Loading...

Sebagai anak kuliah sudah seharusnya untuk punya rencana akan mau bekerja dimana, dan punya cita-cita ingin bekerja dimana. Sebagai pembekalan saat nanti sudah lulus ada baiknya sebagai mahasiswa sudah mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan dan dipelajari. Seperti pengalaman kerja bisa sebagai magang atau freelance, pengalaman berorganisasi, bisa membuat surat lamaran kerja dan juga sudah mempelajari cara buat CV (Curriculum Vitae) yang baik dan benar.

Kali ini kita akan bahas tentang bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar, dan juga apa saja info penting yang harus kamu cantumkan di CV agar lamaran kamu bisa dilirik oleh HRD dan bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni wawancara kerja.

cara buat cv

Cara membuat CV yang baik dan benar untuk anak kosan (source:freepik.com)

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

Sebagai anak kost, belajar cara buat CV yang menarik tidaklah sulit, yang penting kamu bisa mengetahui apa saja informasi penting yang bisa membuat HRD tertarik dengan CV kamu. Berikut beberapa hal yang bisa jadi referensi kamu untuk bisa membuat CV yang tidak hanya baik dan benar namun juga menarik untuk dilirik.

Dalam membuat CV perlu kamu ketahui apa saja syarat buat CV yang baik dan benar. Berikut ini akan dijabarkan apa saja bagian CV yang bisa jadi referensi kamu dalam membuat CV agar CV yang kamu buat bisa lebih lengkap dan jadi salah satu faktor yang membuat HRD bisa tertarik dan mau membaca CV kamu.

Biodata

Biodata diri merupakan salah satu hal penting dalam CV yang harus dicantumkan, biasanya untuk biodata ini berisi: Nama, alamat tempat tinggal, tempat & tanggal lahir, nomor handphone, dan alamat email.

Tentang Saya

Setelah biodata diri, kamu juga perlu membuat summary tentang diri kamu sendiri dalam 1-2 paragraf, dengan meng-highlight kemampuan dan pengalaman kerja kamu terakhir atau yang relevan dengan posisi yang kamu sedang lamar.

Kemampuan dan kompetensi

Dalam bagian ini kamu bisa infokan apa saja hardskill dan softskill yang kamu miliki, kalau bisa highlight kemampuan dan kompetensi yang relevan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Pengalaman Kerja

Dalam bagian ini kamu bisa memberikan informasi tentang pengalaman kerja kamu atau untuk fresh graduate yang belum ada pengalaman kerja bisa tambahkan pengalaman berorganisasi.

Pendidikan

Pada bagian ini kamu bisa masukkan informasi pendidikan terakhir kamu, masih kuliah di mana, jurusan apa dan lulus tahun berapa. Hal ini penting untuk informasi kepada HRD tentang background pendidikan kamu apakah ada kesesuaian dengan posisi yang sedang dilamar.

Keahlian

Selain background pendidikan kamu juga bisa memasukkan keahlianmu di CV yang kamu buat, kamu bisa masukkan semua keahlian yang kamu punya di bagian ini, namun keahliannya lebih ke softskill ya, misal bisa mengoperasikan MS. Excel, Words, Photoshop, Adobe Premiere, dan sebagainya, supaya HRD bisa melihat apakah dari keahlian kamu memang sesuai dengan kriteria kandidat yang dicari

Awards / Penghargaan

Ini bersifat optional, boleh dicantumkan boleh tidak, kecuali penghargaan yang kamu pernah dapatkan masih relevan dengan posisi yang sedang kamu lamar, misal kamu pernah memenangkan lomba penulisan artikel dengan kriteria artikel terbaik, masih relevan dengan posisi yang kamu melamar sebagai Content writer. 

Hobi

Bagian ini pun bersifat optional, kamu boleh mencantumkannya atau tidak, karena HRD mungkin akan menyinggung sola hobi kamu dalam pertanyaan saat interview nantinya. Misal kamu hobi membaca buku, bisa saja HRD ada bahan bertanya soal buku apa yang sering kamu baca, dari situ HRD bisa menggali informasi tentang pola pikir dan wawasan kamu.

Dari semua bagian di atas kamu harus memberikan informasi yang sesuai karena CV kamu adalah bahan pertanyaan saat kamu interview nantinya. Jadi semakin kamu buat yang sesuai apa adanya maka kamu akan lebih mudah untuk menjawab setiap pertanyaan HRD saat interview.

Cara buat CV tidak hanya sampai disitu ada beberapa tips agar CV kamu jadi lebih menarik dibandingkan dengan pelamar lainnya. Berikut akan dijabarkan Tips dan trik cara membuat CV yang bisa bikin HRD tertarik untuk memanggil kamu ke tahap interview.

Tips Cara Buat CV yang Menarik Agar Dilirik HRD

cara buat cv

Tips agar CV kamu dilirik HRD supaya bisa lanjut wawancara kerja (source:freepik.com)

 

Sekarang kamu sudah tahu apa saja bagian CV yang harus kamu masukkan, nah untuk bisa lebih buat HRD melirik CV kamu ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar CV kamu bisa terpilih, yuk simak tips cara buat CV yang menarik berikut ini,

Pastikan Masukkan Kontak Kamu

Cara buat CV yang menarik adalah dalam biodata diri yang kamu buat di dalam CV kamu pastikan kamu memasukkan kontak yang bisa dihubungi, kalau bisa kontak nomor Handphone, atau bisa juga email kamu yang aktif. Karena bila kamu terpilih untuk masuk ke tahapan interview, HRD bisa memberikan kabar tersebut via telpon atau email kamu. Jadi pastikan setelah kamu melamar kamu angkat telepon yang akan menelponmu dalam waktu dekat sekalipun itu nomor yang tidak kamu kenal, atau kamu bisa rutin cek email kamu, siapa tahu ada email dari HRD perihal undangan interview kamu.

Informasi Sesuai Dengan Posisi yang Dilamar

Usahakan kamu lebih menonjolkan informasi penting yang lebih relevan dengan posisi yang kamu lamar, misal kamu melamar posisi untuk administrasi keuangan, pastikan kamu lebih meng highlight dan memberikan informasi yang relevan dengan yang berkaitan dengan Administrasi keuangan, bisa mulai dari pengalaman kerja sebagai administrasi, sertifikasi yang ada kaitannya dengan pekerjaan administrasi, bahkan kemampuan untuk menggunakan tools yang sering digunakan dalam pekerjaan administrasi. 

Hal ini akan lebih membuat HRD bisa langsung klop dengan informasi yang kamu buat kemungkinan akan sesuai dengan kandidat yang mereka cari. Jadi info yang kamu buat bisa membuat CV kamu lebih menarik dari kandidat lainnya.

Deskripsikan Pekerjaan Kamu Sebelumnya

Biasanya ada beberapa kesalahan dalam cara buat CV salah satunya adalah hanya mencantumkan pengalaman kerja dan durasi lama di bekerja saja, padahal yang paling dicari oleh HRD adalah informasi apa yang sudah pernah kamu kerjakan dan apa saja pekerjaan kamu selama bekerja di kantor sebelumnya.

Berikut contoh buat CV untuk info pengalaman kerja yang kurang bagus di mata HRD

  • SEO - SukaMaju.com (Jan 2020 - Sekarang)

  • Content Writer - Padasuka.com (Jan 2019 - Dec 2019)

  • Admin Blog - Apaajaada.com (Jan 2018 - Dec 2018)

Yang lebih baik, kamu bisa mendeskripsikan pekerjaan kamu di pekerjaan kamu sebelumnya, contohnya jadi seperti ini.

  • SEO - Sukamaju.com (Jan 2020 - Sekarang)

    • Riset keyword dengan menggunakan Google Keyword Planner dan Ahref

    • SEO Audit website

    • Fix problem SEO pada website sukamaju.com

    • Memastikan artikel blog SEO Friendly

    • Membuat PLAN SEO

    • Membuat weekly report Performance

    • Membuat Monthly report performance

  • Content Writer - Padasuka.com (Jan 2019 - Dec 2019)

    • Melakukan Riset Keyword

    • Membuat artikel blog 60 artikel / bulan

    • Memastikan artikel SEO Friendly

    • Posting artikel dengan kaidah SEO

    • Reporting performance artikel mingguan dan bulanan

  • Admin Blog - Apaajaada.com (Jan 2018 - Dec 2018)

    • Membuat artikel blog 50 artikel / bulan

    • Posting artikel ke blog beserta gambar

Nah bila kamu menjabarkan seperti itu artinya HRD bisa lebih paham apa yang sudah kamu kerjakan sebelumnya dan akan lebih mudah untuk tertarik dengan CV kamu dibandingkan dengan kandidat lainnya.

Pengalaman Organisasi sebagai Alternatif 

Bila kamu masih fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, kamu bisa masukkan pengalaman kamu berorganisasi. Hal ini untuk memberikan gambaran pada HRD bahwa kamu sudah pernah “bekerja” dan ada nilai plus dibandingkan dengan kandidat lain yang tidak ada pengalamannya sama sekali.

Menggunakan Pointer

Untuk membuat HRD lebih mudah saat membaca CV kamu, kamu bisa menggunakan pointer pada pengalaman kerja, secara tampilan CV kamu akan jadi lebih mudah dibaca oleh HRD dan kemungkinan HRD akan tertarik untuk baca CV kamu.

Desain dan Format yang Sesuai 

Membuat CV dengan desain menarik memang tidak ada salahnya, tapi yang harus diperhatikan adalah penempatan yang tepat, misal kamu ingin melamar kerja untuk posisi administrasi, maka tidak perlu desain CV yang unik dan sekeren CV anak desain. Kecuali memang kamu melamar untuk posisi desain grafis maka kreativitas dan keunikan desain CV yang kamu buat bisa dimaksimalkan bisa jadi HRD lebih tertarik dan yakin dengan kemampuanmu dalam bidang desain grafis.

Itu dia tips agar CV yang kamu buat bisa bikin HRD tertarik untuk memilih kamu dan masuk ke tahap selanjutnya, yakni interview. Sekarang kamu jadi tahu kan cara buat cv lamaran kerja yang baik dan benar, artinya kamu bisa langsung buat CV kamu sekarang.

Untuk membuat CV kamu bisa langsung buat menggunakan Microsoft Word, sudah banyak tutorialnya cara buat cv di word, atau bahkan sekarang ini dengan adanya internet kamu bisa dapat informasi cara buat cv online dengan mudah, termasuk cara buat CV pdf agar CV yang kamu kirim tidak bisa di edit oleh orang lain.

Cari Kosan Pakai Aplikasi

Bukan cuman buat CV aja bisa online, kini cari kosan pun bisa via online, tepatnya dengan mudah hanya bermodalkan smartphone kamu sudah bisa cari kosan dan booking untuk sewa langsung dari smartphone kamu.

Caranya mudah, kamu bisa buka Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost House, lalu kamu bisa gunakan fitur pencarian “Search KoolKost” dengan memasukkan nama kota atau kampus tempat kamu kuliah, agar kamu bisa mendapatkan list KoolKost di sekitar kota atau kampus kamu. Setelah itu pilih durasi kau akan sewa kostan tersebut dan tekan search, maka kamu akan mendapatkan list KoolKost di sekitaran kota atau kampus yang kamu pilih. Lengkap dengan harga sewa, dan fasilitas yang diberikan tiap kosan.

Selain itu kamu juga bisa filter berdasarkan jenis kosannya untuk pria atau wanita, jadi kamu bisa pilih hanya kosan wanita, kosan pria, atau kosan campuran pria dan wanita.

Yuk mulai cari kosan terdekat dengan kampus kamu sekarang, jadi lebih mudah menggunakan Aplikasi RedDoorz.

Press Enter To Begin Your Search
×