Loading...

Mengingat sekarang ini kita masih dalam masa pandemi virus Corona, tentu saja menyimpan makanan ringan atau stok makanan harus dilakukan. Tidak terkecuali bagi anak kost, yang dituntut untuk selalu menyimpan berbagai macam stok makanan. Jika Kamu masih kebingungan memilih stok makanan apa yang awet untuk disimpan tanpa harus menggunakan lemari es, berikut akan Kami bagikan ulasannya!

makanan ringan

Keripik pisang salah satu cemilan favorit anak kosan (source:freepik.com)

Rekomendasi Stok Makanan & Makanan Ringan Untuk Anak Kost 

Ada beberapa rekomendasi stok makanan hingga makanan ringan untuk anak kost yang bisa Kamu simpan di kostan, diantaranya sebagai berikut :

Roti Tawar

Walaupun masa penggunaannya tak terlalu lama, namun roti tawar harus dimasukkan ke dalam list stok makanan yang harus selalu ada di kostan. Roti tawar sangat cocok sebagai menu untuk sarapan sebelum Kamu beraktivitas. Tak hanya lebih mudah menghidangkannya, tetapi roti tawar pun sudah terbukti dapat dijadikan makanan pengganjal perut saat pagi hari. Kamu juga bisa menyiapkan roti tawar dengan tambahan selai, untuk menambah rasa sesuai keinginan.

Sereal

Stok makanan lainnya yang cocok disimpan di kosan tanpa membutuhkan kulkas sebagai tempat penyimpanannya ialah sereal. Namun, pastikan untuk memilih cereal multigrain agar kandungan serat di dalamnya lebih tinggi. Tapi, jika Kamu takut sereal yang Kamu simpan di kost-an mudah melempem hingga akhirnya tak dapat dimakan, solusinya adalah dengan membeli sereal pada kemasan kecil saja khusus untuk satu kali penyajian.

Keripik Singkong

Siapa sih yang tidak suka dengan keripik singkong? Ya, camilan makanan ringan yang satu ini memang sangat familier bagi masyarakat Indonesia. Apalagi kini Kamu bisa memilih berbagai varian rasa sesuai selera. Sebab ada aneka pilihan rasa, mulai dari manis, gurih, dan pedas. Bahkan kini Kamu juga bisa membeli makanan ringan pedas keripik singkong. Camilan yang satu ini bisa Kamu beli di warung atau bahkan di toko online sekalipun. Selain itu, camilan ini juga cocok disantap selagi Kamu senggang. keripik singkong juga sering menjadi makanan ringan kekinian dengan berbagai macam bumbu.

Yoghurt

makanan ringan

Yoghurt merupakan salah satu cemilan sehat (Source:freepik.com)

Bagi Kamu yang sedang menjalankan program diet dan makan sehat, maka yoghurt sangat pas dijadikan makanan ringan untuk diet. Produk yang satu ini selain pas untuk program diet, juga sangat cocok sebagai sumber kalsium dan protein. Camilan sehat yang satu ini mengandung bakteri baik untuk mendukung metabolisme dalam tubuh. Jadi, ada banyak manfaat positif yang bisa Kamu dapatkan dengan menyimpan stok cemilan ini di kost-an.

Susu Sereal

Susu sereal bisa dijadikan sebagai alternatif minuman hingga makanan instan sekaligus yang cukup mengganjal perut dan mengenyangkan. Selain itu, cara pembuatannya pun sangat mudah, Kamu hanya perlu menyeduhnya menggunakan air panas saja, lalu diaduk-aduk, tinggal minum deh!

Tidak hanya praktis dan mudah pembuatannya, susu sereal ternyata juga mempunyai nilai gizi cukup tinggi. Namun meskipun cocok dijadikan minuman penahan lapar, Kamu tetap harus makan untuk mengenyangkan perut!

Bubur Instan

Bubur instan juga dapat dijadikan sebagai stok makanan yang harus ada. Sama seperti susu sereal, cara pembuatan bubur instan juga tinggal seduh saja. Kamu juga bisa memberinya topping, sebagai penambah rasa sekaligus untuk menambah nutrisi.

Tapi meskipun makanan ini praktis, mengingat kandungan sodium/natriumnya yang tinggi, jadi jangan sering-sering mengonsumsinya. Kamu bisa mengimbanginya dengan memakan selingan lain yang tentunya lebih sehat.

Aneka Camilan

Walaupun makanan ringan atau camilan kerap dituduh sebagai salah satu penyebab obesitas atau kenaikan berat badan, namun di waktu-waktu darurat camilan sangat bermanfaat sebagai penunda lapar, jika Kamu masih belum menemukan makanan utama. Kamu bisa menyetok camilan sehat, misalnya kacang-kacangan, berupa walnut, almond, kacang mede, kacang tanah, hingga buah kering yang bisa disimpan di kamar kos-mu tanpa membutuhkan kulkas. kacang-kacangan juga cocok sebagai makanan ringan untuk buka puasa.

Keripik Pisang Panggang 

Keripik pisang adalah camilan yang sempurna saat sedang mengerjakan tugas di kost-an ataupun saat sedang nonton. Camilan yang satu ini juga sangat mudah didapatkan. Belum lagi, kini ada banyak varian rasa keripik pisang yang dijual, Kamu bisa memilihnya sesuai selera. jenis cemilan ini juga sering jadi salah satu makanan ringan yang lagi booming.

Sarden 

Sarden termasuk olahan makanan ikan yang sudah diawetkan lalu dikemas dalam bentuk kaleng. Pengolahan sarden ini sangat praktis dan mudah, Kamu cukup memasaknya dan menambahkan potongan tomat atau cabe, serta garam sesuai kebutuhan dan selera. Untuk penyimpanannya sendiri, sarden tak membutuhkan lemari es cukup di dalam suhu ruangan.

Telur Asin

Stok makanan yang bisa Kamu simpan di kost-an lainnya ialah telur asin. Telur asin merupakan telur yang sudah diawetkan lewat proses pengasinan. Dimana Kamu dapat menyimpannya berbentuk telur mentah atau rebus. Selain itu, kamu tak perlu khawatir sebab telur yang sudah diasinkan bisa lebih awet daripada telur biasa meskipun tidak menyimpannya di lemari es. Namun jika Kamu menyimpan telur yang sudah direbus pada suhu ruang, sebaiknya gunakan untuk jangka waktu selama 2-3 hari saja.

Mie Instan

Meskipun mie instan bukan termasuk camilan, tapi sebaiknya Kamu menyetok makanan yang satu ini sesuai kebutuhan saja. Hal ini disebabkan mie instan mempunyai masa simpan sangat lama, selain itu Kamu tidak membutuhkan kulkas sebagai tempat penyimpanannya supaya tetap awet.

Adapun masa penyimpanan mie instan ini biasanya dapat berlangsung selama 1-2 tahun tergantung dari tanggal kadaluarsa setiap produknya. Tidak hanya awet saja, Kamu juga tidak akan kewalahan mengolah makanan yang satu ini di kost-an.

Abon

Abon adalah olahan daging suwir yang diberikan bumbu. Selain daging sapi, abon kini telah tersedia lewat berbagai macam jenis daging, baik itu daging ikan atau ayam dengan beraneka macam pilihan rasa, yang pedas maupun original. Penyimpanan abon juga cukup mudah, sebab Kamu tak perlu menyimpannya di kulkas supaya tetap awet. Penyajiannya pun cukup mudah, hanya perlu menyiapkan nasi hangat saja lalu taburkan abon di atasnya. 

Telur

Telur sangat mudah diolah ke dalam berbagai macam jenis makanan, jadi telur wajib menjadi salah satu stok makanan yang ada di kamar kos. Kamu tidak perlu menyimpannya dalam kulkas, sebab telur bisa disimpan lama pada suhu ruangan. Supaya lebih awet, sebelum disimpan sebaiknya cuci telur tersebut lebih dahulu. Lalu tempatkan bagian yang runcing pada telur di bawah lalu bagian tumpulnya simpan di atas, tujuannya supaya kantong udara pada bagian telur tumpul tetap ada di atas, jadi isi telur tak akan memberikan tekanan pada kantong udara.

Kornet

Kornet merupakan olahan daging yang dicincang dan diawetkan. Kamu bisa mengkreasikan olahan makanan simpel dengan menggunakan kornet, seperti tumis kornet, nasi goreng, kornet goreng telur, dan lain sebagainya. 

Susu Bubuk

Bagi pecinta susu, tentu wajib sekali menyiapkan susu bubuk di kamar kost-mu. Susu bubuk memiliki jangka waktu penggunaan lebih lama daripada susu cair. Selain itu, Kamu tidak membutuhkan kulkas untuk menyimpannya. Namun biasanya kualitas susu ini tergantung dari cara penyimpanannya. Sebaiknya simpan susu bubuk dalam ruangan yang tak terlalu panas, jangan biarkan terekspos di udara agar tetap awet.

Nah, itulah rekomendasi stok makanan dan makanan ringan untuk ngemil yang bisa Kamu simpan di kost-an tanpa memerlukan kulkas. 

Baca juga: 12 Jajanan Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang Termasuk Klepon

Tips Menyimpan Makanan Tetap Awet Tanpa Kulkas

makanan ringan

Temukan menyimpan makanan bisa awet tanpa masuk ke kulkas (Source:Freepik.com)

Mencari kamar kost yang menyediakan kulkas atau lemari es di dalamnya memang tidaklah mudah, sekalinya ada Kamu tentu harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk pembayaran sewa kamar kost. Namun sebenarnya, ketiadaan kulkas di dalam kamar kost sendiri menyulitkan kita saat menyimpan persediaan stok makanan. Tapi, Kamu tak perlu khawatir sebab Kamu masih tetap bisa menyimpan bahan makanan di kamar kost agar tetap awet meskipun tanpa bantuan kulkas. Simak ulasannya di bawah ini :

Rendam Bahan Makanan Dalam Air

Merendam makanan, terlebih sayuran di dalam air bisa membuatnya menjadi lebih tahan lama. Kamu hanya perlu mempersiapkan air di wadah secukupnya. Tapi ingat, jangan perna pakai air hangat, pastikan mempersiapkan air dingin saja. Jika Kamu ingin kesegaran bahan makanan tetap terjaga, tetap konsumsi bahan makanan yang Kamu simpan dalam beberapa hari. Selain itu, pilih sayuran yang akarnya masih menempel. 

Rendam Dalam Air Es

Media lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan makanan agar tetap awet ialah menyimpan bahan makanan tersebut dalam bongkahan batu es yang berukuran kecil. Kamu hanya perlu menyiapkan wadah atau mangkuk berukuran sedang dengan es secukupnya. Lalu masukkan sayuran dan buah yang akan diawetkan. Meskipun makanan yang telah direndam pada es lebih awet, tapi memang sedikit merepotkan sebab Kamu harus terus mengganti es tersebut setiap hari.

Simpan Bahan Makanan Dekat Jendela

Simpan bahan makanan dalam udara dingin, untuk membuat kesegaran makanan tersebut tetap terjaga. Tidak hanya memerlukan air, makanan juga memerlukan udara yang sejuk. Jadi, bagi Kamu yang ada di dataran tinggi sebenarnya sangat beruntung sebab suhu ruangan di dalam rumahku tetap sejuk. 

Jadi, ketika tidak ada kulkas/lemari es, maka Kamu dapat memanfaatkan udara pada malam hari. Letakkan makanan dekat jendela, jadi bisa langsung terkena udara yang sejuk. Jangan simpan makanan di area dekat jendela saat ada cahaya matahari secara langsung.

Jemur Sampai Kering

Sedangkan untuk mengawetkan daging dan ikan tanpa lemari es, Kamu hanya perlu pergi ke luar ruangan lebih dahulu. Dengan memanfaatkan sinar matahari secara langsung. Lalu jemur daging dan ikan yang Kamu simpan selama beberapa hari. Dengan menjemur daging dan ikan membuat kadar airnya akan berkurang, jadi terhindar dari paparan bakteri.

Metode Pengasapan

Kamu bisa mencoba metode pengasapan. Dimana cara ini tergolong cukup tradisional dan sulit dilakukan. Metode pengasapan ini biasanya dilakukan orang-orang di kawasan pesisir saat mengawetkan ikan maupun hasil tangkapan laut yang lainnya. Namun metode ini bisa membuat makanan yang sudah diasap akan awet dalam waktu yang begitu lama.

Nah, cara mengawetkan bahan makanan di atas bisa Kamu pilih yang paling mudahnya saja. Terutama yang paling cocok dilakukan untuk anak kost. Karena bagaimanapun, Kamu tetap harus menyetok makanan ringan dan bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Apalagi selama masa pandemik ini, dituntut untuk tetap menjaga kesehatan dengan kecukupan nutrisi lewat makanan yang dikonsumsi. 

Cari Kosan Pakai Aplikasi

Untuk kamu yang masih bingung cari kosan, kamu bisa pilih KoolKost dari RedDoorz yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, pastinya juga sudah tersebar di dekat kampus terbaik yang ada di Indonesia. Untuk fasilitas sendiri sudah cukup lengkap dengan standar kosan yang sudah ber-AC dan kamar mandi dalam, pastinya akan buat kamu nyaman untuk ngekost di KoolKost.

Cara sewa kosan KoolKost kamu bisa menggunakan Aplikasi RedDoorz dari smartphone kamu, pilih KoolKost dan masukkan nama kota atau Universitas tempat kamu kuliah, setelah itu kamu akan diberikan list KoolKost yang ada di sekitar kota atau kampus yang kamu pilih, lengkap dengan harga sewa dan fasilitas yang diberikan, jadi kamu bisa bandingkan dan pilih yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan.
 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×