Loading...

lrt palembang

Foto: Shutterstock

Light rail trainset (LRT) Palembang mulai beroperasi sejak Agustus 2018. LRT Palembang ini merupakan LRT pertama di Indonesia lho, dan tahukah kamu bahwa moda transportasi yang satu ini merupakan karya orang Indonesia! Untuk membangun lrt PT Waskita Karya membutuhkan dana mencapai Rp10,9 triliun untuk membangun konstruksinya. Untuk gerbongnya dibuat oleh PT INKA di Madiun sedangkan PT Len Industri menyiapkan sistem sinyal, telekomunikasi, gardu, hingga tiket elektronik, keren banget kan? 

Menghabiskan dana yang sebegitu besar, memangnya sekeren apa sih lrt Palembang? 

Pastinya keren banget dong! Lrt punya panjang jalur mencapai 23,4 km. Terdapat 12 stasiun lrt Palemang di sepanjang jalur. Lrt memiliki alat pemantau kecepatan yaitu automatic train protection yang memantau kecepatan laju kereta sehingga meskipun berjalan sangat cepat namun penumpang tetap aman. 

Interiornya pun tak kalah keren! Dengan desain yang modern gerbong kereta dibuat senyaman mungkin bagi penumpang. Kursi dibuat saling berhadapan dan terdapat pegangan tangan bagi penumpang yang berdiri. Dan untuk menjaga keselamatan tersedia pula tabung pemadam kebakaran serta kotak P3K di setiap gerbong. 

lrt palembang

Foto: Shutterstock

Fasilitas bagi Penyandang Disabilitas di LRT Palembang

Sebagai transportasi publik tentunya lrt harus bisa diakses semua orang termasuk penyandang disabilitas. Oleh karena itu lrt Palembang sengaja menyediakan fasilitas khusus yang membantu penyandang disabilitas tetap bisa mengakses lrt dengan nyaman. Misalnya seperti pembuatan pedestrian di sepanjang area lrt sudah dilengkapi dengan jalur khusus bagi tunanetra. 

Fasilitas umum yang Bersih dan Nyaman

Setiap stasiun LRT disediakan tangga dan eskalator sehingga memudahkan mobilitas penumpang. Selain itu fasilitas umumnya juga lengkap dari toilet, mushola, tuang kesehatan, hingga ruang laktasi. Area tunggunya juga nyaman karena terdapat kursi yang bebas digunakan selain itu tersedia pula kursi roda yang bisa digunakan bagi yang membutuhkan. 

Sistem Cashless di Stasiun LRT Palembang

lrt palembang

Foto: Shutterstock

Untuk memudahkan transaksi pembelian tiket serta menghindari antrian panjang, pengelola lrt Palembang menggunakan sistem tiket elektronik. Jadi proses pembayaran lebih simple dan cepat. Namun petugas stasiun juga masih menerima pembelian tiket secara tunai, kok. 

Nah, itu dia kerennya lrt Palembang. Buat kamu yang berencana ke Palembang jangan lupa cobain naik lrt. Jangan lupa juga cari akomodasi yang dekat dengan stasiun lrt Palembang, kalau soal itu kamu bisa serahkan ke RedDoorz. Ada banyak hotel RedDoorz di Palembang yang lokasinya dekat stasiun lrt. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel sesuai kebutuhanmu!

Press Enter To Begin Your Search
×