Loading...

sewa bus pariwisata

Ilustrasi: unsplash.com

Ketika pusat perbelanjaan ataupun tempat wisata sudah mulai dibuka kembali, banyak orang ingin segera pergi ke tempat wisata yang sempat mereka tunda, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, dikarenakan masih takut menggunakan transportasi umum, akhirnya banyak orang memutuskan untuk sewa bus pariwisata. Keuntungan dalam menyewa bus pariwisata adalah kamu bisa menghindari potensi penularan COVID-19 di transportasi umum karena berisi banyak orang jika penuh. Sehingga penerapan social distancing pun tidak terlaksana. Buat yang memiliki anggota keluarga banyak, sewa bus pariwisata bisa jadi cara berlibur baru yang seru dan lebih aman untuk liburan bersama keluarga di tengah pandemi.

Tips Sewa Bus Pariwisata Buat Liburan yang Aman di Tengah Pandemi

Biasanya, paket sewa bus pariwisata juga menawarkan fasilitas liburan lengkap seperti itinerary, makanan, penginapan dan juga tour guide. Pilihan yang tepat buat kamu kalau nggak mau repot-repot menyusun perencanaan liburan sendiri. Tapi, sebelum menyewa bus pariwisata ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih, RedTraveler. Yuk simak tipsnya di bawah ini.

1. Salah Cari Tempat Sewa Bus is A Big No

Jangan sampai kamu menyesal setelah tahu bahwa ada tempat penyewaan bus lain yang lebih bagus dan murah. Inilah pentingnya research, RedTraveler. Sebelum menyewa bus, kamu harus pastikan tempat penyewaan tersebut pas buat kamu. Mulai dari segi harga, kualitas dan juga pelayanannya. Kamu juga bisa membandingkan tempat tersebut dengan tempat penyewaan lainnya. Dengan melakukan research, kamu juga bisa tau mana jasa penyewaan bus pariwisata yang menerapkan protokol kesehatan, seperti penerapan social distancing dalam bus, penyemprotan disinfektan secara berkala, memeriksa suhu penumpang dan menyediakan hand sanitizer.

Banyak forum penyewaan bus pariwisata di internet ataupun lewat aplikasi yang bisa kamu lihat. Bukan hanya melalui internet saja, kamu juga bisa bertanya melalui orang-orang sekitar yang pernah menyewa bus pariwisata. Tanyakan soal pengalaman dan feedback yang ia berikan. Biasanya, dengan bertanya melalui orang-orang sekitar lebih jujur dibandingkan melihat informasi yang ada di internet. Jadi harus hati-hati, ya!

2. Pentingnya Melihat Review Bus yang Ingin Disewa, Jangan Sampai Lupa Ya! 

Testimoni yang baik adalah kunci dibalik keberhasilan liburan kamu. Nggak percaya? Coba deh kamu bayangkan gimana rasanya ketika barang yang kamu beli sampai dan ternyata beda sama yang ada di situsnya? Kecewa? Pasti. Dengan melihat review, kamu jadi bisa tau mana jasa penyewaan bus pariwisata yang tidak mencantumkan testimoni pelanggannya. Adanya testimoni dari pelanggan lain tentunya akan menumbuhkan rasa kepercayaan dan daya tarik agar kita mau menggunakan atau membeli produk tersebut.

Adanya review membuat kamu bisa menilai apakah penyedia jasa tersebut mengapresiasi testimoni dari pelanggan atau tidak, mulai dari kepuasan pelanggan sampai testimoni berisikan kritik yang membangun. Bukan hanya kualitas saja, dengan kamu melihat review, kamu bisa menilai semua aspek mulai dari pelayanan, dan juga rasa makanannya. Setelah itu, kamu bisa menentukan deh mana penyedia jasa persewaan bus yang paling pas buat kamu dan keluarga. Kamu bisa melihat review ini di kolom khusus testimoni ya, RedTraveler!

3. Hindari Kapasitas Bus yang Sempit dengan Memastikan Jumlah Rombongan

Coba bayangin deh, bawa banyak rombongan tapi nggak sesuai dengan jumlah tempat duduk di dalam bus. Perjalanan berangkat atau pergi yang seharusnya menyenangkan menjadi perjalanan yang sempit dan penuh sesak. Akhirnya, kamu dan keluarga cuma bisa menikmati liburan pada saat di tempat wisata aja. Nah, biar nggak salah pesan bus pariwisata, ada beberapa jenis bus yang perlu kamu tahu berdasarkan jumlah kapasitasnya. Mulai dari medium bus dengan tempat duduk 27 atau 29 orang dan big bus dengan tempat duduk 48 atau 59 orang. Tentunya, kamu harus menyewa bus yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah rombongan.

Kalau jumlah anggota keluarga kamu nggak banyak-banyak banget, kamu bisa menggunakan bus pariwisata yang mini atau medium. Biasanya, itu sudah lebih dari cukup kok, RedTraveler. Dengan memesan bus yang lebih kecil, harga sewanya pun lebih murah dibandingkan bus yang besar. Kalau kamu nggak mau keluarin banyak uang untuk transport, ini sih pilihan yang pas buat kamu dan keluarga.

4. Merencanakan Itinerary dan Budget yang Pas

Dalam menyewa bus pariwisata tidak hanya melihat dari jenis bus, jarak dan waktu yang diperlukan merupakan hal yang juga menjadi tolak ukur dalam menentukan harga sewa bus pariwisata. Misalnya, kamu dan keluarga mau liburan ke Bandung dan jarak dari lokasi penjemputan bus ke Bandung memerlukan waktu 1 hari. Hal ini juga akan menentukan harga sewa bus tersebut, jadi kamu harus perhitungkan budget yang akan kamu keluarkan.

Untuk itu, kamu sudah harus mempersiapkan itinerary selama berlibur agar bisa menyesuaikan apakah budget yang kamu punya pas atau tidak. Buat apa bikin itinerary? Dengan kamu buat jadwal liburan, kamu bisa menentukan tempat-tempat wisata mana yang ingin kamu datangi. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan berapa lama waktu liburan yang kamu perlukan, apakah cuma sehari atau lebih dari dua hari? Ingat, perencanaan yang matang sebelum berlibur itu penting, RedTraveler. Jangan sampai kamu tinggal terima jadi aja semua akodomasi yang disediakan oleh penyewa jasa bus pariwisata.

5. Mengecek fasilitas di Dalam Bus yang Akan Didapat

Moment liburan bukan hanya saat di tempat wisata, tapi di dalam bus juga. Setuju nggak RedTraveler? Biasanya, moment yang paling diingat itu justru saat di dalam bus. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, seperti memainkan permainan, bercanda, nyanyi, ataupun menonton film bersama agar perjalanan kamu tidak membosankan. Sayang kan selama perjalanan kalau cuma tidur aja? Maka dari itu kamu wajib mengetahui fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan di dalam bus. Biasanya, bus pariwisata menyediakan karaoke, LCD TV, Wifi, AC, tour guide, bahkan asuransi.

Sudah tahu kan tips dalam menyewa bus pariwisata? Tempat wisata mana yang mau kamu datangi, RedTraveler? Jangan lupa terapkan protokol kesehatan selama berlibur ya. Lebih seru lagi kalau tempat penginapan kamu juga sudah tersertifikasi HygienePass. #AmannyaPASS cuma bisa kamu dapatkan dengan memesan hotel di RedDoorz. Pesan sekarang dan selamat berlibur, RedTraveler!

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×