pastikan untuk menghafal kedua huruf tersebut. Untuk huruf Hiragana dan Katakana masing masing memiliki jumlah yakni sebanyak 46 buah.

Ada banyak cara belajar menulis bahasa Jepang yang bisa dilakukan agar kamu mengingatnya terus menerus. Pertama, kamu bisa menuliskannya terlebih dahulu hingga hafal. Tak perlu langsung 46 huruf, karena hal tersebut akan cenderung sulit untuk dilakukan. Untuk itu, kamu bisa mempelajari sepuluh huruf dalam waktu satu hari.

Pada hari selanjutnya, kamu bisa menambahkan secara perlahan. Sehingga nantinya kamu akan bisa menghafalnya dengan mudah dan juga menggunakan metode yang gampang dilakukan. Di dalam menulis kedua jenis huruf tersebut, kamu juga perlu untuk berlatih untuk membacanya.

Setelah kamu selesai berlatih semua huruf, maka kamu bisa membeli kertas tabel atau membuatnya sendiri huruf yang berisi Hiragana dan Katakana. Dengan begitu, kamu bisa menempelkannya ke tempat yang sering kamu lihat. Seperti belakang pintu ataupun tembok yang berdekatan dengan meja belajar. Hal tersebut akan mempermudah kamu untuk mengingatnya.

5. Belajar Menulis Banyak Hal dengan Huruf Jepang

Cara belajar bahasa Jepang lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menulis banyak hal dengan menggunakan huruf Jepang. Pasalnya, ketika kamu telah selesai menghafal huruf tersebut tanpa menerapkannya setiap hari pasti akan membuatmu menjadi lupa. Oleh karena itu, kamu bisa menuliskannya.

Mudahnya, kamu bisa mulai menulis buku harian yang di dalamnya berisi tulisan dalam bentuk bahasa Jepang. Dengan menuliskan hal yang terjadi dalam hidupmu menggunakan Bahasa Jepang dapat menjadi cara untuk mengingat huruf tersebut. Selain itu, juga bisa menjadi metode untuk melatih pola dan bentuk kalimat dalam bahasa Jepang.

6. Latihan Untuk Berbicara Bahasa Jepang 

Tak hanya berlatih menuliskannya saja, di dalam belajar bahasa Jepang, kamu juga perlu untuk berlatih berbicara. Hal ini dikarenakan akan membuat kamu terbiasa melafalkan bahasa Jepang dalam kehidupan sehari hari. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakannya untuk berbicara setiap harinya. 

Di dalam melatih percakapan bahasa Jepang untuk anak kosan, anak kost Jakarta misalnya, kamu bisa berlatih dengan teman satu kosmu. Atau kamu juga bisa memulai chatting dengan orang yang berasal dari Jepang untuk melatih skill berbicara Bahasa Jepang. Bahkan kamu juga bisa monolog dan menirukan percakapan bahasa Jepang yang ada di drama.

Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sedari Kuliah

Aplikasi yang Bisa Kamu Gunakan untuk Belajar Berbahasa Jepang 

belajar bahasa jepang

Belajar bahasa jepang langsung pakai smartphone (Source:freepik.com)

1. Tandem 

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk berbicara bahasa Jepang adalah Tandem. Tandem dapat dikatakan menjadi salah satu aplikasi yang cukup unik. Hal tersebut dikarenakan mempunyai metode layaknya aplikasi chat. Disini, kamu bisa berinteraksi dengan orang lain yang sama sama ingin mempelajari bahasa asing.

Terdapat beragam fitur yang bisa kau dapatkan dari aplikasi satu ini. Sebut saja seperti percakapan via teks, video maupun audio. Sehingga kamu bisa belajar percakapan secara langsung dengan menggunakan aplikasi ini. Hal tersebut akan lebih memudahkan kamu untuk mempelajari bahasa negeri sakura ini.

2. Mondly 

Mondly merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk belajar berbahasa Jepang. Disini, kamu juga bisa untuk memilih berbagai jenis bahasa untuk belajar karena di Mondly tersedia banyak sekali bahasa lain yang bisa dipilih selain Jepang. Pada aplikasi ini, kamu akan diberikan metode pembelajaran yakni berupa percakapan.

Dengan melibatkan komunikasi di dalam proses belajar, maka nantinya kamu akan bisa untuk belajar bahasa Jepang otodidak dengan menggunakan aplikasi satu ini. Selain itu, untuk menunjang aktivitas belajarmu, aplikasi satu ini juga akan dibekali dengan berbagai fitur. Seperti sesi latihan cepat, pengenalan suara, hingga pengucapan via audio.

3. Memrise 

Aplikasi belajar bahasa Jepang selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Memrise. Menjadi salah satu aplikasi yang populer, membuat kamu tak hanya bisa belajar Bahasa dari negeri Sakura ini saja. Melainkan juga bisa belajar dengan menggunakan bahasa lain, karena tersedia banyak pilihan yang bisa kamu kirim.

Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini adalah adanya fitur offline. Sehingga, kamu akan bisa menggunakannya ketika tidak ada wifi atau jaringan. Aplikasi ini umumnya memang digunakan untuk seseorang yang serius dalam belajar bahasa. Dengan begitu kamu akan bisa belajar banyak menggunakan Memrise.

4. Drops: Learn Japanese 

Drops : Learn Japanese menjadi salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Jepang terbaru yang bisa kamu coba. Disini, kamu bisa belajar dengan cara yang simpel. Karena nantinya kamu akan diberi jatah untuk belajar selama lima menit setiap harinya untuk mempelajari Bahasa Jepang. Dengan memberikan metode yang mudah untuk belajar akan membuat kamu semakin paham.

Ketika menggunakan aplikasi satu ini, kamu juga tidak akan dibuat bosan. Hal ini disebabkan selain mempelajari tata bahasa yang mudah, kamu juga akan menemukan fitur game. Sehingga proses belajar pun akan lebih menyenangkan. Dengan adanya 1700 kata yang terbagi menjadi 99 topik membuat kamu bisa belajar bahasa Jepang pemula di aplikasi ini.

5. LingoDeer

Dengan metode pembelajaran dari kata ke kata, membuat kamu akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa Jepang. Disini, kamu akan diajarkan beberapa kosakata awal yang mudah dan sederhana. Kemudian, kamu akan dilanjutkan untuk belajar mempelajari kata kata bahasa Jepang yang sulit secara bertahap.

Untuk mempermudah belajar, maka aplikasi ini juga menyediakan potongan audio yang berisi pengucapannya. Oleh karena itu, ketika kamu belajar melalui aplikasi ini akan belajar pelafalan hingga aksara Jepang. Didukung dengan fitur offline, membuatmu bisa belajar tentang Bahasa Jepang dimana saja dan kapan saja, meskipun tidak terdapat jaringan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa mempelajari bahasa Jepang. Belajar bahasa sebenarnya hal yang mudah asalkan kamu niat dan konsisten untuk mempelajarinya. Dengan begitu, kamu pun akan bisa untuk mendapatkan kemudahan dan akan lebih cepat paham dengan apa yang kamu pelajari. Ditambah lagi dengan aplikasi, akan membuat kamu lebih mudah dalam belajar.

Kalau kamu ingin belajar bahasa Jepang di kosan, kamu perlu mencari kosan yang nyaman untuk bisa kondusif belajarnya, salah satu pilihannya adalah KoolKost dari RedDoorz. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap dengan kamar yang sudah disediakan kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar untuk keperluan penyimpanan pakaian kamu, ada juga meja dan kursi untuk belajar, ada wifi gratis jadi kamu bisa nonton film Jepang streaming dengan tanpa text bahasa Indonesia agar kamu bisa belajar Bahasa Jepang dengan mudah, selain itu ruangan kamar juga sudah dilengkapi dengan AC sehingga kamu akan merasa nyaman di kamar kosan.

Press Enter To Begin Your Search
×