Loading...

songket palembang

Foto: Pixabay

Bagi pecinta seni, kain songket Palembang menjadi barang utama yang dilirik untuk dijadikan oleh-oleh. Keindahannya yang udah nggak perlu diragukan lagi membuat banyak orang jatuh hati dengan keindahan kain songket. Meskipun demikian ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat hendak membeli kain songket Palembang

Tips Memilih Songket Palembang

Untuk mendapatkan kualitas kain songket terbaik ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat memilih kainnya. Membeli kain songket secara langsung sangat efektif untuk menguji kualitasnya. Untuk harga songket Palembang sendiri sangat variatif, tergantung kamu membelinya di mana dan kahlianmu dalam tawar-menawar. Yuk disimak tips memilih kain songket Palembang.

Pastikan kain songket dibuat manual atau dari pabrik

Terdapat dua jenis kain songket Palembang yang tersebar di pasaran yaitu kain yang dibuat menggunakan mesin tenun tradisional dan songket yang dibuat di pabrik. Kamu bisa mempertimbangkan keduanya. Songket dari pabrik biasanya lebih terjangkau sedangkan yang dibuat dengan tenun langsung cenderung lebih mahal karena nilai seninya yang tinggi. 

Perhatikan tekstur kain songket Palembang

Jika kamu memutuskan untuk memilih kain songket Palembang yang ditenun secara langsung oleh pengrajin lokal, maka kamu harus lebih jeli saat memilih bahan kain songket. Songket Palembang asli memiliki tekstur kain yang halus, lentur, dan ringan. Sedangkan kain songket pabrikan biasanya lebih kasar. 
Oleh karena itu meraba kain secara langsung bisa jadi cara untuk menentukan apakah songket itu keluaran pabrik atau ditenun langsung. 

Kecacatan motif adalah keunikan

Motif songket Palembang memang beragam terutama yang ditenun secara langsung. Karena masih menggunakan teknik dan alat tenun tradisional biasanya terdapat sedikit cacat di motif kain songket PAlembang. Namun hal ini bukanlah masalah. Kecacatan motif songket menjadi ciri khas yang membedakan antara kain yang satu dan lainnya. 

Namun kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai motif yang sangat terstruktur rapi, padahal motif yang sangat rapi menunjukkan bahwa kain songket tersebut dibuat oleh mesin-mesin pabrik, lho RedTraveler!

Perhatikan jahitan songket

Selain motifnya yang unik, ternyata jahitan kain songket Palembang yang ditenun langsung dan dari pabrik memiliki perbedaan, lho. Kain songket asal pabrik biasanya memiliki jahitan yang lebih rapi karena dibuat menggunakan teknologi yang canggih sedangkan songket Palembang yang ditenun langsung biasanya terdapat benang-benang yang timbul. 

Beli di tempat terpercaya

Satu lagi nih hal yang sangat penting saat hendak membeli kain songket Palembang untuk oleh-oleh yaitu belilah di tempat terpercaya. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang di mana tempat membeli kain songket yang terjamin kualitasnya. Kamu bisa cari infonya di internet ataupun tanya langsung ke teman-teman dekat berasal dari Palembang. Dengan membeli di tempat yang terpercaya kamu bisa mendapatkan kain songket Palembang dengan kualitas terbaik. 

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kain songket Palembang. Jalan-jalan ke Palembang jangan lupa cari tempat menginap yang nyaman dengan harga terjangkau. Pilihannya tentu aja di RedDoorz! Ada banyak hotel terbaik di Palembang yang bisa kamu pesan sekarang juga. Download aplikasi RedDoorz dan nikmati perjalananmu!

Press Enter To Begin Your Search
×