Loading...

coto makassar

Foto: Shutterstock

 

Coto Makassar adalah salah satu makanan berkuah asal Makassar, Sulawesi Selatan. Berbahan dasar daging sapi, banyak orang mengidolakan makanan yang satu ini. Namun, isi Coto Makassar nggak cuma daging sapi aja, lho! Ada juga jeroan sapi seperti paru, hati, usus, jantung, dan babat. Selain isiannya yang menggoyang lidah, kuah Coto Makassar juga nggak kalah nikmat. 

Kuahnya terbuat dari campuran 40 macam rempah-rempah. Ada kemiri, cengkeh, pala, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, dan masih banyak yang lainnya. Katanya, rempah-rempah ini nggak cuma buat menambahkan cita rasanya aja, tapi juga untuk penawar kolesterol. 

Coto Makassar biasanya dimakan bersama ketupat atau buras. Biasanya makanan berkuah ditambahkan sambal agar cita rasanya makin sempurna, tapi berbeda dengan Coto Makassar. Alih-alih sambal, Coto Makassar justru dilengkapi dengan tauco. Konon, tauco ini lah yang membuktikan bahwa ada pengaruh kebudayaan Tiongkok dalam kuliner Makassar. Tapi, kini banyak juga lho yang menyediakan sambal pedas untuk pendamping Coto Makassar. 

Buat kamu yang lagi cari Coto Makassar enak di sekitar Jakarta, kamu mesti cek daftar restoran Coto Makassar di bawah ini!

Restoran Coto Makassar yang Paling Recommended di Jakarta

Meskipun kelihatannya mirip, namun setiap Coto Makassar punya cita rasa yang berbeda. Hal ini disebabkan karena setiap restoran punya bumbu-bumbu khusus yang membuat masakannya berbeda dari yang lainnya. Berikut restoran Coto Makassar di Jakarta yang recommended buat dicoba.

1. Warung Coto Makassar Samsul Daeng Senen

Warung Coto Makassar yang terletak di Pasar Senen ini memang cukup legendaris. Saat pertama kali menjajakan Coto Makassar pada tahun 2003, Warung Coto Makassar Samsul Daeng berukuran sangat kecil. Seiring berjalannya waktu, pelanggan restoran ini kian membludak. 

Pemilik Warung Coto Makassar Samsul Daeng sangat menjaga resep Coto buatannya. Resep ini sudah turun-temurun dari neneknya yang juga penjual Coto di Makassar. Kuahnya yang kental menjadi keunggulan coto di sini. Kalau kamu mau mencoba Coto Makassar Samsul Daeng, jangan lupa memesan bagian lidah dan otak sapi karena bagian ini yang paling dicari pecinta kuliner. 

2. RM Mamink Daeng Tata

Rumah makan ini pasti udah nggak asing lagi di kalangan pecinta kuliner. Tempat yang khusus menjual Makanan Khas Sulawesi Selatan ini terletak di Jalan KH Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan. Salah satu menu yang menjadi andalan adalah Coto Makassar. Soal kelezatannya nggak perlu diragukan lagi, deh. Tempat ini selalu ramai bahkan banyak juga lho pejabat yang langganan makan Coto Makasar dan Konro di sini. 

3. Raja Konro Daeng Naba Ampera

Terletak di Jalan Ampera Raya No. 49, Jakarta Selatan, Raja Konro Daeng Naba Ampera adalah tempat makan Coto Makassar yang wajib kamu kunjungi. Rasa rempah-rempah yang kuat menjadi andalan di sini, termasuk Coto Makassarnya! Selain itu banyak juga menu yang nggak kalah memikat seperti konro, seafood khas Sulawesi Selatan, kare Makassar, dll. Untuk harganya kamu nggak perlu khawatir, karena menu di sini bisa kamu dapatkan dari harga Rp50 ribuan aja!

4. RM Marannu

Buat yang tinggal di daerah Jakarta Utara, mungkin kamu agak kebingungan nyari Coto Makassar terdekat. Tapi sekarang nggak perlu bingung lagi karena ada restoran khas Makassar yang recommended di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Namanya RM Marannu. Tempat ini selalu ramai dikunjungi para pelanggan. 

Soal kelezatan makanan di restoran ini, kamu nggak perlu meragukannya. RM Marannu sudah berdiri di Makassar sejak tahun 70-an, lalu membuka cabangnya di Kelapa Gading pada tahun 1984. Di sini kamu harus banget cobain Coto Makassar, dijamin kamu bakalan ketagihan!

5. Coto Makassar Ampera Daeng Memang

Satu tempat makan yang nggak boleh kamu lewatkan ketika berburu Coto Makassar di Jakarta adalah Coto Makassar Ampera Daeng Memang. Restoran ini menjadi favorit banyak keluarga Makassar yang merantau ke Jakarta. Meskipun restorannya terlihat sederhana, tapi rasa Coto Makassar di sini nggak bisa dibilang biasa aja. Tempatnya memang nggak terlalu luas, namun selalu ramai dikunjungi para pecinta kuliner. 

Buat kamu yang lagi berburu Coto Makassar di Jakarta, jangan lupa kunjungi lima restoran di atas. Setelah puas wisata kuliner, paling asik pergi staycation. Keluar sejenak dari rumah untuk melepas seluruh beban yang menumpuk. Pilih RedDoorz sebagai tempat menginap terbaikmu. Cek aplikasi RedDoorz untuk dapatkan promo menarik khusus buat kamu. 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×