Loading...

Jakarta bukanlah kota yang hanya berisikan gedung gedung yang menjulang tinggi. Hiruk pikuk Jakarta memang membuat tingkat stres menjadi lebih tinggi. Tidak hanya para pekerja, para mahasiswa sekalipun juga pasti merasakannya. Untuk itu ketika liburan tiba, tidak ada salahnya kamu liburan untuk melepas penat. Selain tempat-tempat bersejarah, Jakarta juga memiliki Pulau Seribu yang akan bisa dijadikan alternatif liburan. Yuk intip tentang pesona dari Kepulauan Seribu yang wajib kamu tahu.

pulau seribu

Nggak perlu ke Bali, Jakarta juga punya wisata pantai yang bagus (Source:Pexels.com)

Wisata Pulau Seribu Jakarta untuk Habiskan Waktu Liburan 

Jakarta tidak hanya sebagai kota metropolitan yang menjadi berbagai pusat pemerintahan. Kantor-kantor besar hingga universitas kenamaan juga menghiasi kota yang terkenal dengan kemacetannya ini. Dengan begitu, wajar jika banyak pendatang yang memilih ngekos atau ngontrak begitu tinggal di Jakarta. Untuk kamu anak kost Jakarta, Jakarta ternyata memiliki wisata yang juga terbilang bagus dan cocok untuk liburan, yakni Wisata ke Pulau Seribu.

Pulau yang juga dikenal dengan Kepulauan Seribu ini merupakan kawasan yang terpisah dari Pulau Jawa dan letaknya di sebelah Utara. Keindahan alam yang dimilikinya menjadikan wisata satu ini begitu terkenal. Kamu bisa berwisata bahari sepuas yang kamu mau, mengingat ada banyak pulau yang memiliki pesona yang luar biasa. Bahkan begitu populer untuk dijadikan tujuan wisata baik bagi masyarakat Jakarta ataupun luar kota Jakarta.

Deretan Pulau Terbaik dan Memiliki Pemandangan Bagus

Untuk kamu yang tertarik mengunjungi Pulau cantik ini, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu tujuan wisatanya. Ada beberapa pulau dengan pemandangan memukau yang akan membuat liburan kamu menyenangkan. Pulau pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Tidung yang begitu direkomendasikan. Dimana kamu bisa menemukan spot favorit yang dikenal dengan Jembatan Cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil.

Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam bersama teman atau mungkin kekasih kamu. Tak hanya itu, Pulau Tidung juga menyediakan berbagai wahana menarik seperti banana boat hingga bersepeda mengelilingi pulau. Selain Pulau Tidung, kamu juga bisa mengunjungi wisata pulau seribu yang bagus yaitu Pulau Bidadari. Pulau ini memiliki resort terbaik dan lokasinya tidak begitu jauh dari daratan Pulau Jawa.

Selain mudah ditempuh, Pulau yang masuk jajaran Pulau Seribu ini juga memiliki panorama yang tak akan bisa kamu tolak. Atau kamu juga bisa mengunjungi Pantai Perawan. Pantai Perawan berada di kawasan Pulau Pari yang juga tak kalah cantik. Dinamakan Pantai Perawan karena ada legenda yang begitu melekat di dalamnya. Kamu akan menikmati pantai dengan pasir yang begitu putih dan air yang juga begitu jernih.

Kamu yang begitu menyukai wisata bahari, wajib mengunjungi pantai perawan di Pulau Pari ini. Selain bisa menikmati indahnya pantainya, kamu juga bisa menikmati berbagi sajian kuliner yang menggoyang lidah. Untuk mendapatkan pengalaman seru, kamu juga bisa menjelajah area mangrovenya. Tak heran jika Pantai Pari menjadi wisata Pulau Seribu Jakarta yang begitu favorit. Ada banyak atraksi yang bisa dinikmati wisatawan yang mengunjungi pulau ini.

Jajaran pulau lain yang juga tak kalah menawan adalah Pulau Semak Daun. Pulau satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menginap atau bermalam. Karena selain pemandangannya yang asik, pulau ini juga termasuk pulau yang tidak berpenghuni. Pasir putih yang lembut, lengkap dengan air biru yang bening layaknya kristal. Semak Daun memang bisa dikatakan sebagai pulau paling cantik di Kepulauan Seribu.

Jika kamu ingin pulau yang tak kalah cantik, kamu bisa mengunjungi Pulau Dolphin, Pulau Harapan, Pulau Onrust, Pulau Pramuka dan lainnya. Karena memang ada banyak pulau yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Yang jelas, liburan kamu di Kepulauan Seribu akan semakin menyenangkan. Daripada kamu tidak ada kerjaan ketika liburan panjang, mengunjungi deretan pulau pulau ini bisa dijadikan sebagai alternatif liburan kamu.

Kepulauan Seribu juga memiliki Pulau yang dikatakan paling mewah. Kamu bisa merasakan wisata mewah Pulau Seribu ini dengan mengunjungi Pulau H. Dikatakan sebagai pulau paling mewah di Kepulauan Seribu, karena untuk menjangkaunya kamu harus menggunakan private speed boat maupun kapal pesiar. Jejeran villa mewah turut hadir untuk dijadikan penginapan para pengunjung. Mengunjungi wisata ini juga bisa menjadi wisata kapal pesiar Pulau Seribu.

Cara untuk Menuju Kepulauan Seribu yang Perlu Kamu Tahu

pulau seribu

Menggunakan speedboat jauh lebih cepat sampai Pulau Seribu (source:pixabay.com)

Tak hanya harus mengetahui destinasi wisatanya, kamu juga harus tahu bagaimana cara menuju pulau yang cantik ini. Jika kamu termasuk orang yang tidak suka ribet, kamu bisa memanfaatkan jasa travel. Namun untuk kamu yang gemar bertualang, kamu bisa mengunjungi pulau ini dengan backpackeran. Salah satu pelabuhan yang bisa dijadikan alternatif adalah pelabuhan Kaliadem yang berada di Muara Angke.

Kamu bisa menggunakan kendaraan umum maupun jasa kendaraan online untuk sampai di Pelabuhan. Setelah itu silahkan kamu membeli tiket untuk menuju Pulau yang kamu inginkan. Apabila tidak musim liburan, biasanya hanya akan ada satu kali pemberangkatan saja. Untuk itu ada baiknya, jika sebelum itu kamu mencari tahu jadwal keberangkatan setiap kapal ke tujuan wisata kamu. Wisata ke pulau seribu pulang pergi bisa dilakukan jika tahu jadwal kapalnya.

Berbagai Aktivitas Menarik Saat Wisata ke Pulau Seribu

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menarik selama di Pulau Seribu. Memang pulau ini sangat unggul untuk wisata baharinya. Namun bukan berarti kamu hanya akan melihat lautan luas dengan pasir putih saja. Sebab masing masing pulau yang ada di Kepulauan Seribu memiliki atraksi tersendiri yang bisa kamu jadikan daftar kegiatan kamu. Begitu kamu tiba, memang kamu akan disuguhkan dengan pasir putih luas dengan lautan biru.

Sehingga kamu bisa bermain air atau sekedar bermain pasir begitu tiba. Selain itu, untuk kamu yang ingin menikmati bawah laut juga bisa melakukannya. Snorkeling maupun diving bisa dilakukan di wisata kebanggaan Jakarta ini. Kamu akan rugi jika tidak mengintip pesona bawah lautnya. Beberapa pulau yang memiliki pemandangan bawah laut mempesona yaitu Pulau Semak Daun, Pulau Gosong Perak hingga spot spot kondang lainnya.

Hal menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi penangkaran hiu yang bisa membuat kamu bertemu dengan ikan hiu. Kunjungi saja penangkarannya, di Pulau Pramuka. Kamu juga bisa berburu foto foto instagramable dengan mengunjungi tempat tempat eksotis di Kepulauan Seribu. Seperti benteng di Pulau Onrust maupun Pulau Kelor. Untuk aktivitas lainnya kamu bisa menjajal water spot seru yang akan membuat liburanmu semakin menyenangkan.

Berbagai spot permainan ini berpencar di beberapa pulau. Sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan kamu. Kepulauan Seribu juga memiliki wisata pantai yang begitu beragam. Wisata Pantai Pulau Seribu menawarkan keindahan yang begitu menawan terutama saat matahari tenggelam atau terbit. Masing masing pulau memiliki pantai tersendiri, dengan spot spot unggulan. Mulai dari dermaga hingga jembatan cinta yang menghiasinya.

Alasan Mengapa Kamu Harus Berlibur ke Kepulauan Seribu

pulau seribu

Menikmati sunset di tepi pantai sangat menyenangkan (source:freepik.com)

Bagi masyarakat asli Jakarta, Kepulauan Seribu bukanlah hal yang asing. Tapi untuk kamu yang bukan merupakan orang Jakarta asli, maka wajib mengunjungi wisata bahari andalan ini. Ada beberapa alasan yang akan menghapus segala keraguan kamu untuk habiskan liburan di Pulau ini. 

Jarak yang Relatif Dekat & Mudah Dijangkau 

Untuk bisa ke sampai ke Pulau Seribu kamu hanya butuh waktu tempuh sekitar 3-4 jam dari pelabuhan, kalau kamu menggunakan speedboat akan jauh lebih cepat, karena itu kamu bisa memilih wisata ke pulau seribu 1 hari saja tanpa menginap. Tak hanya itu budget yang kamu keluarkan juga lebih sedikit. Hanya dengan merogoh dana mulai dari Rp. 30 ribu kamu sudah bisa menuju Kepulauan Seribu. Namun kamu harus mengetahui jadwal kapal dimana hanya ada dua jadwal pagi dan siang hari. Sehingga jika kamu memang hanya ingin one day trip, pastikan kamu hafal jadwal kapal.

Beragam Destinasi Wisata Pantai

Selain mudah dijangkau dan juga murah, kamu juga bisa mengunjungi banyak destinasi menghabiskan liburan. Ada banyak pulau yang bisa kamu kunjungi yang totalnya sekitar 100 pulau. Masing masing pulau menampilkan keindahan yang akan menghempas semua penat yang kamu rasakan. Ombak yang ada di perairan pulau ini terbilang tenang, sehingga kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, mulai dari bermain air hingga diving atau snorkeling.

Spot Romantis

Kepulauan Seribu juga memiliki banyak spot romantis yang akan membuat liburan kamu berkesan. Terutama jika kamu berlibur bersama kekasih maupun orang orang tersayang. Pastinya akan meninggalkan kesan yang berbeda dan menambah quality time semakin intim. Ada banyak resort mewah yang menawarkan panorama romantis untuk para pengunjung. Bahkan cocok untuk dijadikan sebagai destinasi honeymoon.

Fasilitas Lengkap

Fasilitas yang ditawarkan di Kepulauan Seribu juga terbilang lengkap menjadi alasan selanjutnya mengapa kamu harus mengunjunginya. Kamu yang tidak ingin mengeluarkan budget lebih besar, bisa mengambil wisata ke pulau seribu pulang pergi. Atau jika tidak ingin menginap kamu bisa mendirikan tenda atau ngecamp. Urusan perut juga bisa terjaga dengan baik, karena beberapa pulau dilengkapi dengan pusat kuliner yang memanjakan perut kamu.

Fasilitas Pendukung yang Lengkap

Fasilitas pendukung lainnya juga tersedia dan nyaman untuk digunakan. Dengan alasan ini, kamu tak perlu khawatir ketika liburan ke Pulau Seribu. Untuk kamu juga yang ingin menghindari hiruk pikuk walau hanya sebentar, pulau pulau di Kepulauan Seribu banyak yang masih belum begitu dikenal. Sehingga sudah dipastikan jauh dari keramaian dan menjadi tempat yang cocok untuk menenangkan diri dari riweuhnya kota Jakarta.

Spot Foto yang Bagus

Beberapa pulau di kepulauan seribu diantaranya merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Udaranya juga masih terjaga membuat kamu seakan kembali ke alam. Bagi kamu yang menyukai kegiatan fotografi, juga bisa mengasah kemampuanmu. Ada banyak spot swafoto yang bisa kamu unggah ke media sosial. Bisa dikatakan jika wisata ke Kepulauan Seribu merupakan paket lengkap meskipun jaraknya dekat dengan Jakarta. Didukung dengan banyak aktivitas menyenangkan liburan akan semakin berkesan.

Beberapa alasan dan informasi terkait Kepulauan Seribu diharapkan bisa membuang keraguan kamu untuk liburan ke sana. Begitu liburan panjang tiba, kamu bisa langsung mengunjungi beberapa pulau yang memiliki pesona luar biasa. Kamu bisa menginap maupun hanya mengambil liburan sehari saja. Yang jelas, Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata yang bisa kamu jadikan pilihan daripada kamu tidak ada kegiatan di kosan selama liburan.

Bila kamu anak kost di Jakarta sangatlah mudah untuk bisa wisata ke Pulau Seribu, tinggal menuju pelabuhan dan sewa kapal, kamu sudah bisa sampai di Pulau seribu 3-4 jam. Untuk kamu yang akan kuliah di Jakarta dan akan ngekost juga di Jakarta, jangan khawatir karena kamu bisa temukan kosan dengan fasilitas ok tetapi harganya terjangkau.

Kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz yang memberikan fasilitas terbaik untuk kamu tetapi harga sewanya masih terjangkau. Cara mencari KoolKost di Jakarta sangatlah mudah, kamu hanya perlu buka aplikasi RedDoorz dan mencari kosan sekitaran universitas tertentu atau bisa disesuaikan berdasarkan nama kota, misal kosan di jakarta utara, atau kosan di Jakarta Selatan, tergantung dimana kamu akan kuliah.

Press Enter To Begin Your Search
×