Loading...

Berlibur di pantai dapat menjadi salah satu kegiatan yang pas untuk melepas penat. Buat kamu anak kost Jakarta, maka Pantai Sawarna yang ada di Banten dapat menjadi rekomendasi tempat berlibur selanjutnya. Pantai satu ini memiliki daya tarik tersendiri, tak mengherankan banyak pengunjung, baik domestik maupun mancanegara.

pantai sawarna

Keindahan Pantai Sawarna saat sore hari (source:unsplash.com)

Mengintip Pesona Keindahan Pantai Sawarna Banten

Meskipun terdapat Pantai Sawarna Sukabumi, namun kali ini yang akan diulas adalah yang berada di Banten karena memiliki lokasi yang lebih dekat dengan Jakarta. Akan tetapi keindahan yang ada di pantai ini sangatlah membuat kamu terpesona. Nama dari Sawarna sendiri, sebenarnya diambil dari nama desa dari tempat pantai tersebut berasal.

Keunikan yang ada di pantai satu ini tentu saja tidak akan bisa anda temui di pantai lain. Hal ini dikarenakan pantai yang ada di Banten ini memiliki tujuh pantai dan juga satu goa yang memiliki lokasi di sekitar Desa Sawarna. Untuk pantainya sendiri terbentang mulai dari Pantai Pulo Manuk hingga Pantai Karang Taraje.

Saat berada disini, anda akan disuguhkan dengan pantai yang memiliki air jernih. Ditambah lagi dengan ombak layaknya pantai yang ada di Bali membuat anda bisa melakukan aktifitas surfing. Oleh karena itu, wisata Pantai Sawarna wajib masuk ke destinasi yang harus anda kunjungi ketika sedang berada di Banten.

Baca Juga: Menjelajah Pantai Terdekat di Jakarta

Alamat dan Rute Menuju Pantai Satu Ini

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke pantai satu ini, maka akses menuju pantai sawarna dapat dikatakan cukup bagus. Walaupun dalam beberapa jalan masih terdapat jalanan yang rusak, namun masih bisa untuk dilewati oleh kendaraan. Kamu bisa menggunakan peta digital untuk bisa mengunjungi wisata satu ini.

Apabila kamu berangkat dari Jakarta, maka kamu bisa menempuh jalur melalui Ciawi dan melanjutkannya ke Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok hingga sampai ke Sawarna. Selain itu, ada jalur barat yang bisa kamu tempuh saat berangkat dari Jakarta. Salah satunya melalui Serang atau Rangkasbitung.

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Sini

pantai sawarna

Ilustrasi Suasana Sunset di Pantai (source: unsplash.com)

1. Trekking dan Menjelajahi Goa

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan ketika berada di Pantai Sawarna Banten adalah trekking dan menjelajah goa. Hal ini tentu saja tidak bisa untuk dilakukan di sembarang pantai. Karena tak semua pantai memiliki goa yang indah untuk dijelajahi. Namun, saat berada di sini, tentunya akan menjadi kegiatan wajib yang bisa kamu lakukan.

Untuk itu, bagi kamu yang tertarik, kamu bisa datang dan mengunjungi Goa Langir atau Goa Lalay, hal ini tentu saja akan membuat kamu mendapatkan pengalaman trekking yang tidak akan mengecewakan. Akan tetapi, ketika kamu ingin serius menjelajahi goa ini, ada baiknya untuk menyewa pemandu agar tidak tersesat ketika menjelajah.

2. Melihat Sunrise Maupun Sunset

Kegiatan lain yang bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi pantai ini adalah mendapatkan pemandangan berupa sunset dan juga sunrise yang sangat indah. Mungkin sebagian dari kamu menganggap bahwa hanya gunung yang hanya akan memiliki pemandangan sunrise menakjubkan. Akan tetapi, ketika kamu berada di Sawarna, tentu saja hal ini bisa kamu dapatkan.

Saat berada di Sawarna, kamu akan melihat langit yang sangat indah ketika pagi hari. Terlebih lagi, apabila kamu beruntung dan bisa mendapatkan penginapan yang berada di area sawah. Tentu saja ketika pagi hari, kamu akan bisa disambut dengan fajar yang sangat indah di ufuk timur. Pasalnya, pemandangan sawah hijau yang menghampar akan sangat apik terkena pantulan cahaya mentari pagi.

Namun, saat berada di Pantai Sawarna, kamu tidak hanya akan mendapatkan pemandangan sunrise yang bagus saja. Melainkan panorama sunset atau matahari terbenam tentu saja akan menjadi pemandangan yang sangat memukau. Ketika menjelang senja kamu bisa menikmati indahnya semburat warna oranye yang sangat memukau.

Ditambah lagi, apabila kamu ke sini bersama pasangan tentu saja akan menjadi momen yang sangat menggembirakan. Pasalnya, kamu bisa menikmati matahari tenggelam sembari menikmati ombak yang menggulung indah bersama orang terkasih. Tak hanya itu saja, lokasi Pantai Sawarna yang terbilang masih cukup asri akan membuat kamu betah untuk berlama lama.

3. Menjelajah Desa Sawarna

Menjelajah Desa Sawarna menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan selanjutnya. Pasalnya, ketika berada disini kamu akan ditawarkan wisata budaya dan lingkungan khas pedesaan sangat asri. Kekentalan akan budaya pun juga bisa untuk kamu rasakan saat berada di sini.

Sehingga tak mengherankan, baik wisatawan lokal dan internasional senang sekali berkunjung ke tempat satu ini. Ketika kamu berada di sini kamu akan disuguhkan suasana pedesaan yang masih sangat asri. Bahkan kamu masih bisa menyaksikan warga dan masyarakat sekitar saat pergi ke sawah.

Soal pemandangan tak perlu diragukan lagi, hamparan hijau sawah yang menghampar akan menjadi salah satu panorama yang akan dihadirkan di tempat satu ini. Bahkan kamu juga bisa melihat saung saung tradisional yang mungkin akan jarang untuk kamu jumpai di tempat yang lain.

Baca Juga: Tips Liburan Hemat Yang Wajib Kamu Tahu

4. Berenang di Tepi Pantai 

Saat berada di pantai, berenang tampaknya menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan. Pantai sendiri menjadi tempat yang sangat cocok untuk basah basahan. Untuk itu, saat mengunjungi Pantai Sawarna Banten, kamu pun juga akan disambut dengan air jernih yang akan membuat kamu ingin berenang.

Di sini, kamu akan menemukan banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk berenang. Diantaranya adalah Pantai Pasir Putih dan juga Pantai Pulo Manuk yang menyimpan keindahan tersendiri. Saat berada di kedua pantai tersebut, maka kamu bisa berenang tanpa takut akan tenggelam. Karena kedua pantai tersebut memiliki ombak yang cukup tenang.

Akan tetapi, kamu juga tetap harus menaati peraturan yang berlaku. Salah satunya tidak berenang ke tempat yang terlalu tengah. Selain itu, kamu pun juga harus mematuhi aturan yang berlaku oleh lifeguard. Sehingga liburan di pantai ini akan tetap aman dan menyenangkan. 

5. Melakukan Surfing

Siapa bilang kegiatan surfing hanya bisa dilakukan di pantai yang ada di Bali atau Lombok saja. Meskipun spot surfing yang ada di Pantai Sawarna ini tidak sebagus seperti yang ada di Cimaja, namun tetap saja tidak akan mengecewakan. Hal ini dikarenakan ombaknya yang sangat pas dijadikan untuk melakukan kegiatan surfing.

Untuk itu, bagi kamu yang berkunjung kesini jangan heran apabila mendapati banyak peselancar yang akan menunjukkan keahliannya dan bermain di area pantai ini. Banyak peselancar khususnya yang berada di Pantai Pasir Putih yang menunjukkan keahliannya untuk bermain di sini. 

Bahkan tak hanya wisatawan lokal saja, turis mancanegara pun datang untuk sekedar berselancar. Untuk kamu yang tidak bisa berselancar namun ingin mencobanya, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, di sini kamu bisa minta dilatih oleh seseorang ahli selancar. Lalu bagi kamu yang kebetulan tidak membawa papan selancar, kamu pun bisa meminjamnya di rental yang ada di sekitar pantai. 

Harga Tiket Masuk yang Wajib Kamu Tahu

pantai sawarna

Wisata pantai jadi salah satu wisata yang cocok untuk anak kosan karena harga tiketnya murah meriah (source: freepik.com)

Berapa harga tiket masuk pantai Sawarna? Mungkin hal tersebut kerap kali terbersit dipikiranmu saat ingin berwisata di tempat satu ini. Namun, kamu tak perlu khawatir sebab harga tiket masuk Pantai Sawarna dapat dikatakan relatif terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek kurang dari 10 ribu rupiah saja.

Biaya tersebut merupakan retribusi tiket masuk yang wajib kamu bayarkan saat masuk ke Desa Sawarna yang berfungsi untuk pengelolaan sekaligus perawatan destinasi wisata yang ada di pantai. Akan tetapi, bagi kamu yang datang ke wisata ke sini, kamu juga bisa menemukan beberapa pos lain yang ada di berbagai pantai yang ada di tempat ini.

Selain itu, bagi kamu yang baru pertama kali datang ke tempat ini, kamu juga bisa menggunakan jasa guide lokal. Hal ini tentu saja akan membantu kamu untuk menjelajah seluruh tempat wisata di sekitar Pantai Sawarna. Ada banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan jasa satu ini.

Diantaranya adalah kamu jadi lebih tahu mengenai sejarah dan juga berbagai informasi lengkap mengenai tempat yang akan kamu kunjungi. Tak hanya itu, kamu juga akan lebih menghemat biaya ketika mengunjunginya dalam keadaan rombongan. Guide biasanya tahu jalur alternatif mana saja yang bisa kamu lalui antara satu tempat wisata dengan tempat wisata yang lain.

Hal lain yang tak kalah menguntungkan adalah kamu mampu terhindar dari adanya pungutan liar ketika menggunakan jasa guide lokal. Pasalnya, terkadang masih terdapat pungutan lokal yang dilakukan oleh warga terhadap wisatawan baru yang ada di Sawarna. Namun, ketika kamu menjelajah dengan guide lokal tentu saja hal tersebut tak akan terjadi.

Penginapan yang Ada di Sekitar Sawarna

Karena pantai yang ada di Sawarna cukup banyak dan terdapat goanya juga, menjelajah dalam satu hari rasanya tidak akan puas. Untuk itu, kamu bisa menginap di penginapan yang berlokasi di sekitar Pantai Sawarna. Kamu perlu mempersiapkannya dengan baik, termasuk memilih tempat bermalam di sekitar sini.

Ketika kamu memutuskan untuk berlibur di Sawarna, ada baiknya kamu mengambil 2 hingga 3 hari. Itu waktu yang ideal untuk menjalajah tempat yang ada di sini. Ada beberapa rekomendasi penginapan yang bisa kamu tepati saat berada di pantai ini.

Dijamin, suasana pedesaan yang masih hijau dan asri akan menjadi latar belakang yang bisa kamu dapatkan saat menginap di sini. Mulai dari resort dan guest house banyak tersedia di sekitaran pantai. Untuk harganya sendiri pun bervariasi dan tentu saja masih aman di kantong kamu. Dengan begitu, kamu akan bisa berlibur dengan lebih tenang.

Jika sebagian dari kamu masih bingung soal keberadaan pantai Sawarna, pantai ini bisa kamu temukan di Banten. Saat berada di sini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menarik dan juga lingkungan yang masih sangat asri. Selain itu, kamu juga akan disambut dengan pantai indah nan bersih. .

Itu dia info seputar pantai Sawarna yang harus kamu tahu sebelum kamu berwisata ke sana, kalau rekomendasi cari kosan di Jakarta, kamu nggak perlu khawatir karena sekarang kamu sudah bisa lho cari kosan di Jakarta pakai Aplikasi Reddoorz, caranya buka aplikasi RedDoorz lalu pilih Kost Houses, di situ kamu bisa gunakan fitur search KoolKost dan masukkan kata kunci “Jakarta” atau nama kampus kamu yang di Jakarta. Setelah itu tekan search dan akan muncul list kosan di Jakarta atau sekitaran kampus yang kamu inginkan, lengkap dengan info harga sewa dan juga fasilitas yang diberikan, jadi kamu bisa bandingkan antara kosan yang satu dengan yang lainnya dan pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan. Mudah bukan? Yuk cari kosan yang kamu mau sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×