Loading...

manajemen properti

Foto: Pixabay

Industri pariwisata sangat terpukul karena pandemi Covid-19. Demi menekan kasus penularan virus, bepergian ke luar rumah terus dibatasi termasuk untuk berwisata. Sektor manajemen properti seperti hotel, villa, dan resort juga terkena imbasnya. Karena masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah saya setahun ini maka terjadi penurunan drastis jumlah penjualan kamar. 

Meskipun demikian, manajemen properti adalah faktor kunci yang harus dijalankan agar bisnis tetap bertahan. Bagi kamu yang memiliki bisnis di bidang perhotelan, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menjalankan bisnis di masa pandemi. 

Tips Menjalankan Manajemen Properti di Masa Pandemi Covid-19

Walaupun perusahaan manajemen properti sedang dalam fase sulit, ada beberapa hal yang bisa kamu siasati untuk tetap meraih konsumen. Pengusaha properti harus aktif berinovasi agar bisnis tetap berjalan dan mampu melalui fase ini. Tips berikut bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan kamar penginapan di masa pandemi Covid-19. 

1. Membuat program staycation yang menarik

Beberapa kota di Indonesia menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal ini berdampak langsung terhadap aktivitas masyarakat. Orang-orang dipaksa untuk tetap tinggal di dalam kota agar proses penularan virus tidak menyebar semakin luas. Pembatasan aktivitas yang terlalu lama membuat banyak orang stress, oleh sebab itu staycation banyak dipilih sebagai sarana untuk refreshing namun tetap di dalam kota. 

Momen ini bisa dimanfaatkan sebagai strategi manajemen properti untuk membuat program staycation yang menarik. Pemilik properti harus menyediakan fasilitas yang membuat para konsumennya nyaman misalnya menyediakan fasilitas permainan dan mendekorasi hotel agar lebih instagrammable seperti yang dilakukan SANS hotel. Pada akhirnya para konsumen tetap bisa bersenang-senang dan melepas stres meski hanya di hotel saja. 

2. Bekerja sama dengan bisnis terkait

Bisnis yang terdampak pandemi Covid-19 bukan hanya bisnis hotel dan penginapan saja tapi juga usaha kuliner, wisata, bahkan travel. Kondisi ini bisa dimanfaatkan perusahaan manajemen properti untuk menjalin kerjasama antar bisnis lainnya. Pengusaha hotel bisa bekerjasama untuk membuat paket perjalanan yang aman dan nyaman. Selain bisa saling menopang keberlangsungan usaha, hal ini juga bisa membuat konsumen lebih nyaman karena nggak perlu repot mencari kendaraan, tempat wisata, dan tempat makan yang terjamin keamanannya. 

3. Berikan tawaran menarik bagi konsumen

Inovasi dalam strategi marketing juga perlu dilakukan untuk menarik minat konsumen. Kamu bisa memberikan macam-macam penawaran seperti diskon, giveaway, voucher, dan cashback untuk mencapai tujuan manajemen properti. Untuk menyebarkan semua informasi tentang promo yang sedang berlangsung, kamu bisa menggunakan halaman sosial media dan memasang iklan sehingga lebih banyak menjangkau perhatian para calon konsumen. 

4. Menjamin kebersihan properti dan menerapkan protokol kesehatan 

Di masa pandemi seperti sekarang kamu harus lebih aktif dalam menjamin kebersihan properti. Kalau dulu menjaga kebersihan standar saja sudah cukup, sekarang kamu harus melakukannya secara ekstra. Keseluruhan properti harus disemprot desinfektan secara berkala agar segala macam virus mati. Kamu juga harus menerapkan protokol kesehatan di dalam manajemen penginapan agar tidak melanggar aturan pemerintah yang berlaku. 

Agar kebersihan semakin bisa dipercaya konsumen, perusahaan manajemen properti di Indonesia bisa bekerjasama dengan institusi kesehatan seperti yang dilakukan RedDoorz. Hotel RedDoorz bekerjasama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) untuk menghadirkan sertifikasi HygienePASS yang menjamin kehigienisan hotel. 

5. Membuat proses pemesanan lebih kamar hotel lebih mudah

Di era teknologi seperti sekarang, kamu harus beradaptasi dengan segala kemajuan yang ada.  Kamu harus belajar untuk lebih dekat dengan konsumen, salah satu caranya dengan bergabung ke Virtual Hotel Operator (VHO). Salah satu VHO terbesar di Asia Tenggara yang bisa kamu pilih untuk membantu memasarkan hotel kamu yaitu RedDoorz. VHO akan membantu dalam memasarkan hotel melalui aplikasi, website, serta sosial media yang mereka punya. Tentu saja hal ini membuat prospek manajemen properti di masa mendatang lebih baik karena hotel yang kamu miliki akan dikenal lebih luas oleh konsumen. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjalankan bisnis manajemen properti di masa pandemi Covid-19. Meskipun saat ini adalah masa yang sulit, bukan berarti bisnis properti tidak bisa tumbuh. Inovasi jadi kunci utama agar bisnis properti tetap bisa bertahan dan melewati segala rintangan. 

Press Enter To Begin Your Search
×