Loading...

kebun raya bogor

Foto: Shutterstock

Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang berada di Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat ini sering dijadikan alternatif liburan keluarga karena alamnya yang terjaga. Selain keluarga banyak juga lho anak muda serta rombongan anak sekolah yang menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai tempat rekreasi sambil belajar. Tiket masuk Kebun Raya Bogor yang terjangkau jadi alasan mengapa kebun ini selalu ramai dipadati pengunjung. 

Meskipun ramai, kamu nggak akan desak-desakan saat berwisata ke sini karena luas Kebun Raya Bogor sendiri mencapai 87 hektar. Luas banget kan, RedTraveler! Kebun yang luas ini ternyata punya sejarah panjang, lho. Sejarah Kebun Raya Bogor serta fakta menarik lainnya bisa kamu temukan di sini. 

Memiliki sejarah panjang dan sudah berusia lebih dari ratusan tahun

Berdasarkan prasasti batutulis Kebun Raya Batu merupakan bagian hutan buatan yang sudah ada sejak masa Kerajaan Sunda. Hutan ini berfungsi untuk menjaga kelestarian alam terutama melestarikan benih kayu yang sudah langka. Setelah Kerajaan Sunda ditaklukan oleh Kerajaan Banten, area hutan ini terbengkalai. 

Pada masa kolonial Belanda tepatnya pada awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang tinggal di Istana Bogor tertarik untuk mengembangkan area ini menjadi kebun yang cantik. Dia sendiri memang punya minat yang tinggi terhadap botani. Atas bantuan ahli botani bernama W. Kent, Raffles menjadikan area ini menjadi halaman serta taman yang cantik untuk Istana Bogor. Ini lah sejarah singkat terbentuknya Kebun Raya Bogor yang kita kenal saat ini. 

Memiliki lebih dari 12 ribu koleksi

Selain sejarah Kebun Raya Bogor yang sangat panjang, kebun ini juga menjadi saksi bisu perkembangan ilmu Botani di Indonesia, lho. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat terdapat 12.531 koleksi botani yang dikelompokan menjadi 3.228 jenis, 1.219 marga, dan 214 suku. Nggak heran Kebun Raya Bogor jadi tempat terbaik untuk orang-orang yang menyukai tumbuhan dan keragamannya. 

Berhasil mengembangbiakkan bunga rafflesia

Kebun Raya Bogor juga dikenal sebagai tempat pengembakbiakan bunga rafflesia. Bunga jenis ini dikenal sulit dikembangbiakkan karena penyerbukannya sangat sulit dilakukan. Namun, atas kerja keras seorang peneliti bernama Sofi Mursidawati, bunga berbau busuk ini berhasil dikembangbiakkan di Kebun Raya Bogor. 

Memiliki spesies bunga anggrek terbesar di dunia

Selain menjadi rumah bagi bunga raflesia, ternyata Kebun Raya Bogor juga menjadi rumah bagi spesies anggrek terbesar di dunia, lho. Anggrek itu bernama anggrek raksasa atau sering disebut anggrek harimau dengan bahasa ilmiahnya bernama grammatophyllum speciosum. Anggrek ini memiliki tinggi mencapai 7,5 m dan sudah tercatat di Guinness Book of Record. 

Memiliki pohon yang sudah berusia ratusan tahun

kebun raya bogor

Foto: Shutterstock

Melihat sejarah Kebun Raya Bogor yang sudah berusia ratusan tahun nggak heran kalau di sini terdapat banyak pohon yang usianya tak kalah tua. Salah satu yang paling tua adalah pohon leci yang umurnya diperkirakan hampir 200 tahun. Pohon ini  sendiri didatangkan langsung dari Tiongkok pada masa kolonial Belanda. 

Punya area yang sangat luas membuat ada banyak pintu masuk Kebun Raya Bogor jadi tempat ini sangat mudah dijangkau dari arah manapun. Buat kamu yang pengen jalan-jalan sambil menghabiskan waktu sejenak di Bogor, kamu bisa sekalian cari tempat menginap yang lokasinya dekat dengan kebun raya. Kamu bisa menemukan hotelnya di RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz untuk temukan hotel terjangkau di lokasi terbaik. 

Press Enter To Begin Your Search
×