Loading...

 

Suka nonton youtube tapi khawatir kuota habis? Penyakit ini biasanya jadi masalah utama anak kost yang lagi hemat kuota data karena sedang tidak bisa akses WIFI. Akhirnya, salah satu cara yang paling banyak dijadikan solusi adalah download atau unduh video dari situs streaming Youtube. Sebenarnya, cara untuk download ini tidak sulit. Tapi masih banyak yang masih kebingungan karena cuma pakai HP atau laptop. Penasaran? Yuk cek cara berikut. 

cara download video youtube

Berbagai cara untuk download video youtube (source:freepik.com)

6 Alternatif Cara Mengunduh Video Tanpa Perlu Pusing Melalui HP dan Laptop 

1. Menggunakan Save From Net Dari HP Atau Laptop

Buat kamu yang belum tahu, savefrom.net adalah salah satu situs download video yang tersedia untuk Youtube, Dailymotion, Vimeo, dll. Sangking populernya, tidak heran kalau cara download video youtube yang paling disarankan adalah melalui website ini. Lalu bagaimana caranya? Apa bisa dicoba di HP atau di Laptop? Jawabannya adalah sangat mudah dan bisa dilakukan melalui laptop bahkan Hp sekalipun. 

Sistem dari situs ini adalah melampirkan URL Video yang ingin diunduh alias copy paste alamat halaman youtube yang sedang ditonton. Kemudian, URL itu akan di input ke kolom yang sudah tersedia di savefrom.net. Jadi cara yang pertama adalah buka peramban atau browser laptop kamu. Kemudian buka youtube dan cari video yang mau didownload. Copy alamat link dari youtube tersebut. Lalu meluncur ke website savefrom.net. 

Di website ini, kamu tinggal paste alamat youtube yang sudah disalin tadi. Lalu pilih format dan kualitas video, kemudian klik tombol download. Tunggu hingga selesai, dan video pun siap untuk di tonton. Ada juga cara yang lebih mudah, yaitu dengan menambahkan huruf ‘ss’ tepat di depan url video yang ingin diunduh. Contohnya adalah https://www.ssyoutube.com/watch. Setelah itu tekan enter, dan kamu akan dibawa ke situs savefrom.net.

Tinggal pilih format dan kualitas, kemudian dilanjut dengan klik tombol download. Selesai! Lalu bagaimana cara download video youtube di hp? Langkah dan caranya sama. Kamu bisa buka browser bawaan smartphone untuk liat youtube, kemudian copy dan paste link yang ada di savefrom.net. Tapi buat kamu yang menonton youtube dari aplikasi, maka bisa mendapatkan link dengan memilih tombol share atau bagikan dan ketuk copy link. 

2. Download Video Youtube Jadi MP3 Melalui Ytmp3

Pasti ada dari kamu yang ingin download lagu favorit tapi tidak mau bayar. Biasanya, beberapa lagu menarik juga bisa ditemukan di Youtube. Jadi tidak sedikit yang ingin download video musik tersebut. Lalu bagaimana kalau kamu cuma ingin dengarkan musiknya saja meski tanpa ada video? Biasanya alasan ini datang karena ingin hemat kuota, atau lebih hemat space. Ternyata, kamu juga bisa download video youtube jadi mp3. 

Caranya juga tidak jauh berbeda dengan download video melalui savefrom.net, tapi yang berbeda adalah situs yang digunakan. Salah satu situs yang sangat populer adalah ytmp3.cc. Website ini memang lebih dikenal sebagai alat converter dari video ke musik, namun kamu juga bisa download video youtube dari android melalui website ini. Tahapannya sama, yaitu kamu harus menyalin dan juga menempelkan URL dari video musik yang ingin diunduh. 

Kemudian, masukkan pada kolom yang sudah tersedia di ytmp3. Perlu diketahui bahwa kualitas suara yang muncul akan 100% sama dengan apa yang kamu dengar di video tersebut. Jadi kalau ada suara orang bicara atau akting, maka kamu akan dengarkan hal yang sama. Jika sudah yakin, tempel atau paste URL dari video kemudian klik tombol convert. Tunggu beberapa detik, kemudian akan muncul pilihan download, dropbox, dan convert next. 

Kalau kamu mau langsung unduh, maka pilih opsi download. Tapi jika ingin menyimpannya sebagai file online, maka pilih dropbox. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Kamu juga bisa memilih convert next apabila ada beberapa video lain yang ingin diunduh sebagai musik. Jika ingin mengunduh data gambar bergerak, maka cara download video youtube yang dilakukan hanyalah memilih opsi mp4 yang ada tepat di bawah kolom input.  

3. Download Dari Keepvid Menggunakan Laptop 

cara download video youtube

Download youtube dengan mudah di laptop (source:unsplash.com)

Selain menggunakan savefrom.net, salah satu website yang terkenal aman dan juga sangat umum digunakan adalah keepvid.site. Mengapa harus website ini? salah satu alasannya adalah kemampuannya untuk mengunduh video dari situs streaming sangatlah bervariasi. Mulai dari Youtube, vimeo, soundcloud, viu, vine, dll. Bahkan, keepvid ini sudah lebih dikenal terlebih dahulu sebelum savefrom.net muncul. 

Tahapan downloadnya tidak terlalu berbeda dengan cara download video youtube di pc lainnya. Kamu hanya perlu membuka video yang ingin di unduh melalui browser Mozilla atau Google Chrome. Kemudian, salin alamat url yang ada di atas dan meluncur ke keepvid.site. Di website tersebut, silahkan kamu tempelkan atau paste URL video sebelumnya. Lalu tekan tombol download di sebelah kanan atau tombol download mp4 di bawahnya.

Tunggu beberapa detik, hingga muncul beberapa pilihan ukuran atau kualitas video yang tersedia. Kamu bisa pilih bergantung dengan ukuran video beserta dengan format video yang tertera. Setelah kamu pilih salah satu opsi itu, maka proses download akan berjalan secara otomatis. Jika tidak, maka kamu bisa download dengan menekan tombol dengan ikon tanda panah ke bawah yang ada di sebelah kanan video yang muncul. 

4. Menggunakan Aplikasi Youtube Downloader

Cara yang satu ini hanya bisa berfungsi dengan baik kalau kamu pakai laptop atau PC. karena kamu akan menggunakan salah satu aplikasi terkenal, yaitu video youtube downloader. Sebelumnya, kamu harus unduh dan install aplikasi ini terlebih dahulu di PC yang digunakan. Kamu bisa unduh melalui website resminya secara gratis, yakni di youtubedownloader.com. Pilih tombol download for free untuk proses pengunduhan.

Sudah selesai? yuk dilanjut dengan install youtube downloader tersebut. Klik dua kali file yang sudah diunduh, lalu ikuti persyaratan dan selesaikan proses pemasangan. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut. Di halaman utama tersebut, ada kolom panjang di tempat paling atas sendiri. Di situlah kamu menempelkan URL yang sudah kamu copy sebelumnya. Tunggu hingga beberapa detik, hingga gambar thumbnail video muncul. 

Kemudian kamu bisa atur tipe file dan juga resolusi video dengan menekan tombol tanda panah kecil di samping pilihan download. Setelah itu, cara download video youtube bisa dilanjut dengan menekan button download untuk proses pengunduhan. Ternyata, aplikasi ini juga bisa jadi tempat untuk unduh video youtube menjadi mp3. Kamu hanya perlu pilih opsi download MP3 yang ada tepat di sebelah tombol untuk mengunduh video. 

Proses pengunduhan baik itu persentase penyelesaian, estimasi waktu, hingga kecepatan download bisa kamu lihat di aplikasi ini. Semuanya terlampir dengan jelas di bagian bawah atau kolom besar yang tampak di halaman utama. Di situ pula tertulis semua informasi mengenai data yang sudah kamu unduh. Mulai dari informasi link, waktu unduhan, hingga informasi mengenai besar data yang sudah terunduh. 

5. Menambahkan Addon Atau Extension Ke Browser

cara download video youtube

Memasang Addon video youtube downloader sangatlah mudah (source:freepik.com)

Meski merupakan salah satu cara download video youtube tanpa aplikasi, tapi kamu bisa gunakan pilihan ini di PC atau laptop saja. Pasalnya kamu perlu menggunakan addon atau extension di browser yang digunakan. Addon dan extension sendiri hanya tersedia di browser komputer, karena itulah kamu tidak bisa gunakan smartphone. Cara ini dianggap simpel karena kamu tidak perlu buka website lain, hanya klik tombol download dan proses berjalan. 

Yang perlu dilakukan adalah buka browser atau peramban yang digunakan. Kemudian lakukan pencarian Extension Mozilla untuk browser mozilla, sedangkan lakukan pencarian Google Chrome Webstore di browser Chrome. Setelah itu, masukkan “youtube downloader” pada kolom pencarian yang muncul. Setelah muncul ekstensi yang dicari, klik add to chrome atau mozilla. Tunggu hingga instalasi selesai. 

Apabila proses penambahan ekstensi berhasil, maka akan muncul ikon di bagian atas browser yang menggambarkan addon tersebut. Silahkan kamu coba buka halaman youtube. Addon ini akan memberi satu tombol tambahan di halaman Youtube, yakni tombol download yang tepat berada di bawah video yang sedang diputar. Jika belum muncul, maka coba untuk memulai ulang browser yang digunakan. 

Jika sudah muncul, maka kamu bisa klik tombol itu untuk melakukan download. Biasanya, kamu akan diberikan beberapa pilihan opsi resolusi video yang diinginkan. setelah memilih format dan juga ukuran yang diinginkan, pilih tombol download. Dengan begitu proses video akan segera terdownload secara otomatis. Jika ingin mencoba gunakan ekstensi lain, kamu juga bisa pilih download pro. 

6. Download Subtitle Video Youtube 

Setelah mengetahui beberapa cara baik dengan menggunakan atau tidak menggunakan software download video youtube, lalu bagaimana jika ingin unduh subtitle atau terjemahan di youtube? Perlu diketahui kalau tidak semua subtitle yang ada di youtube adalah bersifat hardsub. Yang dimaksud dengan hardsub adalah terjemahan yang sudah menempel pada video. Pasalnya beberapa video kerap gunakan fitur CC atau close caption. 

CC ini biasanya tidak akan ikut terdownload apabila menggunakan cara download video youtube biasa. karena itu ada cara download video youtube beserta subtitle yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah menggunakan situs yousubtitles.com. Tahapannya pun sama dengan beberapa  cara yang sudah disebut sebelumnya, yaitu dengan copy paste URL video youtube yang mana ingin diunduh dengan subtitle yang ada. 

Pastikan dulu kalau memang video itu memiliki CC atau subtitle. Setelah itu, copy dan paste di kolom pencarian yang ada di yousubtitle.com. Tunggu sebentar hingga muncul beberapa pilihan subtitle yang muncul. Pilih tombol download yang ada di sebelah bahasa yang ingin dipilih. Secara otomatis unduhan akan dimulai. Format file akan berupa srt. Pastikan nama file ini sama dengan video dan juga letakkan di lokasi yang sama agar muncul saat diputar. 

Sebenarnya, kemampuan akses peramban smartphone sudah tidak kalah canggih dengan laptop atau PC. Buktinya, kamu bisa akses situs download gratis dan memasukkan URL video Youtube untuk diunduh melalui smartphone. Bahkan hampir semua cara tersebut bisa dicoba di gawai (kecuali install addon). Yang jelas, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk hemat kuota. Tinggal cari wifi, kemudian download video dan tonton sampai puas di kosan. 

Atau supaya tidak pusing soal kuota kamu bisa cari kosan yang memberikan fasilitas wifi gratis. caranya mudah kamu bisa langsung buka Aplikasi RedDoorz dan cari kosan terdekat dengan kampus kamu kuliah, tinggal buka Aplikasi RedDoorz lalu masuk ke Kost Houses, gunakan fitur Search Koolkost untuk memasukkan nama kota atau universitas tempat kamu kuliah, lalu tekan search dan kamu akan mendapatkan list kosan di dekat kosan yang kamu cari. Info kosan yang diberikan lengkap dari harga sewa per bulan dan juga fasilitas yang diberikan. Cari kosan yang sesuai dengan budget dan keinginan kamu, pastikan yang ada fasilitas wifi gratisnya. mudah bukan? yuk cari kosan yang kamu inginkan sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×