Loading...

resep gampang bergizi untuk anak kost

Buat kebutuhan makan sehari-hari anak kost biasanya lebih milih beli makanan di luar, entah biar praktis, atau karena rumah kostnya nggak punya fasilitas dapur atau peralatan masak yang mumpuni. Sayangnya, beli makanan mulu pasti berisiko jadi lebih boros. Padahal kalo kamu bisa masak sendiri jadinya bisa lebih hemat. Soal gizi pun jadi dipertanyakan. Jangan-jangan makanan yang biasa kamu andalkan, nggak sehat? Hmm, kalau gitu mending masak aja resep yang gampang.

Selain masalah kepraktisan, kamu harus mikirin gizinya juga. Makan kan nggak cuma asal enak dan bikin kenyang aja. Makanan harus punya gizi seimbang agar tubuhmu jadi lebih sehat dan nggak gampang sakit.

Nah, biar daya tahan tubuhmu prima terus, coba simak yuk beberapa resep makanan yang gampang dibuat meski dengan peralatan masak seadanya, namun tetap bergizi. Siapa tau resep ini bisa menjadi inspirasimu memasak. 

Resep Gampang dan Bergizi buat Anak Kost

Telur Wortel Orak Arik

Bahan-bahan: 

  • telur
  • wortel potong dadu
  • garam, kaldu bubuk, saus tiram, gula pasir, merica bubuk
  • bawang putih, bawang merah, bawang bombay
  • cabai

Cara memasak: 

  1. Panaskan wajan dengan sedikit minyak atau mentega
  2. Kemudian tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai sampai layu
  3. Masukkan telur kemudian aduk acak
  4. Masukkan wortel, tambah sedikit air
  5. Tambahkan garam, kaldu bubuk, saus tiram, gula pasir, dan merica bubuk secukupnya
  6. Angkat dan sajikan

Makan pake nasi putih anget juga enak, nih! Kalau mau ada gizi lainnya, kamu bisa rebus daun bayam, kangkung, atau brokoli dengan sedikit garam. Makan deh bareng telur wortel orak-ariknya. No ribet!

Oseng Sawi Putih dan Jagung

Bahan-Bahan

  • Sawi putih
  • Jagung serut
  • Bawang putih cincang secukupnya
  • Cabai secukupnya
  • Gula, garam, dan kaldu bubuk

Cara memasak:

  1. Tumis bawang putih sampai harum
  2. Masukkan cabai yang sudah diiris/dihaluskan
  3. Masukkan jagung dan air kemudian tunggu sampai jagung matang
  4. Masukkan sawi
  5. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya
  6. Koreksi rasa, sajikan

Cah Kangkung Terasi

Bahan-Bahan:

  • Kangkung yang sudah dipetik 
  • Terasi 
  • 1 buah tomat potong dadu
  • Bawang merah, bawang putih, 
  • Cabai rawit merah secukupnya
  • Saus tiram
  • gula , garam, dan kaldu bubuk

Cara memasak:

  1. Goreng bawang merah, bawang putih, cabai, dan terasi kemudian haluskan
  2. Tumis bumbu sampai matang dan tambahkan saus tiram
  3. Masukkan sedikit air dan tunggu sampai mendidih
  4. Masukkan kangkung, tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, dan merica
  5. Aduk semua bahan di wajan sampai bumbu merata
  6. Jika kankung sudah layu, tambahkan irisan tomat
  7. Aduk dan sajikan

Ketiga resep diatas gampang banget dibuat sama anak kost! Selain gampang ketiganya juga bergizi, lho. Catat resepnya jadi nggak perlu repot lagi kalo mau cari inspirasi resep yang gampang dimasak di dapur kost. 

Nah, kalau kamu anaknya prefer masak sendiri ketimbang beli, wajib banget hukumnya cari kost yang punya fasilitas dapur bersama meski sederhana. Coba cari di KoolKost. Rumah kost di KoolKost punya fasilitas yang oke banget!

Cropped fav logo@2x