Loading...

stres

Foto: Pixabay

Sudah satu tahun lebih kita berhadapan dengan pandemi Covid-19. Tidak bisa dipungkiri, kondisi ini pada akhirnya menimbulkan perasaan stres untuk banyak orang. Tidak banyak beraktivitas di luar rumah ditambah informasi buruk yang tak kunjung usai  ternyata berdampak sangat buruk bagi kesehatan mental kita. 

Meskipun demikian, kita sampai saat ini belum bisa lepas dari bayang-bayang virus Covid-19, oleh karena itu manajemen stres jadi hal yang harus kita lakukan. RedDoorz ingin berbagi cara untuk menghilangkan stres akibat pandemi Covid-19. Simak informasi berikut ini. 

Cara Mengatasi Stres Akibat Pandemi Covid-19

Tips di bawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk mengatasi stres selama masa pandemi Covid-19. 

Batasi konsumsi konten yang memicu stres

Tidak dipungkiri informasi seputar Covid-19 terus membanjiri berbagai platform media dari koran, radio, kanal berita online, hingga sosial media. Hal ini ternyata memicu stres untuk banyak orang. Solusinya kamu bisa mulai memfilter informasi apa yang ingin kamu konsumsi. Pilih informasi yang bisa mengurangi rasa stres dan cemas misalnya konten tentang gaya hidup, musik, film, dll, pokoknya yang bisa bikin kamu senang!

Tetap menjalin komunikasi dengan orang-orang sekitar

stres

Foto: Pixabay

Meskipun aktivitas di luar rumah sangat dibatasi bukan berarti kita nggak bisa komunikasi dengan orang lain, dong! Ternyata ngobrol dengan kerabat ataupun teman juga bisa mengurangi stres. Untungnya saat ini teknologi sudah sangat maju jadi kita tetap bisa berkomunikasi secara virtual. 

Olahraga dan berjemur

Cara agar tidak stres berikutnya yaitu olahraga dan berjemur. Kedua aktivitas ini memang sudah dikenal sangat baik bagi kesehatan tubuh namun tahukah kamu kalau olahraga dan berjemur juga bisa menghilangkan stres? 
Dengan olahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia. Sedangkan berjemur bisa membuat tubuh memproduksi hormon serotonin, hormon yang bisa membuat kita lebih tenang dan mengurangi rasa cemas. 

Journaling!

stres

Foto: Pixabay

Emosi yang terus masuk akibat berita seputar Covid-19 pasti membuat pikiran terasa penuh sesak. Manajemen stres yang bisa kamu lakukan yaitu journaling. Menulis jurnal ternyata bisa jadi medium untuk menyalurkan semua emosi yang terpendam di dalam kepala, lho. Kamu bisa menulis apapun dari aktivitas yang dilakukan, rencana-rencanamu di masa mendatang, hingga semua perasaan yang tersimpan. 

Lebih dekat dengan keluarga

Terisolasi di rumah terlalu lama memang membuat stres namun sebenarnya kamu bisa mengambil sisi positif dari keadaan ini. Berada di rumah aja dalam waktu yang lama membuat kontak fisik dengan anggota keluarga yang lain jadi lebih intens. 

Nah, momen ini bisa kamu manfaatkan untuk menguatkan hubungan dengan keluargamu baik pasangan, anak, maupun orang tua. Menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga ternyata membuat masa isolasi lebih baik dan bisa mengatasi stres. 

Temukan aktivitas yang membangkitkan semangat

Meskipun di rumah aja bukan berarti kamu nggak bisa ngapa-ngapain. Banyak kok alternatif kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan dari rumah. Kamu bisa, lho membangkitkan hobi lamamu misalnya menggambar, main musik, merajut, hingga, masak. Ini bisa jadi cara paling jitu buat menghilangkan stres. 

Untuk mengatasi stres selama masa pandemi kamu memang harus lebih cerdik dalam memilih kegiatan sehari-hari. Pilih kegiatan yang baik untuk kesehatan tubuh maupun mental kamu. Nah, tips di atas bisa banget kamu terapkan. Kalau bosan di rumah aja kamu juga bisa staycation sebentar. Pilih hotel RedDoorz sebagai tempat staycation karena kebersihannya sudah terjamin HygienePass. Download aplikasi RedDoorz untuk temukan penawaran menarik dari kami!

Press Enter To Begin Your Search
×