Loading...

sambal matah

Foto: Shutterstock

Sambal matah, sambal yang sangat populer seantero nusantara ini sebenarnya merupakan sambal asal Bali. Matah memiliki arti mentah. Sambal matah memang dibuat dengan bahan-bahan mentah, tanpa harus digoreng ataupun digoreng. Berdasarkan resep aslinya, sambal matah terbuat dari irisan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, sereh, daun limau, dan minyak kelapa. Untuk membuatnya semakin banyak pula yang menambahkan kecombrang. 

Dulu menikmati sambal matah biasanya dengan makanan tradisional Bali, namun kini banyak restoran yang punya kreasi menu sambal matah yang lebih kekinian. 

5 Restoran yang Punya Sambal Matah Paling Enak di Jakarta

Meskipun termasuk makanan khas Bali namun mencari sambal matah yang enak di Jakarta juga nggak sulit, lho. Banyak restoran yang menyajikan sambal matah bersama menu-menu lainnya. Sambal matah pun dihidangkan dengan penuh kreasi sehingga nggak monoton. Restoran mana aja yang punya sambal matah enak di Jakarta? Ini dia infonya. 

Bakso Goreng Sambal Matah, Bakso 2 Nyonya

sambal matah

Foto: Instagram/@bakso2nyonya

Bakso 2 Nyonya merupakan tempat makan bakso yang sudah sangat populer di Jakarta. Terletak di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Bakso 2 Nyonya menghidangkan bakso sebagai menu utamanya. Menu bakso yang memadukan sambal matah bermana bakso goreng sambal matah. 

Bakso goreng yang ukurannya cukup besar dihidangkan bersama nasi dan disiram sambal matah di atasnya. Menu yang satu ini harus dimakan selagi hangat agar sensasi panas dan pedas menjadi satu. Untuk menu yang satu ini harganya terjangkau banget lho, kamu cukup bayar Rp25 ribu aja!

Sambal Matah, Mamayu Kitchen

sambal matah

Foto: Instagram/@mamayu.kebayoran

Mamayu Kitchen terletak di Jl. KH Ahmad daglan No.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Mamayu Kitchen bisa dibilang spesialisnya rice box karena menu yang dihidangkan memang bertema rice box. Di dalam sekotak rice box kamu bisa memilih lauk utama yang terdiri dari ayam, dory, udang, dan kepiting. 

Nah, habis itu kamu bisa pilih saus atau sambal sebagai pelengkap. Sambal yang jadi favoritnya tentu aja sambal matah! Untuk menikmati kelezatan sambal matah di Mamayu Kitchen harganya mulai dari Rp20 ribuan aja!

Nasi Ayam Sambal Matah, Ardent Coffee & Kitchen

sambal matah

Foto: Instagram/@ardent.coffee

Ardent Coffee & Kitchen terkenal sebagai tempat nongkrongnya anak muda karena tempatnya yang nyaman dan punya interior yang keren. Selain itu menu kopi yang dihidangkan memang cocok banget buat dengan gaya hidup anak metropolis. Tapi nggak cuma kopinya aja lho, Ardent Coffee & Kitchen juga punya menu sambal matah yang bisa menggoyang lidah. Nasi Ayam Sambal Matah jadi pilihan makannya yang punya cita rasa pedas gurih. 

Rice Bowl Honey Chicken Matah, 3 Anak Bawang

sambal matah

Foto: Instagram/tigaanakbawangricebowl

Restoran yang terletak di Kemanggisan, Jakarta Barat ini menyuguhkan rice bowl. Menu sambal matah yang terkenal dari 3 Anak Bawang yaitu rice bowl chicken matah. Tampilan makanan yang satu ini sangat menggoda lho. Rasanya juga luat biasa enak! Rice bowl chicken matah terdiri dari ayam bumbu madu, lawar kacang panjang, dan sambal matah. Kenikmatannya akan semakin maksimal apabila dimakan secara bersamaan. 

Spaghetti Sambal Matah, Tang Yuan Asian Dessert

sambal matah

Foto: Instagram/@tangyuanasiandessert

Kata siapa sambal matah nggak bisa dimakan bareng makanan internasional, cobain aja spaghetti sambal matah di Tang Yuan Asian Dessert. Restoran yang terletak di Tanjung Duren Jakarta Barat emang punya menu sambal matah yang unik banget. Rasa segar dari sambal matah memberikan sensasi yang sangat unik ketika dimakan bersama spaghetti. Kamu wajib coba!

Unik-unik banget kan menu sambal matah di atas! Sekarang kamu bisa keliling Jakarta buat kulineran sambal matah. Kalau udah capek wisata kuliner, jangan lupa pilih tempat menginap yang nyaman. Kamu bisa pesan hotel di RedDoorz karena mudah dan praktis. Tunggu apa lagi, download aplikasi RedDoorz segera! 

Press Enter To Begin Your Search
×