Loading...

makanan khas medan

Foto: Shutterstock

Medan dikenal sebagai surganya berburu kuliner di Pulau Sumatera. Di sekitar Kota Medan kamu dengan mudah menemukan lapak penjual makanan yang selalu ramai. Penasaran rekomendasi makanan khas Medan yang cocok dinikmati selama berada di Kota Medan? Simak rekomendasinya berikut ini. 

Lontong Medan

Ada banyak kuliner nusantara yang menggunakan lontong sebagai bahan utama masakannya, salah satunya lontong Medan. Apa sih yang membuat lontong Medan berbeda dari olahan lontong yang lainnya. Lontong Medan merupakan makanan khas medan halal yang mudah ditemukan, yang membuat lontong Medan berbeda dari olahan lontong lainnya yaitu tambahan udang dan tauco di dalamnya. 

Lontong medan punya cita rasa yang gurih dengan kuah yang kental dan bersantan. Di dalam seporsi lontong Medan biasanya terdiri dari campuran labu, sayur nangka kuah kuning, labu siam, wortel, dan kacang panjang. Ada pula yang menambahkan telur balado, rendang, kering tempe teri kacang, dan kacang tanah goreng. Lontong Medan biasanya dinikmati sebagai hidangan sarapan. 

Mie gomak

Mie gomak sekilas mirip spaghetti karena bentuk mie nya yang panjang besar, Namanya sendiri berasal dari cara penyajiannya yang digomak-gomak atau digenggam dengan tangan. Namun itu cara penyajian yang masih tradisional ya RedTraveler, sekarang mie gomak kebanyakn sudah tidak dihidangkan dengan cara seperti itu tapi lebih higienis menggunakan peralatan masak. 
Mie gomak punya dua variasi yaitu yang digoreng dan yang kuah. Kelezatan dari mie gomak sangat khas karena makanan khas Medan, Sumatera Utara ini menggunakan bumbu rahasia yaitu jeruk andaliman. Jenis tumbuhan yang hanya tumbuh di Medan. 

Bihun bebek

makanan khas medan

Foto: Shutterstock

Daftar makanan khas Medan berikutnya yang halal yaitu bihun bebek. Berbeda dari hidangan bihun pada umumnya, bihun bebek menggunakan daging bebek sebagai taburannya. Kuahnya juga berasal dari kaldu bebek yang dimasak bersama rempah-rempah sehingga rasanya sangat kaya. Selain ditaburi daging bebek, saat dihidangkan bihun bebek juga diberi taburan bawang putih goreng serta bahan pendamping seperti acar dan cabai rawit. 

Soto Medan 

Ngomongin soto nusantara kayaknya nggak akan ada habisnya ya, nah di Medan juga ada varian soto khas nusantara yang bisa kamu temui yaitu soto Medan. Setiap soto pasti punya keunikannya tersendiri termasuk soto Medan. Makanan khas Medan ini punya kuah kental berwarna kuning yang dibumbui dengan aneka rempah. Seporsi soto Medan biasanya dihidangkan dengan tambahan taugem, irisan ayam, telur rebus, perkedel, dan lontong. 

Saksang

makanan khas medan

Foto: Shuttrestock

Setelah ngomongin makanan khas Medan halal, kini saatnya ngomongin yang non-halal. Saksang merupakan kuliner khas Medan yang terbuat dari daging babi, kerbau, dan anjing. Daging ini dicincang dan dibumbui rempah dan dimasak bersama santan. Saksang bisanya bisa kamu jumpai di Lapo atau acara pernikahan adat Batak. 

Babi panggang karo

Wah kalau kuliner khas Medan yang satu ini sih udah populer banget, namanya babi panggang karo alias BPK. Keunikan babi panggang karo dengan babi panggang pada umumnya yaitu penyajiannya yang menggunakan tambahan daun singkong dan kecombrang. Penambahan rempah andaliman juga membuat cita rasa BPK semakin gurih dan segar. 
Selain itu ada pula tambahan saus yang terbuat dari campuran darah babi sehingga rasanya khas banget. 

Nah itu dia kuliner khas Medan halal dan non-halal yang kelezatannya wajib diacungi jempol. Saat ke Medan jangan lupa mencicipi makanan di atas. Kamu bisa pilih tempat menginap di Medan yang lokasinya dekat dengan destinasi wisata kuliner. Untuk cari tempat menginapnya kamu bisa mengandalkan RedDoorz! Ada banyak hotel di Medan yang lokasinya strategis yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau. Download RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×