Loading...

Tak hanya budaya, Jepang juga terkenal dengan cita rasa kuliner yang mampu menggoyang lidah. Untuk mencicipi kuliner ini, kamu tidak harus mengunjungi Jepang terlebih dahulu, sebab untuk kamu anak Kost Jakarta bisa mencicipi makanan Jepang di blok M. Sementara untuk kota lain, kamu juga hanya perlu mengunjungi restoran atau rumah makan terdekat. Selain makanan berat, makanan Jepang juga ditawarkan dalam bentuk jajanan menarik. Simak ulasannya.

makanan jepang

Ramen dengan telur rebus rasanya yang menggugah selera (source: Unsplash.com)

Ciri Khas Makanan Jepang yang Wajib Diketahui

Jangankan setiap negara, setiap daerah saja mampu untuk menghadirkan kuliner yang berbeda dan unik. Begitu juga dengan negeri Sakura yang juga memiliki banyak kuliner kaya rasa yang wajib untuk dicoba. Kuliner Jepang sendiri diwariskan secara turun menurun oleh nenek moyang mereka. Bahkan makanan makanan tradisional Jepang mampu untuk membuat banyak lidah ketagihan akan rasanya.

Panganan Jepang memang bisa dikatakan berbeda dari makanan yang lainnya, dan tidak semuanya cocok di lidah. Tetapi makanan tradisional seperti shabu shabu, sukiyaki, tempura pasti akan digemari oleh banyak pecinta kuliner. Bahkan kamu tentunya tidak asing dengan deretan menu tersebut, karena memang bisa kamu temui di tanah air. Sebenarnya nama makanan Jepang sendiri begitu banyak macamnya.

Hal ini dikarenakan masing masing daerah memiliki perbedaan sendiri sendiri. Dan kini kuliner khas negeri Sakura ini memang maju dengan pesat dan memiliki banyak penggemar. Perlu kamu tahu, jika makanan satu ini juga memiliki karakteristik tersendiri. Yang menjadi ciri dasarnya adalah bahan yang digunakan serta cara dalam mengolahnya. Kuliner Jepang lebih banyak menggunakan bahan berupa ikan dan juga sayuran.

Dan hal ini lebih banyak dibandingkan dengan kuliner yang berbahan daging merah. Walaupun tetap ada menu daging, tetapi masyarakat Jepang tetap mengkombinasikannya dengan sayuran. Sementara untuk ikan, Jepang termasuk negara yang menghasilkan banyak ikan sehingga banyak mengkonsumsinya. Ciri khas makanan Jepang inilah yang menjadikan kuliner satu ini berbeda, apalagi dengan pengolahan yang unik namun hasilkan cita rasa luar biasa.

Orang Jepang dalam menyajikan makanan memang sangat memperhatikan proses memasaknya. Masyarakat Jepang lebih senang mengunggulkan rasa asli sehingga bumbu yang ditambahkan tidak banyak. Proses pengolahannya juga lebih banyak menggunakan teknik panggang atau rebus. Proses ini membuat daging dan juga sayurannya menjadi lebih segar. Penggorengan juga dilakukan, tetapi hasil akhirnya tetap tidak mengandung banyak minyak.

Kamu juga perlu tahu, akibat menjunjung tinggi cita rasa asli masyarakat Jepang menyukai makanan mentah. Makanan Jepang mentah yang paling terkenal adalah sushi serta sashimi yang banyak sekali penikmatnya. Mengkonsumsi makanan mentah sendiri memang sudah menjadi kebiasaan yang sudah turun temurun. Selain makanan mentah, mereka juga mengkonsumsi hewan dalam keadaan yang masih hidup.

Bukan hal yang asing jika menemukan hewan masih bergerak pada kuliner di Jepang.  Hewan yang dikonsumsi secara mentah umumnya seperti cumi cumi yang dikenal Ika Ikizukuri, gurita hingga belut. Untuk menyajikan makanan satu ini tentunya tidak bisa dengan sembarangan. Karena ada resep makanan Jepang khusus yang membuat makanan dari hewan yang masih hidup ini bisa dinikmati dengan nikmat.

Selain makanan berat, Jepang juga menawarkan jajanan atau makanan ringan yang tak kalah menarik untuk dicicipi. Bahkan bisa dikatakan jika jajanan khas Jepang begitu akrab di masyarakat Indonesia. Tak heran jika kamu mungkin sudah mudah menemukan jajanan seperti takoyaki, dango, gyoza dan lain sebagainya. Bukan hanya dari bentuknya, cita rasa dan bumbu yang digunakan juga berbeda. Membuat rasanya sangat khas namun tetap nikmat.

Baca juga:Hotel Kapsul yang tren di Jepang juga tersedia di Indonesia 

Makanan Khas Jepang Favorit di Indonesia yang Harus Dicoba

Ada beberapa makanan kas Jepang yang bisa kamu coba di Indonesia. Beberapa di antaranya memang sudah akrab di telinga dan juga di lidah masyarakat. Tidak sulit untuk menemukan makanan Jepang di berbagai kota di Indonesia. Bahkan kamu bisa membuat sendiri di kosan atau di rumah. Karena ada beberapa makanan Jepang yang mudah dibuat dan kamu coba sendiri. Sebelumnya simak menu menu favorit kuliner Jepang berikut.

1. Ramen 

Kamu pecinta mie? Jika iya maka kamu harus menjajal cita rasa khas negeri Sakura dalam sajian satu mangkuk ramen. Asapnya yang mengepul dengan tambahan beberapa bahan di atasnya seakan menarik kamu untuk segera mencicipinya. Untuk kamu penggemar serial anime Naruto, tentunya sudah memiliki gambaran akan mie ramen ini. Kuliner Jepang berupa mie dengan berbagai toping lengkap dengan air kaldu dari miso yang khas.

Selain menggunakan kuah miso, ramen juga bisa disajikan dengan kaldu shoyu atau shio. Di Indonesia sendiri kamu bisa menemukan ramen yang asli Jepang, ada juga yang sudah diadaptasi. Sehingga ditambahkan dengan toping khas tanah air seperti sosis, ceker hingga bakso. Tak hanya menggunakan kuah kaldu, ramen juga cocok dinikmati dengan kuah kari, kuah asam manis hingga kuah pedas yang bisa kamu sesuaikan tingkat kepedasannya.

2. Udon

Makanan khas Jepang yang berbahan mie selanjutnya adalah udon. Yang membuat mie ini berbeda adalah ukurannya yang lebih besar dibandingkan dengan mie pada umumnya. Masyarakat Jepang umumnya menyebut udon dengan Housoudon atau hiyamugi. Kuliner ini akan disajikan dengan tambahan kuah dashi dan tidak ketinggalan kecap asin tsuyu. Bisa dikatakan jika udon menjadi makanan tradisional Jepang yang memiliki sejarah tersendiri.

Karena di Jepang bagian timur akan menggunakan kuah udon yang berwarna gelap. Warna gelap ini didapatkan dari kecap asin yang begitu kental. Berbeda dengan bagian timur, di bagian barat lebih cenderung berwarna kecoklatan. Untuk membuat rasanya makin nikmat, udon akan ditambahkan dengan telur, sayuran hingga daging. Di Jepang sendiri, makanan satu ini dijual dengan harga terjangkau dan masuk dalam jajaran makanan rakyat.

3. Sushi

makanan jepang

Sushi salah satu makanan khas Jepang yang digemari anak muda (source:unsplash.com)

Puas menikmati sajian mienya, kamu juga tidak bisa mengabaikan sushi sebagai makanan Jepang yang banyak penikmatnya. Sushi memang menjadi makanan yang tak hanya digemari orang Jepang sendiri namun juga orang luar negeri termasuk Indonesia. Nasi gulung yang dipotong kecil kecil. Di dalam gulungan nasi yang berbalut rumput  laut kering ini dihadirkan berbagai isian. Mulai dari seafood, daging, buah hingga sayuran.

Menikmati makanan satu ini di Jepang tentunya akan berbeda dengan yang di tanah air. Sebab sushi di negeri asalnya, umumnya menggunakan isian daging serta sayuran mentah. Sementara di Indonesia, bahan bahan yang digunakan sudah terlebih dahulu dimasak. Meskipun beberapa rumah makan juga masih menyajikan yang mentah. Makanan Jepang ini sangat mudah untuk ditemukan, saat ini sudah banyak penjual sushi di Indonesia.

4. Yakiniku

Pecinta olahan daging harus mencicipi kuliner khas Jepang satu ini. Olahan barbeque khas Jepang ini disajikan dengan cara dipanggang. Daging yang digunakan juga sangat beragam, mulai dari daging sapi, seafood hingga daging babi sesuai dengan keinginan kamu. Makanan satu ini tidak hanya sekedar daging panggang saja, karena sebelum dipanggang akan dicelupkan dahulu dalam saus. Saus ini dinamakan dengan saus niku tare.

Saus khusus ini dibuat dari bahan seperti bawang putih, sake, kecap asin, gula dan wijen. Untuk dagingnya, selain dibentuk menjadi persegi ada juga yang ditusuk layaknya sate. Dalam satu tusuk akan dilengkapi dengan bawang bombay, sayuran dan paprika. Cita rasanya yang nikmat menjadikan yakiniku sebagai makanan Jepang favorit di Indonesia. Kamu bisa menemukan restoran yang menawarkan menu Yakiniku di Indonesia dengan mudah.

5. Sashimi 

Makanan tradisional Jepang satu ini juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Sashimi bahkan sudah ditemukan jauh sebelum sushi ada. Mungkin bagi sebagian orang, makanan satu ini terbilang ekstrim. Karena yang disajikan adalah daging mentah tanpa ada campuran nasi atau lainnya. Daging yang bisa digunakan sashimi tentunya beragam, mulai dari daging ayam, sapi, seafood, ikan hingga daging sapi.

Masyarakat Jepang umumnya mengkonsumsi Sashimi dengan kuah soyu. Tak hanya dagingnya, telur ikan yang masih segar juga bisa dijadikan sebagai pendamping. Kamu bisa menemukan makanan satu ini dengan mudah saat ini, beberapa restoran Jepang yang ada di Indonesia sudah menawarkan menu ini. Bagaimana tertarik untuk mencicipi sajian daging segar satu ini?

6. Takoyaki

Kamu tentunya sudah akrab dengan jajanan Jepang satu ini, karena penjual takoyaki memang sangat banyak. Tak perlu masuk ke rumah makan, stand stand pinggir jalan bahkan banyak yang menawarkan. Takoyaki yang berbentuk bulat ini begitu nikmat dan akan membuat siapapun ketagihan. Sebenarnya, makanan satu ini terbilang sederhana, hanya bulatan tepung dengan isian yang beragam dan kamu bisa memilih sesuai selera.

Berasal dari Osaka, Jepang, Takoyaki sangat pas dinikmati ketika malam datang. Ditambahkan dengan saus serta mayones, akan lebih menghasilkan rasa yang nikmat. Jika kamu memiliki cetakannya, kamu bisa membuat panganan ini di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit dan isiannya bisa diisi sesuai selera. Bahkan jika kamu pandai membuatnya, menjadikan takoyaki sebagai bisnis juga bukanlah hal yang buruk. 

7. Katsu

Makanan satu ini termasuk makanan yang begitu banyak penggemarnya. Dan bisa dikatakan sebagai makanan yang akan sangat cocok dengan lidah Indonesia. Kamu juga mungkin sudah familiar dengan makanan satu ini. Katsu yang merupakan lauk khas Jepang ini memang sangat nikmat jika disajikan dengan nasi hangat atau kuah kare. Kamu bahkan bisa mendapatkan resep makanan Jepang satu ini dengan begitu mudah.

8. Mochi

makanan jepang

Mochi punya tekstur yang lembut dan manis (source:freepik.com)

Selain menghadirkan makanan Jepang yang berat, Kuliner Jepang juga ada yang bisa dijadikan oleh oleh.  Makanan oleh oleh khas Jepang ini berbentuk bulat dan dibuat dari adonan beras ketan. Berbagai isian membuat mochi begitu menarik untuk dicicipi. Kamu juga bisa menemukan mochi di beberapa kota di Indonesia untuk dijadikan oleh oleh. Meskipun mungkin rasanya akan berbeda dengan yang dari Jepang asli.

Cita rasa masakan khas Jepang begitu akrab di lidah masyarakat Indonesia. Selain menikmati mie, mereka juga kerap menghadirkan menu dari nasi sebagai karbohidratnya. Sebenarnya, juga masih banyak makanan dari Jepang yang bisa kamu jajal. Namun yang telah disebutkan, merupakan yang paling banyak penggemarnya. Selain membeli, terdapat juga kuliner yang bisa kamu buat sendiri di rumah atau di kosan.

Rekomendasi Kosan di Daerah Blok M

KoolKost Syariah @Fatmawati Raya

Kosan yang jaraknya hanya 1  km dari stasiun MRT Haji Nawi ini punya fasilitas yang lengkap seperti ruangan kamar yang cukup luas, lebih besar dari ukuran kamar kos pada biasanya, kasur yang nyaman dan besar, lemari pakaian, meja kerja, ada Televisi, ruangan ber-AC,kamar mandi dalam, tersedia juga fasilitas wifi gratis, dapur bersama, area parkir yang cukup luas, dan  penjaga kosan yang nonstop 24 jam. Kosan ini terletak di Jalan Rs. Fatmawati Raya No.19 Rt.04/Rw.04 Cipete Selatan, Cilandak, jakarta Selatan.

Kost Ibu Harum Cipete

Salah satu kosan di jakarta selatan yang murah dan terjangkau ini terletak di Jl. H. Naim Rt.01/Rw.03, Kebayoran Baru, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Fasilitas yang diberikan seperti tempat tidur, lemari pakaian, ruangan ber-AC, kamar mandi luar, dan juga ada fasilitas wifi gratis.

Kost PP 60 Panglima Polim

Kosan yang jaraknya hanya 900-an Meter dari Plaza Blok M ini punya fasilitas yang standarnya kosan pada umumnya, ada kasur, lemari pakaian, dan meja kerja, ruangan ber-AC, untuk kamar mandi ada di luar kamar, selain itu juga ada fasilitas wifi gratis. Kosan ini berada di Jalan Panglima Polim No.60 Rt.02/Rt.05, Kec Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jika kamu tertarik untuk mencari kosan di sekitaran Blok M, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz, caranya mudah pertama, kamu buka aplikasi RedDoorz, lalu pilih Kost Houses, di bagian search KoolKost masukkan kata kunci Blok M agar kamu bisa mendapatkan informasi kosan di sekitaran Blok M. setelah itu search dan akan muncul informasi kosan di sekitaran Blok M lengkap dengan harga sewa dan fasilitas yang diberikan.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×