Loading...

sejarah kota depok

Foto: Shutterstock

Sebelum berkembang menjadi kota besar seperti saat ini, Kota Depok ternyata menyimpan sejarah yang panjang, lho. Depok menjadi kota bersejarah dan menjadi simbol pembebasan perbudakan di nusantara. Sejarah Kota Depok dimulai ketika Cornelis Chastelein membeli tanah yang sangat luas. Chastelein adalah saudagar kaya dari Belanda. 

Pada tahun 1696 ini membeli tanah yang meliputi wilayah Depok, Ratujaya, dan Bojonggede. Awalnya darah ini hanya hutan belantara namun Chastelein mengubahnya menjadi perkebunan. Untuk mengurus perkebunan yang sangat luas ini ia mendatangkan ratusan pekerja dari Bali, Makassar, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Jawa, Pulau Rote, dan Filipina, 

Selain mengelola perkebunan Chastelein juga menyebarkan agama Kristen kepada para pekerjanya. Ia pun mendirikan padepokan yang diberi nama De Eerste Protestante Organisatie van Christenen (DEPOK). Kemudian ia membagi mereka ke dalam 12 marga yaitu Jonathans, Laurens, Bacas, Loen, Soedira, Isakh, Samuel, Leander, Joseph, Tholense, Jacob, dan Zadokh. Keturunan marga ini lah yang dikenal dengan sebutan Belanda Depok. 

Dibandingkan orang-orang Belanda saat itu, Cornelis Chastelein memang agak berbeda. Ia seorang Protestan yang taat dan memegang prinsip “tiada kehidupan tanpa kasih sayang”. 

sejarah kota depok

Foto: Shutterstock

Menjelang kematiannya ia membuat surat wasiat yang berisi tentang pembagian warisan dan pembebasan budak-budaknya. Ia memberikan seluruh tanahnya yang bernilai 700 ringgit. Dan ia pula memerdekakan mereka semua sampai keturunanya. 

Selain membagikan warisan, ia juga berpesan agar tanahnya dijaga dengan sebaik-baiknya dan mengikuti ajaran Kristen. Tanah ini tidak boleh dijadikan tempat perjudian dan perbuatan cabul. 

Seru banget kan sejarah Kota Depok. Buat kamu yang penasaran tentang sejarah kota Depok dan jejak peninggalan Chastelein dan Belanda Depok, cobain deh wisata sejarah di Depok. Ajak teman-temanmu buat keliling Kota Depok untuk mengenang sejarah perjuangan kota ini. 

Biar bisa puas jalan-jalan di Depok, kamu bisa sekalian nginep di sana. Kamu bisa booking hotel via RedDoorz biar nggak repot. Pesan hotel RedDoorz di Depok dan wisata sejarah sepuasnya! 

Press Enter To Begin Your Search
×