Loading...

Kediri tidak hanya terkenal dengan gunung Keludnya, belakangan juga terkenal dengan Kampung Inggrisnya. Banyak siswa maupun mahasiswa dari berbagai daerah untuk menempa pendidikan di Kampung Inggris. Jika kamu menjadi salah satunya, berikut beberapa wisata Kediri yang bisa kamu kunjungi untuk hilangkan penat. Simak ulasannya.

wisata kediri jawa timur

Gumul di simpang lima Kediri punya bangunan mirip Arc de Triomphe di Paris (Foto: pixabay)

Destinasi Menarik untuk Wisata di Kediri Jawa Timur 

1. Gunung Kelud

Memiliki banyak waktu luang, tidak ada salahnya kamu untuk mendaki. Terutama untuk kamu yang memiliki jiwa petualang tinggi, destinasi satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Gunung Kelud sendiri memang menjadi salah satu gunung di Jawa Timur yang begitu kondang. Pesona yang dihadirkan tak akan membuat kamu menyesal sudah mengunjunginya.

Gunung Kelud memang menjadi salah satu gunung yang masih aktif hingga saat ini. Tetapi pesona yang ditawarkan memang begitu menggiurkan. Terbagi menjadi tiga zona, yakni Zona Sirkuid Kelud, Zona Produksi dan Zona Agrowisata Margomulyo. Jika kamu ingin menantang adrenalin, kamu bisa mengunjungi Zona Sirkuid Kelud. Tetapi jika kamu ingin bersantai sembari menikmati taman bunga, maka kamu bisa mengunjungi Zona Agrowisata Margomulyo.

Taman bunga dengan berbagai jenis bunga cantik akan memanjakan mata kamu. Sementara untuk zona produksi merupakan sentra kuliner serta oleh oleh. Mengunjung wisata kediri Jawa Timur ini kamu juga bisa berburu spot instagramable.

2. Taman Kilisuci 

Bisa dikatakan jika taman Kilisuci merupakan tempat wisata di kampung inggris pare kediri, karena lokasinya yang dekat. Taman hijau ini menjadi salah satu tempat yang sangat pas untuk melepas penat. Taman ini bahkan sudah sangat terkenal di kalangan siswa yang sedang menuntut ilmu di Kampung Inggris Pare.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati sejuknya udara pagi hari. selain itu juga bisa mencari sarapan yang banyak dijual di kawasan taman ini. Tidak hanya hadirnya suasana tenang di pagi hari, taman ini juga bisa menghadirkan suasana yang berbeda ketika malam hari. Cahaya lampu yang menimpa membuat taman ini berkali lipat lebih cantik.

3. Air Terjun Dolo

Liburan di Kediri belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata kediri satu ini. Air Terjun Dolo menjadi wisata alam selanjutnya yang menghadirkan panorama mengagumkan. Berada di ketinggian 1800 mdpl, udara di sekitarnya begitu sejuk dan memanjakan siapapun yang mengunjunginya. Air terjun Dolo juga terbilang tinggi yakni sekitar 25 meter.

Air yang jatuh dari ketinggian ini memang akan membuat siapapun berdecak kagum. Tempat satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berpetualang, mengingat medannya yang menantang. Tapi semua perjalanan panjang kamu akan terbayar lunas ketika melihat eksotisnya destinasi satu ini. Berbagai hal menarik juga bisa kamu lakukan di air terjun Dolo ini.

4. Gunung Klotok 

Masih berbau wisata alam, Kediri juga memiliki Gunung Klotok yang tak kalah menarik untuk ditaklukkan. Destinasi satu ini tidak setinggi Gunung Kelud, tetapi menikmati pemandangan kota Kediri atas ketinggian bukanlah ide yang buruk. Alamnya yang masih terjaga menjadi nilai plus tambahan yang membuat Gunung Klotok hits di kalangan muda mudi.

Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan yang mengagumkan. Kamu yang gemar berpose di depan kamera, maka tempat satu ini akan menghadirkan banyak spot swafoto yang menarik. Gunung Klotok juga menjadi tempat wisata kediri malam hari yang tawarkan gemerlap lampu menawan.

5. Monumen Simpang Lima

Destinasi wisata di Kediri yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Momen Simpang Lima. Tidak hanya untuk kamu yang sedang berada di Kampung Inggris, destinasi ini juga bisa kamu kunjungi saat main ke Kediri. Terkenal di kalangan wisatawan, Monumen Simpang Lima ini tak pernah sepi pengunjung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Menghadirkan monumen eksotik yang mirip dengan bngunan Arc de Triomphe yang berada di Perancis. Keindahan arsitektur inilah yang kemudian menjadikan Monumen Simpang Lima wajib untuk dikunjungi. Bangunan uniknya ini sangat cocok untuk kamu yang ingin hunting foto. Simpang Lima Gumul begitu mereka menyebutnya menjadi bangunan paling ikonik di Kediri.

Baca Juga: Deretan Pantai di Malang yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Libur Kuliah

6. Taman Hijau Simpang Lima Gumul

Tak jauh dari Simpang Lima Gumul, terdapat area wisata yang baru baru ini dibuka. Ruang hijau terbuka ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat kamu. Kamu bisa duduk duduk di rerumputan yang ada. Berbagai kalangan sering kali mengunjungi tempat satu ini, terutama ketika sore hari pengunjungnya akan menjadi lebih banyak.

Sarana dan prasarana yang ada di taman hijau ini juga terbilang lengkap. Kamu bisa menemukan air mancur dan arena bermain anak anak. Suasananya yang sejuk dan juga nyaman menjadi salah satu daya tarik utamanya. Selain itu kamu juga bisa menemukan gardu pandang yang bisa membuat kamu melihat pemandangan dari ketinggian.

7. Kolam Renang Tirtoyoso

Di Kediri, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan dengan berenang. Terdapat salah satu destinasi wisata kediri yang menawarkan permainan air. Kamu bisa langsung datang menuju Kolam Renang Tirtoyoso. Kolam renang satu ini menjadi tempat favorit warga Kediri untuk habiskan akhir pekan atau musim liburan. 

Bukan hanya karena memiliki fasilitas yang lengkap, kolam renang ini juga berada di lokasi yang strategis. Memudahkan siapapun untuk menjangkau kolam renang satu ini. Berkunjung bersama teman teman tentunya akan memberikan pengalaman berkesan untuk kamu dan teman teman. Apalagi jika kamu memiliki hobi berenang, rasanya sayang melewatkan destinasi ini.

8. Kampung Anggrek 

tempat wisata kediri

Wisata Kampung Anggrek di Kediri punya koleksi bunga cantik yang akan menyegarkan matamu. (Foto: pixabay)

Rekomendasi tempat wisata di kediri yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Kampung Anggrek. Di kawasan wisata ini, kamu tidak hanya akan menemukan koleksi anggrek yang lengkap. Tetapi juga bisa merasakan sejuk udaranya, mengingat lokasi yang berada di kawasan lereng Gunung Kelud. Yang pasti, destinasi satu ini akan menghempas semua penat kamu.

Taman Anggrek menjadi salah satu wisata kediri yang sudah buka pasca adanya PSBB. Sehingga kamu bisa mengunjunginya ketika kamu sedang berada di Kediri. Keindahan bunga bunga anggrek yang ada membuat tempat satu ini didapuk sebagai destinasi instagramable di Kediri. Fasilitas pendukung lainnya juga lengkap, sehingga membuat pengunjung betah berlama lama.

9. Kediri Eco Park 

Mengusung konsep wisata alam, Kediri Eco Park juga menjadi destinasi wisata hits di Kediri. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang menawan dan juga suasana yang membuat betah. Udara yang sejuk lengkap dengan panorama indah memang perpaduan yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Bukan hanya rekreasi, kamu juga bisa mendapatkan ilmu tambahan. Kamu bisa belajar mengenai cara budidaya jamur, pembuatan kompos hijau hingga cara tanam hidroponik. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan fasilitas seperti outbound, perahu kano hingga kolam pemancingan. Kediri Eco Park akan membuat liburanmu berkesan dan tak terlupakan.

10. Bukit Gandrung

Kamu ingin mengunjungi tempat dengan pemandangan indah dan banyak spot foto? Jika iya maka kamu bisa mengunjungi destinasi wisata satu ini. Bukit Gandrung Kediri menghadirkan pesona perbukitan hijau yang membuat siapapun berdecak kagum. Destinasi satu ini memang belum begitu kondang, karena memang masih terbilang baru.

Wisata buatan satu ini menyediakan banyak spot foto yang akan membuat kamu puas berpose di depan kamera. Destinasi instagenik ini begitu hits di kalangan muda mudi di Kediri. Spot Spot unik dihadirkan dengan latar belakang perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Udaranya yang sejuk juga akan membuat kamu betah berlama lama di Bukit Gandrung ini.

11. Bukit Kura-Kura Ongakan

Kediri masih memiliki destinasi wisata yang disuguhkan pemandangan alam dan sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mengunjungi Bukit Kura Kura ongakan yang jaraknya sekitar 37 km dari pusat kota. Sangat cocok dijadikan sebagai destinasi pelepas penat di tengah padatnya aktivitas. Hal ini karena bukit satu ini masih asri dan alami.

Udaranya yang sejuk berpadu dengan gugusan perbukitan yang indah membuat siapapun enggan untuk pulang. Tak hanya itu, dari perbukitan ini kamu juga bisa menyaksikan megahnya air terjun Gajah Mungkur dari kejauhan. Bukit Kura Kura menjadi destinasi wisata yang instagramable dan cocok dijadikan spot untuk berswafoto.

12. Candi Tegowangi 

Di Kediri kamu juga bisa menemukan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Candi Tegowangi menjadi salah satu wisata di kota pare kediri yang menyajikan pemandangan yang berbeda. Lokasinya sangat dekat dari Kampung Inggris, hanya berjarak 15 menit saja. Memang bangunan candi ini tidak lagi utuh, tetapi kamu akan dibawa ke masa lalu dengan melihat candi ini. 

13. Kampung Indian Pare

Destinasi wisata satu ini memang masih terbilang baru, yakni baru dibuka sekitar tahun 2018 lalu. Seperti namanya, di kampung Indian kamu bisa menemukan rumah rumah layaknya milik suku Indian. Menjadi destinasi yang booming, Kampung Indian menjadi tempat yang sangat cocok untuk berswafoto hingga puas.

14. Kediri Water Park

Masih belum puas main di Kediri, maka kamu bisa mengunjungi Kediri Water Park. Banyak permainan air yang melimpah yang bisa kamu jajal. Salah satunya, kamu bisa mencoba water slide yang tingginya mencapai 305 meter dan panjang 206 meter. Wahana wahana lainnya juga tak kalah menarik untuk kamu jajal.

15. Kampung Korea Kediri

wisata kediri

Ilustrasi kampung Korea, salah satu destinasi wisata di Kediri, Jawa Timur. (Foto: pixabay)

Wisata Kediri yang tak bisa dilewatkan selanjutnya adalah Kampung Korea Kediri. Menjadi wisata yang hits, kamu akan diajak seperti di negeri Ginseng sungguhan. Bangunan tradisional Korea hingga suasananya membuat, destinasi ini begitu hits. Kamu bisa menyewa hanbok wisata kampung korea di kediri ini agar nuansa Koreanya makin terasa.

Kampung Korea menjadi destinasi yang menawarkan banyak spot spot swafoto yang melimpah. Setiap sudut selalu saja ada tempat instagramable yang tidak boleh luput dari jepretan kamera kamu. Tidak hanya itu, fasilitas yang ditawarkan juga lengkap dan banyak wahana yang menarik. Kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 10 ribu untuk masuk ke wisata ini.

Untuk kamu para penghuni Kost kediri, atau sedang liburan di Kediri itulah beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa memilih ingin mengunjungi wisata alam atau wisata kekiniannya. Semuanya memiliki daya tarik tersendiri dan akan membuat liburan kamu tidak terlupakan. 

Kalau kamu masih cari kosan di Kediri, kamu bisa gunakan aplikasi RedDoorz untuk mendapatkan list kosan di Kediri dan sekitarnya dengan mudah, caranya buka aplikasi RedDoorz dan pilih Kost houses, lalu masukkan kata kunci Kediri pada kolom “search KoolKost” setelah itu pilih durasi dan tekan search untuk memulai pencarian. Setelah itu akan muncul informasi Kost di Kediri yang lengkap dengan harga sewa dan juga fasilitas masing-masing kosan, jadi kamu bisa compare dan pilih kosan mana yang sesuai dengan budget dan juga fasilitas yang kamu inginkan.

Press Enter To Begin Your Search
×