Loading...

Beberapa tahun belakangan, generasi muda tertarik menggeluti fotografi sebagai hobi atau ingin menjadikannya sebagai profesi. Hanya dengan mengandalkan kemampuan membidik gambar saja tidaklah cukup, karena itu penting untuk menguasai aplikasi edit foto terbaik agar foto makin ciamik. Berikut rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan. 

aplikasi edit foto terbaik

Edit foto bisa pakai aplikasi di Smartphone kamu lho (source:freepik.com)

Daftar Aplikasi Mengedit Foto Populer di Smartphone

1. Picsart

Jika membicarakan tentang aplikasi terbaik untuk mengedit sebuah foto, tentu saja Picsart adalah jawabannya. Bahkan banyak dari pengguna smartphone memberikan rekomendasi aplikasi edit foto satu ini kepada teman-temannya. Bukan tanpa alasan, pasalnya pengguna bisa mengedit hasil jepretannya agar lebih menarik dan kekinian berkat penambahan sejumlah efek. 

Layaknya aplikasi khusus untuk editing foto, Picsart juga menyediakan berbagai fitur seperti menambahkan teks pada gambar yang diinginkan. Cara menggunakannya pun cukup mudah, sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam mengoperasikannya. Banyak digunakan oleh generasi muda, tidak ada salahnya mencoba menggunakan aplikasi populer satu ini. 

Baca Juga: Cara menjadi Youtuber Dari kamar Kosan

2. Snapseed

Google kembali memanjakan para penggunanya dengan menghadirkan aplikasi edit foto terbaik di hp bernama Snapseed. Aplikasi ini juga kerap diandalkan oleh para fotografer profesional, berkat kelengkapan tools yang dihadirkan untuk menghasilkan foto ciamik. Mampu membuka serta mengolah file dalam bentuk RAW dan PNG, merupakan tools unggulannya. 

Berkat aplikasi ini, proses editing tidak akan merusak file asli dari foto tersebut. Kamu juga bisa menyimpan hasil editing dalam bentuk RAW atau JPG. Pilihan filter yang tersedia juga cukup lengkap, sehingga pengguna hanya perlu menggunakan satu aplikasi saja untuk mengedit hasil jepretan lebih menarik dipandang.

Snapseed juga dilengkapi dengan aneka filter brush seperti brightness, exposure, warmth, hingga saturation yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Kabar gembira lainnya, para pengguna bisa menggunakan aplikasinya secara gratis. Sayangnya aplikasi ini masih belum dilengkapi dengan auto save. Alhasil kamu harus memastikan telah menyimpan hasil editing sebelum keluar aplikasinya. 

3. VSCO

VSCO adalah aplikasi edit foto terbaik dan kekinian yang banyak diandalkan oleh generasi milenial. Berkat kecanggihannya pula, aplikasi ini banyak digunakan oleh para selebgram agar foto yang hendak diunggah terlihat lebih estetik nan ciamik. Pengguna bahkan dimudahkan dalam proses editing berkat banyaknya variasi fitur yang tersedia dalam satu aplikasi. 

Selain menambahkan sejumlah fitur canggih, VSCO tidak lupa menambahkan beberapa tools demi memenuhi kebutuhan proses editing lebih mudah. Setidaknya ada sekitar 200 preset yang siap diaplikasikan pada fotomu. Pengguna juga bisa mengganti tone warna, agar tampilan gambar jauh lebih menarik dan mampu memberikan kesan tersendiri ketika melihatnya. 

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai efek yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Mampu memberikan efek foto analog, merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi populer satu ini. Pengguna diberikan dua pilihan versi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Apabila tertarik mencoba fitur lebih lengkap, silahkan membeli versi pro untuk mendapatkan pengalaman lebih. 

4. Photoshop Express

Sebelum hadir dalam bentuk aplikasi di smartphone, Photoshop terlebih dahulu dikenal dalam versi aplikasi di komputer dan laptop. Namun kini pengguna smartphone juga bisa menikmati semua fitur yang tersedia hanya dalam satu genggaman saja. Walaupun fitur yang dihadirkan tidak terlalu lengkap, namun hasil yang didapatkan sudah cukup memuaskan.

Pilihan fitur dan tools yang cukup melimpah, membantumu untuk mengedit sebuah foto menjadi lebih menarik dibandingkan sebelumnya. Pengguna bahkan dimanjakan dengan adanya fitur auto preset, yang memudahkan proses penyimpanan sejumlah hasil editing dalam waktu singkat. Tidak heran jika banyak pecinta fotografer yang menggunakan aplikasi satu ini. 

Tidak berhenti sampai disana, pasalnya pengguna dimanjakan dengan berbagai fitur unggulan untuk memudahkan proses editing. Mulai dari remove noise, blur option, healing tool, hingga perspective correction bisa ditemukan dalam satu aplikasi. Pengguna juga bisa menggunakan fitur “tambah teks” apabila ingin membuat sebuah poster. 

5. Adobe Lightroom

aplikasi edit foto terbaik

Edit foto pakai aplikasi Adobe Lightroom langsung di smartphone (source:unsplash.com)

Aplikasi edit foto di android terbaik selanjutnya jatuh kepada Adobe Lightroom. Aplikasi besutan Adobe ini tidak kalah populer digunakan oleh para pecinta fotografi, mengingat banyaknya fitur yang disediakan untuk memudahkan proses editing. Fitur Geometri hingga penyempurnaan warna bisa kamu temukan pada aplikasi populer ini. 

Tidak lupa Adobe menambahkan fitur simpan dalam bentuk RAW untuk mendukung penyimpanan lebih baik. Aplikasi ini juga didukung dengan layanan Cloud, sehingga semua file akan tersimpan otomatis ke dalam smartphone kesayangan. Berkat adanya layanan Cloud, pengguna bisa mengakses file hasil editing dari aplikasi lain dengan mudah dan cepat. 

6. Pollar Photo Editor

Jika kamu mencari aplikasi edit foto terbaik, maka Pollar Photo Editor adalah salah satu aplikasi yang masuk diantaranya. Pengguna akan dimanjakan dengan sejumlah fitur mulai dari efek lensa, masking, overlay, dan masih banyak fitur unggulan lainnya. Ditambah lagi dengan tampilan user friendly, membuatnya terpilih menjadi aplikasi terbaik bagi para pemula. 

Hadirkan fitur dan tools cukup lengkap, bahkan pengembang aplikasi ini mengklaim bahwa pengguna tidak akan membutuhkan aplikasi tambahan ketika menggunakan Pollar Photo Editor. Namun pastikan spesifikasi dan memori smartphone kesayangan telah memadai untuk menjalankan aplikasinya, mengingat ukurannya yang cukup besar dibandingkan aplikasi editing lainnya. 

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Video Untuk Pemula

7. Prisma 

Aplikasi edit foto terbaik gratis selanjutnya jatuh kepada Prima. Aplikasi yang telah diunduh oleh 110 juta pengguna ini menawarkan gaya editing berbeda dengan aplikasi lainnya. Disini pengguna bisa mencoba fitur ratusan gaya seni yang akan dirilis setiap harinya, sehingga kamu tidak akan pernah bosan menggunakannya. 

Prisma memang sedikit unik, karena pengguna dimanjakan dengan adanya fitur Komunitas Kreator di dalamnya. Alhasil, pengguna memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung dengan komunitas tersebut. Saling membagikan hasil editing atau mendapatkan inspirasi baru, merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi Prisma. 

8. Afterlight 2

Afterlight 2 termasuk salah satu aplikasi edit foto di iPhone yang begitu mengesankan. Tidak hanya menyediakan berbagai fitur dan preset cukup lengkap semata, pasalnya aplikasi ini memiliki tampilan user friendly yang memudahkan pemula dalam menggunakannya. Inilah alasan mengapa Afterlight 2 dijadikan sebagai salah satu rekomendasi aplikasi editing foto terbaik. 

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur tambahkan teks, font, hingga menambahkan aneka stiker menggemaskan agar tampilan foto jauh lebih menarik. Berkat aplikasi canggih ini pula, kamu bisa membuat konten menarik di Instagram dalam waktu cepat. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan bagi mereka yang menggunakan produk besutan Apple saja. 

9. Hypocam

Bagi pecinta fotografi yang senang dengan foto hitam putih, sepertinya harus mengunduh aplikasi bernama Hypocam. Berkat kecanggihan aplikasinya, pengguna dapat membidik foto sekaligus menambahkan sejumlah edit bernuansa hitam putih. Kontras kedua warna tersebut tampak cantik dan seimbang jika menggunakan aplikasi Hypocam. 

Foto hitam putih cukup kuat untuk menangkap kesan tersendiri yang tidak bisa ditemukan oleh foto berwarna. Inilah yang dirasakan ketika pertama kali menggunakan aplikasi populer satu ini. Pengguna tidak perlu kesulitan mengatur ISO untuk menghasilkan foto hitam putih menarik, merupakan salah satu kelebihan aplikasi edit foto Hypocam. 

Tidak perlu mengatur besar kecilnya ISO untuk mendapatkan foto menarik, sehingga hasilnya jauh dari noise atau grain. Pengguna bahkan dimanjakan dengan adanya tools khusus seperti texture, yang bisa diandalkan untuk editing foto monokrom. Daripada penasaran dengan kehebatannya, segera unduh di smartphone kesayangan dan rasakan perbedaannya. 

10. YouCam Perfect

Ingin mengedit sebuah foto agar tampak menarik ? Sepertinya Anda bisa mengandalkan YouCam Perfect sebagai solusi cerdas. Aplikasi yang sedang naik daun ini menyediakan berbagai efek, fitur, dan tools yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Berkat kecanggihan aplikasinya, fotomu tampak lebih menarik dan ciamik untuk dibagikan di media sosial. 

Bukan hanya itu saja, pasalnya YouCam Perfect memiliki keunggulan menangkap selfie maupun video cukup bagus. Sehingga para pengguna media sosial bisa mengandalkannya agar foto jepretan terlihat lebih menawan. Kabar gembiranya, semua kemudahan tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis hanya dengan mengunduh aplikasinya.  

11. Fotor

aplikasi edit foto terbaik

Ilustrasi menggambar bisa menggunakan tablet (source:freepik.com)

Jika berbicara mengenai aplikasi edit foto terbaik bagi pengguna smartphone, maka Fotor adalah jawabanya. Aplikasi canggih ini bahkan direkomendasikan untuk para pengguna Android, mengingat pengguna dimanjakan sederet fitur dan tools cukup lengkap demi menghasilkan gambar keren dan sempurna. 

Pengguna juga bisa menambahkan sejumlah efek menarik dalam proses mengedit gambar yang diinginkan. Uniknya, pengguna bisa menggunakan sekitar 10 fungsi Edi’ sekaligus tanpa muncul lag atau permasalahan lainnya. Cara edit foto di hp menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah, sehingga kamu bisa melakukan editing sesuka hati dalam waktu singkat.  

12. Lens Distortion

Lens Distortion termasuk sebagai salah satu aplikasi  editing foto yang banyak diunduh oleh pengguna smartphone berkat keunikan yang dimilikinya. Jika aplikasi lain lebih berfokus pada penambahan teks atau stiker, justru aplikasi ini memfokuskan diri pada pencahayaan. Demi mendapatkan hasil editing menarik, kamu bisa mengandalkan beberapa fitur efek sebagai alternatifnya. 

Beberapa fitur efek yang bisa dicoba yaitu hujan, natural sunlight, salju, glass effect, serta kabut. Dengan aplikasi ini pula, pengguna bisa menambahkan efek seperti bayangan lampu yang membuat foto tampak lebih hidup. Hasil editing terlihat mulus, sehingga wajar jika banyak yang tertarik download aplikasi edit foto satu ini. 

13. Pixlr

Pixlr menambah daftar aplikasi canggih yang bisa membantu mengedit sebuah foto dengan mudah dan cepat. Aplikasi yang sudah bisa diunduh secara gratis di smartphone kesayangan ini menghadirkan sejumlah fitur penunjang yang menarik dicoba. Beberapa fitur andalannya terdiri dari resize, blur, stiker, college, text, adjust, splash, dan masih banyak lainnya. 

Berkat aplikasi ini pula, pengguna bisa membuat kolase foto menarik yang akan mempercantik tampilannya. Mulai dari mengatur latar belakang, mengatur tata letak, hingga berbagai opsi jarak bisa ditemukan disini. Pengguna bahkan diberikan kesempatan untuk membagikan hasil editing melalui berbagai jaringan medsos dalam waktu singkat. 

Itulah deretan aplikasi yang bisa diandalkan untuk mengedit sebuah foto dengan cepat dan mudah. Ukuran aplikasinya cukup kecil, sehingga tidak akan menyiksa memori penyimpanan smartphone kesayangan. Hasil editing cukup memuaskan, sehingga tidak ada salahnya belajar bersama dengan teman satu kost Jakarta untuk meningkatkan kemampuan editing foto.  

Itu dia referensi aplikasi untuk edit foto, kalau referensi untuk mencari kosan yang punya fasilitas lengkap di sekitaran kampus tempat kamu kuliah, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap dengan kamar yang sudah disediakan kasur yang nyaman, lemari pakaian yang cukup besar untuk keperluan penyimpanan pakaian kamu, ada juga meja dan kursi untuk belajar, ada wifi gratis, selain itu ruangan kamar juga sudah dilengkapi dengan AC sehingga kamu akan merasa nyaman di kamar kosan.

Press Enter To Begin Your Search
×