Loading...

 

Banyak orang melihat cemilan untuk anak kost itu tidak sehat. Makanan seperti gorengan, makanan instan, frozen food dan snack kemasan merupakan pilihan utama anak kost. Hal seperti ini tentu tidak terlalu sehat. Walaupun membuat kenyang, kolesterol, lemak dan bahan kimia sintetis pada makanan tersebut akan berefek ke tubuh. Hasilnya, anak kost umumnya mudah gemuk, mudah lemas dan kurang konsentrasi.

Untuk alternatif cemilan sehat pilihannya ada banyak. Asalkan anak kost mau meluangkan sedikit waktu, makanan sehat ini bisa dibuat sendiri. Jika mereka adalah anak kost di kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta atau Bandung, bahan – bahan cemilan ini bahkan lebih mudah didapatkan.

cemilan sehat

Makan sehat ala anak kos (source:freepik.com)

Bagi kamu yang tertarik belajar seputar resep cemilan sederhana yang sehat ini, mari bahas 20 pilihan yang bisa kamu coba berikut ini:

Pan Pisang, Pas Jadi Cemilan Sore yang Sehat

Resep pertama ini adalah pan pisang. Pilihan ini adalah alternatif daripada makan banyak gorengan. Untuk membuatnya, kamu cukup kupas dan pipihkan pisang. Oleskan margarin di pan anti lengket dan masak pisang di atasnya.

Margarine akan terserap ke pisang dan hasil pan pada pisang akan membuat lapisan karamel tipis. Setelah bau harum tercium, sisihkan ke piring. Berikan toping keju, susu kental manis atau coklat sesuai selera. Pan pisang ini bisa jadi cemilan sore yang sehat sambil mengerjakan tugas.

Teri Telur, Fleksibel Jadi Lauk dan Cemilan

Teri merupakan sumber gizi yang baik bagi tubuh. Banyak orang mengkonsumsinya untuk mendapatkan manfaat dari mineral, kalsium, zat besi dan bahkan protein. Untuk dikonsumsi sebagai cemilan, kamu bisa mengocok telur sampai mengembang, beri toping teri, potongan daun bawang, parsley, merica dan garam.

Goreng secara deep fry dengan minyak panas. Pastikan sendok satu per satu adonan telur seukuran bakwan. Jika sudah coklat kekuningan, angkat dan tiriskan di atas tisu dapur agar tidak terlalu berminyak. Hidangan cemilan ini memiliki gizi tinggi, mudah dibuat dan enak rasanya.

Singkong Bawang Kukus, Simple Tapi Bikin Kenyang

Makanan singkong mungkin terlihat kampungan. Tapi soal rasa dan harga, singkong ini sangat pas untuk anak kost. Untuk membuatnya, kupas dan rendam singkong di air bumbu rendaman. Air bumbu ini adalah campuran air, garam, merica dan bawang yang dihaluskan. Rendam dalam bumbu ini selama satu malam.

Setelah direndam, masukan singkong – singkong tersebut ke dalam alat kukusan. Masak sekitar sampai empuk. Angkat singkong tersebut dan langsung celupkan di air es sampai meleleh. Jika sudah meleleh, angkat untuk di sajikan. Resep cemilan sehat murah ini tentunya harus dicoba

Mete Coklat, Bisa Jadi Snack Penambah Konsentrasi

Daripada beli snack kemasan, lebih baik buat sendiri snack ini. Mete coklat adalah pilihan yang bisa kamu coba. Untuk membuatnya, goreng kacang mete sampai matang lalu tiriskan. Selanjutnya lelehkan chocolate chips, sedikit susu kental manis dan sedikit bubuk kopi instan.

Setelah campuran coklat leleh encer, celupkan kacang mete ke dalamnya. Coklat akan menjadi coating pada separuh bagian kacang tersebut. Bagian yang tidak ter-coating bisa jadi pegangan untuk makan agar jari tidak kotor saat makan snack ini. Jika ingin lapisan yang tebal, ulangi proses coating setelah cokelat mengeras.

Tofu Kukus Ala Jepang, Sensasi Orientalnya Benar – Benar Terasa

Tofu adalah bahan masakan yang sangat sehat. Jika diolah benar, bahan ini bisa jadi cemilan murah, sehat dan nikmati bagi anak kost. Salah satu resep cemilan sehat yang harus dicoba adalah tofu kukus ala Jepang.

Untuk buat cemilan sehat ini, kamu cukup kukus tofu yang sudah direndam dalam air bumbu. Bumbu ini adalah campuran lada, bawang putih dan garam sedikit. Setelah direndam sekitar 30 menit, kukus tofu tersebut. Kukus hanya sekitar 15 menit saja. Setelah itu, angkat lalu sajikan dengan abon ikan, potongan daun bawang dan kecap asin jepang sebagai toping.  

Cokelat Buah Dingin, Hidangan Unik Segar dan Sedap Tidak Pake Mahal

Jika hanya makan buah sebagai cemilan sehat untuk diet, tentu rasanya membosankan. Jika ingin lebih unik, mengapa tidak coba resep buah dingin ini? Pertama pilih buah yang akan digunakan. Untuk rekomendasi, coba pisang, melon dan mangga. Potong memanjang menjadi seukuran es loli (untuk pisang tidak perlu dipotong jika ukurannya kecil). Selanjutnya tusuk buah tersebut dengan gagang es krim.

Masukan buah tersebut dalam container dan taruh di freezer. Berikutnya lelehkan chocolate chips dengan bubuk susu instan. Keluarkan buah dingin tadi dan celupkan dalam coklat. Karena buah dingin, coklat akan langsung mengeras dan menjadi coating. Cokelat buah dingin siap dinikmati.

Honey Lemon, Cemilan Pas Saat Butuh Vitamin C 

Bagi kamu yang butuh supply vitamin C demi jaga kesehatan tubuh, camilan ini patut dicoba. Pertama Slice buah lemon tipis – tipis. Masukan slice tersebut dalam kontainer yang berisi campuran air, perasan lemon, perasan jeruk nipis (lime), madu dan gula. Simpan dalam kulkas container tersebut selama satu malam.

Di saat badan kepanasan, kurang energi, merasa tidak nyaman dan lesu, keluarkan satu slice lemon tersebut lalu hisap – hisap sampai airnya habis. Sensasi manis, dingin, asam dan kesegarannya pasti akan membangkitkan kembali stamina kamu.

Pancake, Menu Cemilan Pagi yang Sehat Pengganti Sarapan Nasi

cemilan sehat

Sarapan sehat dengan Pancake (source:freepik.com)

 

Pancake adalah cemilan pagi yang sehat jika dikombinasikan dengan toping yang benar. Untuk membuat pancake ini, cukup beli pancake mix instant di supermarket. Jika buat butter dari awal, biasanya rumit. 

Untuk anak kost, cukup cari yang simple dan hanya pikirkan toping yang tepat saja. Pilihan topping yang pas biasanya melibatkan berry, potongan pisang, oatmeal, madu dan maple syrup. 

Untuk membuatnya, ikuti saja instruksi yang tertera pada kemasan pancake mix. Biasanya hal ini melibatkan susu, gula dan bahan pancake itu sendiri. Panaskan pan yang sudah dilapisi margarine dan masukan adonan batter tersebut. Ratakan dan tunggu sampai mengeras. Jika sudah, balik pancake dan tunggu sampai matang. Jika sudah kecoklatan di kedua sisi, angkat dan sajikan bersama toping pilihan kamu.

Kacang Rebus, Bisa Jadi Cemilan Sehat Buat Hangout

Jika begadang, camilan kacang – kacangan bisa jadi pilihan. Tapi daripada beli kacang kemasan yang sudah berpengawet, mengapa tidak buat camilan kacang sendiri. Pilihan kacang rebus tentu sangat tepat. Resep ini hanya perlu proses rebus dan juga tidak ribet. Sebagai pilihan cemilan malam yang sehat anak kost, tentu tidak ada yang lebih baik.

Untuk membuatnya, cukup cuci bersih kacang tanah lalu masukan dalam air rebusan. Pastikan memberi garam sedikit ke dalam air tersebut. Rebus sampai 1 jam lalu tiriskan. Jika sudah cukup dingin, kacang rebus ini siap dinikmati.

Jamur Crispy, Renyah dan Mudah Dibuat

Hidangan ini merupakan pengganti gorengan biasa yang jauh lebih sehat. kamu cukup ambil jamur tiram dan potong menjadi seukuran ibu jari. Cuci bersih dan sisihkan. Pastikan press jamur ini dengan tisu dapur agar tidak terlalu basah dalamnya. Setelah cukup kering, lumuri dengan tepung bumbu serbaguna lalu goreng sampai krispy. Hidangan adalah contoh cemilan sehat alternatif gorengan biasa.

Egg Sandwich, Sandwich Sederhana Teman Anak Kost

Bayangkan kamu adalah anak kost Jakarta yang ingin buat bekal camilan untuk kuliah. Makanan yang tepat untuk ini tentu saja sandwich. Resep sandwich yang murah dan mudah dibuat adalah egg sandwich.

Hidangan ini hanya memerlukan roti tawar, keju slice, telur, margarine dan bumbu sederhana. Pertama. kocok telur yang sudah dicampur garam dan merica. Orak – arik telur tersebut hingga menjadi bulir kecil – kecil.

Selanjutnya susun roti tawar dengan keju slice di atasnya, tuangkan telur orak – arik yang masih panas ke atas keju tersebut. Terakhir taruh roti tawar lagi di atasnya. Press kencang roti tersebut lalu bakar sebentar agar bagian luarnya terlihat kecoklatan. Angkat dan sandwich siap jadi bekal kuliah kamu.

Avocado Toast, Cemilan Trending yang Menyehatkan

Hidangan ini pernah viral di internet beberapa waktu lalu. Hidangan ini terkenal karena simple tapi tergolong cemilan sehat. Untuk membuatnya, haluskan buah alpukat, campurkan dengan garam, air perasan jeruk nipis, merica, potongan bawang merah dan cabe rawit (bisa diganti bon-cabe). Jika sudah rata, sisihkan. Selanjutnya, bakar roti tawar dengan margarine. Setelah matang, oleskan campuran alpukat tadi sebagai toping. Tambahkan potongan daun bawang sebagai tambahan akhir.

Salad Buah, Cemilan Malam yang Sehat Anti Gemuk

cemilan sehat

Salad buah menu sehat yang enak dan simpel (source:freepik.com)

Jika ingin snack sehat, mengapa tidak buat salad buah. Campurkan potongan tomat, mentimun, mangga, strawberry, melon dan semangka ke dalam wadah besar. Tuangkan garam, olive oil  dan biji wijen ke dalam-nya. Toss sampai mencampur rata sebelum di sajikan. Pilihan hidangan ini mudah dibuat dan bisa dikreasi dengan mengganti kombinasi buah yang digunakan.

Soup Buah, Hidangan Segar untuk Melawan Panas

Sop buah bisa dibuat dengan mencampur 3 sampai 5 potongan buah yang berbeda – beda ke dalam kuah segar es. Kuah ini dibuat dengan campuran, air sirup, susu kental manis dan sedikit air kelapa muda. Resep ini cocok sebagai cemilan sehat untuk penderita maag karena ringan di perut, tidak menimbulkan rasa mual dan ada unsur air-nya.

Es Roti Susu, Es Segar yang Mengganjal Perut

Untuk camilan segar dan kenyang, coba saja buat es roti susu. Campurkan satu sendok susu kental manis coklat dengan satu sachet minuman coklat instan. Campurkan dengan sedikit air panas. Setelah tercampur, masukan es batu lalu aduk rata.

Berikutnya potong – potong roti tawar menjadi kotak kecil. Panaskan pan yang dioleskan margarine lalu toast sebentar roti tawar tersebut. Setelah kering mengeras, tuangkan ke mangkuk. kamu bisa siram roti tersebut dengan campuran kuah es coklat yang dibuat tadi. Rasa crunchy dipadu dengan rasa coklat dingin pasti bikin ketagihan. 

Bagaimana menurut kamu tentang resep – resep cemilan sehat anak kost di atas? Sebagian besar resep tersebut memiliki unsur simple dibuat, murah bahannya dan tentunya menyehatkan. Untuk anak kost yang ingin diet, beberapa pilihan di atas juga memenuhi kebutuhan tersebut. Silahkan coba sendiri resep – resep di atas untuk membuktikan kenikmatannya.

Untuk bisa coba masak resep sendiri, kamu bisa masak di dapur bersama di kosan kamu, untuk cari kosan yang ada dapur bersamanya kamu bisa pilih KoolKost, karena selain lengkap dengan fasilitas dapur bersama, KoolKost juga memberikan fasilitas seperti parkir yang cukup luas, wifi gratis, kamarnya sendiri sudah lengkap dengan kasur, lemari pakaian, meja dan kursi, ada juga Televisi LCD, kamar mandi di dalam dan pastinya ruang kamar ber-AC agar kamu bisa dikosan dengan nyaman.

Press Enter To Begin Your Search
×