Loading...

Bagi anak kost, begadang seakan menjadi gaya hidup yang terus berulang setiap harinya akibat dari beberapa faktor. Entah karena tugas yang menumpuk atau bahkan karena terlalu asyik menonton drama dan bermain game bersama teman selalu menjadi alasan klasik. Jika kebiasaan buruk tersebut terus berlanjut, efek begadang perlahan akan muncul dan mulai mempengaruhi kesehatan tubuhmu. Berikut kenali beberapa efek tidur larut yang wajib kamu tahu. 

begadang

Begadang sampai pagi tidak bagus untuk kesehatan (source:freepik.com)

Alasan Tidur Terlalu Larut Tidak Baik Bagi Kesehatan Tubuhmu

1. Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Pernahkan kamu menemukan lingkaran hitam di bagian mata akibat kurang tidur ? Kondisi tersebut menandakan bahwa tubuhmu membutuhkan waktu tidur lebih lama. Bukan hanya mengganggu penampilan, kehadiran bulatan hitam di bawah mata ini membuatmu terlihat seperti orang yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan lebih. Tentu saja kamu tidak menginginkannya bukan ?

Beberapa ciri fisik lainnya yang diakibatkan oleh tidur terlalu larut yaitu kulit wajah terlihat pucat pasi, sayu, lelah, mata kemerahan, mata berkantung, dan masih banyak lainnya. Ketika kondisi ini terus berlanjut, jangan heran jika di usia muda sudah muncul keriput halus di sekitar area mata yang membuatmu tampak lebih tua dari usia yang seharusnya. Selain memunculkan lingkaran hitam, ternyata begadang penyebab jerawat pertama yang tidak banyak diketahui. 

2. Pola Makan Tidak Teratur

Efek buruk lainnya dari tidur terlalu larut yaitu pola makan yang tidak teratur. Sebab kamu akan terjaga hingga pagi hari, sedangkan pagi adalah waktu terbaik untuk sarapan sebelum memulai aktifitas. Akibat rasa kantuk tidak tertahankan, tubuh mengesampingkan rasa lapar dan kamu pun lebih memilih untuk beristirahat hingga berakhir bangun kesiangan. Padahal gaya hidup sehat harus diterapkan agar kesehatan tubuh tidak terganggu. 

Baca Juga: Anak Kost Mau Ikut Pola Makan Sehat? Bisa Dong, Ini Caranya!

3. Merasa Pusing dan Kesulitan Berkonsentrasi 

Salah satu efek yang paling bisa dirasakan secara langsung ketika kurang tidur adalah sulit untuk berkonsentrasi. Ketika seseorang sedang berkomunikasi denganmu, kemungkinan otak susah mencerna apa yang dikatakan orang tersebut. Merasa belum paham dengan apa yang dibicarakan, kamu pun akan meminta lawan bicara untuk mengulangi apa yang dikatakan sebelumnya. Kondisi ini tentu membuat lawan bicaramu jengkel dan malas berkomunikasi denganmu lagi. 

Bukan hanya kesulitan untuk berkonsentrasi semata, ternyata kamu pun menjadi sosok yang mudah lupa. Sebab otak juga membutuhkan istirahat cukup untuk menyimpan semua memori yang sudah terjadi selama seharian penuh. Efek lain kurangnya waktu istirahat yaitu terbangun dalam keadaan pusing, lesu, tidak bergairah melakukan aktivitas, hingga tidak ada semangat untuk menjalani hari. Umumnya kondisi ini terjadi ketika tidur kurang dari 6 jam dalam sehari. 

4. Mudah Mengantuk 

begadang

Ngantuk saat di siang hari karena kurangnya jam tidur (source:freepik.com)

Disadari atau tidak, begadang menyebabkan mata menjadi lebih berat alias lebih mudah mengantuk dibandingkan hari biasanya. Kondisi ini menandakan bahwa tubuh masih merasa lelah dan membutuhkan waktu istirahat lebih lama. Padahal jangka waktu tidur yang baik yaitu tujuh hingga delapan jam dalam sehari. Jika jam tidur terus berkurang, wajar saja jika tubuh mulai memberontak dengan mengirimkan sinyal untuk tidur terus menerus saat matahari masih bersinar terang.  

Lebih mudah mengantuk juga sangat berbahaya bagi mereka yang harus berkemudi dalam jarak yang cukup jauh. Sudah banyak kasus kecelakaan hingga memakan korban dalam jumlah besar akibat kelalaian sopir yang mengantuk. Dengan kata lain kondisi ini tidak hanya merugikan diri sendiri, namun berdampak buruk bagi orang lain. Jika hendak berkendara di keesokan harinya, pastikan kamu memenuhi jam tidurmu agar tidak mengantuk di tengah perjalanan. 

5. Daya Tahan Imun Menurun

Dapat menurunkan daya tahan imun, merupakan bahaya begadang lainnya yang perlu kamu waspadai. Efek tidur larut satu ini mungkin tidak akan muncul dalam waktu singkat, namun kamu bisa menyadari ketika suatu hari tubuhmu lebih mudah sakit daripada biasanya. Mulai dari batuk, flu, meriang, demam, tidak enak badan, dan masih banyak lainnya. Meski masuk dalam golongan penyakit ringan, namun sistem imun sudah tidak bisa memeranginya. 

Bayangkan apa yang terjadi ketika sistem imun terus mengalami penurunan signifikan, kemungkinan besar tubuh tidak bisa menanggulangi masalah ketika terkena jenis penyakit yang lebih parah. Sebenarnya kondisi ini terjadi ketika kamu forsir tubuh untuk terus beraktivitas dan tidak memberikan jedah cukup untuk sekedar beristirahat. Padahal saat beristirahat, tubuh akan menghasilkan sel sel baru sekaligus membuang racun di dalam tubuh. 

6. Hipertensi 

Tidur larut memang tidak selalu membawa dampak buruk bagi kesehatan, namun bukan berarti kamu bisa melakukannya setiap hari bahkan ketika bisa tidur lebih awal. Apabila begadang telah menjadi gaya hidup, maka bukan manfaat begadang yang bisa kamu dapatkan. Justru kondisi ini hanya akan memperburuk kondisi kesehatanmu terutama jika tidak segera diperbaiki sedini mungkin. Salah satu akibat fatal akibat tidur larut adalah terkena hipertensi. 

Berawal dari hipertensi atau tekanan darah tinggi, ternyata dapat memunculkan berbagai penyakit berbahaya lainnya yang siap mengancam jiwamu. Contohnya saja seperti gagal jantung kronis, terserang penyakit stroke, hingga serangan jantung bisa terjadi kapan saja tanpa diduga sebelumnya. Bahkan anak kost yang sudah memunculkan ciri insomnia, ada kemungkinan terkena hipertensi yang dapat berdampak lebih parah apabila tidak segera diatasi. 

7. Resiko Terkena Stroke

Seperti alunan lagu dangdut yang menyatakan bahwa bergadang atau begadang boleh saja dilakukan, asalkan ada artinya. Tampaknya ucapan tersebut tidak hanya sekedar lirik pengisi melodi semata, namun juga mengingatkan bahwa begadang hendaknya diisi dengan aktivitas yang menghasilkan agar tidak terbuang sia sia. Sebab jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, ditakutkan resiko terkena stroke menjadi lebih tinggi.

Benar, tidur terlalu larut dan harus bangun di pagi hari membuat tubuh dua kali lebih rentan terkena stroke bahkan tidak terkecuali anak muda sekalipun. Bahkan jumlah pasien yang meninggal akibat stroke terbilang cukup tinggi, sehingga kamu tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebelum kesehatan tubuh terganggu karena kelalaian diri sendiri, akan lebih baik untuk menerapkan pola hidup sehat demi kesehatan di masa mendatang. 

8. Penyakit Jantung 

begadang

Sering begadang juga bisa menimbulkan penyakit jantung (source:freepik.com)

Pernahkan kamu mendengar bahwa tidak baik untuk keluar atau tidur terlalu larut karena takut terserang angin malam ? Tampaknya ucapan tersebut bukanlah peringatan semata, namun dibalik kata tersebut ada seseorang yang tengah khawatir akan kesehatanmu. Sebab kondisi ini membuatmu terus terpapar angin malam yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya terkena penyakit jantung. 

Perlu kamu ketahui bahwa penyakit jantung merupakan jenis penyakit pembunuh yang berada di urutan pertama di Indonesia. Dengan kata lain, sudah banyak pasien yang mengalami gejala serupa namun tidak berhasil mengembalikan gaya hidupnya seperti dahulu. Menyadari hal tersebut, tampaknya kamu harus mulai mengurangi acara tidur larut demi mencegah sekaligus meminimalisir terkena penyakit mematikan yang siap merenggut nyawa kapanpun tanpa diduga. 

9. Diabetes 

Mungkin di usia belia, kamu tidak menyadari apa penyebab begadang malam. Saat itu kamu hanya tahu bahwa  tidur larut cukup menyenangkan, karena saat orang lain sudah terlelap di dalam mimpinya justru dirimu masih beraktivitas untuk menghasilkan sesuatu. Sebaiknya jangan senang terlebih dahulu, sebab kebiasaan ini ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti munculnya gejala diabetes. 

Mengapa tidur terlalu malam dapat mengakibatkan diabetes ? Sebab pada saat tubuh beristirahat kurang dari enam jam dalam sehari, tubuh akan mengirimkan sinyal perut kelaparan dan harus diisi saat malam menyapa. Ketika perut terus berbunyi, mau tidak mau kamu harus mengisinya kembali agar rasa lapar tidak menyerang kembali. Sedangkan makan di malam hari sebelum tidur, justru membuatmu mengalami obesitas hingga mengalami diabetes. 

10. Kardiovaskuler

Kardiovaskuler merupakan sebuah jaringan di pembuluh darah manusia yang berfungsi sebagai jalur transformasi zat ke sel dan begitu pula sebaliknya. Jika dikulik lebih dalam, jaringan satu ini dibagi menjadi dua yaitu terbuka dan tertutup. Namun secara keseluruhan, kinerja kardiovaskuler sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh organ jantung manusia. Sedangkan tidur larut dapat mempengaruhi kinerja serta pacu jantung menjadi tidak beraturan. 

Oleh sebab itu, jangan pernah membiasakan begadang jika memang tidak terlalu mendesak. Sebab tidur terlalu larut dapat mempengaruhi kesehatan jantung hingga menyebabkan penyakit mematikan. Jika penyakit ini sudah menggerogoti tubuhmu, kemungkinan sistem kerja dari jaringan kardiovaskuler akan menurun drastis. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, akan lebih baik jika melakukan pencegahan sejak dini seperti menerapkan gaya hidup sehat.  

11.  Hormon Pertumbuhan Menurun

Tahukah kamu jika hormon pertumbuhan banyak diproduksi ketika tubuh dalam keadaan istirahat atau tidur ? Inilah alasan kuat mengapa orang tua sudah mengingatkan untuk tidak tidur terlalu larut, sebab kebiasaan buruk tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuhmu. Dengan kata lain, pertumbuhan akan menurun akibat waktu tidur yang terpaksa terpangkas akibat kelalaian diri sendiri. 

12. Alzheimer 

Apakah kamu adalah golongan manusia kalong atau kerap terbangun di malam hari dan tertidur ketika fajar menyapa ? Kemungkinan besar golongan satu ini menyadari bahwa dirinya berubah menjadi sosok pelupa bahkan di usia yang terbilang masih muda. Ketika kondisi ini terus terjadi secara berulang, kemungkinan kamu sudah terkenal alzheimer atau lebih dikenal penyakit pelupa. Apa yang membahayakan dari penyakit satu ini ?

Ketika kondisi penyakit alzheimer semakin parah, kemungkinan besar otak tidak bisa mengingat semua hal yang sudah dilakukan hingga mengakibatkan hilang ingatan secara permanen meski ada pula yang bersifat sementara. Umumnya penyakit ini menyerang manusia yang sudah memasuki usia lanjut, namun beberapa tahun belakangan justru anak muda tidak luput terkena penyakit satu ini. 

Sebenarnya alzheimer sendiri bukan termasuk penyakit menular, hanya saja penderita akan merasa kesulitan untuk mengenali tempat hingga dirinya sendiri. Apabila penyakit ini semakin parah, tentu saja dirimu seperti orang yang kehilangan jati diri. Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan Alzheimer, seperti kurangnya berolahraga serta kadar kolesterol tinggi. Oleh sebab itu, segera terapkan gaya hidup sehat dan dapatkan manfaatnya. 

Usai Mengetahui berbagai efek buruk dari tidur larut, diharapkan kamu tidak lagi melakukannya terlalu sering karena dapat membahayakan kesehatan. Selain memberikan sejumlah efek buruk terhadap kesehatan, begadang bisa menyebabkan kematian terutama jika kebiasaan tersebut tidak bisa dihentikan. Oleh sebab itu, biasakan untuk tidak tidur terlalu larut dan terapkan gaya hidup sehat demi menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. 

Cari Kosan Nyaman Untuk Tidur Berkualitas (H2)

Selain itu tidur yang nyaman juga bisa mempengaruhi kesehatan kamu, karena itu kamu butuh tidur di kosan yang nyaman agar kualitas tidur kamu jadi lebih baik. Kalau kamu ingin mencari kosan yang nyaman, kamu bisa buka Aplikasi RedDoorz, lalu pilih Kost Houses, disitu kamu bisa cari kosan yang sesuai dengan yang kamu inginkan, baik untuk lokasi yang dekat dengan kantor atau tempat kuliah kamu, atau kamu bisa cari kosan yang memberikan fasilitas yang kamu butuhkan.

Saat kamu menggunakan fitur pencarian, kamu bisa masukkan nama kota atau daerah atau nama kampus tempat kamu kuliah, lalu setelah klik search maka kamu akan mendapatkan list kosan yang sesuai dengan kriteria yang kamu cari, lalu untuk mencari kosan yang sudah pasti nyaman, kamu bisa pilih KoolKost. Caranya setelah mendapatkan info kosan tadi kamu bisa scroll ke bawah lalu temukan fitur KoolKost Properties - A Brand by RedDoorz. Rekan see All untuk melihat list KoolKost yang sesuai dengan lokasi yang kamu inginkan.

Mengapa pilih KoolKost?

Karena KoolKost memberikan pelayanan kosan yang setara dengan penginapan, ruangan nyaman dengan kasur yang kualitasnya ok, lemari pakaian yang besar, ada meja kerja, kamar mandi dalam, ruangan ber-AC, ada layanan laundry, dapur bersama, kulkas, minum gratis, kamar mandi dilengkapi dengan air panas, sistem keamanan yang ketat, dan pastinya parkiran yang cukup luas. Tunggu apalagi yuk booking sekarang!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×