Loading...

 

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan tanaman sebagai salah satu dekorasi untuk sebuah ruangan. Oleh sebab itu, bagi kamu yang masih ngekos dan ingin mendapatkan suasana kamar yang estetik sekaligus eco-green-living, maka deretan tanaman hias ini bisa kamu coba pajang di kamar kosan. Tanaman yang seperti apa? Simak ulasan berikut ini.

tanaman hias

Tanaman hias untuk mempercantik kamar kosan (source:pexels.com)

Berbagai Jenis Tanaman untuk Dekorasi di Kosan

1. Pohon Dolar

Pohon dolar menjadi salah satu tanaman pertama yang bisa membuat kamar kosan terlebih lebih cantik. Memiliki nama latin Zamioculcas zamiifolia, tanaman ini berasal dari Afrika Timur. Pohon dolar sendiri dikenal sebagai jenis tanaman hias yang bisa bertahan dalam berbagai kondisi dan situasi. Bahkan tanaman ini bisa berada pada cuaca yang kering.

Untuk itu, tanaman ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menempatkannya di kosan. Pasalnya, dengan kondisinya yang bisa bertahan dalam cuaca apapun, membuat tanaman ini juga bisa bertahan dalam situasi yang minim terkena sinar matahari. Sehingga, kamu pun bisa menyimpannya di dalam ruangan. Dan sesekali keluarkan dan jemurlah di tempat yang terkena sinar matahari.

Dengan begitu, tumbuhan kamu nantinya tidak akan kering dan mati meskipun berada di dalam kamar kos saja. Akan tetapi, anda tak perlu untuk melakukannya setiap hari. Sehingga, pohon dolar akan sangat cocok untuk kamu yang ingin memperindah ruangan namun memiliki segudang aktivitas.

Tak hanya memiliki cara perawatan yang mudah dan simpel, namun tanaman ini juga mempunyai daun yang mengkilap. Daun tersebut akan berguna untuk membuat sudut ruangan di kamar kos kamu menjadi terlihat lebih cantik dan juga lebih estetik. Untuk itu, tak ada salahnya untuk mencoba membawa pulang tanaman ini dan menjadi dekorasi kos.

2. Monstera

Monstera termasuk salah satu jenis tanaman hias indoor yang akan membuat sudut kamar menjadi lebih cantik. Tumbuhan satu ini merupakan jenis dari tanaman yang memiliki bentuk merambat dan berasal dari Meksiko. Monstera sendiri memiliki karakter daun yang unik. Hal tersebut dikarenakan kamu akan mendapatkan daun yang berwarna hijau berlubang.

Selain itu, daunnya pun akan sedikit mengkilap. Daun yang mengkilap tersebut akan mampu memberikan nuansa kamar layaknya hutan tropis yang sangat asri. Untuk itu, bagi kamu yang ingin memiliki dekorasi berupa tanaman, maka monstera masuk menjadi salah satu kategori yang bisa kamu pilih.

Keunggulan lain yang ada di dalam tanaman ini adalah tak membutuhkan perawatan yang banyak. Kamu bisa dengan mudah untuk merawatnya karena tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. Sehingga, bagi anak kost Depok yang identik dengan cuaca yang panas, kamu bisa tetap meletakkannya di dalam kamar kos saat berada di kampus.

3. Sukulen

Sukulen menjadi tanaman hias kekinian yang populer belakangan ini. Tanaman ini juga tersedia dalam ukuran yang cukup kecil sehingga akan membuat kamu bisa menempatkannya di sudut meja. Selain itu, sukulen sendiri memiliki varietas dan jenis yang sangat beragam.

Kamu pun bisa memilihnya sesuai dengan yang diinginkan. Untuk merawat tanaman ini cukup mudah. Bagi kamu yang ingin sukulen terlihat lebih estetik, maka kamu bisa meletakkan nya di terrarium. Dengan begitu, sudut meja pun akan terlihat lebih cantik dan estetik. Sehingga, ketika kamu belajar akan lebih nyaman dengan melihat sesuatu yang hijau di sudut meja.

4. Kaktus

tanaman hias

Kaktus salah satu jenis tanaman hias yang mudah didapat (source:pexels.com)

Kaktus juga menjadi tanaman hias yang bisa kamu miliki di kosan. Hal ini dikarenakan tanaman kaktus memiliki perawatan yang sangat mudah. Sebab, ketika kamu merawat tanaman ini, maka kamu tidak perlu untuk rutin menyiramnya. Kamu hanya perlu untuk melakukan penyiraman seminggu sekali saja.

Selain itu, kaktus juga memiliki bentuk yang cukup unik. Kamu pun juga bisa meletakkan kaktus di pot keramik kecil yang lucu. Sehingga, nantinya akan membuat kamar akan terlihat lebih cantik apabila terdapat tanaman ini di sudut ruangan. Karena bentuknya yang kecil, kamu pun bisa memilih beberapa jenis kaktus yang memiliki bentuk yang cantik.

5. Lidah Mertua

Selain bisa diletakkan di kamar kos, lidah mertua juga bisa menjadi salah satu jenis tanaman hias outdoor di kosan. Kamu bisa meletakkannya di depan kamar kos di samping pintu, agar ketika masuk ke kamar kamu pun akan menemukan pemandangan sekitar kamar yang hijau dengan adanya tanaman satu ini.

Memiliki nama  ilmiah yakni Sansevieria, lidah mertua juga menjadi tanaman yang sangat digemari oleh pecinta tumbuhan indoor. Hal ini dikarenakan perawatannya yang sangat mudah. Sebab, lidah mertua dapat bertahan dengan setiap kondisi dan cuaca. Oleh karena itu, kamu bisa meletakkannya di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Karena tanaman lidah mertua ini bisa terkena sinar matahari ataupun tidak terkena sama sekali. Hal lain yang membuat tanaman ini terlihat unik adalah lidah mertua merupakan tumbuhan yang mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah banyak di malam hari. Untuk itu, kamu bisa meletakkannya di kos dengan pot unik sebagai dekorasi ruangan.

6. Janda Bolong

Janda bolong merupakan tanaman hias yang booming 2020 dan memiliki nilai yang cukup fantastis. Bayangkan, satu lembar daunnya saja, kamu harus merogoh kocek sekitar 15 juta. Apabila di dalam satu tanaman terdapat sekitar 7 daun saja, maka kamu pun bisa mengeluarkan uang lebih dari 100 juta untuk membeli tanaman ini.

Dengan memiliki harga yang terbilang cukup tinggi ini, tentunya karena alasan tertentu. Hal yang mendasar mengapa tanaman hias janda bolong sangat mahal dikarenakan tanaman ini masih sangat langka. Sehingga, ketersediaannya pun cukup sedikit. Untuk itu, tanaman ini bukan menjadi tumbuhan yang cocok dirawat anak kosan.

7. Tradescantia 

Tradescantia merupakan salah satu tanaman hias gantung yang cocok untuk dekorasi interior kamar kos kamu. Tumbuhan satu ini memiliki ciri ciri daun yang bercorak garis garis. Ditambah lagi dengan bermacam macam warna yang terdapat di daun tersebut akan menjadi daya pikat tersendiri bagi pecinta tanaman hias.

Adapun warna yang biasanya terdapat pada Tradescantia ini adalah warna putih, ungu, hijau dan juga silver. Uniknya lagi, ketika anda merawat jenis tanaman satu ini, ia dapat tumbuh dengan mudah di segala kondisi lingkungan. Namun, ada hal yang juga harus kamu perhatikan ketika merawat tanaman satu ini.

Dimana kamu perlu untuk selalu menjaga akar dari tradescantia agar tidak rusak. Tanaman gantung yang indah ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu dekorasi indoor untuk kos kamu. Dengan adanya kesan hijau pada ruangan, akan membuat kamar terasa lebih sejuk dan mampu untuk menenangkan pikiran.

8. Tillandsia

Tillandsia merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah untuk dirawat di kosan. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan ini tidak membutuhkan tanah untuk bisa bertahan hidup. Sehingga, tentu saja Tillandsia akan menjadi tanaman yang cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka memelihara tanaman tapi ingin mendekorasi ruangan dengan kesan hijau.

Tanaman kecil satu ini bisa kamu rawat di media terrarium yang telah dilubangi. Sehingga nantinya Tillandsia dapat bernafas dan mendapatkan sirkulasi udara yang pas. Kamu juga bisa meletakkan tumbuhan satu ini di pot kayu yang simpel. Dengan begitu, kamar pun akan terkesan etnik dan segar.

9. Tanaman Besi Cor

Dikenal dengan sebutan cast iron plant, tanaman ini menjadi salah satu tumbuhan indoor yang populer bagi sebagian orang. Hal tersebut dikarenakan tanaman besi cor dapat hidup dengan berbagai kondisi cahaya. Oleh sebab itu, tumbuhan ini sangat pas apabila kamu ingin merawatnya di dalam kosan.

Kamu hanya perlu menaruhnya di pot keramik lucu yang berwarna putih dan minimalis. Lalu daunnya yang panjang akan terlihat sangat cantik apabila kamu meletakkan di dekat pintu ataupun sudut ruangan kamar kamu. Dengan begitu, sudut tersebut akan berubah menjadi salah satu spot aesthetic yang bisa kamu miliki di dalam kamar.

Baca juga : Ide Kerajinan Dari Bahan Bekas

10. Lidah Buaya 

tanaman hias

Lidah buaya bisa jadi salah satu pilihan tanaman hias di kosan (source:pexels.com)

Tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit ini ternyata juga menjadi salah satu tanaman hias yang cocok untuk kamu rawat di dalam kamar kos. Kamu bisa memilih lidah buaya yang memiliki ukuran kecil dan meletakkannya di dalam pot minimalis dengan desain yang cantik dan simpel.

Kemudian, kamu bisa meletakkannya di ambang jendela. Terlebih lagi, jika kamar kostmu langsung menghadap ke balkon ataupun taman di depan jendela. Pastinya lidah buaya akan tampak lebih cantik apabila di posting di sosial media. Selain menambah kesan hijau, kamu juga bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk merawat kulit agar tetap cantik.

11. Chinese Money

Jenis tanaman hias indoor ini memiliki bentuk yang sangat unik dan lucu. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan ini mempunyai bentuk daun bundar dan cocok untuk kamu letakkan di sudut jendela kosan. Akan tetapi, tumbuhan jenis ini cukup jarang ditemukan dan sulit untuk didapat.

Namun, kamu tak perlu khawatir sebab tanaman tersebut dapat tumbuh dengan sangat mudah dan kamu juga bisa memperbanyaknya. Caranya adalah dengan menyetek tanaman Chinese Money yang dimiliki oleh teman kamu. Sehingga, kamu pun bisa mendapatkan tanaman yang cantik ini untuk dekorasi di kamar kos.

12. Bunga Kaktus Anggur

Berbeda dengan kaktus yang biasanya kamu temui, tanaman hias bunga kaktus anggur memiliki bentuk daun yang sekilas akan mirip dengan buah anggur. Oleh sebab itu, tumbuhan ini sering kali disebut dengan kaktus anggur. Tanaman hias gantung ini masih satu jenis dengan keluarga kaktus kaktusan.

Karena itu, kamu pun bisa merawatnya dengan lebih mudah. Sebab, tanaman ini juga akan menyimpan air pada daun dan batangnya dalam kondisi yang cukup banyak. Dengan begitu tanaman gantung satu ini pun bisa tahan dalam kondisi cuaca yang panas. Dan kamu pun tidak perlu terlalu sering untuk menyiramnya. Kamu pun bisa meletakkannya di depan kamar kos yang terkena sinar matahari langsung.

Itulah beberapa jenis tanaman yang cocok untuk dekorasi kosan kamu. dengan memiliki tanaman di dalam kos, akan membuat suasana kamar menjadi lebih hijau dan asri. Selain itu, kamu juga akan bisa mendapatkan kamar yang memiliki tampilan estetik. Tentu saja, kamar kos pun akan semakin bagus untuk digunakan berfoto.

Untuk kamu yang sedang mencari kosan di Depok, salah satu rekomendasinya adalah KoolKost Near Margo City Mall. Kosan yang jaraknya 600 meter dari Margo City ini punya fasilitas lengkap seperti kasur, lemari yang cukup besar, meja kerja, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, dilengkapi juga dengan adanya Televisi di dalam kamar, lalu ada juga fasilitas wifi gratis, parkiran yang cukup luas, dan juga keamanan kost yang terjaga. Kosan ini beralamat di Jalan Karet, No.17b Depok.

Untuk mencari rekomendasi kosan di Depok lainnya kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses lalu gunakan fitur search KoolKost dan masukkan kata kunci seperti Depok, atau nama daerah yang ada di depok, serta kamu juga bisa menggunakan nama Universitas tempat kamu kuliah. setelah di search kamu akan mendapatkan list kosan di Depok lengkap dengan harga sewa dan juga fasilitas yang diberikan.

Press Enter To Begin Your Search
×