Loading...

 

Kebutuhan skill bahasa Inggris merupakan standar yang harus dicapai untuk pekerjaan yang baik. Skill bahasa ini mampu mempermudah kamu berkomunikasi dengan client asing, boss asal luar negeri ataupun sekedar mengerti buku panduan kerja perusahaan dari luar. Karena sangat penting, kamu harus coba belajar bahasa Inggris sedini mungkin. Jika saat SMP dan SMA masih kesulitan, saat kuliah adalah kesempatan akhir mendapatkan skill ini. Banyak mahasiswa saat ini memanfaatkan waktu sambil kuliah untuk berlatih bahasa Inggris demi masa depannya.

belajar bahasa inggris

Belajar Bahasa Inggris Online jadi solusi saat ini (Source:freepik.com)

Manfaat Belajar Bahasa Inggris Saat Kuliah

Kemauan belajar ini tentu patut diacungi jempol. Walaupun sibuk dengan kewajiban kuliah, para mahasiswa tetap mengambil waktu luang untuk menyerap skill lain. Jika bisa menguasai bahasa Inggris hingga tahap komunikasi lancar, banyak manfaat yang akan dinikmati. manfaat belajar bahasa inggris antara lain:

Membantu Belajar Material dari Luar Negeri

Jika bisa belajar bahasa Inggris dan menjadi ahli, para mahasiswa sudah dapat mengeruk keuntungan di masa kuliah. Material kuliah seperti buku ataupun academic paper banyak yang berbahasa Inggris. Jika tidak segera berlatih bahasa Inggris, mereka pasti kesulitan menyerap dan menggunakan material akademik tersebut.

Bagi yang sedang belajar bahasa ini sambil kuliah, mereka bisa mengasah diri dan lebih cepat jadi ahli. Bayangkan sedang belajar set kosa kata tertentu. Karena sudah tahu artinya, mereka bisa membaca paper professor luar negeri yang mendukung dalam penyelesaian tugas kuliah.

Akses Belajar Makin Banyak

Jika belajar di dunia kuliah, mahasiswa tidak dibatasi untuk sumber belajarnya. Jika ingin mendapatkan nilai tinggi, menyerap sumber – sumber pelajaran lain adalah sebuah keharusan. Hal seperti tutorial, website sumber data dan banyak material akademi lain di Internet rata – rata menggunakan bahasa Inggris. Jadi jika belajar bahasa internasional ini selama kuliah, para mahasiswa bisa memanfaatkan semua material tersebut.

Memungkinkan Ambil Beasiswa Dari Luar Negeri

Syarat bisa berbahasa Inggris merupakan hal yang biasa untuk beasiswa. Masalah ini akan lebih jelas terlihat saat ambil beasiswa dari luar negeri. Banyak perguruan tinggi mendapatkan bantuan beasiswa dari organisasi luar. Tapi beasiswa tersebut memiliki prasyarat yang lebih tinggi. Jika ingin menikmati beasiswa ini, para mahasiswa harus bisa belajar bahasa asing ini sambil kuliah.

Baca juga: 18 Universitas Terbaik di Dunia

Memberikan Nilai Positif Dari Para Dosen

Para dosen akan senang jika mahasiswa memiliki skill tersendiri yang mendukung performa belajar mereka. Jika bisa bahasa Inggris, para dosen tentu tidak segan memberikan material belajar lain dari luar negeri. Hal ini akan mempermudah mahasiswa mendapatkan nilai yang lebih baik di mata dosen.

Memudahkan Syarat Intern dan Pelatihan

Saat kuliah, kesempatan ambil intern dan pelatihan kerja tetap tersedia. kamu yang ingin memanfaatkan ini, tentu harus belajar dan praktek penggunaan bahasa Inggris yang baik. Terkadang untuk bisa mendaftar program ini, kamu harus lulus tes dan wawancara dengan bahasa Inggris. Jika dapat memanfaatkan cara cepat belajar bahasa Inggris selama kuliah dan menjadi ahli, tes – tes tersebut akan lebih mudah dijalani.

Memperluas Pilihan Karier

Seseorang yang memiliki skill bahasa inggris pasti memiliki kesempatan kerja yang lebih luas daripada yang tidak. Belajar skill bahasa Inggris memang tidak mudah, tapi jika diniati selama kuliah, manfaatnya akan terasa saat sudah lulus. Pilihan syarat kerja sekarang makin tinggi, jika bisa menguasai bahasa Inggris, kamu pasti akan lebih lancar meniti karir.

Walaupun sebelum kuliah si mahasiswa tidak ahli bahasa Inggris, mereka tidak boleh lengah saat kuliah. Gunakan cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang efektif demi mendapatkan banyak manfaat di atas. Bagi kamu yang tertarik dengan cara belajar tersebut, mari bahas lebih dalam di bagian berikut.

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Kost 

belajar bahasa inggris

Banyak cara belajar bahasa inggris yang paling penting niat (source:freepik.com)

Cara belajar bahasa inggris untuk anak kost sebenarnya bisa dibagi tiga yaitu belajar secara formal, kursus dan otodidak. Semua pilihan ini bisa disesuaikan dengan kondisi mahasiswa yang sedang kost tersebut. Berikut adalah penjelasan tentang ketiga cara tersebut: 

Belajar Bahasa Inggris Formal 

Jalur ini memastikan kamu belajar saat sedang mengikuti kuliah. Mata kuliah bahasa Inggris tentu tersedia dan umumnya bisa dipilih secara bebas. Pelajaran di kelas formal ini biasanya lebih fokus pada hal – hal dasar dan materi bahasa Inggris yang digunakan untuk kerja. Mereka juga sering memberikan material tambahan yang baik dan memperluas scope pembelajaran. Bagi yang ingin belajar bahasa Inggris dasar, intermediate serta advance, material ini pasti sangat membantu. 

Belajar Bahasa Inggris Kursus

Jalur belajar bahasa Inggris yang satu ini adalah pilihan yang paling umum diambil. Jika tidak cukup mendapatkan material pembelajaran dari sisi formal, kelas kursus bisa sangat mendukung. Pelajaran di kursus mirip kelas kuliah tapi material pembelajarannya lebih baik.

Mereka akan menawarkan paket pembelajaran tidak hanya soal mengerti bahasa Inggris tapi juga latihan mendengarkan, berkomunikasi, trick komunikasi dalam berbahasa Inggris. Kelas kursus ini memang lebih mahal dari segi biaya daripada kelas formal. Tapi manfaat yang didapat akan lebih banyak. 

Kelas khusus juga bisa dilakukan secara online. Layanan belajar bahasa Inggris online saat ini sedang hot. kamu cukup meluangkan waktu beberapa kelas online dan mengerjakan tugas dari pihak tutorial. Cara ini biasanya lebih efektif waktu daripada harus berpergian ke alamat tempat kursus.

Tidak jarang layanan kursus online ini dilengkapi dengan aplikasi tersendiri. Penggunaan aplikasi sangat membantu para mahasiswa untuk berlatih secara fleksibel. kamu bisa coba sendiri ambil kelas – kelas online ini jika ingin menguasai bahasa Inggris lebih cepat

Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Bagi mahasiswa yang tidak punya budget belajar kursus ataupun ambil kelas formal, cara belajar bahasa Inggris otodidak bisa jadi solusi. Material – material belajar bahasa secara gratis banyak ditawarkan di Internet. kamu bahkan bisa download tutorial dan modul untuk latihan sendiri.

Untuk cara belajar ini, kebiasaan dan disiplin diri harus tinggi. kamu harus mau mendorong diri sendiri untuk berinteraksi dengan material bahasa Inggris. Mulai dari membaca buku bahasa Inggris, mendengarkan dan menonton video bahasa Inggris, sampai berbicara langsung dengan bahasa ini, harus diusahakan sendiri.

Tips Berguna yang Bisa Dicoba untuk Belajar Otodidak

belajar bahasa inggris

Belajar bahasa inggris dengan cara otodidak (source:freepik.com)

Bagi kamu yang ingin coba cara otodidak, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk lebih cepat ahli soal bahasa Inggris ini. Berikut adalah tips – tips tersebut:

Gunakan Istilah Serapan, Kata dan Phrase Bahasa Inggris Sesering Mungkin 

Saat kuliah, kamu bisa berinteraksi dengan mahasiswa lain dan saling berdiskusi. Dalam interaksi ini, coba gunakan beberapa istilah serapan, kata – kata dan frasa dari bahasa Inggris.

Tentu penggunaanya juga harus dalam konteks dan tidak hanya sekedar menyisipkan kata – kata saja. Contoh saja saat bertanya “Dimana sopan santun kamu?” kamu bisa ubah jadi “Di mana manner kamu?” Penggunaan kata manner ini sudah cukup baik untuk membiasakan diri mengerti arti bahasa asing.

Bentuk Grup Belajar Bahasa dengan Teman

Untuk belajar lebih efektif, bentuklah group belajar. Untuk keperluan penyerapan bahasa, kamu harus bisa praktek berbicara. Jika tidak ada yang diajak berlatih mengobrol, tentu saja kamu tidak bisa praktek dengan baik. Jadi ajak teman – teman dan coba praktek bersama ngobrol bahasa Inggris Jadwalkan pertemuan yang rutin. Sekedar saran, paling tidak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hal ini.

Paksa Diri Membaca Berbagai Teks dalam Bahasa Inggris

Untuk memperbanyak kosa kata, membaca teks bahasa Inggris adalah cara yang paling efektif. Banyak buku – buku hiburan yang bisa dimanfaatkan untuk ini. Walaupun sebagai hiburan, kamu akan melihat penggunaan kata – kata yang baru dengan cara ini.

Membaca buku juga bukan satu – satunya cara berinteraksi dengan teks Inggris. Hal seperti menu pada komputer, website, smartphone, game dan lain – lain harus diubah menjadi bahasa Inggris. Teks – teks yang ada di semua media itu bisa membiasakan kamu untuk menyerap info dari bahasa Inggris.

Nonton Video dan Film Untuk Belajar Bahasa Inggris 

Banyak orang menyarankan penggunaan film untuk belajar bahasa Inggris. Cara ini memang efektif untuk melihat tingkah laku, intonasi, cara bicara dan juga pengucapan kata bahasa Inggris. Selamat menikmati film, kamu akan mendengar interaksi – interaksi dan percakapan. Dari sini, kamu akan lebih terbiasa mendengar orang berbicara bahasa Inggris. Pada akhirnya, saat praktek listening, kamu akan lebih ahli.

Baca juga: Rekomendasi Film Action Netflix Terbaik

Memanfaatkan Media Internet Sebagai Tempat Berlatih

Internet umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Karena banyaknya penggunaan bahasa Inggris, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk latihan. Hal seperti membaca artikel berita, comment di social media, berbicara di forum komunitas dan lain – lain harus diusahakan dengan bahasa Inggris. Surfing di Internet tentu bisa jadi hiburan tersendiri.

Jika hiburan ini jadi motivasi latihan bahasa Inggris, kamu pasti akan lebih banyak meluangkan waktu berinteraksi dengan bahasa ini. Semakin terbiasa kamu dengan bahasa Inggris, makin mudah juga kamu menyerap skill bahasa Inggris yang sedang dipelajari.

Coba Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Penggunaan aplikasi belajar bahasa Inggris tentu sangat membantu. Sekarang ini banyak aplikasi mampu memberikan rutinitas latihan untuk praktek bahasa. Aplikasi ini bisa berupa alat bantu menghafal arti kata, melatih penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan dan bahkan melatih soal grammar.

Aplikasi ini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Tergantung kebutuhan kamu bisa pilih mana yang paling pas. Jangan asal download aplikasi jika tidak menggunakannya. Pastikan setelah download, lakukan instruksi latihan yang diberikan. Aplikasi ini adalah alat bantu. Jika kamu tidak ada motivasi menggunakannya, tentu kamu tidak akan menjadi ahli berbahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris memang banyak manfaatnya. Sebenarnya, sejak kecil, belajar bahasa ini lebih mudah. Tapi bagi yang tidak berkesempatan belajar serius, masa kuliah adalah waktu yang tepat. Akses pembelajaran dan penyerapan skill tersedia banyak serta bisa dilakukan sambil kuliah. Jangan Lewatkan kesempatan mengisi amunisi skill untuk kerja. Semakin kamu pandai bahasa Inggris, semakin mudah juga kamu mendapatkan kerja. Mudah – mudahan bahasan tentang belajar bahasa Inggris sambil kuliah ini bisa jadi inspirasi bagi kamu sekalian. 

Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris di kosan, kamu perlu mencari kosan yang nyaman untuk bisa kondusif belajarnya, salah satu pilihannya adalah KoolKost dari RedDoorz. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap dengan kamar yang sudah disediakan kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar untuk keperluan penyimpanan pakaian kamu, ada juga meja dan kursi untuk belajar, ada wifi gratis jadi kamu bisa nonton film streaming dengan tanpa text bahasa Indonesia agar kamu bisa belajar Bahasa Inggris dengan mudah, selain itu ruangan kamar juga sudah dilengkapi dengan AC sehingga kamu akan merasa nyaman di kamar kosan.

Press Enter To Begin Your Search
×