Loading...

Masa pandemi menuntut kita semua untuk hidup lebih sehat. Oleh karena itu, berbagai macam hal dilakukan untuk meningkatkan daya tahan pada tubuh. Dalam ulasan kali ini juga akan dibahas beberapa cara meningkatkan imun tubuh. Terutama bagi kamu yang merupakan anak kosan, salah satunya anak kost Surabaya. Lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

cara meningkatkan  imun tubuh

Istirahat yang cukup bisa meningkatkan imun tubuh juga lho (source:freepik.com)

Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi 

1. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang bisa kamu coba adalah dengan beristirahat dengan cukup. Hal ini dikarenakan ketika kamu memiliki waktu tidur yang kurang, maka nantinya akan mampu menjadi penyebab badan menjadi lebih letih dan juga lesu. Dengan begitu, daya tahan pun akan menjadi melemah.

Akan tetapi, bagi kamu yang terlalu sering tidur atau memiliki waktu tidur yang berlebihan, hal tersebut ternyata juga tidak baik. Pasalnya, badan yang kurang gerak nantinya juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih berkurang. Untuk itu, kamu pun perlu memiliki waktu tidur yang cukup.

Idealnya, kamu bisa menyeimbangkan waktu tidur sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas yang kamu jalani. Sehingga, mempunyai waktu istirahat yang cukup dapat dikatakan terletak pada kualitas tidur dan kuantitasnya. Untuk orang dewasa, umumnya manusia akan membutuhkan waktu istirahat yakni sektar 7 hingga 8 jam setiap harinya.

2. Menghindari Hal yang Bisa Membuat Stres

Pemberitaan virus corona yang digaungkan secara terus menerus, baik di televisi maupun media sosial tentu saja akan membuat seseorang menjadi overthinking. Untuk itu, cara meningkatkan imun tubuh dari virus corona adalah dengan sebisa mungkin untuk menghindari hal yang membuat kamu menjadi stress.

Sehingga, dengan adanya pemberitaan selama masa pandemi virus corona yang diberitakan di berbagai media sosial tidak membuat kamu menjadi stres yang berkepanjangan. Sebab, ketika kamu stres, maka nantinya akan mampu meningkatkan hormon kortisol. Di mana hormon tersebut akan berfungsi untuk menurunkan kekebalan pada tubuh.

Untuk itu, selama masa pandemi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyarankan agar masyarakat membaca informasi yang kredibel mengenai pemberitaan virus corona ini. Dengan begitu, kamu pun tidak akan mudah untuk termakan hoaks atau berita tidak benar yang tersebar di media sosial.

3. Tetap Terhidrasi

Cara meningkatkan imun tubuh saat corona selanjutnya adalah dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan dalam tubuh manusia terdiri dari 60 persen air. Oleh sebab itu, WHO pun menyarankan agar manusia tetap mengkonsumsi air yakni rata rata berkisar 2 liter ataupun 8 gelas setiap harinya.

Selain itu, apabila kamu memiliki aktivitas yang padat maka kamu tentu saja haruslah menambah dan memperbanyak konsumsi air putih. Tak hanya itu, ketika cuaca sedang panas, maka kamu juga perlu untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, apabila kamu kekurangan air maka akan lebih mudah untuk terjadi dehidrasi.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka nantinya tubuh pun akan menjadi mudah untuk lelah. Selain itu, daya tahan atau sistem imun tubuh akan menjadi lebih berkurang. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan tubuh lebih mudah untuk terserang virus. Untuk itu, salah satu cara meningkatkan imun tubuh dengan mudah adalah dengan mengkonsumsi air putih.

4. Tetap Menjaga Suhu Tubuh Agar Tetap Hangat

Menjaga imun tubuh saat corona memang menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Salah satu hal yang bisa kamu terapkan adalah dengan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Untuk itu, sebisa mungkin kamu jangan terlalu berlama lama ketika berada di suhu yang dingin.

Hal tersebut dikarenakan ketika suhu tubuh mengalami kedinginan maka akan lebih mudah untuk membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Dengan begitu, nantinya virus akan lebih mudah untuk menyerang. Sehingga, kamu bisa mengakalinya dengan membuat tubuh tetap hangat

Diantaranya adalah dengan tidak membiarkan tubuh kehujanan dalam waktu yang lama. Selain itu, usahakan untuk tidak mandi di malam hari agar tidak kedinginan. Atau kamu pun bisa mengakalinya dengan mandi menggunakan air hangat ketika malam hari. Kemudian, saat berada di ruangan yang dingin, maka lebih baik kamu bisa memakai pakaian yang lebih tebal.

5. Mengonsumsi Makanan yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

cara meningkatkan imun tubuh

Mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan vitamin untuk menjaga imun tubuh (source:freepik.com)

Selain istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang seimbang juga menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat selama pandemi. Oleh karena itu, meskipun kamu anak kosan tetap saja harus membutuhkan vitamin dan juga suplemen untuk menunjang kesehatan kamu di pandemi.

Dengan mengkonsumsi vitamin menjaga imun tubuh dari terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah virus corona. Namun, selain mengkonsumsi suplemen dalam bentuk tablet ataupun pil, ada baiknya kamu mendapatkan vitamin tersebut langsung dari sumbernya. 

Apa saja sumber dari vitamin tersebut? Tentu saja buah buahan dan juga sayuran. Untuk kamu yang ingin mendapatkan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka tak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi buah strawberry dan juga jeruk. Pasalnya, buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ditambah lagi, buah-buahan tersebut sangat mudah untuk ditemukan di pasar maupun supermarket. Sehingga, kamu nantinya tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Selain diperoleh dari buah buahan, vitamin C juga bisa untuk kamu dapatkan di dalam sayur-sayuran.

Contohnya saja adalah paprika, brokoli dan juga sayur bayam. Sayur tersebut dapat kamu konsumsi setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang bagi tubuh. Selain vitamin C, cara meningkatkan imun tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Hal ini dikarenakan di dalam vitamin A terdapat kandungan antioksidan. Seperti yang kamu ketahui, antioksidan memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Pasalnya, kandungan antioksidan tersebut akan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Sehingga akan mampu membuat kekebalan pada tubuh menjadi meningkat.

Untuk mendapatkan vitamin A secara alami, maka kamu bisa mulai untuk mengkonsumsi ubi, labu dan juga wortel. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman yang mengandung ekstrak rempah-rempah yang bagus untuk tubuh. Sebut saja seperti kunyit, jahe merah dan juga temulawak.

Manfaat dari rempah-rempah tersebut sangatlah bagus untuk menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh selama masa pandemi. Contohnya saja seperti jahe merah yang akan berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Selain itu, jahe merah juga memiliki manfaat untuk menghambat bakteri penurun imunitas pada tubuh.

Sedangkan untuk kunyit akan memiliki manfaat untuk masalah pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dengan kandungan tersebut, maka akan membantu kamu dalam menangani berbagai masalah kesehatan seperti diare, perut kembung dan membuat nafsu makan menjadi meningkat.

Dan di dalam temulawak memiliki zat yakni kurkumin. Zat satu ini akan berfungsi untuk antiinflamasi. Sehingga akan membantu untuk menghambat peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Untuk itu, kamu perlu tahu bahwa sebelum virus corona ini menyerang saluran nafas, maka virus tersebut akan bertahan di tenggorokan dalam kurun waktu 4-5 hari.

6. Mengurangi Rokok dan Alkohol

Selanjutnya, cara menjaga imun tubuh tetap stabil adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal tersebut dikarenakan dengan mengurangi rokok, akan membantu untuk mengurangi potensi terjangkitnya virus corona. Sebab, ketika kamu merokok, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan paru paru.

Sebut saja seperti pneumonia dan juga bronkitis. Untuk itu, seperti yang kita tahu bahwa virus corona merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran pernafasan pada manusia. Sehingga, untuk menjaga agar tubuh tetap sehat selama masa pandemi, tak ada salahnya untuk mulai mengurangi kebiasaan merokok yang memiliki dampak negatif tersebut.

Selain menghentikan kebiasaan merokok, maka kamu juga perlu untuk mengurangi kebiasaan minum alkohol. Hal tersebut dikarenakan dengan kamu mengkonsumsi alkohol akan mampu untuk menurunkan daya tahan pada tubuh. Sehingga, orang yang minum alkohol akan lebih rentan terkena penyakit. Sebab, ia akan memiliki imun yang lebih rendah.

7. Rajin Berolahraga 

cara meningkatkan imun tubuh

Tetap berolahraga sekalipun di kamar kosan (source:freepik.com)

Olahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan imun tubuh sebelum rapid test. Pasalnya, menurut ahli dari National Institute of Health mengatakan bahwa dengan berolahraga akan mampu untuk merangsang sistem kinerja dari antibodi dan juga sel darah putih.

Dengan begitu, kegiatan satu ini akan sangat cocok dilakukan selama masa pandemi. Pasalnya, dengan berolahraga akan menjadi cara meningkatkan imun tubuh yang bisa kamu coba di kosan. Tak perlu melakukan olahraga yang susah, kamu bisa yoga, zumba ataupun melakukan olahraga yang ringan saat berada di kosan.

Ketika kamu berolahraga, maka nantinya bakteri juga akan bisa keluar melalui saluran pencernaan. Sehingga, hal ini akan menjadi salah satu cara untuk mengurangi terjangkitnya penyakit salah satunya yakni virus corona. Untuk waktunya sendiri, kamu bisa melakukannya selama 60-75 menit setiap harinya.

8. Menjaga Kebersihan Pada Makanan

Di masa pandemi, kebersihan makanan juga menjadi salah satu hal yang perlu untuk kamu perhatikan. Hal tersebut dikarenakan dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, kamu juga harus mampu untuk mulai menerapkan pola hidup yang bersih.

Untuk itu, kamu bisa memulainya dengan menjaga kebersihan pada makanan. Cara ini pun perlu untuk kamu perhatikan sejak awal. Mulai dari bagaimana caranya untuk membersihkan bahan bahan makanan yang akan digunakan. Kemudian, kamu juga harus menjaga kebersihan ketika proses pembuatannya.

Tak hanya berhenti pada itu saja, perlengkapan dan juga alat yang dipakai untuk memasaknya juga perlu untuk kamu jaga kebersihannya. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu cara untuk menjaga agar virus tidak masuk ke dalam tubuh manusia. Untuk itu, selama masa pandemi, di sarankan kamu untuk memasak sendiri di kosan yang pastinya terjamin kebersihannya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila kamu sering melakukan kegiatan di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan juga membawa hand sanitizer. Cara-cara kecil tersebut tentu saja dapat membuatmu terhindar dari virus satu ini.

Untuk kamu yang ingin bisa istirahat nyaman di kosan, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz, karena kamar sudah tersedia kasur yang nyaman untuk istirahat ditambah dengan ruangan ber-AC dan area kosan yang bersih, belum lagi KoolKost juga menyediakan dapur bersama agar kamu bisa masak masakan yang sehat dan hemat. 

Untuk kenyamanan lainnya kamu juga bisa menikmati fasilitas wifi gratis agar bisa nyaman saat nonton streaming film drakor terbaru kesukaan kamu. Yuk gunakan Aplikasi RedDoorz dan pilih KoolKost terdekat dengan kampus kamu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×