Loading...

Mie instan bagi anak kosan sudah seperti sahabat karib. Harganya yang murah dan prosesnya yang mudah membuat mie instan kerap menjadi pilihan. Padahal kamu anak kost Bandung atau kota manapun bisa memenuhi gizi dengan masakan sederhana. Tak hanya mudah dibuat tetapi juga menggunakan bahan yang ramah kantong. Simak ulasannya berikut.

masakan sederhana

Masak telor ceplok paling mudah dilakukan anak kosan (source:freepik.com)

Ide Masakan Sederhana Anak Kos yang Bisa Kamu Coba 

1. Sambal Terong 

Jika kamu ingin masak masakan yang tasty dan juga mudah, sambal bisa jadi jawaban. Perpaduan sambal dengan nasi hangat saja sudah menggoyahkan iman. Apalagi jika ditambahkan dengan terong goreng yang manis. Harga terong ini juga sangat murah, dengan berbekal uang 10 ribu saja kamu sudah bisa mengolah masakan rumahan ini.

Untuk membuatnya juga tidak terlalu sulit, yang pertama kamu harus menyiapkan beberapa bahan. Seperti terong ungu yang harus kamu belah terlebih dahulu, kamu bisa memotongnya sesuai selera kamu. Bahan lainnya seperti 3 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah. 10 buah cabai atau lebih, sesuaikan saja dengan selera kamu.

Haluskan semua bahan untuk membuat sambal tersebut dan jangan lupa ditambahkan dengan garam. Setelah halus, kamu bisa menumis bumbu tersebut hingga harum. Dalam resep masakan sederhana rumahan ini, kamu bebas mengolah terongnya. Bisa digoreng lebih dahulu atau langsung masukkan terongnya dalam bumbu.

Agar nantinya tidak gosong, kamu bisa menambahkan air secukupnya. Masak hingga bumbu meresap, kamu bisa mencicipinya dan menambahkan gula ataupun bumbu penyedap. Jika bumbu sudah meresap dan juga teraduk rata, kamu bisa mematikan kompor dan menyajikannya. Masakan sederhana ini sangat nikmat dinikmati dengan nasi hangat.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi menu selanjutnya yang bisa kamu buat ketika sedang akhir bulan. Bahan bahan yang seadanya, tapi dijamin kenyang menjadikan kuliner satu ini banyak dipilih. Tenang saja, sekalipun nasi goreng menjadi masakan sederhana dan murah kamu tetap bisa berkreasi sebebas kamu. Karena jenis nasi goreng cukup banyak dan tetap mudah dimasak

Di akhir bulan bahan yang tersisa biasanya tidak banyak, memiliki beras dan sisa bumbu sudah akan menolongmu. Selain bisa kamu nikmati saat sarapan, kamu juga bisa membuat nasi goreng untuk makan malam. Beberapa resep yang bisa kamu pilih mulai dari nasi goreng sederhana, nasi goreng Korea, Nasi Goreng Putih hingga nasi Goreng Jawa.

Yang membedakan tentu saja bumbu dan bahan bahan yang dibutuhkan. Tapi sebenarnya hampir sama, jika kamu membuat nasi goreng sederhana dengan bumbu bawang merah, bawang putih, merica dan garam. Maka ketika membuat nasi goreng jawa kamu tinggal menambahkan terasi, cabai merah dan cabai rawit hijau secukupnya.

Sementara jika ternyata di kosan hanya tinggal bawang putih, kamu bisa memasak nasi goreng putih. Karena masakan sederhana ini memang tidak membutuhkan bawang merah. Bumbunya hanya membutuhkan bawang putih cincang, daun bawang, garam, merica dan kecap ikan. Proses memasak pada nasi goreng juga sangat mudah.

Semua bumbu terlebih dahulu dihaluskan, setelah itu ditumis hingga harum. Jika sudah kamu bisa memasukkan nasi putihnya. Jangan lupakan beberapa topping, seperti telur dan sayuran yang lebih baik dimasukkan lebih dahulu. Setelah itu barulah aduk hingga rata, jangan lupakan untuk dicicipi dan ditambahkan dengan garam jika memang belum pas rasanya.

3. Scrambled Egg

Menikmati roti dengan scramble egg juga bukanlah ide yang buruk. Kamu bisa menjadikan resep masakan sederhana ini sebagai menu sarapan kamu. Layaknya namanya, makanan satu ini dibuat dari telur yang diorak arik dengan sedikit minyak. Bahan yang dibutuhkan tidak hanya telur dan beberapa bahan tambahan yang bisa kamu sesuaikan dengan variasi scramble egg yang kamu inginkan.

Untuk yang paling mudah, kamu hanya perlu mengorak arik 3 buah telur dengan tambahan margarin. Sebagai perasa agar makin sedap, kamu bisa menambahkan merica. Dalam memasaknya tak perlu terlalu lama, cukup telurnya sampai tidak cair lagi. Jika kamu pecinta rasa pedas, kamu bisa menambahkan bon cabe pada scramblle eggnya.

Apabila di kosan kamu memiliki susu cair, kamu bisa menambahkan susu cair pada telur kocoknya. Setelah matang, kamu bisa menyajikan masakan sederhana dari telur ini di atas roti atau langsung dinikmati begitu saja. Ditambahkan saus atau irisan daun bawah di atasnya juga tidak kalah nikmat. Menu satu ini bisa mengganjal perut kamu di pagi hari.

4. Pizza Mie

Mie Instan memang sulit untuk ditawar, dan ketika akhir bulan kamu bisa mengkreasikan mie instan ini menjadi panganan yang lebih bervariasi. Jadikan saja mie yang kamu miliki menjadi pizza mie yang akan membuat kamu kenyang. Bahan yang dibutuhkan hanyalah mie goreng instan dan juga telur ayam.

Untuk kamu yang ingin membuat dalam porsi besar, kamu bisa menggunakan dua mie goreng dan 2 telur ayam. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan porsi kamu. Selain itu kamu bahan untuk membuat masakan sederhana ini juga berupa saus bolognese, margarin, cabai merah dan juga seledri. Makin nikmat jika kamu memiliki keju yang sudah kamu parut.

Langkah pertama adalah dengan merebus mie instannya hingga matang lalu tiriskan. Kemudian kocok telur, bumbu mie, cabai dan seledri hingga semaunya teraduk merata. Apabila sudah kamu bisa menuang mie dan mengaduk hingga rata. Panaskan margarin atau minyak pada wajan anti lengket kamu dan tuang adonan mienya.

Tutup wajan sekitar 3 menit, kemudian balik hingga seluruh bagian pizza ini matang sempurna. Kamu bisa mengoleskan saus bolognese pada bagian atas setelah pizza mie ini matang. Tambahkan dengan keju parut atau toping lainnya agar rasanya makin nendang. Menu ini bisa menjadi masakan sederhana ala anak kos yang bisa kamu andalkan.

5. Sop Sayur 

masakan sederhana

Makan sop dengan isi sayuran selain hemat juga sehat (source:freepik.com)

Sop dengan nasi putih hangat bisa menjadi menu andalan bagi kamu anak kosan. Proses pengolahannya yang mudah dan juga memiliki banyak gizi membuat sop menjadi masakan Indonesia sederhana yang bisa kamu hadirkan di kosan. Bahan bahan untuk membuat panganan ini juga begitu mudah untuk dicari.

Di beberapa kota bahkan ada yang menjual satu paket sayuran untuk membuat sop yang sudah lengkap. Jika kamu hanya menikmatinya sendiri di kosan, kamu bisa menghabiskannya seharian. Namun jika kamu membeli secara terpisah, sayur seperti wortel, buncis, kembang kol, seledri dan brokoli bisa dijadikan sebagai bahannya.

Untuk bumbunya hanya butuh bawang merah dan juga bawang putih serta merica. Semua bumbu tersebut harus kamu haluskan barulah nanti di tumis. Bumbu yang telah dimasak tadi bisa kamu masukkan pada panci yang berisi air. Kemudian masak semua sayuran hingga matang. Jangan lupa koreksi rasa dan masukkan seledri yang telah dirajang.

6. Sambal Goreng Teri

Untuk kamu yang tidak ingin ribet, makan dengan sambal goreng teri bisa dijadikan pilihan. Masakan sederhana sehari-hari ini bisa tahan lama, sehingga kamu bisa menikmatinya kapan saja dan menjadikannya stok. Olahan satu ini siap kamu nikmati kapan saja ketika kamu memang tidak sempat untuk memasak, sebab bisa bertahan sampai 1 minggu.

Untuk bahan yang kamu butuhkan membuat olahan ini adalah 100 gram telur medan, 4 cm lengkuas, 100 gram kacang tanah yang sudah digoreng. Bumbu lainnya seperti 12 cabai keriting, 3 buah cabai rawit,  5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih. Jangan lupakan kecap manis, 2 lembar daun jeruk, 1 sdm air asam jawa dan 1 lembar daun salam.

Proses membuatnya terbilang mudah, kamu hanya perlu menggoreng teri dan kacangnya lebih dulu jika belum digoreng. Setelah itu haluskan semua bumbu dan tumis dengan sedikit minyak. Untuk lengkuas, daun salam dan daun jeruk tak perlu dihaluskan. Saat proses penumisan, tambahkan daun jeruk dan daun salam lengkap dengan air asam jawa serta kecap manis.

Tumis semua bumbu hingga wangi, barulah masukkan teri dan kacangnya. Kecilkan api dan aduk hingga merata. Matikan kompor saat mengaduknya agar tidak gosong. Masakan sederhana anak kos ini juga bisa kamu kreasikan, dengan menambah pangsit goreng ataupun tempe goreng.

7. Fuyunghai Sederhana

Telur menjadi bahan makanan yang bisa dengan mudah untuk kamu olah menjadi banyak menu. Salah satunya menjadi Fuyunghai yang selain enak juga memiliki banyak gizi. Telur ini dimasak dengan tambahan berbagai sayur dan juga daging. Jika ternyata kamu tidak bisa menambahkan daging juga bukan menjadi masalah, sosis ataupun sayuran saja sudah nikmat.

Bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya ada 3 butir telur ayam, dada ayam, 1 buah wortel, ½ buah kol, ½ bawang bombay, 2 siung bawang putih, geprek dan cincang. Bahan lainnya bisa berupa 2 sdm tepung terigu dan sagu, saus tiram, lada bubuk, garam dan 1 batang daun bawang.

Semua sayuran ini terlebih dahulu kamu potong sesuai selera, yang jelas lebih kecil. Kemudian campurkan sayur dan ayam pada telur yang telah dikocok lepas. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu seperti garam dan juga lada. Baru kemudian goreng, kamu bisa menambahkan tepung terigu dan sagunya dalam adonan ini. 

Jika sudah digoreng dan ditiriskan, kini saatnya kamu membuat sausnya. Saus ini dibuat dari saus tomat, saus tiram dan juga saus sambal. Sebelumnya tumis dahulu bawang bombay dan juga bawang putih. Barulah kamu bisa memasukkan air dan semua saosnya. Untuk lebih kental kamu bisa tambahkan tepung sagu yang diencerkan. Setelah itu siram saus pada fuyunghainya.

8. Tumis Tempe Kacang Panjang Pedas

Menu masakan Indonesia sederhana yang bisa kamu terapkan di kosan lainnya adalah tumis tempe kacang panjang pedas. Tempe menjadi bahan yang mudah untuk kamu dapatkan dan tentunya harganya murah. Begitu juga dengan kacang panjang yang mudah untuk didapatkan. Bumbunya juga sederhana, hanya bawang merah, bawang putih dan cabai.

Langkah pertama silahkan kamu potong tempenya kecil kecil dan goreng. Sembari kamu memotong kacang panjang dan juga menyiapkan bumbunya yang hanya perlu dirajang. Kamu bisa menghaluskan juga, sesuai selera saja. Setelah ditumis, kamu bisa memasukkan tempe dan kacang panjangnya. Masakan sederhana ini tinggal kamu berikan kecap dan juga garam serta gula.

Bahan apa saja yang kamu miliki sebenarnya bisa kamu oleh menjadi makanan yang menggugah. Asalkan kamu mau untuk bereksperimen dan juga mencari resep resepnya.l Dengan begitu ketika akhir bulan kamu tak harus selalu makan mie dan makanan instan lainnya. Apalagi bahan dan cara membuatnya begitu mudah dan bisa kamu coba.

Untuk bisa masak di kosan lebih nyaman, kamu harus mencari kosan yang memberikan fasilitas dapur bersama, untuk mencari kosan yang punya fasilitas tersebut kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, karena selain fasilitas lengkap seperti kamar yang sudah lengkap dengan tempat tidur, meja kerja, lemari pakaian, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, wifi gratis,, kosan KoolKost juga memberikan fasilitas dapur bersama yang bisa digunakan semua penghuni kost untuk memasak.

Press Enter To Begin Your Search
×