Loading...

 

Walaupun anak kosan memiliki jadwal untuk aktivitasnya, tak jarang kamu mungkin akan merasakan gabut. Bosan menonton film atau bermain game, kamu bisa mengasah kemampuan memasak kamu dengan membuat kue. Ada banyak resep kue yang  bisa kamu jajal tanpa membutuhkan bahan banyak serta alat memadai. Simak ulasan berikut.

resep kue

Kue pie susu salah satu kue favorit anak kosan (source:pexels.com)

Keuntungan yang Kamu Dapatkan dari Membuat Kue Sendiri 

Untuk kamu penghuni kost Jakarta atau kota yang lainnya, tentunya merasakan jika anak kosan suka sekali jajan. Atau jika tidak, pasti ada saja waktu luang yang membuat kamu bosan dan juga jenuh. Tugas menumpuk, tapi rasanya malas sekali untuk beranjak dan mengerjakannya. Kamu bisa mengalihkannya dengan membuat beraneka kue yang mudah.

Ternyata selain mampu untuk memenuhi kebutuhan jajanan kamu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kue yang dibuat sendiri akan terjaga kebersihannya, sehingga akan lebih sehat. Karena dari memilih bahan hingga membuatnya, kamu lakukan sendiri. Berbeda jika membelinya, kamu tidak akan tahu proses pembuatannya seperti apa.

Mungkin banyak yang berfikir jika membuat sendiri akan lebih ribet. Padahal sudah ada banyak resep kue mudah dibuat yang juga praktis dan tidak ribet. Kegiatan membuat kue sendiri di kosan juga akan menyenangkan jika dilakukan bersama teman. Kamu bisa menambah keakraban dan juga meluangkan waktu untuk membuat kue bersama sama.

Menariknya lagi, kamu juga menjadi lebih hemat jika membuat sendiri panganan kamu di kosan. Mengapa lebih hemat? Karena yang bisa menikmatinya tidak hanya kamu sendiri, kamu bisa berbagi dengan warga kosan. Kamu juga bisa menikmati kuenya lebih puas dengan bahan yang tidak banyak. Berbeda ketika membeli, kamu harus membeli dalam jumlah banyak.

Dan harga yang ditawarkan untuk kue kue yang di pasaran tentunya akan lebih mahal. Yang paling menguntungkan, jika hasil kue kamu memang unggulan kamu bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan. Atau paling tidak kamu akan memiliki skill tambahan yang nantinya berguna di masa mendatang. Cukup bermodalkan resep kue mudah di internet dan mencobanya di kosan.

Aneka Resep Kue Mudah dan Praktis yang Bisa Kamu Coba

Setelah tahu keuntungannya, maka tidak afdol jika kamu tidak sekalian mencari resepnya. Kue yang bisa kamu coba tidak hanya kue basah, kamu bahkan bisa membuat kue kering di kosan. Resep kue kering yang bisa kamu praktekkan, bisa kamu jajal tanpa perlu memiliki oven di kosan. Kamu bisa memilih beberapa resep praktis berikut.

1. Cookies 

resep kue

Cookies salah satu kue yang mudah untuk dibuat (source:unsplash.com) 

Siapa yang tidak menyukai kue kering dengan rasa coklat atau bentuk bentuk yang lucu? Tenang saja, kamu bisa membuat kue ini di rumah dengan  resep kue yang sederhana ini. Sebagai langkah pertama, kamu harus menyiapkan beberapa bahan dasarnya. Bahan yang harus kamu siapkan antara lain 80 gram tepung, 4 sdm gula halus, 20 gram mentega, 2 sdm coklat bubuk.

Jangan lupakan chocochips yang akan membuat tampilannya semakin menarik. Bahan bahan yang tidak terlalu banyak ini, bisa kamu dapatkan di toko kue terdekat. Dan yang lebih menyenangkan, tidak ada tambahan telur di dalamnya. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu untuk mencampurkan semua gula bubuk, tepung terigu dan juga cokelat.

Setelah semua bahan tercampur, kamu bisa menambahkan mentega hingga semua bahan tercampur. Untuk memudahkan dalam pencampuran, kamu bisa mencairkan menteganya lebih dahulu. Apabila adonan sudah tercampur sempurna, kini saatnya kamu membentuk adonan menjadi bentuk yang kamu suka. Saat ini juga sudah banyak pencetak kue yang dibeli dengan harga murah.

Tambahkan chocochips pada bagian atasnya agar rasanya makin nikmat. Karena resep ini termasuk resep kue mudah tanpa oven, kamu bisa memanfaatkan wajan. Semua kue yang sudah kamu bentuk, bisa kamu letakkan di wajan anti lengket yang sudah diolesi mentega dan dipanaskan 10 hingga 15 menit. Setelah itu panggang selama 25 sampai 30 menit dengan api kecil.

2. Bolu Milo

Hampir semua orang tidak bisa menolak rasa nikmat dari Milo. Produk susu satu ini, selain bisa dijadikan sebagai minuman yang nikmat, juga bisa kamu sulap menjadi kue bolu yang lezat. Tidak perlu menggunakan oven, kamu bisa memanfaatkan rice cooker yang kamu miliki. Resep kue bolu milo ini juga akan sangat membantu kamu untuk cicipi dessert nikmat.

Bahan bahan yang perlu kamu siapkan juga tidak banyak, yang pertama kamu siapkan 1 sachet Milo yang berukuran 30 gram. Kemudian 1 ½ sdm gula pasir, 2 sdm margarin yang dicairkan, 4 sdm tepung terigu, 1 jumput baking soda, 4 sdm air panas dan juga 3 jumput baking powder. Bahan bahan yang dibutuhkan ini untuk satu porsi bolu dengan cangkir.

Jika kamu ingin membuat lebih banyak, maka kamu cukup untuk menyiapkan bahannya menjadi lebih banyak juga. Setelah bahan kamu siapkan, maka kamu bisa langsung membuat adonan kuenya lebih dahulu. Langkah pertama, kamu harus memanaskan air secukupnya pada rice cooker, alangkah lebih baik kamu memiliki penyangga.

Penyangga ini bisa kamu letakkan pada rice cooker untuk meletakkan gelas atau cangkir kamu. Barulah kamu siapkan mug atau gelas yang akan digunakan. Tuangkan Milo, ditambahkan gula dan seduh dengan menggunakan air panas pada mug. Setelah itu aduk hingga larut dan tidak ada Milo yang menggumpal.

Pisahkan Milo yang sudah dilarutkan tersebut, karena kini saatnya kamu menyiapkan bahan keringnya. Masukkan tepung dan juga baking soda hingga keduanya berpadu dengan merata. Setelah itu, masukkan bahan kering ke adonan Milo yang sebelumnya. Aduk kedua adonan sehingga menyatu serta tidak ada yang menggumpal.

Apabila sudah tercampur, kamu bisa memasukkan cangkir pada rice cooker dan sudah ditutup alumunium foil. Kamu hanya perlu tekan tombol cooking dan masak hingga 30 menitan. Jika nantinya sudah terdengar bunyi klik, kamu bisa cek kematangan dengan tusuk gigi. Menurut resep kue bolu kukus Milo ini bisa kamu nikmati jika sudah tidak lagi lengket.

3. Kue Cubit

Resep Kue yang bisa kamu lakukan di kosan selanjutnya adalah Kue Cubit. Kue satu ini dulu bahkan sempat viral dan kamu juga bisa membuat kue mungil ini di kosan. Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue satu ini tidaklah banyak. Kamu sebaiknya mencari resep kue cubit yang sederhana dan tidak terlalu rumit untuk kamu gunakan.

Tapi perlu kamu tahu, jika dalam proses pembuatan kuliner satu ini memang membutuhkan cetakan. Kecuali kamu ingin membuatnya layaknya pancake, wajan anti lengket sudah bisa kamu gunakan. Untuk bahannya, 100 gram tepung terigu, 100 gram mentega yang dilelehkan, 3 butir telur, 100 gram gula pasir, 1 sdt baking powder, ½ sdt vanilli dan 1sdt perasa.

Perasa yang dimaksudkan, kamu bisa menggunakan pasta pandan atau lainnya sesuai keinginan kamu. Untuk cara membuat kue satu ini, pertama kocok telur dan juga gula pasirnya. Tak perlu menggunakan mixer, kamu bisa mengocok menggunakan garpu hingga mengembang. Setelah itu tambahkan tepung, vanili bubuk dan juga baking powder.

Jika sudah tercampur rata, masukkan mentega kemudian aduk hingga merata. Barulah kamu bisa memasukkan pasta sesuai dengan selera. Tunggu sekitar 15 menit kemudian aduk kembali. Siapkan cetakan dengan mengolesi mentega serta masak adonan menggunakan api kecil. Kamu bisa menambahkan topping setelah kue cubit matang.

4. Pie Susu

Belakangan pie susu juga begitu hits dan bisa kamu coba sendiri di kosan. Pie susu termasuk dalam jajaran resep kue mudah untuk pemula yang sudah banyak dicoba. Untuk membuatnya, kamu bisa menyiapkan beberapa bahan berikut. Bahan untuk kulitnya adalah 1 butir telur, 15 sdm tepung terigu, 6 sdm margarin, 2 sdm gula halus dan juga 1 sdt vanili.

Untuk bagian tengah yang lembut, bahan yang dibutuhkan adalah  1 butir kuning telur, 1 sdm maizena, 1 sdt vanili, 2 sachet kental manis dan juga 2 sdm air. Cara membuatnya, pertama silahkan kamu campurkan semua bahan kulitnya. Kemudian kamu pipihkan pada teflon yang kamu miliki, kamu bisa mencetaknya dengan menggunakan cetakan pie.

Setelah itu panggang sekitar 30 menit dengan menggunakan api yang kecil. Sembari menunggu, kamu bisa menyiapkan bahan B dengan mencampurkan semua bahan. Sebelum memasaknya hingga mengental kamu bisa menyaringnya lebih dulu. Masak bagian ini hingga mengental dan tuangkan pada kulit pie. Panggang kembali hingga semuanya matang.

5. Chocolate Lava Cake

resep kue

Lava Cake salah satu kue favorit dengan lelehan coklat di dalamnya (source:unsplash.com)

Resep berikutnya yang juga bisa kamu buat di kosan dengan ramah kantong adalah Chocolate Lava Cake. Kue coklat dengan bagian yang lumer ini memang begitu menarik perhatian. Menu dessert ini terbilang hits, dan jika kamu menikmati di cafe umumnya harganya sedikit lebih tinggi. Kamu bisa membuat menu dessert ini dengan low budget tapi rasanya tetap enak.

Caranya dengan tidak menambahkan telur pada adonannya. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan cara membuatnya juga begitu mudah. Kamu siapkan saja 4 sdm tepung terigu, 2 sdt cocoa powder, 3 atau 4 sdt baking powder, 8 sdm susu putih cair,  ½ sdm gula, dan 2 sdm margarin cair. Untuk bahan isian terdiri susu putih cair dan 2 sdm choco chip atau coklat batang.

Kamu bisa membuat isinya terlebih dahulu sebelum membuat bagian cakenya. Langkahnya, panaskan susu cair sampai mendidih, dan tuang susu tersebut pada coklat. Pastikan jika susu dan coklat ini tercampur dengan merata hingga berbentuk pasta. Setelah itu kamu bisa mendiamkan pada suhu ruang atau memasukkan pada lemari es.

Barulah kamu bisa membuat cakenya, dengan cara memanaskan kukusannya sebagai langkah pertama. Jika sudah kamu bisa campurkan baking powder, tepung terigu dan cocoa powdernya hingga merata, sisihkan. Selanjutnya masukkan susu cair dan mentega pada wadah yang lainnya. Campurkan kedua bahan kering dan basah, aduk rata.

Campurkan adonan pada cangkir, kemudian masukkan coklat lava di dalam adonan. Tutup sisanya dengan adonan cakenya hingga merata. Kamu bisa langsung mengukus adonan ini selama 25 menit dengan api sedang. Menurut resep kue ini, kamu sebaiknya melapisi tutup kukusan dengan kain. Jika matang, lava cake bisa langsung kamu sajikan dan nikmati.

Dengan memanfaatkan bahan yang ada dan peralatan yang ada, kini tidak sulit untuk membuat kue di kosan. Apalagi saat ini sudah ada aneka resep kue mudah dan praktis yang bisa kamu temukan. Tak hanya kue basah, kamu juga bisa membuat kue kering sebagai persediaan camilan kamu. Dengan begini kegiatan membuat kue bisa dijadikan pilihan saat gabut.

Untuk bisa masak kue ini dikosan, pastinya kamu harus pilih kosan yang ada dapur bersamanya, untuk kamu yang mau cari kosan di Jakarta Selatan dan butuh fasilitas dapur bersamanya, maka kamu bisa cek berapa rekomendasi berikut

Rekomendasi Kosan di Jakarta 

KoolKost Syariah @Kebon Kacang III Street 

Salah satu kosan eksklusif di Jakarta ini terletak di jalan Kebon Kacang III Nomor 67. Jakarta. Dengan fasilitasnya yang lengkap kosan ini menyediakan tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian yang besar, meja belajar dan juga luas kamar yang lebih luas karena posisi tempat tidur ada di bagian atas, ruangan sudah dingin dengan AC, kamar mandi dalam, selain itu tersedia juga layanan laundry, penjaga kos standby 24 jam, dan juga pastinya ada dapur bersama.

D’sasya Syariah Residence 2 

Kosan yang juga punya fasilitas dapur bersama ini berlokasi di Jalan Kramat I No.39 Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Fasilitas yang diberikan seperti kasur, lemari pakaian, meja kerja,kamar mandi dalam, wifi gratis, dapur bersama.

Kost Blok A, Kebayoran Baru 

Kost khusus untuk putra ini berlokasi di Jalan Masjid Darussalam 26-24, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Fasilitas yang diberikan selain adanya dapur bersama antara lain kasur, lemari pakaian, meja kerja, kamar mandi dalam, ada wifi gratis juga, dan ruangan ber-AC.

Itu dia beberapa rekomendasi kosan yang punya fasilitas dapur bersama agar kamu bisa memasak kue atau makanan lain dengan mudah. Rekomendasi diatas didapat dengan menggunakan Aplikasi RedDoorz, jadi bila kamu ingin mencari kosan dengan mudah, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×