Loading...

Kalau melihat spesifikasi smartphone yang semakin lengkap dengan kamera canggih, jangan heran jika peminat videografi semakin tinggi. Aksi merekam dan edit video bahkan tidak sekedar untuk ahlinya. Para pemula, anak kost Malang, atau orang yang iseng pun ikut mencoba edit dan posting untuk canal video Youtube atau tik-tok. Kalau kamu tertarik, aplikasi ini akan siap membantu.

aplikasi edit video

Aplikasi edit video bikin kamu makin mudah berkreasi. (Foto: freepik)

Pilihan Aplikasi Edit Video di HP yang Bisa Kamu Coba

1. Adobe Premiere Rush 

Dalam dunia editing, pengembang perangkat lunak atau software Adobe memang sudah tidak bisa diremehkan. Mulai dari Photoshop, Animation, sampai Video pun bisa kamu buat dari aplikasi besutan developer kenamaan ini. Dalam hal ini, Adobe premiere rush memang didesain khusus sebagai editing video yang tersedia untuk cross-platform. Jadi, aplikasi untuk edit video yang satu ini tersedia untuk Android, iOS, komputer, dll. Tujuan utamanya adalah memberi bantuan bagi para konten kreator yang ingin menghasilkan video terbaik.

Hal ini bisa kamu buktikan dengan tampilannya yang simpel tapi dibanjiri dengan fitur yang lengkap. UI (user interface) dan UX (user experience) tersebut ditekankan supaya proses edit bisa dilakukan dengan mudah, baik dengan platform apa pun. Tidak hanya tampilan, tapi fitur dan efek yang diberikan juga berkesan basic. Jadi kamu tidak perlu bingung dengan segala macam jenis efek layaknya editor profesional. 

Selain itu, salah satu fitur yang menarik adalah social media sharing. Yang mana bisa kamu gunakan untuk melakukan export video langsung ke media sosial yang kamu punya. Seperti Youtube, facebook, atau bahkan TikTok. Jadi aplikasi edit video ini lebih mudah digunakan. Dengan ukuran 147Mb, kamu bisa unduh secara gratis untuk smartphone kamu. 

2. Quik – GoPro 

Aplikasi video editing Quick adalah besutan dari produsen camera sport – GoPro, yang membuatnya paling kompatibel untuk kamera jenis GoPro. Untuk aplikasi ini, yang menjadi daya tarik adalah kemudahan dan kesederhanaan dari fitur dan proses yang dimiliki. Kamu bisa edit video dengan proses yang lebih cepat dan pastinya tidak ruwet. 

Beberapa fitur edit yang tersedia akan dilakukan oleh aplikasi secara otomatis, sehingga pas banget disebut sebagai aplikasi edit video Youtuber pemula. Hal ini karena Quik menyediakan banyak sekali fitur template yang sudah jadi. Sehingga kamu tidak perlu repot untuk melakukan edit secara detail dari awal. Tentu saja kamu juga bisa melakukan editing dari awal sesuai keinginan.

Banyak sekali fitur yang bisa kamu pakai untuk menghias video yang sudah ditangkap, seperti efek transisi, efek video, fitur musik, dan lain sebagainya. Setelah melakukan editing, video pun bisa kamu simpan sesuai dengan kebutuhan. 

Kamu bisa pilih format dan kualitas mencapai 1080p, yang kemudian disimpan di dalam memori smartphone. Kalau kamu tidak ingin mengexport video, diunggah langsung ke sosial media juga bisa. Tertarik untuk mencoba? Aplikasi dengan bobot 99Mb ini butuh sistem android 5 ke atas, dan bisa kamu unduh secara gratis secara langsung dari playstore. 

3. FilmoraGo 

aplikasi edit video

Rekam langsung lewat hp dengan aplikasi edit video berikut. (Foto: freepik)

Dalam dunia videografi perangkat berjalan, pasti nama FilmoraGo tidak akan pernah ketinggalan. Nyatanya, aplikasi yang dibuat oleh Wondershare technology ini sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna. Yang jelas, info tersebut membuktikan kalau aplikasi ini terkenal dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik. 

Asal kamu tahu, FIlmoraGO adalah salah satu dari aplikasi edit video tanpa watermark yang membuatnya cocok untuk video Youtube. Tidak adanya watermark juga membuat kesan video lebih pribadi dan profesional. Namun tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga dipenuhi dengan banyak sekali fitur menarik meski dalam versi gratisan. 

Seperti contohnya adalah fitur cutting, tema, trim, penambahan musik, efek, dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa menggunakan efek canggih seperti slow-motion transisi penambahan teks, hingga reverse.  Memang jika dibanding dengan versi Premiumnya, beberapa efek keren pun tidak bisa kamu pakai. 

Selepas dari itu, setiap efek dan juga fitur standarnya sudah bisa dibilang cukup untuk mereka yang masih awam di dunia videografi. Aplikasi edit video ini juga memiliki fitur pengaturan format yang bisa dibilang lengkap. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kegunaan video. Seperti rasio video 1:1 yang cocok untuk instagram, atau video berasio 16:9 untuk Youtube. 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Laptop

4. VivaVideo

VivaVideo mungkin bisa dikatakan sebagai rekomendasi aplikasi edit video android segala umat. Bagaimana tidak, jika banyak sekali penggunanya yang kerap ditemukan di video media sosial. Hal tersebut bisa kamu lihat dari banyaknya video ber watermark VivaVideo. Bahkan aplikasi gratis yang bisa diunduh dari Google Playstore ini sudah mencapai angka 100 juta pengguna.

Meski banyak video dengan watermark, sebenarnya aplikasi ini juga memberi fitur bebas trademark. Yang mana bisa kamu gunakan untuk membuat video yang tampak lebih profesional meski hanya dengan menggunakan HP android. Aplikasi ini sendiri terus memberi pembenahan dan update, sehingga fitur yang didapat pun semakin beragam. 

Ada puluhan bahkan ratusan efek yang disediakan dan bisa kamu gunakan dengan mudah. Karena tampilan dari UInya juga berkesan sederhana. Kamu bisa berikan stiker, memotong video, memberi efek slow-motion, menambahkah subtitle, dan banyak lainnya. Semua fungsi dasar editing bisa kamu dapatkan secara gratis. 

5. Inshot  

Inshot Video Editor & Photo Editor adalah salah satu aplikasi edit video di hp yang bisa dikatakan mudah untuk digunakan. Tapi pamongnya lebih banyak dikenal karena kemampuan untuk memberi efek bokeh ala editor profesional. Efek ini akan memberi kesan blur pada background, tapi tampak jelas pada tampilan objek utama. 

Tidak hanya itu saja, kamu juga bakal menemukan banyak sekali fitur lengkap dari aplikasi gratis ini. Yang mana membuat kegiatan editing terasa lebih mudah dan juga profesional. Kalau kamu adalah seorang pemula, maka fitur unggulan berupa template bisa kamu jadikan solusi yang paling membantu. 

Kamu tinggal pilih saja sesuai selera, memotong video, menyisipkan efek, filter, atau teks, dan menggabungkan satu dua video lainnya. Alhasil, export akhir video akan tampak lebih keren. Dengan video yang siap diunduh, Inshot juga memberi fitur unggah secara langsung ke media sosial seperti Instagram, Youtube, tik Tok, Facebook, dll.

Semua itu didukung dengan UI yang tampil lebih menarik namun simpel. Sehingga kamu lebih memudahkan selama proses editing video. Sama halnya dengan aplikasi edit video yang lainnya, Inshot bisa kamu unduh secara gratis dari playstore atau appstore. Kamu bisa gunakan untuk smartphone versi Android atau iOS. Dengan bobot 46Mb saja, aplikasi ini tidak akan membuat HP kamu lemot. 

6. Powerdirector 

Software video editing yang satu ini punya nilai plus dari fitur chroma key yang unik. Bisa dikatakan, fitur ini bak editing yang dilakukan oleh editor kelas atas. Asal kamu tahu, Chroma key adalah kemampuan edit menggunakan layar green screen. Sehingga, kamu bisa tampil dengan latar belakang unik sekalipun. 

Demi mendapat hasil yang maksimal, bisa dikatakan aplikasi ini berhasil dengan nilai melambung. Tapi, perlu kamu tahu kalau pengoperasiannya perlu beberapa waktu untuk membiasakan diri. Karena banyak sekali efek dan juga kegunaan yang cenderung berkesan profesional. Sehingga perlu pemahaman lebih banyak. Tapi sekali lagi, aplikasi ini juga memberikan solusi bagi mereka yang belum ahli dalam mengoperasikan powerdirector. Seperti contohnya bagaimana penggunaan green screen dan editingnya. Maka pengembang dengan baik hati menyediakan banyak sekali tutorial akan segala fitur dan cara editing yang bisa kamu lakukan. 

Tidak cuma itu saja, Powerdirector besutan Cyberlink ini juga memberikan tampilan aplikasi yang sangat sederhana dan lengkap. Semua fitur dasar seperti memotong, trim, add music, video collage, efek video, sampai penambahan filter pun bisa kamu dapatkan. Ditambah lagi aplikasi edit video android ini juga sudah dilengkapi fitur export kualitas 4K.

7. KineMaster 

aplikasi edit video

Buat video dari sejumlah foto dengan aplikasi edit video kinemaster. (Foto: unsplash.com)

Kinemaster juga salah satu aplikasi editing video yang tidak akan kalah pamor. Hal ini karena aplikasi ini sudah lama di dalam dunia editing smartphone. Bahkan, aplikasi besutan dari Nexstreaming ini memiliki fitur editing lengkap bak aplikasi edit di komputer. Tetapi tampilan dan juga UI-nya sudah didesain khusus untuk perangkat mobile. 

Sehingga, memberi navigasi yang lebih mudah untuk segala fitur dan juga efek yang akan digunakan. Kamu yang masih pemula pun bisa bereksperimen dengan segala fitur yang tersedia. Karena kemudahan dan juga fitur yang lengkap, tidak sedikit yang mengatakan kalau kinemaster adalah aplikasi yang paling cocok untuk video Youtube. 

Kamu yang berminat untuk membuat video Vlog, travel vlog, atau video review sederhana juga bisa gunakan Kinemaster untuk editnya. Karena, kamu bisa dengan mudah menambahkan efek dan filter audio sesuai dengan keinginan. Kalau kamu berminat, kinemaster juga aplikasi edit video di iphone dan android yang bisa diunduh secara gratis. 

Baca Juga: Rekomendasi HP Android Untuk Anak Kosan

8. Movie Maker Filmmaker 

Di masa editing video komputer, movie maker adalah pilihan yang paling pas untuk pemula. Tampilan dan fitur sederhananya bisa digunakan untuk edit berbagai macam jenis video tanpa membuat kesulitan. Dengan kesan  yang sama, Movie maker Filmmaker hadir untuk platform mobile tanpa kehilangan unsur sederhana namun lengkap. 

Kamu bisa buktikan dengan download aplikasi edit video berukuran 35MB ini, dan mencobanya di smartphone. Begitu membuka aplikasi, kamu akan mendapat workspace yang begitu sederhana dan mudah untuk dipahami. Beberapa icon kecil pun bisa digunakan untuk memberi tambahan efek dan fitur unik, seperti triming, visual efek, penggunaan template, dll. 

Kamu pun bisa gunakan aplikasi edit video gratisan ini untuk mengedit video untuk sosial media tiktok. Beberapa fitur yang tersedia mendukung pembuatan lirik video, music editor, cropper, hingga green screen dan chroma key. Untuk bisa menjalankan aplikasi ini dengan lancar, pastikan android kamu sudah menggunakan versi android 5.0 ke atas. 

Itulah beberapa aplikasi yang paling cocok untuk mengedit video melalui smartphone. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Termasuk dalam hal fitur, kecanggihan, hingga spesifikasi yang dibutuhkan. Karena itulah, pilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan juga gawai yang kamu punya. Selamat mencoba!

Biar ngedit videonya lebih nyaman, kamu perlu suasana kosan yang nyaman juga salah satunya kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Karena Dengan fasilitas yang cukup lengkap harga sewa di KoolKost juga terjangkau dan fleksibel, selain itu kamu juga bisa gunakan meja dan kursi yang sudah disediakan di dalam kamar kosan, kasur yang nyaman, ruangan ber-AC dan kamar mandi dalam, dan pastinya juga fasilitas wifi gratis supaya kamu bisa upload video hasil editan kamu dengan lancar. Yuk cari KoolKost langsung pakai Aplikasi RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×