Loading...

tarian bali

Foto: Shutterstock

Selain terkenal dengan pemandangan pulau tropisnya yang menawan, Bali juga dikenal karena budayanya yang masih terjaga dengan baik. Saat menginjakkan kaki di Bali, ornamen tradisional khas Pulau Dewata ini pasti sangat sering kamu jumpai. Dari kain tradisional yang terpasang dimana-mana, rumah yang penuh ukiran, serta patung-patung yang menghiasi bangunan. Budaya Bali juga memiliki aneka tarian tradisional, lho

Yuk Kenalan Sama Macam-Macam Tarian Bali

Bali punya beberapa tarian tradisional yang sering ditampilkan baik dalam acara festival maupun peringatan hari keagamaan. Tarian Bali sering menyedot perhatian para wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Ini dia macam-macam tarian Bali. 

Tari Pendet

Tari pendet merupakan tarian yang paling terkenal dari Bali. Tarian ini menggambarkan pemujaan kepada dewa-dewa. I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng menciptakan tarian pendet pada 1950. Meskipun awalnya tari pendet melambangkan penyambutan atas turunnya dewa ke dunia namun pada 1967 tari ini berubah fungsi sebagai tarian ucapan penyambutan. 

Tari Kecak

Tak kalah fenomenal dari tari pendet, tari kecak juga cukup ikonik. Tari kecak selalu berhasil menyedot perhatian para turis karena gerakan serta lantunan musiknya yang menggelegar. Tari kecak sendiri diciptakan pada tahun 1930-an. Mengisahkan gerombolan kera yang membantu Rama melawan Rahwana yang menculik  Shinta. Sebuah kisah dari legenda Ramayana. 

Tari Barong

tarian bali

Foto: Shutterstock

Tari barong mengisahkan pertarungan antara kebajikan dan kejahatan. Untuk menarikan tari barong penari menggunakan topeng barong. Sesosok makhluk dengan gigi taring panjang serta mata melotot. Barong menggambarkan sosok kebajikan sedangkan kejahatan digambarkan oleh sosok Rangda. Tari barong sendiri ada beberapa jenis lho seperti tarian barong gajah, barong asu, barong bangkal, dan barong brutuk. 

Tari Baris

Tari baris biasanya ditampilkan dalam upacara keagamaan. Tari ini digambarkan sebagai pembuktian akan kedewasaan seseorang. Para penari biasanya berjalan beriringan sambil membawa senjata berupa panah. Hal ini sebagai penanda bahwa mereka adalah orang-orang yang hebat dan mahir menggunakan senjata. 

Tari Legong

Tarian yang satu ini pasti udah nggak asing lagi. Kipas yang digunakan para penari jadi satu hal yang identik dari tari legong. Tari ini pada mulanya adalah tarian keraton yang hanya bisa dinikmati di lingkungan kerajaan saja. Namun kini tarian ini biasa ditampilkan dalam pertunjukan di Bali bahkan di luar bali. Biasanya tari legong diiringi oleh musik gamelan semar pegulingan. 

Tari Panyembrama

Mirip seperti tari pendet, tari panyembrama juga berfungsi sebagai tari penyambutan. Tarian ini pertama kali diciptakan oleh seniman Bali bernama I Nyoman Kaler. Biasanya tari panyembrama ditarikan oleh beberapa penari perempuan dengan menggunakan kain khas Bali yang keemasan. 

Tari Janger

Tari janger diciptakan pada tahun 1930-an. Tari janger biasanya dilakukan oleh remaja. Mereka menari, bernyanyi, dan saling bersahutan. Saat menarikan tari janger mereka menyanyikan lagu Janger yang punya makna yang sakral. 

Nah, itu dia beberapa tarian Bali yang biasanya sering ditampilkan dalam acara festival maupun upacara keagamaan. Kalau kamu pengen liat langsung sekeren apa tariannya, kamu bisa datang langsung ke Pulau Bali. Ajak teman-teman maupun keluarga untuk liburan bersama. Biar nggak repot mencari penginapan saat di Bali kamu bisa pesan hotelnya via aplikasi RedDoorz. Kini booking hotel langsung di aplikasi RedDoorz bisa lebih hemat karena ada jaminan Best Price Guarantee. Download aplikasi RedDoorz dan temukan diskon menarik buat liburan jadi #SiapLebihHemat. 

Press Enter To Begin Your Search
×