Loading...

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata Garut? Yup pasti dodol garut adalah jawaban yang paling sering teringat dari kata garut, Garut memang terkenal dengan dodolnya, tapi bukan hanya soal dodol Kota Garut ternyata juga terkenal dengan banyaknya tempat wisata populer di Garut lho. Untuk anak kosan Garut ini bisa jadi salah satu agenda wajib kamu untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Garut yang terjangkau untuk kantong anak kosan. 

Di Garut sendiri ada banyak jenis tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti wisata alam, taman, danau, curug, pantai dan sebagainya. Apalagi Garut juga salah satu kawasan yang punya dataran tinggi yang sejuk dan juga dataran rendah dengan menjulang panjang tepi pantai di kawasan selatan pulau jawa  yang hangat.

wisata di garut

Wisata di daerah garut identik dengan kawah dan pemandian air panas (source:unsplash.com)

Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Garut

Kompleks Wisata Darajat Garut

Salah satu wisata di garut yang lagi hits yang wajib kamu kunjungi adalah wisata ke Darajat Pass di Garut. wisata garut darajat pass menyuguhkan pemandangan yang indah dan memanjakan mata, dengan udara yang sejuk karena berada di pegunungan tapi disini kamu justru bisa mandi air panas, dengan wahana yang juga banyak yang seru pastinya kamu bersama teman kosan akan betah untuk berendam air panas di sini.

Selain tempat berendam ada juga wahana waterboom yang seru untuk dicoba di kawasan wisata ini. Bila kamu ingin berendam di kamar mandi yang lebih private juga ada dan serunya lagi terkadang kamu sedang mandi air panas disini tiba-tiba diselimuti kabut, karena ini memang daerah pegunungan jadi tidak heran akan ada kabut yang menyelimuti kawasan ini. Sensasi berendam di air panas dengan suasana yang sejuk pastinya jadi pengalaman unik yang akan kamu dapatkan, itu yang membuat wisata garut darajat pass ini jadi wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Garut.

Karacak Valley

Karacak Valley merupakan salah satu destinasi wisata garut terbaru yang menyusun hutan pinus sebagai hal menarik yang ditawarkan kepada wisatawan. Mungkin kini hutan Pinus memang bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan di Indonesia, sama seperti destinasi wisata di bandung yang juga punya tempat wisata kawasan hutan pinus. Selain menarik untuk dikunjungi pastinya Karacak Valley bisa jadi salah satu tempat wisata di garut yang instagramable

Kebun Mawar Situhapa

Untuk kamu yang penasaran dengan kebun Mawar kamu bisa kunjungi Destinasi wisata Kebun Mawar Situhapa, tempat ini memiliki udara yang sejuk dan lengkap dengan pemandangan bunga mawar yang cantik, sayangnya bunga mawar tidak selalu mekar jadi kalau kamu datang ke tempat ini saat bunga mawarnya sedang mekar akan sangat pas sekali.

Kawah Kamojang

Mungkin saat ingin wisata ke garut ada yang bertanya dimana tempat wisata di garut kamojang? Tempat wisata kamojang letaknya tidak jauh dari kebun mawar Situhapa ada kawasan wisata yang punya banyak spot lubang uap panas yang bisa jadi alternatif untuk wisata di Garut. Tidak seperti kawah pada umumnya disini kamu hanya akan menemukan beberapa titik keluarnya uap panas dari perut bumi yang pastinya bikin terkagum-kagum dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia.

Kawah Talaga Bodas

Berbeda dengan kawah Kamojang, Kawah talaga bodas bentuknya mirip dengan wisata kawah putih di Bandung, dengan danau yang merupakan bentuk dari bekas letusan gunung merapi dan air yang menggenang menjadi Danau yang indah dengan latar belakang pegunungan yang menyejukan mata, pastinya bisa jadi spot foto untuk bisa kamu posting di Social media nih.

Gunung Dan Kawah Papandayan

wisata di garut

Bunga edelweiss di gunung Papandayan (source:unsplash.com)

Bagi beberapa orang ingin banget bisa menemukan dan melihat langsung bunga Edelweiss yang merupakan bunga abadi, di kawasan wisata gunung dan kawah papandayan ini kamu bisa lhoe menemukan padang edelweiss yang fenomenal itu, cuman jangan dipetik atau dibawa pulang yah, cukup kamu nikmati berada di sekeliling mereka dan bisa mengabadikannya dengan mereka atau foto selfie, karena bunga ini merupakan salah satu bunga yang dilindungi oleh pemerintah jadi sebisa mungkin jangan pernah membawanya pulang. Selain spot wisata yang memang bagus kamu juga bisa lho mendapatkan moment sunrise di tebing sunrise Papandayan.

Curug Sanghyang Taraje

Hmm apa kamu merasa nama curug ini agak ke-korea-korean. Kalau iya ternyata bukan lho, kata  Sanghyang merupakan sebutan sebagai kehormatan pada dewa zaman dahulu, sedangkan Taraje artinya tangga yang digunakan para dewa untuk pergi ke kayangan, menarik juga. Hal unik lainnya dari curug ini adalah memiliki dua air terjun kembar dengan volume air yang cukup besar. 

Curug Orok

Kalau kamu ingin cari tempat wisata di garut cikajang kamu bisa kunjungi Curug Orok, walau tidak sebesar Curug Sanghyang Taraje, Curug ini pun punya keindahan tersendiri. Untuk bisa sampai lokasi ini hanya butuh menempuh jarak sekitar 300 meter dari jalan utama, dan serunya lagi untuk menuju ke Curug orok ini kamu bisa menikmati keindahan kebun teh selama perjalanan menuju lokasi Curug ini.

Situ Bagendit

Garut memang punya banyak wisata yang berhubungan dengan air, kali ini situ bagendit yang letaknya 4-5 KM dari terminal Garut, kamu bisa naik delman untuk menuju kawasan wisata ini dan disitu ini kamu juga bisa menikmati mengelilingi situ dengan menggunakan perahu rakit atau juga bisa naik bebek-bebekan bersama teman-teman kosan.

Kompleks Wisata Cipanas Garut

Tidak pas rasanya wisata ke Garut tanpa berkunjung untuk mandi air panas, selain terkenal dengan wisata alam pegunungan dan pantantainya, wisata di Garut juga dikenal dengan wisata pemandian air panasnya. Selain pemandian air panas di wisata garut darajat pass, kamu juga bisa mengunjungi salah satu  tempat wisata populer di garut lainnya tepatnya di Komplek Wisata Cipanas Garut. 

Sebagai salah satu destinasi wisata di Garut yang lagi hits, banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk mandi air panas yang sumber airnya berasal dari gunung Guntur, yang merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di pulau jawa. Kamu bisa berendam air panas bareng temen kosan sambil ngobrol hangat mulai dari game android yang sedang mereka mainkan, film streaming yang sedang mereka tonton, sampai tips cari kosan di daerah garut dan sekitarnya.

Untuk cari kost di garut caranya sebenarnya cukup mudah, kamu bisa gunakan aplikasi RedDoorz dan pilih Kost house, lalu masukkan kata kunci garut pada kolom “search KoolKost” setelah itu pilih durasi dan tekan search untuk memulai pencarian. Setelah itu akan muncul informasi Kost di Garut yang lengkap dengan harga sewa dan juga fasilitas masing-masing kosan, jadi kamu bisa compare dan pilih kosan mana yang sesuai dengan budget dan juga fasilitas yang kamu inginkan.

Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Candi Cangkuang terletak di tengah danau kecil atau orang sekitar menyebutnya situ Cangkuang. Situ ini berada di daerah kecamatan Leles yang tidak jauh dari jalan raya saat memasuki kota garut.  Destinasi wisata ini bisa jadi tujuan pertama yang bisa kamu kunjungi, dengan pemandangan situ yang di belakangnya dipadu dengan keindahan pegunungan membuat Wisata kesini begitu nyaman dan sejuk. Untuk bisa ke lokasi Candi Cangkuan kamu diharuskan untuk menyeberang menggunakan rakit yang sudah banyak disediakan di sana, selain itu di daerah ini terdapat kampung Adat yang letaknya berada persis di pinggir Candi, nama kampung tersebut adalah kampung Pulo yang sebagai desa wisata di garut .

Kampung Sampireun

Ingin pergi ke kampung sampireun? Sekilas memang mirip dengans salah satu resort dusun bambu di Bandung. Lokasi ini pun menyuguhkan tempat wisata dengan penginapan di pinggir danau dan semua hal disini sangat tradisional. Sayangnya udara yang sejuk dan suasana romantis justru membuat tempat ini cocok untuk kamu yang ingin honeymoon.Tapi kalau kamu bersama teman teman kosan kamu ingin mencoba fasilitas yang ada di kawasan kampung sampireun ya gak masalah juga menginap disini.

Kamojang Ecopark

Sebagai salah satu tempat wisata di garut terbaru, Kamojang Ecopark masih belum banyak dikenal oleh masyarakat, namun tempat ini memang bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Garut. Dengan keindahan hutan pinus yang mempesona pastinya kamu dan teman kosan kamu akan betah berada di kawasan ini. Selain hutan pinus disini juga menyediakan wahana berpetualang lainnya seperti naik ATV, Flying fox dan lain sebagainya, ditambah ada banyak spot foto yang instagramable yang pastinya buat kamu jadi sering ingin foto-foto.

Pantai Ranca Buaya

Pantai yang Indah ini bisa kamu jumpai dengan mudah, dan aksesnya pun juga sudah bagus untuk bisa sampai ke Pantai ini. Walau di pantai ini kamu tidak bisa berenang karena memang di sekeliling pantai ini merupakan batu karang jadi yang bisa kamu lakukan di pantai ini adalah melihat biota laut di karang yang terkadang terkena air, selain itu pemandangan sunset disini sangat recomended, siap siap untuk berkunjung kesini saat sore hari saat matahari akan tenggelam ya.

Pantai Taman Manalusu

wisata di garut

Menikmati pantai di daerah Garut dan sekitarnya (source:unsplash.com)

 

Salah satu wisata pantai di garut adalah Pantai Taman Manalusu. Pantai ini memang jarang sekali dikunjungi wisatawan, jadi saat kamu berkunjung ke Pantai ini masih akan terasa alami, jika kamu menggunakan kendaraan roda dua untuk mencapai pantai ini butuh waktu sekitar 2,5 jam dari pusat kota.

Pantai Cicalobak

Tidak jauh lokasinya dari Pantai Puncak Guha, ada pantai Cicalobak, tapi memang pantai ini juga tidak seperti pantai pada biasanya, mirip dengan pantai taman manalusu yang masih asri, untuk mendapatkan suasana yang tidak begitu ramai kamu bisa ke Pantai ini saat weekdays.

Itu dia rekomendasi wisata yang ada di Garut yang bisa jadi referensi kamu anak kosan garut yang mungkin bosan di kosan saja dan butuh refreshing dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di Garut yang beragam mulai dari pegunungan sampai pantai ada semua.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×