Loading...

Sebagai anak kost Surabaya dan kota lainnya, mulai sekarang kamu perlu untuk melakukan olahraga secara rutin. Sebab anak kost yang identik dengan menu mie instan serta pola hidup tidak sehat bisa membahayakan kesehatan. Tak harus di luar, berikut beberapa alat olahraga murah yang bisa digunakan di kost serta berbagai manfaat olahraga pada tubuh.

alat olahraga tangan

Barbel bisa jadi alat olahraga tangan paling praktis yang bisa disimpan di kost. (Foto: freepik)

Manfaat Olahraga 

Olahraga nyatanya memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. oleh sebab itu dimanapun kamu berada, sangat perlu untuk melakukan olahraga dengan rutin di sela sela kesibukan yang ada. Bahkan olahraga ringan di kost atau di rumah, juga memberi dampak yang cukup besar. Berikut beberapa manfaatnya untuk tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Menjaga Berat Badan 

Salah satu manfaat yang dapat diberikan dari aktivitas fisik atau olahraga yaitu mampu menjaga berat badan. Jika kamu ingin mendapat berat badan yang ideal serta mempertahankannya, maka diet saja tidak cukup. Di sini olahraga memiliki peranan yang sangat penting untuk menurunkan berat badan berlebih, yang mana aktivitas fisik tersebut bisa membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh terbakar dengan baik, dan tidak tertimbun menjadi lemak. Mengingat bahwa obesitas kini menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia, maka penting bagi kamu untuk mulai berolahraga secara rutin untuk menjaga berat badan dengan baik.

2. Memperkuat Tulang dan Otot 

Apabila kamu ingin mempunyai otot serta tulang yang kuat di masa tua nanti, maka dari sekarang kamu harus mulai rutin melakukan olahraga. Aktivitas ini bisa melindungi otot, tulang, serta persendian di dalam tubuh. Bahkan menurut penelitian, olahraga ringan juga dapat menurunkan risiko terjadi patah tulang pada pinggul.

3. Berpengaruh pada Otak 

Ternyata selain berpengaruh pada tulang dan otot, aktivitas olahraga juga bisa berdampak pada bagian otak. Pada anak anak dengan usia 6 hingga 13 tahun, olahraga diklaim mampu meningkatkan kemampuan kognisinya. Sedangkan untuk orang dewasa kegiatan fisik tersebut disebut sebut dapat mengurangi perasaan cemas, dan menjaga ketajaman pikiran.

4. Menjadi Lebih Bugar dalam Beraktivitas

Jika kamu merupakan orang yang aktif di kampus atau sekolah, maka olahraga sangat penting untuk dilakukan. Sebab banyaknya kegiatan yang membuat sibuk tanpa diimbangi dengan olahraga yang teratur, maka bisa membuat badan melemah, dan ketika badan melemah, maka aktivitas harian kamu pun juga akan menjadi lebih berat atau bahkan terbengkalai.

5. Meningkatkan Kesempatan Hidup

Dalam ilmu sains, disebutkan bahwa kegiatan fisik bahkan hanya dengan alat olahraga ringan juga bisa meningkatkan kesempatan untuk hidup lebih lama. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa seseorang yang rutin berolahraga selama kurang lebih 150 menit dalam seminggu, mempunyai risiko sekitar 33 persen lebih rendah untuk mengalami kematian dini.

Macam Macam Alat untuk Olahraga di Kost

alat olahraga tangan

Contoh peralatan olahraga yang bisa disimpan di kost. (Foto: freepik)

1. Matras Olahraga 

Salah satu alat yang perlu kamu punya di kost yaitu matras olahraga. Matras ini bisa kamu gunakan untuk melakukan yoga di kost, banyak sekali gerakan yoga yang bisa kamu tiru dari YouTube maupun buku buku tentang yoga. Saat ini bahkan sudah tersedia berbagai jenis matras yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari matras yang mempunyai ketebalan 1 mm, hingga 10 mm atau lebih bisa kamu pilih. Namun pastikan juga ukurannya sesuai dengan postur tubuh kamu, sehingga matras bisa digunakan dengan baik. Kamu tidak perlu khawatir mengenai harga, karena banyak toko offline maupun online shop yang menawarkan harga murah meriah.

2. Dumbell 

Alat untuk olahraga lainnya yang bisa kamu sediakan di rumah yaitu dumbell, saat ini juga banyak dumbell yang dijual dengan harga murah namun berkualitas. Kamu juga bisa memilih berat dumbbell sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya laki laki, perempuan juga bisa menggunakan alat olahraga tangan ini untuk mendapatkan otot bisep serta trisep yang kencang.

Untuk kaum adam yang ingin memiliki otot lebih kuat dan kencang, bisa juga memilih barbel daripada dumbell. Alat tersebut merupakan tongkat besi atau stick besi yang mempunyai pegangan panjang, dimana kedua sisinya bisa kamu tambahkan besi sendiri. Sedangkan dumbell adalah alat latihan untuk angkat beban dengan bentuk pegangan yang pendek.

3. Tali Skipping

Alat olahraga lainnya yang bisa kamu gunakan di kost dan tidak membutuhkan banyak ruang, yaitu tali skipping. Tali skipping ini bisa digunakan untuk lompat tali, dengan melakukan aktivitas tersebut kamu dapat meningkatkan kebugaran pada organ paru dan jantung. Selain itu lompat tali juga sekaligus bisa melatih kekuatan pada otot otot kaki. Bahkan tali skipping menjadi salah satu alat untuk olahraga yang paling mudah untuk ditemukan, terlebih harganya juga cukup terjangkau dengan berbagai jenis pilihan. Kamu bisa memilih jenis tali skipping yang berbahan dasar karet, atau yang dibuat dari bahan berlapis kain. Saat ini juga muncul variasi baru, yaitu jumping rope yang ada alat penghitungnya.

4. Gym Ball 

Gym ball mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering berkunjung ke gym. Saat ini kamu juga bisa memiliki alat olahraga perut satu ini di rumah atau kost. Sudah banyak online shop yang menawarkan gym ball dengan harga murah, kamu bisa membelinya dengan kisaran harga mulai dari 50 ribu an saja. 

Tidak hanya perut, gym ball bisa kamu gunakan untuk melatih bagian bagian tubuh lain seperti paha dan bokong. Cara menggunakannya sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu duduk di atas gym ball. Dengan begitu saja, diperkirakan kamu dapat membakar sebanyak kurang lebih 260 kalori yang ada di dalam tubuh.

5. Figure Trimmer

Ada lagi alat olahraga untuk mengecilkan perut yang bisa kamu gunakan tanpa harus sit up, yaitu figure trimmer. Mungkin beberapa dari kamu masih kurang familiar dengan nama alat satu ini, namun jika sudah melihat bentuknya pasti kamu sudah tidak asing. Figure trimmer adalah alat berbentuk oval, yang bagian permukaannya dilengkapi dengan bintik bintik menonjol.

Bintik bintik menonjol tersebut dibuat sebagai pegangan, agar tidak licin dan slip. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu berdiri di atasnya dan melakukan gerakan berputar sekitar 90 derajat ke kanan maupun ke kiri. Gerakan tersebut akan membuat otot perut menjadi kencang, dan bisa membakar kalori di bagian tersebut.

6. Sepeda 

Jika kamu punya sepeda roda dua yang dibawa ke kosan, maka alat olahraga sepeda tersebut harus kamu manfaatkan dengan baik. Gunakan sepeda untuk berkeliling kompleks kos kosan, atau saat kamu hendak membeli sayur di gang depan. Bersepeda selain bisa memperkuat otot otot kaki, juga bisa membuat pikiran jauh lebih fresh.

Selain itu bersepeda sangat mudah untuk dilakukan. Tidak seperti jenis olahraga lainnya yang beberapa memerlukan keterampilan fisik dengan tingkat tinggi, bersepeda bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu bahkan bisa membuat komunitas sepeda bersama dengan teman teman, sehingga kegiatan olahraga menjadi lebih menyenangkan.

7. Shield Chest Expander Pull

Kamu memimpikan pundak yang kencang serta dada yang bidang ? Maka shield chest expander pull ini bisa menjadi alat yang tepat untuk kegiatan olahraga di kost. Alat satu ini bisa digunakan untuk melatih bagian pundak maupun kaki. Umumnya, pada bagian pegangannya terbuat dari bahan kayu yang ringan sehingga nyaman untuk digenggam.

Sedangkan pada bagian per nya memiliki bahan dasar stainless steel, sehingga anti karat dan bisa awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Harga alat olahraga shield chest expander pull juga tergolong terjangkau, sehingga tidak sulit untuk kamu dapatkan. Tak hanya itu saja, alat ini juga sangat praktis untuk dibawa kemana saja.

8. Tummy Trimmer

Jika ada figure trimmer, ada juga tummy trimmer untuk membakar lemak lemak yang ada di bagian perut. Alat satu ini sangat cocok bagi kamu yang kurang percaya diri karena perut buncit. Tidak perlu ke gym atau tempat fitness, dengan alat olahraga tummy trimmer kamu bisa mengecilkan perut dengan cara yang lebih praktis.

Tummy trimmer ini akan mempermudah kamu untuk melakukan sit up. Dengan bantuan pijakan kaki serta pegangannya, kamu bisa melakukan peregangan pada bagian otot otot di perut. Menariknya lagi, alat yang terlihat fancy ini ternyata bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau di berbagai online shop yang ada.

Baca Juga: Olahraga Kardio Bisa Jadi Pilihan untuk Anak Kostan yang Malas Keluar Kamar

Tips Memilih Alat untuk Olahraga di Kost

alat olahraga

Tips memilih alat olahraga untuk anak kost. (Foto: freepik)

Sebelum kamu beranjak dan membeli alat alat untuk olahraga seperti di atas, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu pertimbangan pertimbangan berikut. Pasalnya mempunyai alat untuk olahraga sendiri di rumah atau kosan memang menyenangkan, namun jangan sampai kamu membeli peralatan yang ternyata tidak akan kamu gunakan.

1. Pertimbangkan Bagian Otot yang Ingin Dikencangkan

Beberapa orang mungkin kurang percaya diri dengan bagian bagian tertentu pada tubuh mereka, misalnya bagian perut atau lengan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, daripada membeli semua peralatan olahraga sekaligus, sebaiknya kamu pertimbangkan memilih alat untuk mengencangkan bagian tubuh yang membuatmu tidak percaya diri tersebut.

Sebagai contoh kamu ingin fokus membuat dada menjadi bidang dan pundak tegap, maka kamu bisa membeli shield chest expander pull saja dan menunda peralatan olahraga lainnya. Ini merupakan keputusan yang bijak, daripada membeli semua alat yang belum tentu kamu gunakan sehingga membuatmu menghamburkan lebih banyak uang.

2. Olahraga Favorit

Pertimbangan lainnya yang perlu kamu perhatikan yaitu pastikan olahraga favoritmu. Olahraga favorit tentunya bisa membuat kamu menjadi lebih rutin untuk melakukan aktivitas fisik tersebut. Dengan kata lain, alat yang kamu beli pastinya akan terpakai dengan baik dan tidak terbengkalai menumpuk di kamar kost saja.

Misalnya kamu menyukai olahraga bersepeda, tentu membeli sepeda statis merupakan pilihan yang tepat daripada membeli peralatan lainnya yang jenis olahraganya sendiri kurang kamu sukai. Namun pastikan juga bahwa di tempat kost memang tersedia tempat untuk kamu menyimpan sepeda tersebut, dan tidak mengganggu penghuni kost lainnya.

Olahraga memang sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan mental, aktivitas ini akan jelas terlihat hasilnya di usia senja nanti bila kamu rutin melakukannya sejak sekarang. Keberadaan peralatan untuk olahraga sendiri, bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan tanpa harus pergi ke gym atau fitness di tengah berbagai kesibukan yang ada.

Untuk kamu yang saat ini tempat kosannya sempit dan jadi susah untuk berolahraga, ada baiknya kamu mencari referensi kosan yang lebih lega dan pastinya kamu bisa berolahraga ringan dari kamar kosan tanpa ribet. Salah satunya mungkin kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, Kosan ini memberikan fasilitas yang lengkap, baik fasilitas kamar yang sudah dilengkapi kasur yang nyaman, lemari pakaian yang besar, kamar mandi dalam, meja dan kursi serta ruangan yang cukup lega untuk kamu berolahraga, selain itu kosan ini juga punya fasilitas lainnya seperti wifi gratis dan parkiran yang cukup besar.

Yuk cari KoolKost terdekat dengan kampus kamu melalui aplikasi RedDoorz sekarang!

 

Press Enter To Begin Your Search
×