Loading...

Kota Semarang merupakan salah satu kawasan yang memiliki banyak wisata populer dengan low budget. Untuk itu, bagi kamu yang sedang berkuliah di Semarang tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata di Semarang yang sedang ngehits di kalangan anak muda. Kamu bisa berwisata kuliner atau pun menjelajahi wisata alam untuk melepas penat. Apa saja destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi? Yuk simak selengkapnya.

tempat wisata di semarang

Lawang sewu jadi salah satu icon wisata di semarang (source:unsplash.com)

Tempat Wisata Di Semarang yang Wajib Dikunjungi

kuliah. Bahkan lokasi ini pun memiliki spot foto yang menarik, sehingga mampu menambah galeri Instagrammu.

1. Lawang Sewu

Meskipun bukan anak kost Semarang, pastinya kamu sudah akrab dengan wisata satu ini. Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi ikonik yang wajib untuk kamu jelajahi ketika berkuliah di Semarang. Hal ini dikarenakan gedung di jaman kolonial ini masih menunjukkan auranya yang sangat etnik. Tak hanya itu saja, arsitektur dan gaya bangunannya pun sangat khas masa kolonial. 

Tempatnya yang berada di pusat kota Semarang, membuat kamu bisa dengan mudah untuk menemukannya. Terlebih lagi, tempat wisata di Semarang ini memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau dan ramah kantong. Sehingga, akan sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin liburan tipis tipis di akhir bulan. Kamu pun bisa menjelajahi wisata yang kabarnya memiliki lebih dari seribu pintu ini beramai ramai bersama sahabat.

2. Waduk Diponegoro

Ingin mencari tempat wisata di Semarang murah? Maka Waduk Diponegoro adalah salah satu lokasi yang pas. Pasalnya, kamu bisa masuk ke lokasi ini tanpa dipungut biaya. Untuk kamu yang berkuliah di Universitas Diponegoro pastinya telah akrab dengan tempat satu ini. Memiliki pemandangan yang cukup indah dan sederhana, membuat kamu bisa berjalan jalan maupun sekedar menghilangkan penat dengan suasana yang tenang dan gratis.

3. Lembah Kalipancur

Lembah Kalipancur menjadi salah satu tempat wisata di Manyaran Semarang yang wajib untuk kamu datangi. Wisata ini lumayan ngehits di kalangan remaja dan anak muda. Dengan memiliki konsep pedesaan, tentunya akan menjadi angin segar bagi kamu yang penat setelah melakukan berbagai macam aktifitas harian. Selain itu, ditunjang dengan berbagai fasilitas dan hiburan yang beragam membuat kamu betah berwisata di lokasi satu ini.

Disini, terdapat beberapa fasilitas yang bisa untuk kamu nikmati. Sebut saja seperti kandang rusa yang mana kamu bisa melihat sekaligus memberi makan rusa. Selanjutnya, ada kolam renang dan juga sepeda air yang membuat kamu bisa melakukan aktifitas seru ketika berlibur di lembah ini. Tak hanya fasilitasnya saja yang lengkap, kamu juga akan lebih mudah untuk mencari makanan.

Sebab, ada berbagai macam kuliner yang memang tersedia di tempat satu ini. Meskipun kebanyakan merupakan olahan yang memiliki bahan utama yakni ikan air tawar, namun rasa yang disajikan pada kuliner tersebut tak perlu diragukan lagi. Dengan begitu, kamu bisa menyantap hidangan lezat sembari menikmati wisata alam yang sejuk dan mempunyai panorama yang mempesona ini.

4. Pantai Maron

Tak hanya tempat wisata yang menyuguhkan panorama hijau saja, namun ketika kamu kuliah di Semarang, wisata pantai juga menjadi destinasi yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya, kamu bisa mengunjungi Pantai Maron yang berada di daerah Tugu. Pantai satu ini memiliki keunikan tersendiri. Dimana kamu bisa melihat tumbuhan mangrove yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan lokasi foto.

Dengan adanya mangrove tersebut akan bertujuan untuk menahan abrasi pada air laut. Akan tetapi, pengelola mengubah tempat ini menjadi sangat cantik sehingga kamu bisa berlibur dengan lebih nyaman. Pantai Maron juga menjadi salah satu tempat wisata di Semarang instagramable yang bisa kamu kunjungi. Terdapat beberapa fasilitas penunjang yang membuat hasil swafoto kamu nampak mengagumkan.

Seperti adanya jembatan bambu yang menghubungan dengan beberapa gazebo di setiap sudut. Tentunya akan menjadi spot foto terbaik untuk kamu dan pasangan. Kamu juga bisa untuk berkeliling hutan mangrove dari atas jembatan sambil menikmati hembusan angin pantai yang sangat menyegarkan. Pastinya destinasi satu ini harus masuk ke dalam daftar tempat wisata yang wajib untuk kamu kunjungi.

5. Hutan Pinus

tempat wisata di semarang

Hutan pinus salah satu destinasi wisata alam di semarang (source:unsplash.com)

Hutan Pinus menjadi salah satu wisata alam Semarang yang wajib untuk kamu kunjungi. Berada di sekitar kota, wisata ini tak seperti Hutan Pinus biasa. Di tempat ini, kamu bisa menemukan beberapa macam hiasan yang akan membuat wisata tersebut akan tampak lebih indah. Sebut saja seperti hiasan berupa payung warna warni, kereta gantung dan juga sebagainya.

Adanya hiasan tersebut bertujuan untuk membuat lokasi wisata tampak lebih indah. Tak hanya itu saja, dengan adanya hiasan juga akan membuat kamu lebih betah untuk berlama lama di tempat satu ini. Suasana yang nyaman dan asri akan menjadi nilai tambah saat kamu berkunjung kesini. Kamu bisa mengunjunginya bersama pasangan atau sahabat ketika libur 

6. Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Kampung Krisan Clapar merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang bagus. Selain itu, destinasi ini juga memiliki harga tiket masuk yang sangat murah. Dengan harga sekitar 10 ribu rupiah saja, kamu bisa memasuki destinasi perkebunan bunga krisan ini. Ada berbagai hal yang bisa kamu temukan saat berwisata disini, mulai dari pemandangannya yang sangat mempesona dan ratusan bunga krisan yang cantik.

Bukan hanya itu saja, kamu juga akan mendapatkan fasilitas yang menunjang kebutuhan kamu ketika berlibur. Sebut saja seperti lahan parkir yang cukup luas, air mineral serta yang tak kalah menarik adalah gardu pandang yang akan membuat kamu bisa melihat perkebunan ini dari jarak yang sangat bagus. Bahkan disini, kamu juga bisa melihat bagaimana proses penanaman bunga dengan lebih terperinci dan tentunya menjadi sebuah pengetahuan yang baru.

7. Hutan Penggaron

Tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Hutan Penggaron. Bukan hutan yang penuh dengan satwa liar yang kamu dapatkan, melainkan hutan yang memiliki bentang alam mengagumkan. Hal tersebut dikarenakan tempat wisata ini memakai konsep layaknya hutan dengan tujuan menarik wisatawan agar berkunjung kesini.

Ketika memasuki tempat wisata di Semarang ini, kamu akan disambut dengan suasana yang rimbun dan sejuk. Hal ini dikarenakan banyaknya pohon pinus yang ada di area taman menjadi salah satu spot yang membuat kamu bisa berswafoto dengan pemandangan yang instagramable. Biasanya, tempat ini juga kerap kali dijadikan sebagai lokasi untuk pecinta alam hingga pramuka untuk melakukan berbagai macam pelatihan. 

8. Jembatan Harapan

Rekomendasi tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Jembatan Harapan. Disini, kamu bisa menikmati keindahan kota Semarang di waktu sore. Tak hanya menikmati keindahan jembatan saja, kamu juga bisa mencicipi berbagai macam sajian kuliner kaki lima yang sangat menggiurkan. Tentu saja, harga yang terdapat pada kuliner ini sangat ramah kantong sembari menikmatinya di tempat yang apik ini.

9. Angkringan Gaul Ampiran 3

Jangan ngaku anak kost Semarang kalau belum mencicipi angkringan di tempat satu ini. Pasalnya, wisata kuliner Semarang ini sudah tersohor di kalangan mahasiswa maupun warga lokal. Sama seperti namanya, disini kamu akan bisa mendapatkan menu makanan khas angkringan yang memiliki harga super murah. Menunya yang beragam tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri untuk kamu nikmati.

Mulai dari nasi kucing, aneka macam sate hingga gorengan bisa kamu nikmati saat berada di lokasi satu ini. Namun, konsep dari angkringan ini akan sedikit berbeda dengan angkringan yang biasa kamu temui di jalan. Hal ini dikarenakan kamu bisa menikmati sajian makanan lengkap dengan live music. Serunya lagi, dengan adanya fasilitas free wifi kamu juga bisa makan sekaligus nugas ataupun sekedar bermain game online.

10. Kuliner Simpang Lima Semarang

Kawasan yang menjadi jantung kota Semarang ini memiliki banyak makanan enak yang akan memanjakan lidahmu. Kamu bisa mengunjungi alun Alun yang menjadi salah satu titik pusat dari lima ruas jalan. Disini, kamu akan menemukan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanannya, terutama di malam hari. Sehingga, bagi kamu yang sedang mencari wisata kuliner Semarang, tak perlu bingung karena Simpang Lima adalah lokasi yang tepat.

Ada berbagai tenda yang menyediakan beraneka ragam menu makanan. Mulai dari makanan berat ataupun sekedar jajanan bisa kamu jumpai dengan mudah. Selain itu, kamu tak hanya akan menemukan makanan khas kota ini saja, melainkan makanan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia tumpah ruah di kawasan satu ini. Tak mengherankan, kawasan satu ini tak pernah sepi pengunjung, terutama di akhir pekan.

11. Pantai Baruna

tempat wisata di semarang

Pantai jadi salah satu wisata alam di Semarang (source:pixabay.com)

Tempat wisata di Semarang lainnya yang tak kalah apik adalah Pantai Baruna. Menawarkan keindahan pantai eksotis, kamu pun akan terbuai melihat indahnya lautan biru dan bebatuan yang ada disini. Adanya ilalang dan juga pepohonan rindang di pantai ini, membuat kamu bisa mengabadikan momen indah di kamera. Selain itu, bagi kamu yang kesini dalam keadaan perut kosong, tentunya tak perlu khawatir.

Hal ini dikarenakan banyak penjual makanan ringan yang berada di sekitar pantai. Dengan begitu, kamu bisa mengganjal perut dengan aneka makanan enak yang mengenyangkan sembari menikmati angin pantai yang syahdu. Desiran angin laut yang tenang, juga akan mampu membuatmu betah untuk berlama lama di tempat wisata satu ini. Sehingga, tak ada salahnya untuk mampir kesini ketika waktu senggang ataupun saat liburan kuliah.

12. Benteng Pendem

Benteng Pendem merupakan salah satu destinasi wisata kuno yang bisa kamu temui saat berada di Semarang. Adanya bangunan kokoh yang berdiri di tempat ini, dapat dikatakan menjadi saksi bisu atas pertempuran yang pernah terjadi disana. Selain itu, disini juga bisa merupakan lokasi foto yang menarik, sebab daya tarik kuno dan juga tebing tebing yang tinggi menjadi latar belakang yang sayang untuk kamu lewatkan.

Saat bosan dan penat akan kegiatan perkuliahan, kamu bisa rehat sejenak dengan mengunjungi deretan tempat wisata yang ada di Semarang. Hal ini dikarenakan lokasinya yang dekat dan juga tiket masuknya yang masih ramah di kantong membuat kamu bisa berlibur meskipun dalam budget yang pas pasan. Selain itu, makanan yang dijual di kota ini pun cukup murah dan terjangkau. Sehingga tak akan membuat kantong kamu jebol.

Biar sewa kost di Semarang gak bikin kantong jebol juga, kamu bisa sewa KoolKost dari RedDoorz, kosan dengan fasilitas lengkap tapi harga yang terjangkau dan juga fleksibel, kamu bisa cari KoolKost menggunakan Aplikasi RedDoorz. 

Caranya buka aplikasi RedDoorz lalu pilih KoolKost dan masukkan kata kunci semarang, lalu pilih periode kamu sewa kosan dan klik search, setelah itu kamu akan mendapatkan list KoolKost di Semarang lengkap dengan info harga sewa sesuai dengan durasi yang kamu pilih, bisa harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu juga lengkap dengan info fasilitas yang disediakan di dalam kosan, sehingga kamu bisa pilih kosan yang sesuai dengan budget dan fasilitas yang kamu inginkan.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×