Loading...

ruangan kerja

Foto: Pixabay

Selama masa pandemi kerja dari rumah bukan lagi hal yang aneh. Banyak kantor yang mewajibkan pekerjanya untuk kerja dari rumah aja agar menghindari penularan virus Covid-19. Kerja dari rumah awalnya memang menyenangkan tapi lama kelamaan bisa bikin suntuk juga. Menata ruangan kerja bisa jadi solusi untuk membuat suasana kerja jadi lebih fresh. 

Tidak seperti di kantor, kerja dari rumah lebih banyak cobaan apalagi kalau kamu kerjanya dekat tempat tidur. Baru kerja sebentar tapi rasanya pengen segera tidur-tiduran. Makanya menata ruangan kerja di rumah penting banget biar kamu lebih nyaman dan produktif terus. 

Tips Menata Ruangan Kerja Biar Lebih Produktif

Meskipun bekerja dari rumah merapikan ruangan kerja tetap jadi hal yang penting, lho. RedDoorz punya tips nih untuk menata ruangan kerja minimalis di rumah biar tambah produktif. 

Pastikan pencahayaan cukup

Ruangan kerja di rumah harus memiliki pencahayaan yang cukup. Sebenarnya hal ini bisa kamu siasati dengan membuka jendela sehingga mendapatkan cahaya yang cukup dari sinar matahari, Namun apabila cahaya matahari dirasa terlalu menyengat atau justru ruangan kerja kamu nggak memiliki jendela, kamu bisa manfaatkan lampu meja. 

Pilih lampu meja yang sesuai dengan dengan desain ruangan kerja kamu sehingga tampilannya semakin cantik. 

Pilih spot dekat jendela

Selain berfungsi sebagai sumber cahaya alami, jendela juga sangat penting sebagai jalur lewatnya udara. Oleh karena itu memilih spot kerja dekat jendela banyak banget keuntungannya. Dengan memilih spot dekat jendela kamu bisa lebih leluasa menghirup udara segar sehingga bisa lebih fokus. 

Pilih kursi yang proper

Harus diakui hal ini sering diabaikan oleh banyak orang, padahal memilih kursi kerja yang proper sangat penting bagi kesehatan kamu di masa depan, lho. Hindari duduk terlalu lama di kursi yang permukaannya keras karena beresiko besar mencederai tulang punggung. 

Selain itu pilih kursi kerja yang mendukung postur ideal untuk duduk lama sehingga kamu bisa mengurangi resiko cedera akibat bekerja. 

Sesuaikan meja dengan ruangan kerja

Meja kerja sangat beragam baik dari model hingga ukurannya. Memilih meja kerja yang sesuai dengan ruangan kerja harus lebih cermat. Buat kamu yang menyukai ruangan kerja minimalis mungkin kamu bisa memilih ukuran meja yang tidak terlalu besar dengan desain standar. 

Namun kalau kamu punya ruangan kerja yang cukup besar, memilih meja kerja yang besar pula tak ada salahnya. Yang paling penting adalah pastikan meja kerja kamu nggak menghalangi gerak selama berada di ruangan kerja. 

Pastikan suhu udara tetap sejuk

Biasanya kerja di kantor kita nggak perlu pusing mikirin suhu udara karena pasti sudah disetting sedemikian rupa agar ruangan kerja kantor selalu sejuk. Namun beda cerita dengan ruangan kerja di rumah.

Sesuaikan suhu di ruangan kerja yang pas buat tubuh kamu. Jangan terlalu panas agar tidak keringatan namun jangan terlalu dingin juga karena bisa mengganggu konsentrasi. Mengatur suhu udara bisa membuat kamu lebih nyaman selama bekerja di rumah. 

Beri dekorasi namun jangan berlebihan

Sebenarnya poin yang ini nggak terlalu wajib, namun menambahkan sedikit dekorasi di ruangan kerja sederhana milikmu bisa membuat tambah semangat. Dekorasinya bisa macam-macam, kamu bisa pilih tanaman hias, lukisan, quotes, jam dinding unik, hingga action figure.

Pilih dekorasi kecil yang membuat ruangan kerja kamu terlihat lebih menarik. Namun mesti diingat jangan berlebihan dalam menaruh dekorasi apalagi sampai mengganggu space kerja kamu!

Dekorasi ruangan kerja di rumah nggak susah, kan! Tips diatas bisa banget diaplikasikan untuk menata ruangan kerja kamu biar lebih semangat bekerja meskipun kerjanya cuma dari rumah aja. Namun kalau dirasa kerja dari rumah tetap bikin stress, kamu bisa relaksasi sebentar dengan work from hotel!

Nggak usah repot cari hotelnya karena RedDoorz menawarkan banyak penginapan yang cocok buat work from hotel. Download aplikasi ReDdoorz untuk dapatkan penawaran menarik work from hotel!

Press Enter To Begin Your Search
×