Loading...

 

Berlibur ke kota Magelang tak melulu wisata candi yang bisa dieksplor lebih. Kamu wajib berkunjung ke beberapa destinasi, terutama wisata alam di kota tersebut. Panorama yang disuguhkan tak kalah menarik dari keajaiban dunia yang berdiri megah sejak zaman kerajaan itu. Kamu bisa memilih beberapa pilihan objek wisata yang di dekat Candi Borobudur agar tidak memakan waktu perjalanan terlalu lama. Berikut wisata yang patut dikunjungi.

candi borobudur

Candi Borobudur jadi destinasi wisata terkenal di Indonesia (source:pexels.com)

Mengenal Seputar Wisata Keajaiban Dunia

Fakta uniknya, yaitu tidak diketahui dengan jelas pendiri dari candi yang sangat megah ini. Perkiraan dibangun pada masa wangsa Syailendra di tahun 800 Masehi. Dilansir dari Prasasti Canggal, pembangunan candi satu ini bersamaan dengan candi yang ada di kawasan Prambanan. Rentang waktu pembangunan candi satu ini memakan waktu sekitar 50 tahun, sehingga perkiraan waktu selesai pada tahun 850 Masehi.

Fungsi utama dari pendirian bangunan ini, yaitu memuliakan agama Budha yang memakai model alam semesta. Sejarah Candi Borobudur ini dimulai sejak agama Budha masuk ke Indonesia dan adanya keinginan menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu. Tak hanya untuk memuliakan, fungsi dari bangunan ini juga sebagai tempat ziarah umat Budha. Seluruh masyarakat yang melakukan ritual hendaknya masuk melalui pintu di sisi timur dan berjalan melingkar.

Mengulik penamaan candi yang megah ini berasal dari dua kata, yaitu bara dan budur. Bara sendiri memiliki makna kompleks biara, sedangkan kata budur berarti atas. Bila kedua kata tersebut digabung mengandung makna kompleks biara di atas. Hal tersebut selaras dengan pembangunan candi yang berada di atas bukit sebagai kompleks biara yang sangat megah. Kompleks ini dibangun dengan 1460 kompleks khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Pembangunan salah satu keajaiban di dunia ini berawal dari banyaknya pengikut ajaran Budha Mahayana karena dinasti Syailendra sebagai penganut yang taat. Mencari tahu asal usul Candi Borobudur lebih dalam, kita dapat mengetahui fakta bahwa pada masa itu agama Hindu juga sangat kental. Oleh sebab itu, candi ini masih tergolong abu abu ditetapkan sebagai peninggalan suatu agama meskipun hingga saat ini masih dijadikan tempat ziarah saat Trisuci Waisak.

Lokasi wisata satu ini sering kali disalah artikan berada di kota Yogyakarta, padahal salah satu keajaiban dunia ini berada di kota Magelang. Berada tepat di jalan Badrawati dengan akses yang mudah karena terletak di pinggir jalan, sehingga kamu pun tidak akan tersesat. Bila dari arah Kota Tugu, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam memakai kendaraan darat. Setelah itu, kamu bisa menikmati kemegahan dan keindahan bangunan sejak jaman 850 Masehi ini.

Akses ke candi ini dilengkapi dengan kontur jalan yang mudah, sehingga tak perlu khawatir untuk berlibur ke kawasan wisata ini. Candi Borobudur terletak di kota Magelang, meskipun fakta satu ini banyak yang belum tahu termasuk wisatawan lokal. Fakta unik lainnya, candi ini mulai ditinggalkan pada abad ke 14 saat agama Budha mulai melemah dan ajaran Islam mulai masuk. Bahkan bangunan megah ini pun sempat hilang tertutup debu vulkanik saat terjadi bencana alam. 

Akibat letusan gunung berapi, candi yang begitu megah dan besar ini pun tertutup debu dan tampak seperti bukit pada umumnya. Tidak ada yang mengetahui kuburan candi raksasa satu ini, karena ditumbuhi banyak pohon serta semak belukar di sekitarnya. Hingga pada tahun 1814 Masehi, Thomas Stamford Raffles menemukan kembali Candi yang telah terkubur. Thomas merupakan pemimpin dari pemerintahan Inggris yang saat itu mendiami tanah Jawa.

Setelah penemuannya, kawasan wisata ini mengalami pemugaran selama beberapa kali yaitu pada tahun 1882, 1907, dan akhir tahun 1960an. Kemudian, pada tahun 1990, wisata ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Oleh sebab itu, tiket masuk Candi Borobudur mulai ditetapkan untuk semua pengunjung yang datang ke kawasan ini. Harganya pun berbeda antara turis domestic dengan turis mancanegara.

Harga tiket dibandrol 12.500 rupiah untuk anak anak di bawah usia 6 tahun. Sedangkan untuk orang dewasa yang datang ke kawasan ini sekitar 40 ribu tiap orang. Turis luar negeri yang datang dikenai tarif 10 USD untuk anak anak, sedangkan orang dewasa sebesar 20 USD. Harga tersebut belum termasuk diskon bila anda datang secara rombongan.

Rombongan orang dewasa yang datang dengan jumlah 30 orang, maka tarif tiap orang akan di diskon sebesar 10 persen. Begitu pula dengan pelajar yang datang dengan rombongan sejumlah 20 orang juga akan mendapat diskon yang sama. Tips wisata ke Candi Borobudur ini hindari high season agar tidak ada kepadatan pengunjung, sehingga spot foto tidak terlalu penuh. Selain itu, siapkan pula daftar destinasi lain di sekitar wilayah candi agar liburan lebih efektif.

Destinasi Wisata di Kota Magelang yang Tak Boleh Dilewatkan

Destinasi wisata yang digunakan sebagai lokasi syuting (source:unsplash.com) 

1. Punthuk Setumbu

Berada tak jauh dari Candi Borobudur, yaitu sekitar 5 km. tepatnya berada di Karangrejo, Borobudur dengan akses yang cukup mudah meskipun kontur jalan menanjak. Kamu bisa pakai kendaraan roda empat atau dua, dengan kondisi kendaraan yang sehat. Tak hanya itu, pastikan tubuh kamu juga berada dalam kondisi fit agar perjalanan ini terasa menyenangkan dan tidak rugi menempuh jalan jauh serta berliku.

Daya tarik utama dari wisata ini, yaitu panorama matahari terbit yang sangat menawan. Hal ini didukung karena lokasi Punthuk Setumbu yang berada di puncak bukit, sehingga spot lanskap terbentang luas dan sempurna. Wisata sekitar Candi Borobudur satu ini harus kamu dukung dengan kondisi tubuh fit, karena dari area parkir menuju puncak dilakukan dengan berjalan kaki. Jalan yang menanjak cukup membuat kamu lelah bila tubuh tidak dalam kondisi prima.

2. Bukit Rhema Gereja Ayam

Pernah dijadikan salah satu lokasi syuting film Indonesia, gereja ini cukup menarik minat banyak orang. Tak hanya itu, gereja yang ikonik ini berada di area dengan pemandangan indah, sehingga menarik bagi banyak orang. Bila kamu berada di kawasan sekitar salah satu candi terbesar Indonesia, maka tidak ada salahnya bila berkunjung ke tempat ini. Jarak yang harus kamu tempuh dari situs warisan dunia itu sekitar 4 km, sehingga tidak perlu waktu yang panjang.

Lokasi tepatnya kawasan ini berada di Kembanglimus, Magelang sehingga bisa dipastikan anda akan menemukan dusun yang asri. Pasalnya, Gereja Ayam ini berada di tengah pohon pohon hijau yang sangat asri nan sejuk. Tak heran bila kamu sangat menyukai destinasi di dekat Candi Borobudur ini karena dapat menyegarkan pikiran penat. Segala kepenatan bisa segera hilang, baik dari pemandangan maupun udara yang disuguhkan kepada pengunjung. 

3. Pemandian Candi Umbul

Jawa Tengah selalu identik dengan suasana dan hawa yang panas, tetapi di lokasi wisata satu ini kamu akan merasakan suasana yang berbeda. Saat berkunjung ke pemandian air panas yang ada di Kartoharjo ini, kamu justru akan merasa sangat sejuk dan udara yang dingin. Suasana yang ditawarkan pada para pengunjung sangat cocok untuk berendam di air yang panas. Tak hanya panas, air ini juga mengandung belerang yang sangat baik untuk kulit.

Fungsi dari kandungan belerang ini dipercaya ampuh mengobati penyakit kulit dan gatal gatal. Uniknya, aroma khas unsur ini tidak terlalu menyengat sehingga masih sangat nyaman bila dipakai untuk berendam. Tak hanya mengobati penyakit, air panas juga dipercaya ampuh untuk melepas rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh. Sekitar 36 km jarak wisata Candi Borobudur dan sekitarnya yang mampu menarik minat wisatawan ini.

4. Pinus Kragilan

Pesona wisata hutan pinus memang tidak pernah lekang oleh waktu, sehingga pengunjung yang datang pun tak pernah habis. Sebelumnya, lokasi wisata serupa ada di Jogja dan cukup populer di kalangan traveller. Akan tetapi, saat ini juga telah hadir di Magelang dengan panorama yang tak kalah indah serta cantik. Pinus Kragilan hadir untuk warga Magelang yang ingin berfoto dengan latar pohon pohon pinus yang tumbuh rapat dan rapi.

Destinasi wisata ini tergolong baru, tetapi fasilitas di dalamnya tak perlu diragukan lagi. Bagi kamu yang tinggal di Kota Tugu dan ingin menjajal liburan anti mainstream, maka ke lokasi wisata satu ini sangat dianjurkan. Anak kost Jogja pun dapat berkunjung sesekali untuk merasakan lokasi wisata yang jauh berbeda dari kotanya. Perjalanan dari Candi Borobudur hanya sekitar 1 jam melalui jalur darat dengan jarak tempuh sekitar 33 km. 

5. Candi Ratu Boko

candi-borobudur

Ratu Boko salah satu wisata murah meriah untuk anak kosan (source:unsplash.com)

Sedikit melancong ke arah candi terbesar lainnya di Indonesia, yaitu Prambanan. Lokasinya berada di kabupaten Sleman Jogjakarta, tetapi mampu menarik wisatawan dari berbagai wilayah. Candi Ratu Boko dibangun dengan ciri yang sangat unik, yaitu dari bentuk candi, plataran, taman, dan beberapa area khusus. Kamu akan disuguhi plataran luas nan hijau setelah masuk ke areal taman wisata, sehingga akan terasa sangat asri dan sejuk dengan pohon pohon besar.

Tak hanya itu, daya tariknya justru ada di bangunan utama yang berukuran lebih besar. Para pengunjung dapat melihat perbedaannya dengan bangunan disekitarnya, karena didesain dengan arsitektur khusus yang sangat unik. Kamu juga akan melihat areal pemandian yang berada di dalam tembok dan terkesan tertutup. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini, yaitu sore hari dengan spot sunset yang sangat indah di plataran bagian depan.

6. Tebing Breksi

Pada awalnya, lokasi wisata Tebing Breksi merupakan lokasi penambangan batu breksi yang dijadikan sebagai sumber pendapatan utama warga sekitar. Akan tetapi, sekitar 5 tahun silam telah dijadikan sebagai cagar budaya yang dapat dikunjungi oleh masyarakat dengan daya tarik unik. Tempat wisata di sekitar Candi Prambanan ini didominasi batuan berwarna putih yang tinggi menjulang, tetapi saat ini telah cukup asri karena adanya beberapa pohon besar. 

Jawa Tengah masih sangat kental dengan budaya dan adat Jawa, tak heran banyak destinasi wisata yang merupakan peninggalan sejarah. Pada masa silam, candi candi itu dibangun untuk memuliakan suatu ajaran agama. Akan tetapi, saat ini telah dipugar dan dibuka untuk umum, serta dijadikan situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Berlibur ke kota Magelang tak hanya mengintip warisan budaya, tetapi sederet wisata alam pun jadi salah satu pilihan terbaik untukmu. 

Rekomendasi Kost di Jogja

KoolKost Near Hartono Mall Yogyakarta

Kosan yang nyaman dan punya fasilitas lengkap ini berlokasi di Turangga Sari, Blok II, No.9 Condongcatur, Sleman. tepatnya di Jalan Kaliurang. fasilitasnya lengkap ada kasur yang nyaman, lemari pakaian, meja kerja, kamar mandi dalam, parkir area yang cukup luas, ruangan ber-AC, dan penjaga kosan 24 jam.

Cek detail KoolKost Near Hartono Mall Yogyakarta

Kost Bu Jani

Salah satu kosan murah di Jogja dengan suasana nyaman dan asri ini berada di Jalan Klaseman Raya No. B-02 Ngabean Wetan, Sinduharjo. Ngaglik Sleman, Jogja. Untuk fasilitas ada parkiran yang luas, suasana yang asri, kamar sudah dilengkapi tempat tidur dan lemari pakaian, dan juga kamar mandi dalam.

Cek detail Kost Bu Jani

Kost Putri Claudia

Kosan khususu putri ini berada di lokasi Jalan Taman Siswa No.110. Mergangsan Kiduk MG 2/1201 Wirogunan Kec. mergangsan, Kota Yogyakarta. untuk fasilitas ada kasur yang nyaman, lemari pakaian dan kamar mandi dalam.

Cek detail kost Putri Claudia

Kamu bisa dengan mudah cari info kosan di Bandung langsung dari smartphone kamu, caranya buka Aplikasi RedDoorz, pilih Kost Houses lalu masukkan kata kunci Bandung pada kolom pencarian, jangan lupa pilih durasi dan tekan search, maka kamu akan diberikan list Kost di Bandung lengkap dengan harga sewa dan fasilitasnya. Yuk Cari kosan yang sesuai dengan keinginanmu sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×