Loading...

 

Beberapa waktu belakangan, video editor tengah menjadi salah satu profesi yang banyak diincar oleh generasi muda tidak terkecuali anak kost Bandung sekalipun. Harapan tersebut semakin dipermudah dengan banyaknya aplikasi edit video yang sudah dapat dioperasikan secara gratis. Berkat berbagai fitur canggih serta sedikit sentuhan kreativitas, hasil videonya tampak menarik dilihat. Berikut sederet aplikasi khusus edit sebuah video terbaik yang bisa kamu gunakan. 

edit video

Edit video menggunakan premiere pro untuk dapat fitur editing yang lengkap (source:unsplash.com)

Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

1. Adobe Premiere Pro 

Siapa yang tidak mengenal aplikasi populer bernama Adobe Premiere Pro ? Aplikasi edit video PC gratis terbaik ini bahkan sudah digunakan oleh para editor profesional, yang berarti tidak perlu diragukan lagi kehebatannya. Banyak pula Youtuber yang memanfaatkan aplikasi ini agar tampilan videonya lebih menarik dan ditonton oleh banyak orang. Kehebatannya tersebut didapatkan dari banyaknya fitur canggih yang sudah tersematkan di dalam aplikasi tersebut. 

Hanya dengan menguasai aplikasi ini, ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu kerjakan sekaligus seperti membuat video profile hingga membuat musik video klip. Semua pekerjaan profesional tersebut sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena semua kebutuhan editing sudah tersedia disana. Selain dihadirkan dalam versi gratis, pengguna juga bisa berlangganan setiap bulannya untuk menikmati fitur yang lebih lengkap. 

2. Cyber PowerDirector 

Software edit video terpopuler selanjutnya jatuh kepada Cyber PowerDirector. Aplikasi satu ini memiliki ukuran cukup ringan, sehingga dapat dioperasikan di PC maupun laptop dengan spesifikasi menengah tanpa ditemukan hambatan. Pengguna pun tidak menemui kesulitan untuk mengoperasikannya, sebab cara edit video terbilang cukup mudah dan terbantu dengan banyaknya fitur canggih yang siap membantu pekerjaanmu.

Lewat aplikasi ini pengguna bisa melakukan editing video manual sesuai dengan kreativitas berkat kehadiran chroma key, fitur 360 video editing, color adjustment, hingga motion tracking. Sedangkan bagi pemula yang baru saja terjun ke dunia editing pun tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi ini, sebab tersedia fitur khusus bernama Express Projects yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dengan mudah dan cepat. 

3. DaVinci Resolve

Apabila kamu membutuhkan aplikasi edit video terbaik yang dapat diunduh secara gratis serta dilengkapi fitur mirip Adobe Premiere Pro, maka mengandalkan aplikasi bernama DaVinci Resolve adalah pilihan terbaik. Benar, aplikasi editing satu ini tengah naik daun sejak tahun 2020 berkat kecanggihan yang ditawarkannya. Tengah hangat diperbincangkan, pasalnya hasil editingnya tidak boleh dipandang sebelah mata. 

Beberapa fitur yang tersedia di dalam aplikasi DaVinci Resolve seperti fitur multicam edition, motion graphic, fitur audio mixing, dan masih banyak fitur canggih lainnya. Semua fitur yang disediakan dirasa mampu memenuhi kebutuhan para editor pemula maupun profesional. Tarif berlangganan dirasa cukup murah, sehingga sangat cocok bagi anak kost yang bercita cita menjadi editor video namun budget yang dimiliki masih terbatas. Apakah kamu tertarik menggunakannya ?

4. Sony Vegas Pro 13 

Sony Vegas Pro 13 masuk dalam deretan aplikasi edit video di laptop yang wajib kamu gunakan. Bukan tanpa alasan, pasalnya semua fitur editingnya mudah dipahami bahkan oleh para pemula sehingga berbagai efeknya dapat diterapkan dengan maksimal. Aplikasi garapan Sony ini tidak boleh disepelekan, mengingat hasil editingnya sudah bisa diacungi dua jempol. Wajar jika para editor tertarik untuk menguasai aplikasi canggih satu ini.

Kamu juga diberi kesempatan untuk mengoperasikannya secara gratis tanpa mengeluarkan dana sedikitpun. Namun jika tertarik menguasainya dan mencoba berbagai fitur secara lengkap, maka berlangganan bisa menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan. Meski harus mengeluarkan dana sedikit lebih tinggi, dijamin pengguna tidak akan pernah menyesal telah berlangganan aplikasi canggih ini. Sebab semua kebutuhan editing sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan. 

5. Wondershare Filmora

Apabila edit video di hp masih belum memuaskan, cobalah untuk menggunakan aplikasi Wondershare Filmora sebagai solusinya. Sebenarnya aplikasi satu ini merupakan hasil pengembangan dari aplikasi edit video di Android, sehingga memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan para kompetitornya. Para pemula pun tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi ini, sebab sudah tersedia tutorial resmi yang sudah bisa ditonton di channel Youtube Filmora. 

Sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, pasalnya semua fitur yang tersedia di Wondershare Filmora dapat diakses tanpa ada tapi. Ukurannya pun cukup ringan, sehingga ramah diinstall di PC maupun laptop kesayangan tanpa menimbulkan crash ataupun masalah serupa. Meski semua fiturnya dapat digunakan, sayangnya hasil editing akan muncul watermark yang hanya hilang ketika kamu berlangganan aplikasinya. Apakah tertarik menggunakannya ?

6. Avidemux Video Editor 

Avidemux Video Editor merupakan salah satu aplikasi mengedit sebuah video yang bisa kamu andalkan. Lewat aplikasi canggih ini, penggunanya bisa melakukan berbagai aktivitas editing dengan mudah dan cepat. Mulai dari memotong video, menyisipkan video lain, menambahkan backsound, dan berbagai fungsi dasar lainnya agar tampilan video menjadi lebih menarik. Tidak mengherankan jika pemula tertarik menjadikan aplikasi untuk edit sebuah video.  

Avidemux Video Editor juga mendukung berbagai jenis format penyimpanan seperti MPEG, DVD, AVI, MP4, ASF, dan masih banyak format penyimpanan video lainnya. Sebelum mengunduhnya, pastikan perangkatmu telah dibekali dengan Windows 7 atau versi OS yang berada di atasnya agar kompatibel dan dapat dioperasikan tanpa adanya hambatan. Berkat semua tawarannya, aplikasi ini pun cocok digunakan oleh anak kost yang ingin menjadi Youtuber. 

7. Imovie 

edit video

Edit video kini juga bisa pakai tablet / smartphone (source:unsplash.com)

Bagi kamu yang ingin mencoba berbagai fitur editing video, maka menggunakan aplikasi Imovie bisa menjadi pilihan tepat. Ada beberapa fitur yang sudah tersematkan di dalam aplikasinya seperti penyuntingan video, menambahkan tema transisi sesuai keinginan, menambahkan berbagai efek untuk meningkatkan kualitas video, dan masih banyak fitur canggih lainnya. Uniknya aplikasi ini dapat dioperasikan di semua perangkat Apple seperti MacBook, iPhone, dan iPad.

Video hasil editingnya pun dapat diacungi jempol, karena pengguna dapat menambahkan efek suara ataupun fitur unik lainnya yang dapat diakses langsung dari contec library. Berkat keunggulannya tersebut, pengguna dapat memaksimalkan fitur uniknya demi menghasilkan video yang jauh lebih menarik sebelum proses render dilakukan. Pengguna juga bisa menggunakan fitur share ke berbagai platform agar hasil editing ditonton masyarakat luas. 

8. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor masuk dalam jajaran aplikasi multimedia yang tidak kalah menarik digunakan. Dihadirkan dengan tampilan sederhana, membuatnya cocok dioperasikan oleh para pemula yang baru saja terjun di dunia editing video. Sedangkan ukuran aplikasinya sendiri relatif kecil, membuatnya begitu ringan ketika dioperasikan di laptop maupun PC dengan spesifikasi menengah ke bawah. 

Aplikasi ini pun menyokong penyimpanan dengan berbagai format seperti MPEG, MOV, MP4, AVI, dan masih banyak format video lainnya. Dengan kata lain, hasil editing tersebut kompatibel dengan berbagai aplikasi pemutar video yang kamu gunakan. Proses editing pun berjalan lancar berkat kehadiran berbagai fitur canggihnya. Agar tampilan video lebih menarik, tambahkan sedikit bumbu kreativitas dan memanfaatkan berbagai fiturnya dengan maksimal. 

9. Windows Movie Maker

Apakah kamu berencana menjadi Youtuber namun masih belum mahir dalam mengedit sebuah video ? Tidak perlu resah, karena permasalahan tersebut dapat terselesaikan berkat kehadiran Windows Movie Maker. Pekerjaan edit video Youtube pun menjadi dua kali lebih mudah, karena aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang dapat dioperasikan kapanpun dibutuhkan.

Beberapa fitur yang dimaksudkan seperti menggabungkan audio, perubahan transisi, hingga cutting video sudah tersedia disini. Meski kualitas editing video masih jauh dari kata sempurna, namun aplikasi ini sangat cocok dioperasikan bagi anak kost yang baru saja berkecimpung di dunia editing khusus video. Ukuran software Windows Movie Maker juga tidak terlalu besar, sehingga tidak akan memberatkan kinerja komputer maupun laptop yang dikenakan. 

10. Pinnacle Studio

Jika kamu mendambakan aplikasi edit khusus video yang dapat diandalkan, maka unduhlah Pinnacle Studio bisa menjadi jawabannya. Aplikasi canggih ini mudah dioperasikan bahkan untuk para pemula sekalipun, sehingga tidak mengherankan jika developer Pinnacle Studio telah berhasil membawa sejumlah penghargaan. Berdasarkan goresan prestasi yang pernah didapatkan, masyarakat pun tidak merasa ragu untuk mencoba mengoperasikannya. 

Proses mengedit sebuah video pun semakin menyenangkan, berkat kehadiran sejumlah fitur canggihnya yang dapat memudahkan proses editing. Tampaknya aplikasi ini tidak bisa dipandang sepele, sebab dibalik ukurannya yang mungil ternyata mampu menghasilkan video real time 3D yang tentunya tidak bisa ditemukan pada aplikasi populer lainnya. Setiap fiturnya akan selalu mengalami update dalam jangka waktu tertentu, sehingga kamu tidak perlu ragu menggunakannya. 

11. AVS Video Editor 

Jika kamu membutuhkan aplikasi terbaik untuk mengedit sebuah video namun memiliki ukuran yang cukup ringan, tampaknya AVS Video Editor bisa diandalkan. Dihadirkan dengan tampilan cukup interaktif dan mudah dioperasikan, dijamin kamu tidak akan menyesal telah mengunduhnya di perangkat kesayanganmu. Tidak perlu takut terjadi crack ataupun masalah serupa, karena aplikasi ini memiliki ukuran yang terbilang cukup kecil dibandingkan kompetitornya.

Sedangkan dari segi fiturnya sendiri terbilang cukup lengkap dan terus diperbarui yang membuatnya begitu menarik untuk digunakan. Tidak berhenti sampai disana, pasalnya aplikasi ini memiliki fitur unggulan bernama video cache. Berkat kehadiran fitur tersebut, proses penyuntingan pada video Full HD sudah bisa dilakukan dengan cepat dan lancar. 

12. Camtasia

Aplikasi edit video terbaik lainnya jatuh kepada Camtasia. Meski tergolong aplikasi yang jarang digunakan, bukan berarti kamu bisa menyepelekan kehebatan yang ditawarkannya. Dibandingkan software editing khusus video lainnya, dapat dikatakan bahwa Camtasia memiliki ukuran yang tergolong ringan dan dapat dioperasikan pada laptop dengan spesifikasi menengah ke bawah tanpa ditemui masalah berarti.

Pekerjaan mengedit sebuah video pun terasa lebih mudah berkat kehadiran sejumlah fitur canggihnya. Bahkan beberapa fitur tambahannya diberikan tutorial penggunaan untuk memudahkan penggunanya. Aplikasi edit video ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mencoba selama 30 hari sebagai bentuk pelayanan terbaiknya. Jika lebih dari sebulan dan kamu tertarik menggunakannya, maka berlangganan bisa menjadi alternatif terbaiknya. 

Mimpi menjadi seorang editing video profesional tampaknya selangkah lebih dekat berkat kecanggihan teknologi yang terus berkembang. Bagaimana tidak, kini sudah banyak aplikasi edit video online maupun offline yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bahkan di setiap aplikasinya telah dibekali berbagai fitur canggih demi menghasilkan video jauh lebih indah. Kini tugasmu untuk mendalami salah satu aplikasinya dan dapatkan keuntungannya. Untuk mencari referensi editing film kamu bisa nonton film yang beragam agar teknik editing kamu semakin kaya.

Untuk kamu yang mau ngekost di Bandung, mungkin bisa cek rekomendasi kosan di Bandung di bawah ini

Rekomendasi Kosan di Bandung yang Harga Sewanya di Bawah 1 Juta

Kost Arief

Kosan ini harga sewanya kisaran 600 ribu / bulan, lokasinya berada di jalan Jatisari I , Kec. Buah batu. Kota Bandung. Fasilitasnya standar kosan pada umumnya ada kasur dan kamar mandi di luar.

Kosan Alkhalifi

Kosan ini terletak di jalan Sersan Surip No.168/169 A Rt.01/04 Setiabudi, Bandung. Fasilitas yang diberikan ada kasur, lemari pakaian, kamar mandi, dapur bersama. untuk bisa sewa kosan ini sebulan kamu butuh budget sekitar 750 ribu.

Kos Karyawan & Mahasiswa Near Univ. Widyatama

Untuk kamu yang kuliah di Universitas Widyatama mungkin kosan ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat, Lokasinya berada di Jalan Babakan Baru Rt.07/03 No.224 Sukapada Kec. Cibeunying Kidul Kota Bandung. Dengan fasilitas yang diberikan seperti kasur, meja kerja, lemari, kamar mandi di luar dan suasana yang homey. Biaya sewanya kisaran 750 ribu per bulan.

Itu dia rekomendasi kosan di Bandung dengan budget dibawah 1 juta per bulan. Kalau kamu ingin mencari rekomendasi kosan di Bandung lainnya, kamu bisa gunakan Aplikasi RedDoorz dan pilih Kost Houses dan masukkan kata kunci Bandung pada fitur Search KoolKost, untuk mulai mencari kosan di Bandung.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×