Loading...

Era digital mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi, karena telah tersedia berbagai jenis platform untuk jual beli. Para penjual dapat mengunggah foto produk atau jasa yang ditawarkan beserta detail keterangan. Dengan begitu, para pembeli dapat secara langsung melihat deretan produk beserta harga yang sesuai dengan kebutuhan. Marketplace, online shop, dan e-commerce adalah beberapa pilihan yang memiliki sistem kerja berbeda. Yuk cek di sini!

marketplace

Perbedaan marketplace dan e-commerce (source:freepik.com)

Mengintip Sistem Kerja Ketiga Platform Jual Beli Online

Melakukan jual beli secara online memang jauh lebih mudah, karena penjual dan pembeli tidak perlu bertemu dalam satu tempat tertentu. Kamu bisa mengakses barang atau jasa melalui ponsel dengan sangat praktis dan hemat biaya. Produk atau jasa telah tertera secara lengkap beserta harga dan keterangannya. Akan tetapi, para pembeli bisa bertanya seputar produk yang ditawarkan penjual lebih dulu agar tidak kecewa setelah menerima produk atau jasa tersebut.

Terdapat tiga jenis platform yang saat ini populer dipakai untuk proses transaksi jual dan beli. Pertama, memahami lebih dulu apa itu marketplace. Platform ini adalah website yang  menghubungkan penjual dan pembeli melalui internet. Sejak kali pertama peluncurannya, platform ini telah terbukti efektif dan efisien untuk mendukung transaksi tersebut. Hingga saat ini, telah hadir berbagai jenis platform dengan fitur dan toko online untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Sistem kerja yang diterapkan oleh website ini layaknya pasar tradisional konvensional, tetapi bedanya dilakukan secara online. Berbagai toko online dapat mendaftar di laman tersebut untuk bergabung dan menawarkan produk atau jasanya. Menariknya, para pemilik toko tak perlu membayar sewa seperti yang dilakukan penjual di pasar. Inilah yang jadi daya tarik tersendiri dan tentunya para penjual lebih hemat karena tak perlu biaya operasional toko.

Tak jarang, website ini tidak menarik biaya untuk proses pendaftaran toko online, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal usaha yang tinggi. Setelah terdaftar, kamu bisa mulai berjualan dengan siapkan foto produk atau jasa yang estetik. Pertanyaan menarik, yaitu cara marketplace mendapat untung bila tidak ada biaya sewa atau pendaftaran. Web ini akan mendapat untung melalui jasa web premium yang membuat produk berada di peringkat teratas pencarian.

Untung yang cukup tinggi ini diperoleh dari banyaknya penjual yang memesan jasa iklan premium. Hal tersebut disertai logo khusus agar banyak orang yang tahu bahwa produk atau jasa tersebut diiklankan atau direkomendasikan oleh pengelola website. Kamu tidak perlu membayar biaya pasang iklan, tetapi biaya akan dikenakan saat pengguna web menekan produk yang kamu iklankan. Dengan begitu, keuntungan akan terus mengalir kepada pengelola laman.

Salah satu jenis lainnya yang tidak kalah marak di Indonesia, yaitu online shop. Kamu bisa menjualnya melalui berbagai jenis platform, tetapi kamu harus paham apa itu online shop terlebih dahulu. Istilah dalam transaksi jual beli secara online satu ini mengacu pada toko yang menjajakan barangnya secara online melalui suatu platform online. Kamu bisa memakai berbagai jenis platform bahkan sosial media tanpa ada batasan pada salah satu jenis saja.

Beberapa jual beli online dengan memasang produk atau jasa melalui Facebook atau di Instagram agar barang lebih mudah dijangkau masyarakat. Pada sistem satu ini, kamu dapat berinteraksi langsung dengan pembeli karena pemesanan dihubungkan melalui aplikasi chat. Kamu bisa memilih antara whatsapp, Line, atau bahkan keduanya agar lebih mudah dihubungi calon pembeli. Sistemnya cukup menulis orderan, membayar, kirim bukti, dan barang akan dikirim.

Istilah ketiga dalam sistem jual beli online ini sering kali dianggap sama dengan istilah yang pertama. Mengenal apa itu e-commerce sangat penting agar pengertiannya tidak tumpang tindih dengan pasar tradisional secara online. Pada dasarnya, sistem kerja satu ini memakai website sebagai platform jual beli agar produk yang ditawarkan dapat dilihat secara mudah oleh para pembeli. Pada platform ini juga tersedia detail produk dan harga yang ditawarkan.

Sistem kerja dari platform satu ini, yaitu seorang penjual membuat website khusus untuk brandnya. Setelah itu, kamu hanya perlu mengunggah foto produk atau jasa yang akan ditawarkan agar mudah diakses oleh pembeli. Bedanya dengan sistem platform sebelumnya yaitu tidak ada beragam toko di dalamnya sehingga khusus brand tertentu. Dengan begitu, kamu tak akan mungkin menemukan produk atau jasa dari toko lain selain dari brand tersebut.

Baca juga: 12 Usaha Sampingan Anak Kuliahan Minimal Bisa Nutup Bayar Kost

Perbedaan dari Ketiga Platform Jual Beli Secara Online 

marketplace

Jual beli online semakin populer seiring perkembangan teknologi (source:Pixabay.com)

 

1. Faktor Teknis dan Biaya

Jual beli secara online memang cukup populer di kalangan masyarakat modern karena kamu tak perlu jauh jauh bertemu para penjual. Dengan begitu lebih hemat biaya dan tenaga agar tidak beranjak dari tempat kamu. Perbedaan ecommerce dan marketplace cukup signifikan, tetapi banyak yang belum memahaminya dari segi teknis dan biaya. Keduanya memakai sistem web, tetapi dari segi teknis jauh berbeda yang berdampak pada biaya operasional.

Bila kamu memakai sistem e-commerce, maka memerlukan tenaga khusus untuk membuat web untuk brand yang akan ditawarkan. Tak hanya itu, kamu juga harus mengeluarkan biaya untuk mengatur konten serta tata letak laman. Hal tersebut memerlukan budget khusus agar laman jauh lebih menarik, sehingga mampu menarik minat pengunjung lebih banyak. Lain halnya, jika kamu memiliki pengetahuan teknis maka tidak perlu anggaran khusus untuk itu.

Berbeda dengan memakai sistem layaknya pasar tradisional yang harga perlu memasang produk tanpa memikirkan desain dan biaya pembuatan web. Cara berjualan di marketplace pun mudah, kamu hanya perlu mengunggah foto produk atau jasa beserta keterangannya. Setelah itu, para pembeli dapat melihat dan memilih produk yang sesuai kebutuhannya. Dengan begitu, biaya operasional jauh lebih hemat dan dapat dialokasikan untuk hal lain. 

Begitu pula dengan sistem kerja yang diterapkan oleh online shop yang memakai salah satu sosial media. Beberapa toko online menawarkan barang atau jasa miliknya melalui facebook atau Instagram. Sistem berjualan di kedua platform tersebut sangat mudah, yaitu kamu hanya perlu menyiapkan gambar dengan detail yang cukup jelas. Setelah itu, unggah dengan keterangan serta harga agar para pembeli lebih mudah memilih produk yang diinginkannya.

2. Tantangan

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh penjual toko online di sosial media, yaitu banyak toko dengan barang serupa. Oleh sebab itu, kamu harus memberikan layanan terbaik dan harga yang bersaing. Pastikan harga yang dipasang tidak terlalu tinggi dari harga pasaran agar pembeli tidak kapok. Bisnis online shop apa yang menguntungkan bukan satu satunya kunci kesuksesan. Melainkan dari sistem layanan dan harga yang ditawarkan kepada para pembeli.

Begitu pula dengan sistem penjualan online yang seperti pasar tradisional konvensional. Sebagai penjual, kamu akan bersaing dengan banyak toko online lain di satu web yang sama. Hal tersebut didukung dengan harga yang hampir sama dengan kualitas produk sama. Persaingan semacam ini akan berjalan cukup sengit dan sulit untuk selalu unggul. Salah satu kunci yang harus dijaga, yaitu layanan serta keramahan penjual agar pembeli tidak kecewa. 

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk e-commerce lebih tinggi daripada platform seperti pasar tradisional. Akan tetapi, keuntungan yang diperoleh para penjual lebih tinggi karena tidak perlu bersaing dengan toko atau penjual lain. Sebab isi web itu sendiri dikhususkan untuk produk yang anda miliki, sehingga tidak akan tergeser dengan produk lain. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh untung yang jauh lebih tinggi.

3. Branding

Mengenai masalah branding, ketiga platform tersebut memiliki keunggulan yang berbeda beda. Berjualan secara online seperti pasar tradisional membuat kamu lebih mudah untuk menawarkan produk. Marketplace Indonesia tersedia cukup banyak, sehingga tak perlu khawatir mengenai penjualan. Akan tetapi, para pembeli tersebut belum tentu akan jadi pelanggan setia kamu karena tidak ada branding khusus yang dilakukan oleh toko onlinemu.

Lain halnya dengan e-commerce atau online shop yang memiliki kuasa atas tokonya sendiri. Kamu bisa melakukan branding terhadap toko online, baik melalui sosial media maupun melalui web. Para pengunjung yang datang dan membeli dapat dijadikan sebagai pelanggan setia. Hal tersebut tentu harus didukung dengan produk berkualitas dan layanan yang sangat memuaskan.

4. Marketing

Promosi menjadi salah satu kunci kesuksesan penjualan, sehingga harus dilakukan secara jitu agar dapat meningkatkan penghasilan. Akan tetapi, penjual di marketplace tak memiliki kontrol atas promosi toko onlinenya. Hal ini dipegang secara keseluruhan oleh pengelola atau pemilik website. Strategi marketing yang dilakukan oleh pemilik laman bertujuan agar semakin banyak orang berkunjung dan melakukan transaksi, sehingga barang kamu pun ikut terjual.

Secara tidak langsung, barang yang terjual adalah implikasi dari berhasilnya strategi marketing yang diterapkan oleh pemilik website. Akan tetapi, produkmu adalah satu dari ratusan barang atau produk yang ditawarkan kepada para pembeli. Website akan terus melakukan promosi agar dapat menggaet pembeli lebih banyak lagi. Promosi ini biasanya berupa iklan atau diskon besar besaran agar mudah menarik pembeli.

Lain halnya bila kamu berjualan melalui sosial media atau website pribadi karena kontrol promosi berada di tangan diri sendiri. Strategi marketing juga bisa disesuaikan dengan toko dan target pasar yang diinginkan agar penjualan meningkat. Oleh sebab itu, tak jarang orang lebih memilih berjualan melalui sosial media atau website pribadi. Selain itu, ada juga dapat menjadikan para pembeli sebagai data pelanggan setia yang mungkin akan kembali lagi.

Jual beli secara online ini memang sangat memudahkan, baik untuk penjual maupun pembeli. Saat kamu tidak memiliki toko offline pun sangat memudahkan karena tidak perlu bayar biaya sewa yang cukup menguras kantong. Bagi anak kost Bandung pun berbelanja secara online terasa lebih praktis, baik untuk kebutuhan pribadi maupun sehari hari. Saat ini di beberapa platform telah menyediakan kebutuhan sehari hari yang bisa diantar saat itu juga. 

Transaksi pembelian barang saat ini jauh lebih praktis karena dapat dilakukan secara online. Telah hadir sederet platform untuk anda berjualan, sehingga tak perlu bertemu langsung dengan para pembeli. Selain hemat waktu dan tenaga, harga yang ditawarkan oleh toko online biasanya lebih miring. Dengan begitu, kamu juga akan jauh lebih hemat pengeluaran dengan jaminan kualitas produk serta layanan yang memuaskan. 

Rekomendasi Kosan di Bandung

Kost Arief

Salah satu kosan murah di Bandung yang bisa kamu sewa ini ada di jalan Jatisari I, kecamatan Buahbatu, Kota Bandung. Untuk fasilitas sendiri standarnya kosan ada tempat tidur yang nyaman dan juga kamar mandi dalam.

Cek detail Kost Arief

Kost Jupiter 489

Kosan yang punya parkiran cukup luas ini merupakan rumah yang dijadikan kosan, alamatnya ada di jalan Margahayu Kencana No.7 Palgenep Kulon Rt.01 Rw.05 Margahayu Selatan Kab. bandung. Fasilitasnya selain adanya parkiran yang cukup besar juga sudah disediakan kasur yang nyaman lemari pakaian yang cukup besar, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC dan juga keamanan yang terjamin.

Cek detail Kost Jupiter 489

Pondok Rachika

Kosan yang bikin kamu merasa di rumah ini berada di Jalan Haur Mekar No D-2 Rt.04 Rw.04 Dipatiukur, bandung. Untuk fasilitas kamar seperti dirumah sendiri ada kasur dan juga lengkap dengan lemari dan meja untuk kerja.

Cek detail Pondok Rachika

Kamu bisa dengan mudah cari info kosan di Bandung langsung dari smartphone kamu, caranya buka Aplikasi RedDoorz, pilih Kost Houses lalu masukkan kata kunci Bandung pada kolom pencarian, jangan lupa pilih durasi dan tekan search, maka kamu akan diberikan list Kost di Bandung lengkap dengan harga sewa dan fasilitasnya. Yuk Cari kosan yang sesuai dengan keinginanmu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×