Loading...

 

Hiburan di media sosial atau platform lain tersedia pilihan yang cukup banyak, sehingga TV cukup ditinggalkan. Generasi milenial bahkan lebih tertarik dengan sederet tayangan yang disuguhkan oleh pegiat industri kreatif di youtube. Oleh sebab itu, sederet warga Indonesia tertarik untuk berprofesi sebagai youtuber di era digital ini. Sederet youtuber Indonesia tak sungkan memulai berkarya dari nol bahkan dengan piranti seadanya. Sudah tahu siapa saja?

youtuber indonesia

Untuk jadi youtuber yang penting modal camera dan Percaya diri (source:freepik.com)

Sederet Youtuber Indonesia Terkenal Mulai Berkarier dari Nol 

1. Edho Zell 

Pemilik nama asli Edho Pratama ini bisa dikatakan sebagai salah satu anak korban dari orang tua yang bercerai. Ia termasuk ke dalam golongan anak anak broken home yang kurang mendapat kasih sayang kedua orang tua lantaran keduanya berpisah. Perpisahan tersebut menuntut Edho untuk tetap bertahan seorang diri di ibukota yang keras. Ibunya memilih menikah lagi bersama laki laki lain dan pindah ke luar kota saat Edho menginjak bangku SMA. 

Berada di kota yang keras, salah satu pelaku di dunia industri kreatif ini harus bertahan hidup seorang diri. Ia harus bisa memulai semuanya dari nol agar dapat makan dan sekolah secara baik. Salah satu youtuber Indonesia terkenal satu ini terinspirasi dari video Shinta dan Jojo yang dulu terkenal karena goyangan keong racun. Setelah itu, ia memutuskan untuk membuat video dengan bahan serta konten apa adanya dan piranti terbatas.

2. Skinny Indonesian 24

Sepertinya youtuber generasi awal di Indonesia ini sudah tidak asing di mata masyarakat. Pasalnya, kedua kakak beradik yang memulai karier sebagai pembuat konten kreatif di platform youtube ini telah berkiprah sejak tahun 2011. Andovi da Lopez dan Jovial da Lopez memiliki keunikan masing masing, tetapi sepakat membangun kanal Youtube bersama. Dua kakak beradik ini mengambil konten yang berbeda, tetapi mudah diterima oleh masyarakat.

Keduanya masih tergolong muda saat awal adanya channel Skinny Indonesian 24, sehingga konten yang diambil seputar kehidupan para remaja. Cerita khas dikemas dengan sangat menarik, sehingga mampu memikat banyak generasi milenial. Tak heran, Skinny jadi urutan youtuber Indonesia yang memiliki subscribers cukup banyak dan setia. Keduanya makin meroket setelah membintangi serial Malam Minggu Miko garapan Raditya Dika beberapa tahun silam.

Sejak muncul di layar channel Raditya Dika, wajah Andovi dan Jovial makin dikenal banyak orang. Dengan begitu, kanal keduanya pun semakin dicari oleh masyarakat yang cukup menghibur. Banyak yang bertanya tanya terkait nomor 24 di belakang nama channel mereka yang melambangkan nomor punggung dari idola basket keduanya, yaitu Kobe Bryant. Meski memiliki banyak persamaan, tetapi layaknya kakak beradik yang tetap memiliki idealisme masing masin.

Idealisme keduanya yang membuat proses membangun channel tersebut hingga besar tidak berjalan mulus. Memiliki pandangan dan pilihan yang berbeda kerap membuat Andovi dan Jovial harus terlibat adu mulut. Akan tetapi, keduanya sepakat untuk menjadikan tahun 2020 hingga 2021 sebagai tahun terakhir di saat penghasilan youtuber Indonesia meningkat. Bukan keputusan yang mudah untuk diambil oleh dua kepala, tetapi mereka berhasil satu suara.

3. Raditya Dika

Bukan nama yang asing bagi sebagian orang, karena Radit telah berkiprah di dunia hiburan cukup lama. Sebelum terjun sebagai seorang youtuber, Radit dikenal sebagai pendongkrak dunia para comic atau stand up comedy. Stand Up Comedy Indonesia memiliki prestasi yang cukup gemilang setelah sekitar tujuh orang jadi pendongkrak hingga diselenggarakan ajang pencarian bakat. Dari acara tersebut lahirnya sederet comic comic baru yang siap berkarya.

Tak hanya itu, laki laki kocak ini juga berprofesi sebagai penulis buku dan produser film. Tulisan yang ia tuangkan dalam lembaran buku mampu memikat banyak penggemar serta pembaca. Oleh sebab itu, sebagian bukunya telah dialih wahanakan menjadi sebuah film yang tayang di layar lebar. Tak pernah meninggalkan ciri khasnya, ia bercerita tentang kisah asmara atau kehidupan percintaan pribadinya yang selalu berujung kurang indah.

Salah satu karya Raditya Dika yang digemari oleh banyak orang, yaitu serial Malam Minggu Miko. Pada saat awal peluncurannya, serial ini ditayangkan oleh salah satu stasiun TV lokal dan akun youtube pribadinya. Hingga saat ini, Malam Minggu Miko telah dinikmati oleh lebih dari 50 juta pengguna platform youtube. Salah satu youtuber Indonesia dengan subscriber terbanyak satu ini masih aktif berkarya dengan konten beragam, seperti podcast dan lain lain.

4. Reza Oktovian

youtuber indonesia

Reza arap pernah jadi youtuber gaming, kini fokus di bidang musik (source:unsplash.com)

Para pecinta game tentu sudah tidak asing dengan youtuber gaming yang satu ini karena sebagian besar dari videonya merekam saat ia bermain game. Sejak tahun 2012, Arap, sapaan khasnya, membuat beragam video untuk menghibur para penggemarnya yang mengikuti channel youtubenya. Selain menghibur, video saat ia bermain game juga jadi salah satu tips agar bisa memenangkan permainan dengan mudah sehingga banyak pecinta game yang mampir ke kanalnya.

Tak hanya bermain game, ia juga sering mengulas ulang tentang game dari dalam atau luar negeri. Dengan begitu, kamu akan dapat beragam rekomendasi permainan terbaru dan terbaik versi Arap. Youtuber Indonesia satu ini sempat mengalami konflik dengan Ericko Lim, sehingga channelnya pun didonasikan kepada salah satu yayasan di Indonesia. Pamitnya Arap dari youtube membuat banyak penggemar kecewa, bahkan berita ini sempat trending.

Tak sedikit yang menyayangkan keputusan Reza untuk hengkang dari dunia yang membuat namanya dikenal masyarakat. Akan tetapi, ternyata keputusan tersebut tak membuat Arap berhenti berkarya karena ia memutuskan untuk membuat kanal baru. Channel yang diberi nama Rapyourbae ini telah mendapatkan kembali pengikut yang banyak karena konten Arap tak pernah membosankan. Penggemar setianya tetap mengikuti setiap karya yang dibuat oleh laki laki satu ini.

5. Ashilla Sikado

Bila sebelumnya telah membahas mengenai youtuber yang berkarya untuk membuat serial atau bermain game, kali ini cukup berbeda. Ashilla Sikado mulai merambah dunia hiburan ini sejak tahun 2013 dengan konten yang cukup unik. Ia adalah wanita yang sangat suka dengan make up atau skincare untuk merawat kulit wajahnya. Awal mula jadi youtuber, ia sering kali membuat ulasan terkait produk kosmetik terbaru, seperti foundation, lipstick, eyeshadow, atau lainnya.

Wanita berhijab ini sering kali mendapat cemoohan lantaran gaya berhijabnya yang cukup berbeda dengan orang lain. Tak hanya itu, warna warna yang dikenakannya seringkali tampak terlalu menonjol atau tabrak warna. Begitu pula dengan warna make up yang ia pakai saat membuat video. Hal tersebut tidak lantas menjadikannya berubah atau jadi orang lain, justru ia selalu menjadi diri sendiri dan bangga menunjukkan identitasnya kepada banyak orang.

6. AA Utap 

Pemilik nama asli Gustaf Syailendra ini tentu sudah sering kali melintas di beranda youtube kamu. konten yang dibawakan di kanal Youtubenya terasa ringan karena tentang kegiatan sehari hari yang ia lakukan, seperti olahraga di pusat kebugaran atau sekadar bermain game. Untuk youtuber dari kosan, Aa Utap tergolong ke dalam salah satu pegiat dunia hiburan yang mengawali karier merintis dari bawah. Bahkan piranti untuk merekam pun sangat terbatas.

Hal tersebut tak membuatnya menyerah, bahkan sikap ini yang membuatnya hingga berada di puncak kejayaannya sekarang. Kontan yang dibawakannya cukup beragam, tidak hanya seputar aktivitas sehari hari. Ia juga sering mengulas ulang tentang produk produk yang telah ia pakai untuk menunjang hobinya, sehingga bisa jadi salah satu produk rekomendasi untuk para pengikutnya. Hal tersebut juga diikuti dengan keunggulan, harga, serta tempat membelinya.

Channel youtube Aa Utap telah memiliki pengikut sekitar 2,2 juta pengguna yang selalu setia menikmati konten yang diunggahnya. Beberapa dari pengikutnya justru menyukai konten saat laki laki kelahiran tahun 1993 ini mengerjai istrinya. Istilah prank telah melekat di akun Aa Utap karena sudah tak terhitung saat ia mengerjai Indira Kalistha. Akan tetapi, momen ini justru yang ditunggu oleh para penggemar dari salah satu Youtuber Indonesia ini.

7. Indira Kalistha

Wanita berhijab satu ini tak berkarya sendiri, karena suaminya pun mendukung sepenuh hati saat ia mulai merintis usahanya. Ia tertarik dengan dunia kecantikan, sehingga Aa Utap pun mendukung Indira untuk berkarya di youtube sebagai Beauty Vlogger. Tak hanya mengulas ulang produk kecantikan, perawatan, atau kosmetik, Indira juga kerap kali lakukan tantangan yang unik. Dengan begitu, konten yang dibawakannya sangat beragam dan menarik.

Kecintaannya pada dunia kecantikan membawa Indira hingga ke karier yang lebih tinggi, meskipun harus berkorban banyak hal. Dalam berproses, ia memutuskan untuk berhenti dari kuliahnya dan serius membangun channel Youtubenya. Tak heran, channel yang jadi salah satu ladang uangnya kini cukup menjanjikan. Gaji youtuber Indonesia yang cukup menggiurkan mampu membuatnya bertahan hidup bahkan mempekerjakan banyak orang di balik layar.

Di balik pembuatan serta editing video yang menarik, Indira tidak bekerja sendirian. Ia dan beberapa orang ahli di bidang tersebut membuat tayangan yang mampu menarik minat banyak orang. Tak hanya dari segi menarik serta konten, perempuan berhijab satu ini juga sangat konsisten untuk selalu mengunggah video baru. Setiap harinya, ia selalu memiliki konten yang bisa diunggah di beranda kanal youtubenya, sehingga jadi hiburan baru untuk para pengikutnya.

Orang lain yang melihat prestasi serta pencapaian yang diperoleh Indira serta Aa Utap tentu ingin mengikuti jejaknya. Akan tetapi, banyak yang ragu untuk memulai lebih dulu untuk membuat suatu konten serta video. Tak hanya konten, kekhawatiran terbesar bagi anak kosan, yaitu piranti yang dipakai untuk merekam video. Wanita yang menyukai kosmetik satu ini pun dulunya berawal dari kamera HP dan kemampuan editing yang pas pasan serta lighting tidak memadai.

8. Ria Sukma Wijaya

Terdapat sederet youtuber Indonesia yang bergerak di bidang makanan, salah satunya Ria. Wanita satu ini memiliki gaya khas saat mereview makanan yang disantapnya, baik di luar maupun dalam negeri. Ia kerap keliling di sekitar pulau Jawa dan beberapa negeri untuk sekadar liburan atau mencari makanan unik dan khas. Tak mudah berada di puncak karirnya saat ini karena ia harus berjalan cukup panjang mulai dari acara TV untuk merintis perjalanan jadi youtuber. 

Tayangan yang menarik untuk menghibur atau mengedukasi tersedia cukup banyak, salah satunya yang disediakan oleh Youtube. Platform satu ini memikat banyak orang untuk terjun dan berprofesi sebagai youtuber. Tak heran, Indonesia memiliki sederet Youtuber yang mampu menghasilkan karya berkualitas mulai dari kecantikan, makanan, gaming, serial, dan lain lain. 

Untuk kamu yang masih ngekos tidak perlu khawatir karena youtuber di atas mengawali karirnya dari sebuah kamar kosan, jadi kamu juga punya kesempatan yang sama bangun channel Youtube dari kamar Kost.

Bingung cari kamar kost yang bagus untuk mulai nge youtube? kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz. Karena kamu akan mendapatkan banyak fasilitas yang bikin kamu nyaman untuk tinggal dan pastinya juga bisa jadi awal mulai kamu ngeyoutube. Ada fasilitas wifi gratis sehingga kamu bisa upload video kamu dengan tenang, lalu ada meja dan kursi untuk bisa kamu gunakan sebagai meja kerja kamu, untuk ruangan sendiri sudah ber-AC jadi kamu bisa nyaman untuk editing video di kamar kosan, lalu kasur yang juga nyaman, kamar mandi di dalam, ada juga Televisi LCD yang bisa kamu gunakan untuk partisi layar dari laptop kamu untuk jadi double monitor. Tunggu apalagi yuk mulai bangun channel Youtube kamu dari kamar KoolKost.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×