Loading...

Tidak bisa dipungkiri jika semua orang ingin mendapatkan masa depan yang gemilang. Dan salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan investasi sejak dini. Sekalipun kamu anak kost Jakarta atau kota lainnya, bukan tidak mungkin kamu memulai untuk berinvestasi. Dan dari sekian banyak produk investasi, investasi emas menjadi yang paling menggiurkan dan menguntungkan. Untuk tahu lebih banyak, yuk simak ulasan berikut.

investasi emas

Investasi emas bisa jadi pilihan investasi yang terbilang aman (source:unsplash.com)

Mengenal Investasi Logam Mulia Emas yang Menguntungkan

Tidak afdol rasanya jika kamu tidak mengetahui terlebih dahulu apa yang dinamakan investasi logam mulai atau emas ini. Dalam investasi ini, kamu harus menginvestasikan sejumlah modal untuk ditukarkan dalam bentuk emas. Ada beberapa emas yang bisa kamu jadikan investasi, mulai dari emas batangan, perhiasan hingga sertifikat emas. Hingga kini emas masih menjadi salah satu simbol kekayaan yang juga memberikan banyak keuntungan.

Kamu tidak perlu semua menyimpan emas emas itu sendiri di rumah atau di kosan, karena umumnya pihak penyedia investasi yang akan mengelola. Apalagi saat ini sudah ada investasi emas online yang akan semakin memudahkan kamu. Investasi satu ini menawarkan banyak keuntungan yang bisa kamu ambil. Tak perlu modal yang besar, hanya dengan rupiah yang kamu miliki kamu sudah bisa memulai investasi logam mulia satu ini.

Ada beberapa hal yang menjadikan emas sebagai barang berharga, salah satunya emas menjadi logam mulia yang langka. Jika dibandingkan dengan logam mulia lainnya jumlah emas terbatas, inilah mengapa setiap tahun hanya mampu untuk memproduksi 3000 ton saja. Berbanding terbalik dengan logam lainnya yang bisa mencapai 9 kali lipat. Emas juga menjadi logam yang tahan lama, ia tidak berkarat sehingga wajar jika jadi logam yang berharga.

Tak hanya itu, kamu juga jika investasi satu ini memiliki banyak jenis. Yang pertama kita bisa menyebutnya sebagai investasi emas antam atau batangan. Sebenarnya emas batangan tak hanya disediakan oleh PT. Antam saja, tetapi juga UBS yang saat ini sudah mengeluarkan investasi dalam bentuk emas batangan. Kedua emas ini sama sama memiliki kadar 99,99%, tetapi harga dari USB lebih rendah dibandingkan dengan emas Antam.

Selanjutnya adalah emas perhiasan, dimana emas ini berupa anting, gelang, kalung hingga cincin untuk investasi. Bisa dikatakan jika emas perhiasan cukup terjangkau dengan harga jual yang bervariasi. Hanya investasi jenis ini, akan memiliki kandungan emas yang berbeda. Ada bahan lain yang dicampurkan dan juga nilai jualnya yang tidak stabil. Sehingga lebih banyak yang memilih untuk berinvestasi emas batangan karena lebih menguntungkan. 

Mungkin biar uangnya bisa dibelikan emas, kamu mulai cari cara hemat untuk belanja, termasuk hemat untuk traveling, jadi uangnya bisa dialokasikan beberapa persen untuk investasi emas. 

Alasan Mengapa Investasi Logam Mulia Emas Menggiurkan

investasi emas

Investasi emas sebagai menabung jangka panjang (source:freepik.com)

 

Investasi emas memang menawarkan banyak keuntungan dan masih menjadi investasi yang banyak dilirik. Jika kamu belum pernah terjun dalam dunia investasi, emas bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Keuntungan investasi emas juga banyak dan tidak hanya dalam bentuk materi saja. Ada beberapa hal yang membuat investasi logam mulia ini juga cocok untuk para pemula yang baru terjun investasi. Simak beberapa alasannya berikut.

1. Memiliki Risiko yang Lebih Kecil

Untuk kamu yang ingin investasi tetapi takut akan resikonya, investasi logam mulia emas batangan menjadi yang paling direkomendasikan. Sebab, risiko yang dimiliki oleh produk investasi ini terbilang kecil karena kerugian yang nantinya kamu tanggung bisa diperkirakan. Kamu hanya perlu untuk menghitung selisih dari nilai jual dan juga nilai beli dari emas tersebut. Jangan lupakan untuk mengurangi total biaya lainnya yang juga kamu keluarkan.

Hal ini tentunya berbeda dengan investasi lainnya yang memungkinkan kamu untuk kehilangan semua dana kamu. Ketika nilai emas sedang turun, kamu hanya perlu untuk menahan agar tidak mencairkan emas yang kamu miliki. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan kerugian yang tinggi. Sebaliknya, kamu justru bisa menambah investasi dimana cara investasi emas satu ini hingga kini masih menjadi yang paling banyak dilakukan.

2. Tahan Terhadap Inflasi

Alasan selanjutnya mengapa investasi satu ini direkomendasikan karena bisa tahan sekalipun sedang ada inflasi. Ketika nilai mata uang mengalami penurunan, justru harga emas cenderung naik atau stabil. Padahal inflasi menjadi situasi yang paling menakutkan bagi para investor dan mereka akan memilih emas batangan sebagai cara untuk menghadapi inflasi. Karena dengan begitu mereka bisa untuk mengamankan dana yang dimiliki.

3. Investasi Emas Tidak Akan Bangkrut

Kamu tentunya tahu, jika investasi banyak ditakuti karena memungkinkan kehilangan sejumlah dana. Hal ini kerap terjadi untuk investasi seperti saham yang akan mengalami kerugian tinggi serta bisa mengalami kebangkrutan. Sementara jika kamu menjadikan emas sebagai produk investasi, terutama emas batangan akan lebih aman dari kebangkrutan. Uang yang telah dialihkan pada emas tidak akan menghilang atau menyusut.

Sangat berbeda dengan saham maupun produk investasi lainnya yang semua dana kamu akan dialihkan pada dokumen atau surat. Jika tidak ada surat atau dokumen ini maka tidak akan menjadi bukti jika kamu memiliki investasi tersebut. Dan emas terlihat dalam bentuk fisiknya, meskipun sudah lama kamu tetap bisa diuangkan atau dijual. Inilah mengapa emas disebut sebagai  produk investasi yang tidak akan mengalami kebangkrutan di masa depan.

4. Memiliki Harga yang Terjangkau

Sekalipun logam mulai ini memiliki nilai yang tinggi, kamu tak harus memiliki dana berlimpah untuk memulai investasi ini. Karena kini kamu bisa membeli emas secara online dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan beberapa penyedia investasi, menawarkan tabungan emas. Sebut saja investasi emas di pegadaian yang akan memudahkan kamu untuk memulai investasi. 

Hanya dengan dana sekitar Rp. 10 ribuan saja, kamu sudah bisa memulai investasi emas secara online. Kamu hanya perlu mengandalkan smartphone untuk memulainya. Saat ini investasi secara online ini memang banyak dilirik dan cocok untuk para pemula. Karena investasi ini memungkinkan kamu untuk membeli emas dalam nominal yang kecil. Inilah mengapa harganya menjadi lebih ringan untuk kamu.

Walaupun kamu membelinya secara digital, tetapi bukan berarti kamu tidak memiliki emas tersebut. Sebab kamu hanya perlu untuk menitipkan emas tersebut kemudian setiap jumlahnya akan dicatat. Ketika ingin memiliki secara fisik, kamu hanya perlu mengambil dan nanti emas akan dikirim. Cara investasi ini juga sangat cocok sebagai investasi emas saat pandemi. Nilai dari membeli secara digital juga tidak akan mengurangi nilainya.

5. Mudah Dicairkan

Tak hanya itu, investasi emas juga menjadi investasi yang paling mudah untuk dicairkan. Apabila kamu investasi yang lainnya, umumnya membutuhkan waktu untuk mencairkan. Sebut saja deposito yang harus diambil dengan batas waktu tertentu. berbeda dengan investasi logam mulia emas yang bisa dicairkan kapan saja. Sehingga jika ada kebutuhan mendesak, kamu bisa langsung mendapatkan dana dengan begitu cepat.

Emas batangan atau perhiasan sekalipun bisa kamu jual di banyak tempat. Dengan begitu kamu bisa membandingkan harga mana yang lebih tinggi harga jualnya. Kamu yang investasi secara online pun bisa mencairkan emas kamu dengan langkah yang juga mudah. Kamu akan tetap mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi emas ini. Meskipun, kamu juga bisa merugi jika harga jual emas sedang turun tetapi kamu terdesak. 

6. Bebas Pajak

Investasi yang paling diminati adalah investasi yang terbebas dari pajak. Hal inilah yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berinvestasi logam mulia emas. Emas menjadi barang baku yang tidak masuk dalam kategori barang yang bisa dikenakan pajak. Bebas pajak dengan profit yang stabil atau meningkat menjadikan alasan mengapa satu ini banyak penggemar. Bahkan ada yang membandingkan investasi dollar atau emas, mana yang lebih menguntungkan? Maka jawabannya emas, karena dollar masih bisa terkena inflasi.

7. Permintaan Emas Tinggi

Hingga kini emas masih menjadi barang berharga yang tinggi permintaannya. Fakta inilah yang menjadikan harga emas juga selalu naik setiap tahunnya. Setiap tahunnya emas mampu mengalami kenaikan harga sekitar 30%. Bahkan di beberapa negara, emas menjadi logam yang akan selalu dibutuhkan. Emas juga bisa kamu gunakan sebagai aset yang sangat menguntungkan di masa mendatang. 

Baca juga: 12 Usaha Sampingan Anak Kuliahan Minimal Bisa Nutup Bayar Kost

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

investasi emas

Investasi emas jadi pilihan investasi untuk pemula (freepik.com)

Sekalipun investasi emas termasuk dalam jajaran investasi yang mudah, kamu harus tetap berhati hati akan hal tersebut. Investasi satu ini memang sangat penting untuk kehidupan finansialmu di masa mendatang, hanya saja kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Terutama jika sebelumnya kamu belum pernah terjun dalam investasi. Karena hingga kini masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam berinvestasi logam mulia satu ini.

Tips investasi emas yang bisa kamu jadikan acuan yang pertama adalah dengan membuat perencanaan. Kamu tentukan lebih dahulu, nantinya emas ini akan kamu alokasikan untuk apa. Untuk dana pendidikan, atau untuk menggelar pesta pernikahan. Jika kamu tidak memiliki rencana dan tujuan yang jelas, kamu bisa menjual emas yang kamu kumpulkan sewaktu waktu. Dan tentunya risiko merugi bisa kamu dapatkan kapan saja.

Kamu juga perlu untuk memilih jenis emas yang sesuai dengan kondisi kamu. Terutama kondisi finansial kamu saat memulai investasi, terutama untuk tujuan jangka panjang. Emas yang kamu pilih juga hendaknya yang berkualitas tinggi atau kemurnian dari emasnya. Jika kamu investasi logam mulia emas batangan, tentunya kemurniannya berbeda. Mengingat emas perhiasan umumnya sudah terdapat campuran logam lainnya di dalamnya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu untuk memantau harga emas dengan berkala. Siapa tahu jika emas sedang turun, kamu bisa menambah investasi kamu. Jika akan menjualnya pun kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Umumnya waktu yang paling tepat untuk membeli emas di  bulan April sampai di tengah bulan Juni. Karena pada saat itu harga emas terbilang lebih menurun. 

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan tempat penyimpanan emas kamu. Pastikan jika tempat tersebut memang layak dan juga aman untuk menyimpan semua investasimu. Jika kamu bergabung dalam investasi online, pastikan memang sudah terpercaya dan keamanannya terjaga. Dengan begitu kamu tidak akan merugi hanya karena ceroboh dalam memilih tempat investasi.

Siapa bilang investasi itu harus memiliki sejumlah uang yang besar dulu? Kamu bisa memulai investasi kapan saja dan sebaiknya sejak dini. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan jaminan finansial yang lebih baik di masa depan. Dan emas bisa kamu jadikan sebagai pilihan jika kamu ingin terjun dalam dunia investasi. Memulai lebih awal, akan semakin banyak keuntungan atau tabungan yang kamu kumpulkan.

Supaya bisa save uang lebih banyak mungkin kamu bisa alokasikan budget kosan yang seminimal mungkin, kalau butuh kosan murah di Jakarta kamu bisa cek rekomendasi berikut.

Rekomendasi Kosan Murah di Jakarta

Juragan Kost

Kosan yang harga sewanya kisaran 750 ribu per bulan ini berlokasi di Jalan Inspeksi Kalimalang No.34. Pondok Kelapa, Kec. Duren Sawit. Jakarta Timur. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap dari kasur, lemari pakaian, dan kamar mandi dalam. Dan perlu dicatat bahwa kosan ini hanya khusus untuk kosan putri saja.

Kost Dharma

Salah satu kosan murah lainnya adalah kost Dharma, di cek di Aplikasi RedDoorz kosan ini harga sewanya siaran di Rp 949.980 per bulan. Kosan ini hanya untuk kost putri saja, lokasinya sendiri ada di Jalan Haji Ahmad No.27 Radio Dalam, Jakarta Selatan. Sedangkan fasilitas yang diberikan ada kasur yang nyaman, lemari pakaian, meja kerja, dan dapat wifi gratis. Dengan harga dibawah satu juta dan fasilitasnya ok, kosan ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari kosan di Jakarta Selatan.

Chrysant Home

Lanjut ke kosan murah di daerah Jakarta Utara ada kosan Chrysant Home yang lokasinya di jalan Gading Elok Timur VIII. Rt 08/09 Kelapa Gading Timur. Kec. Kelapa Gading. Jakarta Utara. dengan fasilitas yang diberikan seperti kamar kosan yang sudah disediakan kasur, lemari dan meja. ruangan ber-AC dan juga fasilitas wifi Gratis. harga sewa kosan ini siaran 885 ribu per bulan.

Itu dia 3 rekomendasi kosan murah di Jakarta, semua keterangan dan harga sewa diambil dari Aplikasi RedDoorz, kalau kamu mau cari kosan murah lainnya di daerah tertentu di Jakarta kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz dan cari kosan yang sesuai dengan keinginan kamu. 
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×